alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5237fd1df9ca174978000009/your-favorite-civ-in-aoe3-including-expansion
Your Favorite Civilization in AoE3 including Expansion
Setelah mainin AoE 3 sekian lama, agan-agan pasti punya Civilization yang agan favoritkan. Alasannya bisa macam-macam. Di youtube, terdapat polling ini gan. Coba cek linknya.
YouTube
Sayang dalam Polling 4 tahun lalu ini, sepertinya peradaban pada expansion pack yakni the War Chief dan Asian Dynasties tidak dimasukkan. Nah, disini, para AoE3 ers bisa share peradaban yang paling disukai termasuk expansion packnya.
Apa peradaban favorit agan di Age of Empire 3 ?.

Mulai dari ane.
Ane suka mainin Portugis gan, karena Portugis punya banyak bonus unik.

Limit TC Terbanyak dan Bonus 1TC wagon +1 limit TC Setiap Kenaikan Abad
Yang paling utama adalah bonus dan limit Town Center (TC) gan. Bonus 1 TC dan tambahan limit 1 TC yang diperoleh setiap kali naik abad bisa dimanfaatkan untuk menguasai wilayah lebih awal gan. Inilah mengapa Portugis itu merupakan peradaban yang cocok untuk dimainkan oleh AoE3ers yang suka menjelajah seperti ane.
Your Favorite Civ in AoE3 including Expansion
Di awal-awal permainan penguasaan wilayah menjanjikan penguasaan sumber daya alam seperti tambang-tambang untuk deposit koin hewan-hewan buruan untuk persediaan makanan serta pohon-pohon untuk persediaan kayu. Ini membuat Portugis sangat baik untuk untuk ekspansi ekonomi tanpa melupakan pertahanan sejak abad kedua, karena TC berfungsi sebagai bangunan pertahanan dan juga tempat melatih villager. Pada pertengahan permainan dan akhir permainan, penguasaan wilayah dapat berfungsi juga sebagai salah satu strategi pengepungan daerah musuh. Pada abad ke dua, Portugis sudah memiliki 2 TC, sementara civilization lain masih satu. Pada abad ke 3, saat limit TC civilization lain menjadi 3 dan masih mempertimbangkan untuk membangun TC tambahan, Portugis sudah memiliki 3 TC. Pada abad ke IV, secara default Portugis sudah memiliki 4 TC , sementara civilization lain mentok di 3 TC.
Spoiler for Limit TC di abad ke 4:


Portugis, dengan kartu Donatairos, pada abad industri, mampu menaikkan limit TC sampai dengan 6, yang berarti batasan TC Portugis bisa sampai 2 kali daripada civilization yang lain. Dengan jumlah TC yang bisa mencapai 6 buah, Portugis 2 kali lebih mampu menguasai peta ketimbang civilization yang lain yang hanya punya limit hingga 3 TC. Dengan total 6 TC, kira-kira sampai dengan 3/4 peta bisa di kuasai.

Spoiler for kartu Donatairos:

Spoiler for Limit TC setelah Kartu Donatairos dikirim:

Pengungsian villager ke TC akan lebih mudah, karena dengan 6 TC pada abad ke IV, villager jadi 2 kali lebih mudah diungsikan daripada dengan hanya 3 TC. Ini sangat penting, karena jika musuh berhasil membantai villager, ekonomi akan mengalami krisis dan kekalahan sangat mungkin terjadi
Selain itu, dengan 6 TC, Portugis lebih cepat 2 kali dalam melatih villager ketimbang civilization lain, yang hanya punya maksimum 3.
Spoiler for 6 TC built:

HP dari wall-nya Portugis, dengan improved building card dan TEAM improved wall card,+upgrade bastion, bisa mencapai 10200, yang lebih tinggi daripada rata-rata HP dari wall yang lain (kec china).


Spoiler for TEAM Improved Wall Card:

Ini membuat dinding Portugis mampu menahan serangan pasukan dengan berperang dibalik tembok jauh lebih baik daripada peradaban yang lain. Oh ya, karena sifat dari kartu ini diperuntukkan bagi TEAM, maka bukan hanya Portugis yang menikmati +50% HP dari wall, tetapi juga sekutu Portugis.
Spoiler for Wall Portugis:


Varian Pasukan Lengkap
Portugis juga punya varian pasukan yang lengkap. Pada abad kedua, Portugis dapat melatih Pikemen, Crossbowmen, Musketeer, Hussar. Pada abad ketiga, artillery foundry akan dapat dibangun untuk Portugis, sehingga Portugis memiliki akses ke organ gun, culverin, petard. Di barrack, Halbeldier akan tersedia untuk Portugis. Di stable, Dragoon akan tersedia untuk Portugis. Pada abad ke IV, di artillery foundry, Mortar dan Heavy Horsegun akan tersedia seperti civilization lainnya. Praktis Hanya satu jenis pasukan yang tidak dimiliki oleh Portugis yakni grenadier, sejenis artileri ringan, yang hanya tersedia untuk Russia, Ottoman, British, Dutch sejak abad ke 2. Variasi pasukan ini membuat ane sebagai fansnya Portugis memiliki banyak pilihan saat menghadapi kombinasi pasukan musuh.
Artilery, Cavalery, Infantry dilatih lebih cepat
Portugis juga merupakan salah satu dari 2 Civilization (yakni Perancis) yang mampu melatih seluruh tipe pasukannya dengan lebih cepat karena ketersediaan 3 kartu : Engineering school, riding school, dan fencing school.
Spoiler for Engineering School Card:

Spoiler for Fencing School card:

Spoiler for Riding School:


Portugis memiliki kartu TEAM Cheap Outpost yang dapat menurunkan harga outpost dari 250 wood ke hanya 175 wood per outpost unit. Kartu ini bisa dikirim pada abad pertama.
Spoiler for TEAM Cheap Outpost:
Dengan kartu ini Portugis bisa menghemat penggunaan kayu, yang dibutuhkan untuk pembangunan struktur lain pada abad ke dua dan juga untuk melatih pasukan. Bukan hanya Portugis yang merasakan dampak dari kartu ini, karena sifat kartu ini berpengaruh untuk TEAM, maka sekutu Portugis juga ikut merasakan harga murah Outpost dengan kartu ini.
3 Jenis Pasukan Royal Guard Upgrade
Veteran Musketeernya bisa di-upgrade ke tingkat Royal Guard menjadi Guerreiro sehingga setara dengan Red Coat nya British.
Spoiler for Guerreiro:

Disamping itu, Portugis dapat mengupgrade veteran crossbowmen hingga ke level royal guard i.e Besterio dengan terlebih dahulu mengirimkan kartu treaty of Tordessilas dari Home City ke gereja.
Spoiler for Treaty of Tordessilas:

Setelah kartu tersebut dikirim, di gereja akan tersedia shipment 22 besterio yang bisa ditebus dengan 2400 wood.
Spoiler for Besterio in Church:

Setelah agan mengklik besterio itu, agan akan mendapatkan 22 besterio dan crossbowmen agan akan berubah menjadi besterio. Nah sejak saat itu, agan akan dapat melatih besterio ketimbang veteran crossbowman di barrack.
Spoiler for Train Besterio in Barracks:

Portugis pun dengan beserio upgrade memiliki opsi lebih banyak u/ infantri ringan pada abad ke IV.
Spoiler for Besterio:

Besterio, sebagaimana crossbowman yang hanya butuh 40 food dan 40 wood per unitnya tentu merupakan pilihan efisien di abad ke IV, jika ada rencana untuk naik ke abad ke 5: abad imperial sehingga harus menghemat penggunaan food.
Jinete Dragoon Upgrade
Portugis satu-satunya peradaban yang bisa meng-upgrade Dragoon menjadi Jinete, yang merupakan Royal Guard Upgrade dari dragoon.
Spoiler for Jinete Upgrade:

Spoiler for Jinete Dragoon:


Dragoon Terkuat
Selain royal guard upgrade, Dragoon Portugis dapat diperkuat dengan tambahan dragoon combat card,
Spoiler for Dragoon Combat Card:

Dragoon dengan Jangkauan Terjauh
Dragoon Portugis memiliki range paling jauh gan.
Mayoritas Dragoon hanya memiliki jangkauan tembak 14, semetara dragoon Portugis bisa memiliki jangkauan hingga 20 dengan kartu genitour pada abad ke IV: Abad Industri.
Spoiler for Genitour card:

Spoiler for Jinete range after genitour card sent:


Ini membuat Portugis lebih mampu untuk mematahkan serangan kavaleri dibandingkan dengan civization yang lain. Saat melawan peradaban yang memiliki kavaleri spesial seperti French dengan Cuirassier atau Spanish dengan Lancer, Jinete dragoon dengan kartu genitour dan dragoon combat mampu meredam mereka. Fully upgraded jinete lebih mampu mengkounter kavaleri tentara bayaran seperti Elmeti, Mameluke, Jat Lancer.

Skirmisher dengan serangan terkuat dan tercepat
Portugis memiliki Cassadors, yang lebih kuat serangannya skirmisher biasa walaupun lebih rendah HPnya. Selain itu, cassadors lebih cepat daripada skirmisher biasa dan juga lebih tahan terhadap tembakan.

Spoiler for Cassadors:


Artileri Spesialis Penghancur Infantri Berat
Portugis tidak memiliki falconet, namun memiliki organ gun. Keunikan Organ gun terletak pada kemampuannya mengeliminir infantri berat dalam jumlah banyak, sehingga Portugis punya keunggulan saat bertempur dengan musuh yang mengandalkan infantri berat seperti Spanish dengan Espada Rodellero, dan Tercio Pikemen, British dengan Red Coat Musketeer, Aztec dengan Jaguar Prowl Knight nya, India dengan Sepoy, Rajput, dan Uruminya Dutch dengan Nassau Halbeldier, German dengan Doppelsoldernya, Ottoman dengan Janissary-nya. Sebagai satu-satunya peradaban yang mampu melatih Organ gun, Portugis memiliki senjata spesialis penghancur infantri berat.
Spoiler for Organ gun:

Spesialisasi ini menjadikan organ gun tidak tergantikan sepanjang permainan. Ini merupakan meriam favorit ane di AoE3. Saat tiba di abad ke IV, heavy horse gun akan tersedia. Jika bermain sebagai civilization yang lain, falconet yang lebih lambat cenderung akan ditinggalkan karena memiliki fungsi yang mirip dengan heavy horse gun, yang jauh lebih mudah dipindah-pindahkan. Heavy horsegun tidak akan mensubstitusi organ gun pada abad Industri karena mereka memiliki fungsi yang berbeda. Tambahan heavy horse gun pada abad ke IV hanya akan membuat Portugis memiliki lebih banyak pilihan meriam pada abad ke IV.
Mortar Dengan Range Terjauh
Portugis mampu mengupgrade mortar sehingga menjadi Mortar yang paling jauh jangkauannya diantara Mortar yang lain dengan Rangefinding card yang bisa dikirim di abad ke IV: Industrial Age. Dengan jangkauan itu, mortar tidak perlu terlalu sering dipindah-pindahkan, sehingga membuat mortar Portugis lebih bisa ditempatkan dalam posisi paling aman.
Spoiler for Mortar shot before rangefinding card sent:

Spoiler for Rangefinding card:

Spoiler for Mortar shot with rangefinding card:

Spyglass
Eksplorernya mampu menggunakan spyglass, kemampuan unik yang bisa digunakan sejak awal permainan untuk memantau perkembangan musuh.
Spoiler for Spyglass Ability:

Spoiler for Spyglass Ability 2:

Spoiler for spyglass ability 3:

Spyglass ini, apabila dipadukan dengan hot air balloon, mengizinkan Portugis memantau secara terus menerus perkembangan musuh. Informasi yang diperoleh dari memata-matai musuh ini bisa digunakan sebagai salah satu masukan untuk menyusun strategi antisipasi terhadap rencana musuh.
Jumlah Explorer Terbanyak
Selain itu, dengan kartu Bandeirantes yang tersedia pada abad ke 4, Lisbon dapat mengirimkan tambahan dua explorer sehingga Portugis bisa memiliki 3 explorer.
Spoiler for Bandeirantes Card:


Tambahan ini menjadikan Portugis memiliki jumlah explorer paling banyak yakni 3 diantara civilization yang lain. Jumlah explorer ini akan membuat perbedaan pada abad ke IV dan V. Explorer adalah hero yang kuat lagi murah serta tidak butuh populasi. Dengan memiliki explorer 3 unit, Portugis seolah mempunyai 3 hero yang tidak bisa mati dalam pasukannya. Setiap explorer punya hitpoints hingga 3080 dengan full upgrade (knighthood dan Peerage) dari Capitol.
Spoiler for Fully Upgraded Explorer Stat:

Lebih dahsyat lagi, mulai abad ke IV, explorer punya kemampuan eye of assassins, yang bisa membunuh dengan sekali tembak.
Spoiler for Eye of Assasins:
Bisa dibanyangkan kan, 3 explorersdengan kemampuan seperti itu. Saat explorer kehabisan HP, dia bisa di tebus dengan hanya membayar 100 coin. Setelah ditebus dengan harga yang sangat murah pada abad ke IV atau V, HPnya penuh lagi. Waaw. Sungguh pasukan Portugis yang ditemani dengan 3 explorers sangat merepotkan untuk pasukan musuh manapun.
Spoiler for 3 Explorers:

Kapal Perang Termurah yang dapat diproduksi Lebih Cepat
Portugis juga memilik keunggulan saat perang di laut. Portugis memiliki kartu navigation school yang bisa menurunkan ongkos produksi kapal-kapal perang sehingga menjadi lebih murah 20% dan juga diproduksi 25% lebih cepat .
Spoiler for Navigation School Card:

Caravel tanpa kartu navigation school membutuhkan 300 wood dan 100 coin per unit sementara dengan kartu tersebut, caravel hany mmrlkn 240 wood dan 80 coin per unit

Frigate tanpa kartu navigation school membthkn 500 wood dan 500 coin per unit sementara dengan kartu navigation school hanya memerlukan 400 wood dan 400 coin per unit.
Galleon tanpa kartu navigation school membutuhkan 300 wood dan 500 coin per unit sementara dengan kartu navigation school hanya memerlukan 240 wood dan 400 coin
Monitor tanpa kartu navigation school membutuhkan 800 wood dan 200 coin per unit sementara dengan kartu navigation school hanya memerlukan 640 wood dan 160 coin per unitnya.
Spoiler for Ongkos Produksi Kapal Perang sebelum kartu Navigation School dikirim:


Spoiler for Ongkos Produksi Kapal Perang setelah Kartu Navigation School dikirim:


Dengan harga lebih murah dan produksi lebih cepat, Portugis lebih cepat mendominasi lautan dengan kapal-kapal perangnya.
Whale Oil Card
Last but not least, Portugis juga memiliki whale oil card yang hanya dimiliki oleh 3 peradaban, yakni Jepang, British, Portugis. Kartu ini dapat meningkatkan produksi coin dari ikan paus hingga +35%.
Spoiler for Whale Oil Card:

Di laut, Ikan paus merupakan sumber coin yang tidak terbatas, so dengan kecepatan +35%, pengumpulan deposit coin menjadi jauh lebih cepat.

IMHO, suka atau tidaknya agan-agan terhadap civilzation tertentu di Age of Empire 3 ini tergantung pada gaya main agan-agan. Ane suka menjelajahi dan menguasai wilayah peta serta mengepung musuh, yang kebetulan cocok sama Portugis ini. Ane yakin agan-agan belum tentu se gaya dengan ane sehingga civilization favoritnya pun belum tentu sama. Let Us know your favorite civ guys.
PS:
di-Zoom gan (Ctrl+scroll) kalo gambar tidak jelas.
Quote:Original Posted By Shigeamat
Ane Paling suka pake Rusia. Yang selama ane make semua faksi yang ada di AOE3 ini. Ane maen sama hard computer dan temen habis dibantai sama rusia yang ane pake ini. Lho kok gitu gan?
- Tentara dibuat secara kelompok, walaupun lemah kalau buanyak merepotkan lho. Udah nyampe Age II pun bisa buat ngeganggu musuh. Head 1 by 1 terkuat. Nyampe Age III bisa ngabisin musuh gausah pake age IV atau V.
- Rusia Unit tentara terlemah tetapi memiliki cavalery terunik digame dan termurah termurah. Apalagi cuma memakai 1 cap pop. per 1 Cavalery.
- Yang paling sanggar adalah punya card castle terhebat. Castle rusia rubuh bisa dibuat lagi oleh unit musketirnya. Wkkkemoticon-Ngakak (S)
Jaman kuliah ane dulu, ane menang pake faksi ini sekuliahan gan.Pake nih faksi Rusia is the best lahemoticon-Malu (S)



sumber
Quote:Original Posted By kart00


mantafb gan. kalau ane sih suka pake utsmaniyyah. great bombard.y itu nggak tahan liat.y nelemparin musuh2. kalau ane suka maen mode supermancy dan pengaturan.y blokade 40 menit. ane gak suka maen cepat, ane suka.y sama2 siap perang n bangun kerajaan.y dari 0. klau masa blokade.y mau habis ane pasang prajurit ane di tengah peta biar menghadang musuh datang n biar kayak perang warfare, pokok.y seru n tegang ngatur strategi.y. strategi perang ane pasang 40 om janisary digaris depan, 2 pak imam di tengah sebagai palang merah gitu, n 8 bang great bombard dibelakang. sisa populasi.y buat om janisary n bang great bombard lagi sebagai bala bantuan di markas kita, teman, atau perajurit ane yang lagi perang. terus ane pasang pasukan primitif indian dibalik hutan2(peta bouyu) biar sebagai pasukan kejutan. pokok.y ane suka perang warfare lebih seruhh n ajibbbb.


sumber
emoticon-Matabelo
kapan slesai nie ane download game nya emoticon-Ngakak

pengen terapkan jurus2 n tips yg dksh para mastah dsni
Meningan Turki/ottoman Empire..
punya Multi-purpose unit : Janisarry
dibawa tembak-tembakan bisa di bawa Melee juga bisa...
tapi sayang harganya Murah Meriah (banget akawkwa emoticon-Ngakak)
Terus juga Imperial Great bombard..... emoticon-Genit
kemaren belajar maen skirmish gan.. dengan informasi diatas ane coba maen portugis gan.. 2 vs 2 Hard di map apa tuh yang keretanya ngelingkerin 1 peta..
ane sekutu ama prancis gan.. lawannya ane random aja.. dapetnya semacam rusia gitu ama suku dayak, mangap ane ga liat negaranya.. wong awal2 aja da di rush molo pake kuda..

jadi pas dapet TC ke 2 ane bangun agak ngedeket ke daerah dy rencana buat tahan serangan disana aja.. tp yang dateng ke ane silih berganti itu 2..emoticon-Hammer2

ampe dibangun fort deket TC ke 2 ane..

keteteran abis2 an ini prancis setiap dateng malah nimpukin fort trus diratain ama pasukan dy..emoticon-Ngakak

ane buat TC ke 3 diantara TC 1 ama TC 2 buat jaga2 kalo TC ke 2 ancur..

eh bener aja bentaran 2 suku itu nyerang nya barengan full force gitu keknya.. rata dah TC ke 2 ane.. untung 1 diantara mereka mundur abis TC 2 ancur.. jd masih bisa nahan di TC ke 3 mulai ngembangin ekonomi lagi yang abis babak belur..

oh ie awal2 ga ada meriam bagus susah bener bro.. organ gun ga se efektif itu gan.. lagi perang disamperin kuda roto dah..emoticon-Matabelo

nunggu age IV buat bikin mortar baru bisa rontokin fort.. dari situlah ane nge push pasukan dy terus2 an sampe akhirnya nyerah juga.. dibantu dengan horse cannon.. << ini baru ane demen gan sama pasukan musket yang paling kanan lupa namanya.. yang serangannya gede tp darahnya kecil (katanya) akhirnya menang juga gan.. perjuangan berat pake portugis..

harusnya strategi yang bener gmana ya? oh ia ane ga maen wall soalnya ada kereta ditengah2 jadi ane kira ga efektif..emoticon-Matabelo

Ane fav yg ibukotanya Lisbon.. Jangan2 sama nih Portugis?
Yg dapet bonus kereta ama ada infanteri yg mirip sniper.. Lupa udah lama ga maen.

Fav kedua, perancis. Citizennya manteb.
Quote:Original Posted By archero
Ane fav yg ibukotanya Lisbon.. Jangan2 sama nih Portugis?
Yg dapet bonus kereta ama ada infanteri yg mirip sniper.. Lupa udah lama ga maen.

Ibukota Lisbon?, ya Portugis gan. Iya gan, setiap naik abad, bakalan dapat bonus kereta (wagon) yang bisa bertransformasi menjadi Town Center. Mungkin Infantri yang mirip sniper itu Cassadors, sejenis skirmisher yang punya serangan dan kecepatan lebih tinggi. Itu juga Portugis punya gan. emoticon-Kiss.
Maen lagi gan. Ane juga pertama kali main pas seri Age of Empire 3 tanpa expansion di tahun 2006 kalo gak salah. Trus main War Chief dan Asian Dynasties nya di tahun 2009. Abis itu gak main lagi karena komputer yang speknya buat ngegame ane rusak. Baru tahun ini, ane main lagi.
emoticon-Games
Quote:Original Posted By archero

Fav kedua, perancis. Citizennya manteb.

Wah senang Perancis ya. Ane favorit kedua Dutch. Yang ane senangi dari Dutch limit villagernya 50, sementara populasi maksimum 200. Ini artinya 150 sisanya bisa buat militer. Kebayang gan kalo musuh, dengan 101 populasi militer (asumsi: 99 slot pop-nya diisi oleh villager) dihajar sama 150 populasi militer?. Pasti keteteran!. Selain itu, Ruyter, dragoonnya Dutch cuma butuh 1 populasi gan. Belum lagi bank nya, yang bikin persediaan koin dutch diatas civilization lain. Wah kalo ane lanjutin, ane kayak nulis review baru nih buat Dutch.
Quote:Original Posted By exsecutor
kemaren belajar maen skirmish gan.. dengan informasi diatas ane coba maen portugis gan..

Mangstap gan.emoticon-Games
Quote:Original Posted By exsecutor

wong awal2 aja da di rush molo pake kuda..
oh ia ane ga maen wall soalnya ada kereta ditengah2 jadi ane kira ga efektif..emoticon-Matabelo


Tips dari ane: Coba bangun wall deh agak jauhan dari TC. Upayakan wall menutup jalan masuk ke daerah koloni agan, tempat aktifitas perekonomian berlangsung. Wall berfungsi untuk menghambat pasukan musuh masuk ke wilayah koloni. Kalo musuh menyerang dengan kavaleri, bangun juga outpost, yang punya bonus lawan kavaleri gan. Tempatkan outpost itu di belakang wall. Wall akan mencegah pasukan kavaleri itu masuk untuk membunuh villager sementara outpost akan menghabisi pasukan kavaleri yang menyerbu itu. Mayoritas kavaleri biasanya memiliki siege attack yang jelek, yang berarti mereka tidak efektif saat menyerang bangunan. Nah kalaupun mereka menyerang wall atau outpost, serangan mereka tidak akan berpengaruh besar terhadap wall atau outpost itu. Kalau terdapat lintasan, tetap bangun wall gan. Kalaupun terdapat celah, agan akan tahu setidaknya dari celah itulah serangan akan masuk. Di celah itu, agan juga bisa jaga dengan pasukan lain atau outpost. Ketimbang tanpa wall, pasukan musuh bisa datang dari arah mana saja, bahkan terasa tiba-tiba. Dengan wall, agan akan tahu saat pasukan musuh sudah datang, karena saat mereka hendak masuk mereka harus menghancurkan wall dulu. Kalau pasukan kavaleri terlanjur masuk, sebaiknya ungsikan villager ke TC dan segera bunuh pasukan kavaleri itu dengan pikemen.
Your Favorite Civ in AoE3 including ExpansionQuote:Original Posted By exsecutor

jadi pas dapet TC ke 2 ane bangun agak ngedeket ke daerah dy rencana buat tahan serangan disana aja.. tp yang dateng ke ane silih berganti itu 2..emoticon-Hammer2


ampe dibangun fort deket TC ke 2 ane..

keteteran abis2 an ini prancis setiap dateng malah nimpukin fort trus diratain ama pasukan dy..emoticon-Ngakak

ane buat TC ke 3 diantara TC 1 ama TC 2 buat jaga2 kalo TC ke 2 ancur..

eh bener aja bentaran 2 suku itu nyerang nya barengan full force gitu keknya.. rata dah TC ke 2 ane.. untung 1 diantara mereka mundur abis TC 2 ancur.. jd masih bisa nahan di TC ke 3 mulai ngembangin ekonomi lagi yang abis babak belur..


TIPS dari ane: Bangunlah TC di daerah yang dekat dengan sumber daya seperti tambang, pohon, hewan buruan. TC yang dekat degan sumber daya memudahkan villager baru untuk menjangkau sumber daya tersebut, tanpa perlu berjalan terlalu jauh dari TC tempat dia dilatih. Selain itu saat raid datang untuk membunuh villager, villager yang bekerja dekat dengan TC akan lebih mudah diungsikan dan lebih tinggi kemungkinan survivenya dari serangan. Bangunlah TC kedua, ketiga, sd keenam di lokasi yang agak jauh dari TC yang lain. Jangan terlalu berdekatan. Saat serangan datang TC akan menjadi incaran pasukan musuh. Ketika jaraknya berdekatan, pasukan musuh dengan gampangnya menemukan TC yang lain dan menjadikannya sebagai sasaran juga. Selain itu, saat TC yang berdekatan diserang, tidak ada kesempatan untuk melatih villager karena militer musuh berada terlalu dekat dengan TC sehingga villager yang baru dilatih bisa dengan cepat terbunuh. Jika TC berjauhan dan salah satu TC diserang oleh militer musuh, TC yang lain yang letaknya berjauhan masih bisa melatih villager, karena letak pasukan musuh jauh dari TC yang lain itu.
Your Favorite Civ in AoE3 including Expansion
Quote:Original Posted By exsecutor

oh ie awal2 ga ada meriam bagus susah bener bro.. organ gun ga se efektif itu gan.. lagi perang disamperin kuda roto dah..emoticon-Matabelo

Mungkin maksud agan organ gun tidak efektif lawan bangunan.Kalau yang agan maksud adalah itu, maka betul gan. Organ gun adalah meriam spesialis penghancur infantri berat yang tidak efektif jika ditembakkan ke bangunan.

TIPS dari ane: Coba tembakkan organ gun ke infantri berat seperti musketeer, dan pikemen, halbeldier. Agan akan melihat kehebatan dari organ gun. Supaya organ gun tidak terkena serangan kavaleri, sebaiknya organ gun dijaga oleh Musketeer atau pikemen atau halbeldier atau dragoon. Semua unit itu punya serangan bagus terhadap pasukan berkuda. Jaga jangan sampai pasukan berkuda mendekat ke organ gun.
Quote:Original Posted By exsecutor

nunggu age IV buat bikin mortar baru bisa rontokin fort..

TIPS dari ane: Pada abad ke tiga, jika agan hendak menghancurkan fort, coba gunakan petard, yang bisa di latih di artilery foundry.
Cukup ledakkan 5 petard, fort akan hancur.
Your Favorite Civ in AoE3 including ExpansionYour Favorite Civ in AoE3 including Expansion
Quote:Original Posted By exsecutor
<< ini baru ane demen gan sama pasukan musket yang paling kanan lupa namanya.. yang serangannya gede tp darahnya kecil (katanya)

Cassadors.
Spoiler for Cassadors Stat and Desc:

Quote:Original Posted By exsecutor

perjuangan berat pake portugis..

Saran ane coba mainin civilization lain. Cobain aja satu-satu: Perancis, Spanyol, Russia, Ottoman, German, Inggris, Belanda, Jepang, China, India, Iroquis, Aztec, Sioux. Temukanlah civilization yang kira-kira cocok sama agan dan share disini gan.emoticon-Malu (S)
emoticon-Toast

emoticon-Games
Wuih, tiba tiba ada thrednya. Ni game udah lama ngendon di account steam. Mau dimainin, gameplaynya kurang seru lagian mungkin karna gak ada komunitasnya.
Sempat mainin ageofempiresonline, ini lumayan bagus gamenya. Sayangnya udah diblokir, gak bisa dimainin di region indonesia.
Kenapa ya kita selalu di anak tirikan?
gam apaa itu gan ?
ane suka pake dinasti Ottoman gan.. emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By rambokejam
mungkin karna gak ada komunitasnya.


nih Komunitas age of emprire :
http://forum.agecommunity.com/
http://aoe3.heavengames.com/
atau bisa juga masuk ke sini:

http://www.rts-sanctuary.com/RTS-San.../showforum=43. Cari aja age of empire 3
Quote:Original Posted By bacemmm
gam apaa itu gan ?

Age of Empire 3 gan. Wah agan ini perlu tahu tentang gem ini. Coba ke link ini
http://www.ageofempires3.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Age_of_Empires_III

keren gan

ane lebih suka pake spain , nambahin xpnya cepet banget emoticon-Cool
tpi yg ane rasain kayanya kurang banget di perekonomian
kalo ane, russia gan. kalo fencing school, standing army sama apa itu satu lagi yang ngurangin train timenya infantry udah didapetin smua, bikin infantry udah kayak ngecheat.. emoticon-Big Grin
Turki, Janissary nya bisa bangun barrack dan mariam nya gede, dan lagi kalo punya sipahis heavy cavalery terkuat se AOE 3.
China, training super cepet no cast emoticon-Ngakak (S)