alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5228c498a2cb17e266000003/sekilas-pengetahuan-pasar-oligopoli
sekilas pengetahuan pasar oligopoli
PASAR OLIGOPOLI adalah suatu bentuk pasar yang terdiri atas beberapa penjual. Biasanya 2 sampai dengan 10 penjual. Tiap-tiap perusahaan menetapkan kebijaksanaan sendiri, dan setiap aksi dari suatu perusahaan seperti mengadakan perubahan harga , akan direspon oleh perusahaan lainnya. Karena setiap perusahaan yang ada dalam pasar yakin bahwa kebijakan suatu perusahaan akan mempengaruhi penjualan dan keuntungan perusahaan lainnya.


Dalam pasar oligopoly tidak dapat keseragaman sifat-sifat perusahaan dalam berbagai industri. Kelakuan perusahaan-perusahaan dalam pasar-pasar oligopoly akan sangat berbeda jika didalam pasar hanya terdapat tiga perusahaan, dibandingkan jika dalam pasasr terdapat lima belas perusahaan. Bila di pasar dijumpai sejumlah kcil pesaing,keputusan pemasaran dari suatu perusahaan akan berdampak langsung an sangat dirasakan oleh perusahaan yang lainnya. Karakteristik pasar oligopoly yang demikian ini membuat analisis pasar menjadi lebih pelik.


A. Ciri-ciri pasar Oligopoli:

- Menghasilkan komoditas standar atau komoditas berbeda corak.
Industry dalam pasar oligopli yang demikian banyak dijumpai dalam industry yang menghasilkan bahan mentah seperti baja, industry bahan baku seperti industry semen dan bahan bangunan.disamping itu banyak pula pasar oligopoly yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan komoditas berbeda corak.

- Kekuasaan menentukan harga ada kalanya lemah ada kalanya sanagat tangguh.
Tanpa adanya kerja sama diantara perusahaan-perusahaan yang beroperasi di pasar, kekuasaan menentukan harga menjadi lebih terbatas. Saat suatu perusahaan menurunkan harga, dalam waktu yang singkatperusahaan tersebut akan menarik banyak pembeli dari perusahaan-perusahaan lainnya. Perusahaan yang kehilangan pembeliakan melakukan tindakan balasan serupan dengan mengurangi harga lebih besar lagi sehingga akhirnya perusahaan yang mula-mula menurunkan harga kehilanagan pelanggan. Tetapi bila perusahaan dalam pasar oligopoly bekerja sama dalam menentukan harga, maka harga dapat distabilkan pada tingkat yang mereka kehendaki. Pada kondisi ini kekuasaan mereka untuk menentukan harga adalah sangat kuat.

- Pada umumnya perusahaan oligopoly melakukan promosi iklan yang intensive terutama bila perusahaan oligopoli tersebut menghasilkan komoditas yang berbeda karakteristik.
Promosi melalui iklan tersebut ditujukan untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Perusahaan oligopoly yang menghasilkan komoditas standard melakukan pengeluaran untuk iklan yang lebih sedikit karena iklan tersebut terutama ditujukan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat.


Pada umumnya terdapat empat model oligopoli yaitu model duopoli, model kinked demand curve, model kartel, dan model kepemimpinan harga. Penggolongan berdasarkan macam barang yang dihasilkan dan bentuk kebijaksanaan yang ditetapkan pasar oligopoli terdiri atas oligopoli murni, oligopoli tidak murni, dan kolusi. Sedangkan penggolongan berdasarkan barang yang dibuat dibedakan menjadi oligopoli dengan differensiasi produk dan oligopoli tanpa defferensiasi produk.



emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
pasar indonesia menerapkan sistem ini tidak ya emoticon-Bingung (S)
simak dlu dech gan, bnyak bgt tuh tlisannya
sekarang bukan 2-10 pasar lg gan...seluruh dunia perusahaan nodelnya kek geto emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By hantu.pertamax
pasar indonesia menerapkan sistem ini tidak ya emoticon-Bingung (S)


itu juga yang selama ini ingin saya tanyakan.. adanya pasar tumpah diINDONESIA emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

Thumbs down 

bahasa na ketinggian >_<
kasi conto reaLitas pLis
td guru ane sepintas bahas ini jg lho
Quote:Original Posted By cexx
bahasa na ketinggian >_<
kasi conto reaLitas pLis


ane juga baru belajaran gan... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ggadewangga
td guru ane sepintas bahas ini jg lho


hebat yah masih diajar guru udah dpt gini... ane smester 4 nih baru dapett emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
ane ketambah nih ilmunya..
nice share ..
emoticon-Angkat Beer
kalo bisa dikasi contoh pasarnya kayak gimana gan..biar lebih mudeng...emoticon-Malu (S)
maelem" belajar pengatar ekonomi gini..hha
ikut nyimak gan..
komeng belakangan emoticon-Malu (S)
tulisannya terlalu tebal gan...
pelajaran ane semester lalu gan emoticon-Malu
nice share broooo
simple !
tapi enak bacanya....

emoticon-Kiss
nice trit Gan...
jenis font nya bikin pedes gan, males bacanya
Quote:Original Posted By yahya_nimo
jenis font nya bikin pedes gan, males bacanya


idem emoticon-Matabelo biase aja gan fontnya.
beh... mantep gan