alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/523f2667becb17c437000006/tanya-masalah-dua-jaljalut-berikut-ini
tanya masalah dua jaljalut berikut ini
Maaf sebelumnya kepada para sesepuh di sini. Berawal dari ketertarikan saya akan kidung jaljalut, akhirnya saya mendapatkan materi jaljalut berikut ini. [URL="http://www.4*shared.com/archive/yl_t_3Mf/jaljalut.html"]download[/URL]
File tersebut berisi 3 file :
1. video jaljalut awang2 horeg yg sy download dari youtube (telah sy edit agar audio dan tulisannya bisa seirama),
2. file pdf dari video di atas (sy crop dari video dan dijadikan file pdf),
3. file pdf penjelasan imam al-buni tentang jaljalut (lupa alamat downloadnya)

dari ketiga materi di atas memunculkan beberapa pertanyaan bagi sy :

1. (video) ada sedikit perbedaan pd text dan bacaannya. kemungkinan karena perbedaan manuskripnya, tp secara keseluruhan menunjukkan sumber yg sama.

2. nah, ini yg bedanya agak jauh, ketika sy bandingkan dengan jaljalut pd file pdf penjelasan imam al-buni. Setahu sy memang ada dua versi jaljalut yg bersumber dari buku imam al-buni (kubro dan sughro). tp yang versi video ini agak berbeda dengan keduanya (mohon maaf karena keterbatasan pengetahuan sy tentang bhs arab, jd tolok ukur perbedaannya hanya sy lihat dari huruf2nya saja)

3. apa benar sumber jaljalut ini dari sayidina ali seperti yg tersebut dalam text?

4. mungkin ada sesepuh di sini yang berkenan membabar perihal kidung jaljalut ini.

Sebenarnya sy mau tanya di thread ini
http://archive.kaskus.co.id/thread/8073717/
makanya sy bela2in ndaftar ke kaskus emoticon-Ngakak tp karena kebodohan sy tidak bisa posting di thread tsb emoticon-Sorry

terimakasih sy ucapkan atas kepedulian dan keiklasan para sesepuh di sini dalam bentuk apapun.

maturnwn...
Masuk
subforum spiritual mas. . Disana banyak para pakar nya emoticon-Belo
jaljalut itu apa sih gan??
menunggu Raden Mahesa ... emoticon-Big Grin

ane awam gan..
bawah ane ni pakar ny emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By kampretzoo
jaljalut itu apa sih gan??


idem sama mbahe.....
dulu pernah ada yg bahas ttg jaljalut...semoga ditingkatkan kembali pembahasannya
jaljalut konon doa yg sangat ampuh gan.

bang mahesa ahlinya. tunggu aja yak....
Ane juga baru denger jaljalut
ijin menyimak mbah emoticon-Big Grin , soalnya baru denger emoticon-Blue Guy Peace
ts tret jaljalutnye masih ada n aktif kok om.. cuma ganti id doang..
bentar aye summon orangnye ye mudah2an mau ngejembrengin..
emoticon-Salaman
ane juga deprok,,. nunggu pembabaran lebih lanjut emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By robienrose
menunggu Raden Mahesa ... emoticon-Big Grin



ya, coba ts PM raden mahesa,
Waduh ada momod emoticon-shakehand
jaljalut,,,
fahami yang bener gan tuk dapatkan faedahnya....
bersihkan diri dulu, itu yang utama...
ijin nyimak puh... n salim juga buat para sepuhemoticon-shakehand
terimakasih atas saran dan pemberitahuannya. juga kepedulian agan semua untuk menanggapi pertanyaan sy ini. semoga panjenengan semua diparingi lancar rejeki. aamiin.

mudah2an mas mahesa atau mas rajaineb (ts yg sy gak bisa posting tsb di atas, forumnya di loekeloe tp sy cari2 cara masuknya kok gak bisa, maklum baru kali ini masuk kaskus he he...) berkenan membabar perihal jaljalut ini.
Quote:Original Posted By kampretzoo
jaljalut itu apa sih gan??


maaf sy sendiri kurang begitu paham, mas. tp kalau garis besarnya (sebatas pengetahuan sy dari apa yang sy baca) kidung jaljalut ini adalah sebuah puisi sufistik berbentuk doa dengan puji2an sangat dasyat dan bertawasul ke banyak aspek sedalam pengetahuan beliau karomallaahu wajhah yg menulis ini . salah satunya tawasul ke asma2 Allah yg diajarkan kepada nabi2 sebelum nabi Muhammad saw (pernah sy baca katanya ism jaman nabi sulaiman as. yg bahasanya adalah bahasa suryani).

Sebagaimana diceritakan dalam al-quran surat an-naml (maaf sy lupa ayat2nya) perihal pemindahan singgasana (tempat duduk raja) ratu bilqis. yg akhirnya dipindahkan oleh seorang yg mempunyai pengetahuan tentang kitab. disebutkan di sebuah tafsir bahwa beliau ini menggunakan ismul a'dhom sehingga sekejap saja berkat ism ini singgasana dapat dipindah. (mungkin ayat ini bisa digunakan sbg salah satu sanggahan atas pendapat2 miring sebagian pihak atas kidung jaljalut khususnya atau masalah2 yg berhubungan dengan sesuatu yg tidak masuk akal pada umumnya. Bahwa tidak semua yg tidak masuk akal alias magic itu berhubungan dengan jin, kemudian dicap musrik. di ayat2 tsb diceritakan bahwa ifrit (dikatakan sebagai golongan jin yg kuat) menyanggupi untuk memindah "sampai Paduka berdiri". dan beliau ini yg mempunyai ilmu kitab menyanggupi hanya sekajap mata).

Tp kemudian beberapa praktisi ilmu hikmah menyarikan atau merubah media permohonan doa atau hanya mengambil bait2 yg sesuai dengan kebutuhan mereka sehingga muncul turunan2 kecil dari kidung ini dengan menyertakan nama jaljalut (misal asma jaljalut). seperti kita ketahui bahwa doa bisa dimohonkan dengan berbagai cara. ada yg dengan pikiran, dengan ucapan dengan simbol baik dua dimensi (wifiq, rajah) maupun tiga dimensi (tumpengan, gunungan - merupakan gubahan para wali terhadap simbol2 tiga dimensi jaman sebelum islam).

menurut saya kidung ini berdasarkan niat penulis adalah mirip dengan hizb. kalau di jawa mirip dengan rapal2 setelah masuknya islam (dibuat oleh para wali waktu itu).

maturnwn.