alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/524032428327cf172d00000a/peringatan-kulminasi-matahari-di-bumi-khatulistiwa
Peringatan Kulminasi Matahari di Bumi Khatulistiwa
Peringatan Kulminasi Matahari di Bumi Khatulistiwa
Salah satu fenomena alam di kawasan Tugu Khatulistiwa, Kalimantan Barat di mana telur bisa berdiri tegak, 23 September 2013 (VIVAnews/Aceng Mukaram)


VIVAnews -Wisatawan lokal dan mancanegara berduyun-duyun mendatangi Tugu Khatulistiwa di Jalan Khatulistiwa Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Senin 23 September 2013. Mereka ingin menyaksikan peristiwa langka, yakni kulminasi matahari.

Terik panas matahari tak menyurutkan ribuan masyarakat untuk datang menyaksikan fenomena alam yang hanya terjadi dua kali dalam setahun yakni antara 21-23 Maret dan 21-23 September. Tepat pukul 11.35 WIB, bunyi petasan yang disulut sinar matahari menggunakan kaca pembesar (lup) meledak-ledak. Petasan ini menandai matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa, kulminasi matahari.

Selain pertunjukan petasan, panitia juga mempertontonkan fenomena alam, yakni telur yang berdiri tegak. Selain itu, putaran air berlawanan dengan arah jarum jam.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji meminta fenomena alam yang istimewa itu tak hanya diperingati sekedar seremonial. Lebih lanjut, imbuhnya, fenomena itu harus digali dan dikaji mendalam karena para ahli belum berhasil mengungkapnya.

"Di daerah lain sulit untuk membuat telur bisa berdiri tegak, tetapi di sini begitu mudah melakukannya," kata dia. Dia yakin, rahasia alam itu terungkap secara alamiah.

Titik kulminasi matahari merupakan fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa atau nol derajat. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi.

Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa sinar matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.

Tak banyak negara yang dilintasi garis khatulistiwa. Kalaupun ada, letaknya tidak berada di tengah-tengah kota. Kota Pontianak menjadi satu-satunya kota yang dilintasi garis khatulistiwa di antara negara-negara lainnya.
Tujuan wisata

Wali Kota juga meminta semua pihak yang bergerak di bidang pariwisatamemanfaatkan fenomena alam kulminasi matahari di Pontianak tersebut. “Silakan menjadi penyelenggara. Pemkot hanya menjadi fasilitator saja. Ini dimaksudkan supaya semuanya sesuai keinginan dan kondisi pasar pariwisata yang ada,” katanya.

Selain itu, Sutarmidji juga sudah meminta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menciptakan suatu alat atau model peraga supaya masyarakat bisa menyaksikan detik-detik kulminasi dengan mata telanjang lebih nyaman.

“Kalau alat yang ada saat ini hanya bisa disaksikan dari dua sisi. Seharusnya bisa disaksikan dari segala sisi sehingga semua bisa menyaksikan detik-detik matahari berkulminasi,” jelasnya.

Ke depan, Pemkot Pontianak akan menata kawasan Tugu Khatulistiwa menjadi ruang publik yang nyaman bagi masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung dengan membangun taman. “Saya berharap ini menjadi salah satu aset wisata yang bisa menjadi unggulan di Kota Pontianak ini,” ujarnya.

Pemkot pun menampung ide-ide kreatif yang memiliki nilai jual, terutama dari kalangan muda. “Sehingga mereka bisa menjadikan keberadaan Tugu Khatulistiwa ini sebagai satu aset ekonomi yang perlu terus ditumbuhkembangkan,” katanya. (eh)
Sumber

Bumi Indonesia punyai segudang fenomena yg takan habis untuk dibahas/kaji emoticon-I Love Indonesia
jiah info nya tlat gan.. Udah tanggal 23, gak jadi liat fenomenanya emoticon-Frown
sayaaaang telat gan....beud nice info...
Jadi kangen pontianak gan emoticon-Big Grin...dan kalo kesono pasti ane kaga bakal lupa main ke singkawang emoticon-Big Grin....bener2 keistimewaan indonesia,coba ada sosialisasi sebelum hari H pasti rame tuh yg datang emoticon-Big Grin
wah kapan2 pengen juga ngeliat telur bisa bediri tegak
ada kaskuser dari pontianak yang bisa jelasin maksudnya gimana ya ?

telur berdiri tegak sama putaran air berlawanan dengan jarum jam ? gak jelas nih maksudnya apa..
wow baru tau nih aneee...
Quote:Original Posted By pus_abuabu
ada kaskuser dari pontianak yang bisa jelasin maksudnya gimana ya ?

telur berdiri tegak sama putaran air berlawanan dengan jarum jam ? gak jelas nih maksudnya apa..


Kulminasi matahari merupakan salah satu fenomena unik dimana pada saat itu matahari persis berada sejajar di atas kepala, sehingga setiap benda yang ditancapkan lurus tidak kelihatan bayang-bayangnya.Titik kulminasi matahari ini yang hanya dapat disaksikan di tiga kota di Indonesia, yaitu di kabupaten Pasaman Sumatera Barat dan di Pontianak Kalimantan Barat, serta di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau yang dilintasi garis Khatulistiwa.
Quote:Original Posted By pus_abuabu
ada kaskuser dari pontianak yang bisa jelasin maksudnya gimana ya ?

telur berdiri tegak sama putaran air berlawanan dengan jarum jam ? gak jelas nih maksudnya apa..



Ide bodoh karena kurang belajar ilmu pengetahuan alam ....

gugel: "bad astronomy"
panasnya kayak apa ya di pontianak? matahari tepat di atas kepala emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Jadi kangen pontianak gan emoticon-Big Grin...dan kalo kesono pasti ane kaga bakal lupa main ke singkawang emoticon-Big Grin....bener2 keistimewaan indonesia,coba ada sosialisasi sebelum hari H pasti rame tuh yg datang emoticon-Big Grin


ente dari singkawang ya gan... disingkawang biasanya sebelum hari raya imlek , juga bisa buat telor berdiri gan emoticon-Big Grin

Quote:Peringatan Kulminasi Matahari di Bumi Khatulistiwa
emoticon-Matabelo

keajaiban indonesia yang tak kan bisa di kupas oleh ilmuwan indonesianya sendiri

* karena ilmuwan indonesia kagak pada sampe otaknya kesitu emoticon-Peace
Dekat2 festival moon cake ya
kalo dipecahin telornya bisa mateng gak ya..?
mungkin karena kontroversi sinar ultraviolet...
Quote:Original Posted By felsha


ente dari singkawang ya gan... disingkawang biasanya sebelum hari raya imlek , juga bisa buat telor berdiri gan emoticon-Big Grin



ada kaitannya dengan kulminasi ya gan? mungkin bs dijelasin dikit
Quote:Original Posted By 0neb1t


ada kaitannya dengan kulminasi ya gan? mungkin bs dijelasin dikit


kayaknya pake bantuan tapekong kali gan emoticon-Big Grin