k.domAvatar border
TS
k.dom
Tata krama konvoi yang baik dengan motor




Slamet gini hari agan-agan KASKUSemoticon-kiss
emoticon-Busa


Dalam rangka menyambut musim touring yg akan segera tiba dan dengan semakin banyak klub atau komunitas motor yg melakukan aktivitas tersebut, maka mohon ijinkanlah kiranya saya merangkum beberapa informasi mengenai tata krama touring yg baik dan bersahaja emoticon-Peace

moga-moga gak repost
Spoiler for repost:

*konvoiadalah iring-iringan kendaraan (dl suatu perjalanan bersama)

*Touring dapat diartikan perjalanan menuju suatu tempat yang mana dilakukan oleh sekelompok orang ataupun suatu komunitas dengan berkendara menggunakan sepeda motor ataupun mobil, dan berjalan secara bersama-sama dengan tujuan yang sama pula.

Istilah-Istilah kendaraan dalam konvoi touring :

Kapten/Kommandeur ____= Pimpinan Touring
Vorijder _______________= Yang ngatur jalan dan harus tau tekhnik isyarat tangan & radio
Safety Officer/Patrouille __= Yang ngarahin keselamatan anggota tour.
Sweeper/Interzeptor ____= Pengatur barisan (formasi)
Technical Officer/Service = Bagian Teknik untuk kerusakan kecil.
Medical ______________= Yang bertanggung jawab atas kesehatan anggota
Press/News ___________= Dokumentasi perjalanan

NB:
(*)Diharapkan tidak menggunakan / meniru atribut alat-alat aparat berwajib (lampu strobo, flip flop, sirine, ataupun pengeras suara)

(*)Akan lebih baik jika meminta ijin pihak berwajib jika peserta touring lebih dari 10 kendaraan

(*)ring-iringan di atas 10 kendaraan sangat sulit untuk dikendalikan. Karena itu, bagilah kelompok konvoi maksimal per 10 kendaraan. Tiap kelompok memiliki pimpinan sendiri dan melakukan koordinasi internal sebelum melakukan perjalanan. Lantas lepaslah tiap kelompok dengan jeda 5-10 menit seperti halnya ajang reli. Kelompok-kelompok kecil seperti ini akan memberi efek positif bagi kesopanan di jalan serta kelancaran konvoi.

TATA TERTIB PESERTA TURING

Berikut ini sedikit pengetahuan tentang Rumus dan Tata Cara Konvoi Touring yg dirangkum dari rekan rekan blogger yg merupakan bikers community
1. Tidak membentuk garis lurus dengan motor didepannya
- posisikan motor lebih ke kanan atau ke kiri terhadap motor didepan untuk memberikan jarak menghindar bila terjadi pengereman mendadak
- atur jarak aman sesuai kecepatan
- pastikan kecepatan tidak melebihi 60 kpj atau sesuaikan dengan kondisi jalan dan peraturan yg berlaku

Berikut ini beberapa ketentuan batas kecepatan kendaraan anda di jalan:
Dalam kota 50 Km/Jam,
Luar kota 80 Km/Jam,
Pemukiman (keramaian) 25 Km/Jam,
Jalan bebas hambatan 100 Km/Jam.
Hal ini sebagaimana dimaksud pasal 287 ayat 5 melanggar aturan batas kecepatan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009

SUMBER

2. Mematuhi peraturan rambu Lalu Lintas dan arahan petugas (polisi).
Tata cara di lampu lalu lintas (lalin) atau di persimpangan :
- Saat lampu lalu lintas menyala kuning untuk menghindari putusnya konvoi RC wajib mengurangi kecepatan
- tetap dalam konvoi kecuali ditentukan lain oleh RC
- tidak menerobos lampu merah sekalipun konvoi harus terputus

3. Tidak bercanda / ngobrol dengan sesama peserta (apabila tidak diperlukan).

4. Tidak melakukan manuver yg membahayakan diri sendiri, peserta lain juga pengguna jalan lain.
. a. Dilarang saling mendahului antar sesama peserta konvoi
. b. Dilarang berkendara secara ugal-ugalan
. c. Tidak meninggalkan peserta yang mengalami masalah (troble) dijalan

5. Saling menghormati dengan sesama pengguna jalan.
. a. Tidak berbuat arogan dan meng-intimidasi pengguna jalan lain.
. b. Memberi kode dan isyarat dgn sopan ketika meminta jalan, juga jangan lupa memberi ucapkan terima kasih sesudahnya dengan mengacungkan jempol. emoticon-thumbsup
. c. Memberi jalan bagi kendaraan yg melaju lebih cepat
. d. Tidak menutup jalur sesama pengguna jalan raya

6. Tidak menggunakan/dalam pengaruh obat2an.

7. Menaati perintah dari petugas turing (RC, Blocker, Sweeper)

8. Tidak membunyikan klakson terhadap hal yang tidak perlu atau sudah diwakili oleh RC kecuali pada saat2 yg memang sangat diperlukan.

. a. Horn code (kode klakson) :
- Bunyi panjang = konfirmasi siap berangkat (hanya sweeper); tanda klotur putus (hanya sweeper); tanda konvoi sudah kembali komplit setelah terputus (hanya sweeper)
- Bunyi berulang sering = permintaan emergency stop
- Bunyi pendek dua kali = salam brotherhood

9. Tidak diperbolehkan merokok selama berkendara.

10. Mengikuti semua petunjuk dari Road Captain (RC), serta wajib meneruskan
semua petunjuk tadi ke seluruh barisan hingga barisan yg paling belakang.

. a. Kode tangan (Hand Code)
- Gunakan hanya tangan kiri
- Acungan jempol ke atas = konfirmasi tanda siap berangkat; atau salam brotherhood
- Satu jari = bentuk barisan konvoi menjadi satu kolom
- Dua jari = bentuk barisan konvoi menjadi dua kolom
- Lima jari = konvoi bubar untuk kembali bergabung setelah melewati rintangan (macet)
- Jari mengepal = siap-siap berhenti (hanya untuk stop point)
- Menunjuk arah = siap-siap berbelok ke arah yang ditunjuk

. b. Kode kaki (Foot Code)
- Turunkan kaki kiri = menunjukan adanya lubang di sebelah kiri
- Turunkan kaki kanan = menunjukan adanya lubang di sebelah kanan
- Turunkan kedua kali = menunjukan jalanan rusak, bergelombang, marka melintang, rel kereta api



Spoiler for kode:

Spoiler for kode:



Bentuk barisan saat konvoi touring

Diusahakan pemimpin konvoi adalah pengendara yg berpengalaman, mengerti jalur yg akan dilalui.
Jangan menempatkan pengendara emoticon-roseyg bertipe offensive diposisi terdepan, karena dapat memicu kecelakaan pada anggota konvoi yang ada dibelakangnya.

nanti emoticon-rose dia doang yg selamat, yg lainnya ngglosor emoticon-Ngakak

Dalam konvoi disarankan agar peserta menjaga jarak aman dengan yang lainnya, dan tidak menggunakan hak orang lain dalam berkendara
Berikut beberapa bentuk barisan yang disarankan saat melakukan konvoi

1. Formasi satu barisan:
Jika jumlah peserta konvoi sedikit, jalanan lumayan lengang dan kondisi lebar jalan memadai, formasi ini dapat dilakukan. Dengan 1 barisan, memungkinkan peserta konvoi tuk melaju lebih cepat. Formasi ini juga dilakukan saat mendahului kendaraan lain yg melaju lebih lambat
Spoiler for 1barisan:


2. Formasi zig-zag
Formasi ini disarankan saat kondisi jalan padat. Selain itu formasi ini membuat iring-iringan tidak terlalu panjang
Spoiler for zig-zag:


3. Formasi Parade
Formasi ini dilakukan untuk kepentingan parade (Show off) dalam kecepatan rendah.
Spoiler for Parade:


Hal-hal yang perlu diperhatikan

Buatlah Rute Dan Checkpoint
Ini merupakan kunci utama untuk menghindari perserta konvoi berjalan terlalu dekat. Dengan memberi tahu rute detail, seluruh peserta konvoi akan mendapat gambaran utuh tentang perjalanan. Dalam rute ini, cantumkan pula checkpoint, jarak masing-masing etape serta titik bertemu atau meeting point. Jadi misalnya ada yang tertinggal pun, peserta tahu akan bergabung lagi di tempat yang telah ditentukan. Dalam merancang rute, jangan biarkan konvoi berjalan non-stop lebih dari 100 Km tanpa perhentian. Tentukan tempat berhenti untuk istirahat 10-15 menit, bisa berupa pompa bensin atau rumah makan.

Tata Cara Pemberangkatan
Berlaku untuk setiap pemberangkatan baik dari start point dan setiap stop point (check point, emergency stop, dll) yang ditentukan oleh RC (road captain)
- RC memberikan tanda siap berangkat dengan menghidupkan mesin motornya dan memposisikan motornya sebagai RC (terdepan)
- Peserta mengikuti dengan membentuk barisan 1 (satu) kolom dan ditutup oleh Sp (sweeper)
- RC memberikan tanda akhir siap berangkat (lihat hand code) diikuti oleh peserta yang sudah siap
- Sp memberikan tanda konfirmasi siap berangkat kepada RC (lihat horn code).

Kendaraan Lebih Kecil / Lamban Di Depan
Bila peserta konvoi terdiri dari beberapa jenis kendaraan dengan ukuran berbeda, sebaiknya urutkan posisi terdepan dari ukuran kendaraan terkecil hingga yang paling besar. Ini akan membantu visibilitas pengendara di belakang saat beriringan.

Anggaplah Sedang Berkendara Sendiri
Konvoi cenderung lebih melelahkan justru karena faktor psikologis dengan berpikir kita sedang konvoi dan tak boleh lepas dari iring-iringan. Untuk itu, ketika menjadi peserta konvoi, anggaplah seperti sedang berkendara sendiri melalui rute yang sudah ditentukan. Berkendara pun jadi lebih santai dan disiplin berlalu lintas menjaga keamanan kian mudah dilakukan.

Jaga Jarak Aman Dan Beri Jalan
Tentu saja ini standar baku bagi seluruh pengendara di jalan, termasuk konvoi. Selalu terapkan jarak minimal 2 detik dari kendaraan di depan. Jangan takut dipotong kendaraan lain, karena sebagai konvoi yang sopan Anda juga mesti memberi pengguna jalan lain hak yang sama. Dengan menjaga jarak dan rela memberi jalan pada orang lain, citra klub Anda akan semakin harum. Banyak pengendara awam beranggapan konvoi adalah sesuatu yang bersifat arogan.Dan ketika Anda membuktikan sebaliknya, klub pun akan mendapat simpati dan senyuman dari sesama pengguna jalan.

Sein Lebih Awal
Demi menghindari reaksi terlambat dari peserta konvoi di belakang, selalu gunakan sein lebih awal ketika hendak berbelok. Tak perlu terlalu lama, sekitar 1-2 detik lebih awal dari normalnya sudah cukup. Bila memungkinkan, komunikasikan juga via radio komunikasi saat akan membelok.

Gunakan Lampu Besar, Bukan Hazard
Aturan simpel yang membedakan konvoi sopan dan provokatif. Menggunakan hazard mengundang banyak bahaya seperti pengendara di belakang lebih cepat lelah matanya, lampu sein jadi tidak berfungsi serta seakan meminta prioritas ke pengendara lain. Bila dirasa perlu untuk memberi tanda peserta konvoi, gunakan saja lampu besar, bukan lampu jauh atau lambaikan tangan. Selain tidak mengganggu pengendara lain, lampu besar juga dirasa masih sopan.

Menyalip Sendiri-Sendiri
Bila kebetulan harus menyalip kendaraan yang berada didepan pada jalan 2 arah, eksekusilah satu per satu jangan langsung berombongan. Selain lebih sopan pada pengendara lain, kendaraan yang telah mendahului pun bisa menginformasikan kondisi lalu lintas dari depan pada peserta lain yang hendak menyalip.

Tata cara konvoi terputus
- Sp memberikan pesan horn code (kode klakson)
- RC mengurangi kecepatan
- setelah bebas dari hambatan, peserta yang terputus bersama Sp
mengejar konvoi dalam kecepatan aman max. 80 kpj
- setelah semua bergabung kembali Sp kembali memberikan horn code

Menghalau penyusup
- maksimalkan jarak motor dengan motor didepannya sesuai kecepatan
- berikan tanda dan berikan jalan untuk mendahului kepada calon dan penyusup
- Sp berusaha mengeluarkan penyusup dengan cara-cara yang baik

Tata cara peserta mengalami masalah
- peserta berikan tanda darurat mohon berhenti jika memungkinkan
- RC memberhentikan konvoi
- Sp advice RC bila tidak mengetahui
- Sp atau salah satu peserta memberi tanda kepada klotur berikut
- tidak meninggalkan peserta dijalan dalam situasi apapun
- tidak meninggalkan peserta sendirian atau lebih baik lagi pending klotur

Bila terjadi kecelakaan minor injured :
1. Sp memberikan tanda kepada klotur berikutnya untuk tidak berhenti
2. korban dirawat sementara
3. bawa korban ke balai pengobatan terdekat bila perlu

Bila terjadi kecelakaan major injured :
1. parkir semua motor di lokasi aman (ditunggui salah satu peserta bila perlu)
2. semua peserta mengamankan TKP dan atur lalin
3. Sp memberikan tanda kepada klotur berikutnya
4. evakuasi dipimpin langsung oleh RC
5. RC broadcast berita dan
6. wajib stop touring

Bila terjadi mogok :
1. klotur emergency stop
2. ditangani oleh peserta yang mengerti
3. RC cari bengkel terdekat bila tidak bisa ditangani peserta
4. antar dan kawal motor ke bengkel terdekat


Demikian penjelasan tentang tata krama konvoi yg diharapkan dapat dimengerti dan dipatuhi oleh semua pengendara yg melakukan konvoi.
Mari kita Kampanye-kan Disiplin Berkendara, Tertib Lalin dan menghormati sesama pengguna jalan. Mari kita minimalkan resiko kecelakaan yg mungkin terjadi.
Mudah2an semua itu bisa mengangkat citra bikers di masyarakat pada umumnya,juga sesama pengguna jalan pada khususnya.

Ngebut itu ibadah

Semakin ngebut semakin dekat denganALLAH
emoticon-Takut
#Aminnn
Spoiler for jangan ditiru:

LAKUKAN DENGAN GAYA
BERSAMA SEPERTI SAUDARA







Sumber CoPas googling dll

Quote:
Diubah oleh k.dom 07-10-2013 02:10
0
10.5K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan