alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524d32850e8b46b131000002/misteri-orang-bunian-manusia-atau-makhluk-lain
MISTERI ORANG BUNIAN, MANUSIA ATAU MAKHLUK LAIN?
Tahukah anda ada sejumlah pendapat dan pandangan sebagian masyarakat tentang orang bunian. Meskipun sebagian masyarakat menganggap bahwa masyarakat mahluk bunian itu adalah masyarakat dalam kampung yang bernama Bunian (kampung para mahluk halus) dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menjumpainya.


Setiap daerah memiliki kepercayaan tentang mahluk-mahluk bunian ini, di daerah bengkuli, orang Bunian disebut juga sebabah yang merupakan satu bentuk yang mirip dengan manusia hanya saja mereka bertubuh kecil dan berkaki terbalik. Lebih kedaerah pedalamannya lagi ada juga kisah tentang mahluk Gugua, yang mempunyai perawakan berbulu lebat, pemalu dan suka menirukan tingkah laku dan perbuatan manusia. Konon pada zaman dahulu mahluk ini bisa ditangkap. Masyarakat dahulu menangkap mahluk ini dengan menyiapkan sebuah perangkap. Ada juga kisah tentang perkimpoian mahluk ini dengan penduduk local dan mempunyai keturunan.

Di gunung Sebelat (Taman Nasional Kerinci) Orang bunian dipercaya merupakan komunitas manusia hutan. Masyarakat setempat menyebutnya Uhang Pandak. Salah satu peniliti asing yang bernama Deborah Martyr begitu sangat tertarik dengan legenda ini dan melakukan penelitian, namun hingga saat ini penelitian tersebut belum menunjukkan hasil. Istilah Uhang pandak adalah pengertian dari orang yang bertubuh pendek. Mereka merupakan mahluk yang keberadaannya telah diketahui sejak puluhan tahun yang lalu, namun hingga saat ini sulit menemukan bukti fisik dan otentik tentang keberadaan mahluk ini. Keberadaan mereka sendiri sering dilaporkan oleh orang-orang yang secara tidak sengaja bertemu dengan mereka, banyak dari wisatawan dan peneliti mancanegara yang melakukan riset tentang alam Gunung Sebelat secara tidak sengaja bertemu dengan kumpulan mahluk ini.

Informasi yang berhasil dikumpulkan mampu memberikan gambaran tentang Uhang Pandak ini. Mereka adalah mahluk yang hidup di atas tanah, berjalan dengan kedua kakinya dengan tubuh yang diselimuti oleh bulu pendek (abu-abu hingga coklat) dan tinggi tubuh sekitar 80 cm hingga 150 cm. Beberapa ahli bahkan mengklasifikasikan Uhang Pandak sebagai bagian dari rantai evolusi yang mereka sebut “kera misterius”.

Selama tiga tahun terakhir, para peneliti lokal dan mancanegara telah menjelajah hutan dengan harapan dapat menemukan bukti keberadaan masyarakat Uhang Pandak. Mereka telah melakukan banyak cara dari mulai memasang kamera trapping di wilayah hutan terutama daerah dimana sering terjadi laporan penampakan para mahluk tersebut sampai dengan pembuatan perangkap untuk menangkap salah satu dari mahluk itu. Para ahli merasa kawatir jika memang eksistensi keberadaan Uhang Pandak ini ada, bukan tidak mungkin mereka sedang terancam kepunahan sebagai akibat dari aktivitas penebangan dan penghancuran lingkungan mereka.

Selain uhang pandak banyak komunitas orang bunian lain yang dipercaya oleh masyarakat di berbagai daerah. Sebagian kepercayaan tersebut bahkan mengatakan bahwa komunitas masyarakat orang bunian itu bukan komunitas mahluk halus, namun suatu mahluk yang mirip manusia yang memiliki sedikit perbedaan dengan mahluk manusia, ada yang beranggapan mereka adalah ras manusia tersendiri dan merupakan bagian dari ras mahluk manusia kuno.

Terlepas dari benar tidaknya mereka adalah bagian dari mahluk halus ataupun ras manusia yang berbeda. Dunia masih menyimpan misteri tentang mereka yang harus terus dilakukan penelitian tentang keberadaan mereka. Bukankah berbagai peninggalan dan kerangka mahluk setengah kera atau yang baru-baru saja dtemukan mengenai manusia pendek dari Flores membuktikan ada suatu komunitas mahluk diluar manusia modern yang pernah ada dan bisa jadi mereka tersembunyi untuk suatu hari bisa ditemukan.

gambar cuma ilustrasi aje nih gan..
MISTERI ORANG BUNIAN, MANUSIA ATAU MAKHLUK LAIN?
ijin nongkrong menyimak ma rokokan gan
hmm ...

termasuk beda alam gan !

tu menurut diriku emoticon-Smilie
Menurut ane ya gan
mending nulisnya ini berdasar pengalaman pribadi
Pasti lebih menarik emoticon-Malu (S)
emoticon-Ngacir2
Waduh enak ini gan di masak bikin lauk makan malam . Jadi lah uhang pandak guling
ane gak tau gan emoticon-Takut
menakutkan om..... emoticon-Takut
Nunggu sesepuh alam bunian dulu.
#Summon puh peng-Q
emoticon-Toast sambil diminum gan.. silahkan..
Quote:Original Posted By r0se.meiliati
emoticon-Toast sambil diminum gan.. silahkan..


wah seger, pg2 ada yang nyuguhin kopi
emoticon-shakehand dulu buat sist yg baik.
minta foto lokasi terbaru tkp ny donk gan .

pengen cek ksna emoticon-Smilie
serem maenan anak jaman sekarang om
klo ane takut gk bisa balik lgemoticon-Takut
Bener gan, ane sering denger ko cerita manusia pendek bunian, emg betul gan didaerah gunung kerinci byk warga yg pernah liat, digorontalo jg pernh dilihat warga tp di daerah jawa barat kalo ngga salah dipurwakarta jg ada manusia pendek sejenis..tingginya 80cm tp tangannya bs mencapai 2 meter gan, ane nonton jejak misterius di trans7 beberapa kali pernah ngebahas ttg manusia pendek..
allahualam gan emoticon-Jempol
Di threadnya om peng-q udah dibabar lengkap puh ts..coba cari deh..bahkan manusia2 ghaib yg tinggal dihutan slain suku bunian juga dibahas..


Ke tkp ah emoticon-Ngacir
case closed yah emoticon-Bingung (S)
di gunung sinabung juga ada loh,
tepatnya di bumi perkemahan brastagi.
ane kurang ingat itu PTP berapa. pokoknya kalo anak medan yg suka mendaki dan kemping, pasti bakal tau tempatnya.
konon katanya, kalo mereka berpetualang ke tempat itu, bakal sering jumpa korban2 yg sering diculik sama orang bunian. karena konon katanya lagi, org bunian itu kalo suka sama seorang manusia, bakal diajak ke dunia mereka dan jadi penghuni bunian.

temen ane ada yg demen bgt mendaki daerah situ. jadi pas mendaki, dia terpencar dari grup nya. tiba2 ada seorang laki2 sebaya dia ngajak dia ngomong dan ngasih tau jalan pulang. akhirnya dia pun ketemu grup nya lagi. trus dia nanya sama temen2nya laki2 itu siapa, apakah ada grup perkemahan selain mereka disini, kata org setempat sih dia itu korban dari penculikan org bunian yg sampe skrg g pulang2. tapi suka menunjukkan wujud sama org2 yg lg mendaki.
percaya gak percaya sih.

karena ane juga belum pernah kemping kesana.
Awal thun kmrin ane ikut rombongan National Geographic Adventure keliling masuk hutan gunung kerinci dlm meyibak tabir orang pendek...

Sayang sampe sebulan cuna dpet jejak2 n penampakan aneh yg kurang jelas.
Ternyata mereka bukan makhluk halus krn meninggalkan jejak nyata.

"dari cerita jadi sejarah, dari sejarah jadi legenda, dari legenda jadi mitos"

udah pernah dibahas lengkap sama om pengQ, coba aja cari" gan.