alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524ee4fdf8ce17d805000000/merawat-furniture-dari-serbuk-kayu-partikel-board
Merawat furniture dari serbuk kayu (partikel board)
SELAMAT DATANG DI TREAD ANE GAN

Permisi Newbi mau belajar buat trid.


Maaf kalau masih berantakan maklum newbi [removed]void(0);

Partikel Board (Sawdust): adalah pemanfaatan sisa gergajian kayu yang kemudian dipadatkan dengan sejenis lem khusus yang kemudian dicetak menjadi lembaran lembaran yang menyerupai kayu gan. Mayoritas pemanfaatannya adalah untuk membuat perabot (furniture) rumah tangga.
Kalau agan masih bingung, dirumah agan mungkin ada lemari atau meja belajar kayu tapi ringan gan, kemungkinan besar itu partikel board gan.
Kalau masih bingung, terpaksa ane sebut contoh brand ni gan: olimp*c. yang iklannya jaman dulu tu dibintangi jaja miharja. Hehe..
Partikel board memiliki density yang rendah gan, artinya dari 1 kubik kayu bisa dihasilkan lebih dari satu kubik partikel board gan. Jadi lebih efisien gan
Partikel board lebih ringan gan.
Partikel board lebih mudah di bentuk dengan berbagai macam kebutuhan gan.
Terakhir, partikel board bisa diolah dari segala jenis kayu gan, sampe kulit kayunya bisa dihancurin gan dijadikan bahan partikel board.
Gmana gan? Ga bingung lagi kan?
Spoiler for Contohnya Gan:

Gmana gan?udah tau kan
?
Walaupun pada awalnya merupakan pemanfaatan serbuk sisa hasil gergajian kayu, belakangan industry partikel board ga menggunakan lagi sisa gergajian kayu gan, karna jumlahnya yang terlalu sedikit dan tidak bisa mememnuhi permintaan pasar akan hasil olahan partikel board ntu gan, mereka justru berinisyatif menanam sendiri bahan baku kayunya dan kemudian menghancurkannya menjadi serpihan halus untuk dijadikan bahan dasar partikel board.[/CENTER[CENTER]Walaupun pada awalnya merupakan pemanfaatan serbuk sisa hasil gergajian kayu, belakangan industry partikel board ga menggunakan lagi sisa gergajian kayu gan, karna jumlahnya yang terlalu sedikit dan tidak bisa mememnuhi permintaan pasar akan hasil olahan partikel board ntu gan, mereka justru berinisyatif menanam sendiri bahan baku kayunya dan kemudian menghancurkannya menjadi serpihan halus untuk dijadikan bahan dasar partikel board.[/CENTER[CENTER]Walaupun pada awalnya merupakan pemanfaatan serbuk sisa hasil gergajian kayu, belakangan industry partikel board ga menggunakan lagi sisa gergajian kayu gan, karna jumlahnya yang terlalu sedikit dan tidak bisa mememnuhi permintaan pasar akan hasil olahan partikel board ntu gan, mereka justru berinisyatif menanam sendiri bahan baku kayunya dan kemudian menghancurkannya menjadi serpihan halus untuk dijadikan bahan dasar partikel board.[/CENTER[CENTER]Walaupun pada awalnya merupakan pemanfaatan serbuk sisa hasil gergajian kayu, belakangan industry partikel board ga menggunakan lagi sisa gergajian kayu gan, karna jumlahnya yang terlalu sedikit dan tidak bisa mememnuhi permintaan pasar akan hasil olahan partikel board ntu gan, mereka justru berinisyatif menanam sendiri bahan baku kayunya dan kemudian menghancurkannya menjadi serpihan halus untuk dijadikan bahan dasar partikel board.
Sebagian agan mungkin bingung, udah ada kayu padatnya, kenapa mesti repot-repot di hancurin terus dipadatin lagi. alasannya gan:
Spoiler for Penjelasan...:


Itu sekilas gan mengenai partikel board.
Agan-agan mungkin punya furniture dirumah yang berasal dari parttikel board.
Sekilas mungkin, partikel board terkesan “lemah” gan, mudah rusak dan ga sekuat kayu gan. Kalau boleh dibuat perumpamaan, partikel board itu “ayam sayur” kalau kayu adalah “ayam jago”. Memang benar gan, tapi semuanya tergantung kita yang make juga gan..

Kalau kita makenya bener dan hati-hati, furniture dari partikel board juga bisa awet kok gan..


Ane mau share beberapa tips merawat perabotan yang berbahan baku partikel board gan. Cekidot:

1. Partikel board paling anti sama aer gan. Jadi meja belajar agan yang dari partikel board jangan dijadikan tempat mandiin kucing agan hehe. Walaupun beberapa partikel boar dilapisi melamin gan, sebenarnya masih belum menjamin dia anti air gan. Untuk antisipasi sebaiknya agan tidak menempatkan perabotan partikel board agan di tempat yang sering ketumpahan air, atau tempat yang rawan tergenang kalau banjir gan. Kalau secara ga sengaja kena air gan, segera lap kering gan dan kalau bisa langsung jemur gan dengan cahaya matahari langsung, untuk menghindari berurainya serbuk kayu dan menghindari tumbuhnya jamur.

2. Ketika agan2 butuh memindahkan atau menggeser furniture partikel board agan2, jangan mengangkan bagian atas atau bagian yang tidak kokoh gan, karna dijamin bakal lepas gan, apalagi dalam keadaan ada isinya gan. Tapi angkat pada bagian pondasinya gan dalam hal lemari adalah dinding bagian bawah, atau untuk meja belajar adalah bagian kakinya gan. Dijamin aman. Kalau masih lepas juga, sepertinya agan angkat kaki mertua agan ni bukan angkat kaki mejanya, peace..

3.Mayoritas perabot (furniture) yang dibuat dari partikel board menggunakan system knock down (system rakit) gan. Jadi sedikit lebih rentan rusak dibanding perabot yang dari kayu, sebagian agan2 mungkin ada yang mendapati meja belajarnya lepas sebelah. Atau dindingnya jebol. Sebenarnya bisa diperbaiki dengan beberapa sentuhan baut dan paku gan, Cuma harus ekstra hati2 gan. Jangan mengulang memasang baut atau paku pada tempat yang sebelumnya lepasagan. Karna pasti bakalan lepas lagi kan, geser beberapa senti dari lubang sebelumnya. Dijamin kuat deh.. hehe walau ga minum obat kuat.. hehe.

4.Letakkan partikel agan pada tempat yang datar gan, tempat yang miring menyebabkan furniture partikel board agan goyang akan lebih cepat membuat lemari agan rusak.

5.Jangan mengelupas lapisan luar partikel board agan, (mungkin karna iseng2 atau hobi mengelupas-ngelupas pas melamun hehe). Karna lapisan luar ini pelindung serbuk kayu di dalamnya gan.

6.Kalau agan dapati furniture partikel board agan berjamur, jangan di lap pake kain basah ya gan. Cukup di lap pake kain yang di beri sedikit minyak, boleh pake Furniture Polish yang dijual biasanya di toko bangunan atau kalau ga punya duit belinya (hehe) agan bisa pake minyak pelumas, tapi dikit aja ya gan jangan banyak-banyak, terus di sapukan pada bagian yang berjamur gan. Dijamin hilang gan. Dan ga balik lagi.. Jgn pake Kalp*nax ya.. Hehe

7.Terakhir dan yang paling penting, jangan jadikan lemari atau furniture partikel agan sebagai pelampiasan kemarahan agan kepada dosen karna dikasih E, hehe..


Demikian gan, trit sederhana ane, semoga bermanfaat gan.
INGAT, YANG PENTING BUKAN HANYA KUALITAS BENDA YANG KITA GUNAKAN , TAPI JUGA KUALITAS DIRI KITA YANG MENGGUNAKANNYA..

Update gan:
Ane baru dapat info juga gan, utk menghilangkan jamur pada furniture partikel board, bisa juga disemprot dengan larutan air garam.. Tapi jangan sampe basah banget gan.. Trus di lap hingga kering, dijamin deh jamurnya ga balik lagi..

Update lagi gan:

Ternyata furniture yang terbuat dr MDF aka partikel board juga bisa mengganggu kesehatan gan walau tidak secara signifikan gan, ini hasil googling ane gan..


Untuk konsumen yang memiliki furniture berbahan MDF ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari resiko penyakit yang muncul karena bahan Untuk konsumen yang memiliki furniture berbahan MDF ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari resiko penyakit yang muncul karena bahan Untuk konsumen yang memiliki furniture berbahan MDF ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari resiko penyakit yang muncul karena bahan Untuk konsumen yang memiliki furniture berbahan MDF ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari resiko penyakit yang muncul karena bahan MDF

[CENTER]1.  Furniture yang baru dibeli sebaiknya bukalah bagian pintu dan laci furniture selama beberapa hari atau minggu untuk melepaskan kandungan Formaldehyde dari bahan papan buatan.

2.  Tanyakan kepada produsen atau penjual furniture tentang jenis MDF yang digunakan. Untuk jenis furniture yang menggunakan MDF jenis E1 harganya pasti akan lebih mahal.

Kesimpulan
Karena bahan MDF dalam proses pembuatannya menggunaka
tanks buat infonya gan
ane kalo pindahin prabot purnitur pasti pada baret semua emoticon-Ngakak
nice info gan! emoticon-I Love Kaskus (S)
nice gan...

yg penting ga kena air...

ama lembab...

mesti awett #pengalaman pribadi
Nice gan inpo nya emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By sleepers666
nice gan...

yg penting ga kena air...

ama lembab...

mesti awett #pengalaman pribadi


Iya gan.. Ane juga pengalaman pribadi.
Quote:Original Posted By sang.jendral
tanks buat infonya gan
ane kalo pindahin prabot purnitur pasti pada baret semua emoticon-Ngakak


Kalau pengalam ane mindahin perabot yg berat itu pake kardus bekas gan.. Di lindungi bagian bagian yg kita ga mau lecet baru diangkat gan.. Terus mindahinnya jgn geser gan, tapi diangkat. Cmiiw.

Reply : Merawat Furniture dari serbuk kayu

Maknyuss Gan inponya, komplit kaya rumah makan siap saji emoticon-Ngakak

ini kalo ada yang butuh inpo merawat furniture dari mebel kayu yang bukan dari serbuk.

Perawatan Furniture Kayu
gan, ijin baca threatnya dulu
Quote:Original Posted By LEXUS.1
gan, ijin baca threatnya dulu


Silahkan gan, maaf ya masih berantakan.
Quote:Original Posted By novelhandsome
Maknyuss Gan inponya, komplit kaya rumah makan siap saji emoticon-Ngakak

ini kalo ada yang butuh inpo merawat furniture dari mebel kayu yang bukan dari serbuk.

Perawatan Furniture Kayu


Langsung ke tkp.. Ane dah lama juga cari info mengenai perawati furniture kayu gan..
Trit yang perlu disimak dan dipelajari lagi gan
Quote:Original Posted By novelhandsome
Maknyuss Gan inponya, komplit kaya rumah makan siap saji emoticon-Ngakak

ini kalo ada yang butuh inpo merawat furniture dari mebel kayu yang bukan dari serbuk.

Perawatan Furniture Kayu


ini juga patut dicoba nih emoticon-2 Jempol
Sundul lagi ah biar ga tenggelam..emoticon-Sundul Up

Biar yang lain dapat manfaat dr trid ini...
Sepi amat ya..
Nasib newbi bikit trit.
:sup
:sup

Cara Membasmi Hama Kayu

ni biar trit gak sepi. ane kasih inpo:

Tak lengkap jika hanya cara merawat furniture saja secara penampilan, Hama kayu juga sangat mengganggu terlebih untuk furniture berbahan baku kayu mahoni atau trembesi.

Cara Membasmi Hama Kayu Pada Furniture

Promo dikit boleh kali ye.

Yang butuh Furniture Jepara bisa cekidot di Toko Furniture Online

Quote:Original Posted By novelhandsome
ni biar trit gak sepi. ane kasih inpo:

Tak lengkap jika hanya cara merawat furniture saja secara penampilan, Hama kayu juga sangat mengganggu terlebih untuk furniture berbahan baku kayu mahoni atau trembesi.

Cara Membasmi Hama Kayu Pada Furniture

Promo dikit boleh kali ye.

Yang butuh Furniture Jepara bisa cekidot di Toko Furniture Online



Mantap gan, thank you..
tamababin tips gan.
1 klo pindaha bagusnya di pretelin. nanti baru d pasang lagi pas sampe tujuan. krn rentan rusak klo banyak dipindah2.
2 utk hilangin jamur (biasanya mirip debu. tp putih warnamya). pake minyak telon atau kayu putih insyaAllah jamur ilang. dah gw coba sensdiri hehehe
Quote:Original Posted By tarjomasukkota
tamababin tips gan.
1 klo pindaha bagusnya di pretelin. nanti baru d pasang lagi pas sampe tujuan. krn rentan rusak klo banyak dipindah2.
2 utk hilangin jamur (biasanya mirip debu. tp putih warnamya). pake minyak telon atau kayu putih insyaAllah jamur ilang. dah gw coba sensdiri hehehe



Iya gan, karna sistem knock down, jd kalau pindah tempat yg jauh, misalnya pindah rumah, dipreteliduku, kalau cuma pindah kamar, ane cuma geser aja..

Kalau pake minyak telon ane baru denger gan.. Boleh juga dicoba.. Thanks gan udah nambahin..
Quote:Original Posted By blacktek
Trit yang perlu disimak dan dipelajari lagi gan


Silahkan gan.. Semoga bermanfaat.
×