alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5227e2c91ad719615f000002/tahun-cahaya-satuan-jarak-atau-waktu
Tahun Cahaya, Satuan Jarak atau Waktu?
Dalam artikel astronomi, sangat sering disebut satuan bernama "tahun cahaya". Namun, tahukah Anda satuan apa "tahun cahaya" itu?

Filno Hau dari Ambon dalam posting kepada situs astronomi Langitselatan menanyakan, "Satu juta tahun cahaya itu sama dengan berapa tahun?"

Nah lho, apakah memang benar bahwa "tahun cahaya" adalah satuan waktu? Berikut uraian Langitselatan sebagai jawaban atas pertanyaan itu.


Tahun cahaya, kalau ditilik dari terminologinya memang seakan-akan mengarah pada satuan waktu. Pada kenyataannya, tahun cahaya bukanlah satuan waktu, melainkan satuan jarak yang digunakan untuk mengukur jarak benda-benda langit yang jauh.

Bagi kita di Bumi, penanda jarak yang umum dikenal adalah meter, kilometer, mil, inci, atau sentimeter. Akan tetapi, ketika kita melihat ke langit dan mulai mengukur jarak benda-benda langit, maka kita akan menemukan kalau benda-benda langit itu berada pada jarak yang super jauh dari Bumi. Dan jika jarak itu diukur dengan penanda jarak yang dikenal seperti misalnya kilometer maka manusia pasti kebingungan bagaimana menyebutkannya saking banyaknya angka nol.

Contoh, jarak Matahari dengan bintang terdekatnya 40.000.000.000.000 km atau 40 trilyun kilometer. Sementara masih banyak sekali bintang-bintang yang letaknya lebih jauh dari itu. Dan jarak ke galaksi Andromeda adalah 21.000.000.000.000.000.000 km atau 2,1 x 19 km. Bagaimana menyebutnya?
Spoiler for Gambarnya gan:


Untuk mempermudah para astronom mengukur jarak, maka para astronom menggunakan satuan lain yang mempermudah kita untuk mengingatnya. Penggunaan satuan kilometer, meter, mil menjadi tidak praktis untuk tetap digunakan sebagai penanda jarak. Pastinya kita akan pusing untuk mengingat 20 digit angka atau menulis angka-angka tersebut.

Maka untuk mengukur jarak yang sangat besar, digunakan satuan tahun cahaya. Cahaya bergerak 300.000 km per detik maka 1 detik cahaya (light second) setara dengan jarak 300.000 km. Bagaimana kalau setahun?

"300.000 km/detik x 60 detik/menit x 60 menit/jam x 24 jam/hari x 365,25 hari/tahun = 9.467.280.000.000 km = (9,46 x 1012) km."

Maka tahun cahaya didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun ketika melewati ruang hampa udara atau setara dengan 9.467.280.000.000 km = (9,46 x 1.012) km.

Jarak yang sangat jauh tapi lebih mudah untuk diingat. Kita lihat contohnya di bawah ini. Lebih mudah diingat bukan jika menggunakan tahun cahaya?

Bulan = 1,3 detik cahaya
Matahari = 8,3 menit cahaya
Mars = 3.1 menit cahaya
Jupiter = 33 menit cahaya
Pluto = 5,3 jam cahaya
Proxima Cetauri = 4.3 tahun cahaya
Sirius = 8,58 tahun cahaya
Galaksi Andromeda = 2.300.000 tahun cahaya atau 2,3 juta tahun cahaya

Dari definisi tahun cahaya tersebut, ketika seorang pengamat di Bumi melihat sebuah bintang yang jaraknya 10 tahun cahaya, maka artinya cahaya yang diterima pengamat saat ini merupakan cahaya yang baru tiba setelah melakukan perjalanan dari bintang dengan jarak tempuh 10 tahun. Atau sederhananya si pengamat di Bumi sedang melihat bintang pada keadaannya 10 tahun yang lalu.

Meskipun di artikel ini ada jarak benda-benda di Tata Surya menggunakan tahun cahaya, pada kenyataannya, para astronom ketika mengukur jarak benda-benda di sebuah sistem keplanetan atau jarak benda-benda yang mengitari sebuah bintang mereka mnggunakan satuan astronomi. Hmm apa lagi itu? Singkatnya 1 satuan astronomi didefinisikan dari jarak Bumi–Matahari. Untuk penjelasan satuan jarak yang digunakan dalam astronomi seperti Satuan Astronomi, Tahun Cahaya maupun Parsec bisa dibaca di artikel Mengenal Satuan-Satuan Jarak dalam Astronomi.
Spoiler for Mohon:


Spoiler for mohon juga di:


Tahun Cahaya, Satuan Jarak atau Waktu?

Code:
http://sains.kompas.com/read/2013/09/04/2235097/Tahun.Cahaya.Satuan.Jarak.atau.Waktu.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Ktswp
Mantap Ganz... emoticon-Matabelos
Ane udah tau sih kalo itu satuan jarak
Tapi baru tau detilnya emoticon-Malu (S)
wah 1trililun cahaya sampe mana tuh
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By venartherya
Mantap Ganz... emoticon-Matabelos
Ane udah tau sih kalo itu satuan jarak
Tapi baru tau detilnya emoticon-Malu (S)



Ya moga aja yg mau keluar angkasa gak kesasar keplanet yg lainnya gan.. emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By M.izmail22
wah 1trililun cahaya sampe mana tuh


sampe galaxy Bima Sakti gan klo gak salah gan emoticon-Jempol emoticon-Traveller,
sepi amat ya gan ??
ckckck memang maha besar luar angkasa ini
sempet baca matahari sebagai bintang akan mati sekitar 4 - 5 milyar tahun lagi dari sekarang.....buruan nih manusia harus berevolusi cepat agar bisa "lolos" dari kiamat dan bisa explore angkasa di luar sana......
iya gan tau maksudnya satuan jarak, cuma para pakar banyakan pake satuan tahun cahaya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By ndutziex
sepi amat ya gan ??


iya gan, gak pasti gak kena macet kayak di jakarta gan.. emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By yunnipembokat
ckckck memang maha besar luar angkasa ini
sempet baca matahari sebagai bintang akan mati sekitar 4 - 5 milyar tahun lagi dari sekarang.....buruan nih manusia harus berevolusi cepat agar bisa "lolos" dari kiamat dan bisa explore angkasa di luar sana......



setuju gan, masa alien sering mampir ke bumi masa kita manusia gak bisa mampir ke planetnya alien ya gan..

semoga nanti ada yang lebih cepat dari kecepatan cahaya.

supaya bisa jalan2 kesana
Sudah tau sih gan.. tapi nice thread emoticon-Big Grin
sungguh luar biasa....emoticon-Matabelo
berarti itu berapa lama kecepatan yg dtempuh oleh cahaya kan gan
ane msh kurang ngerti pdhl udh bca teliti emoticon-Hammer
menarik banget gan info nya

Quote:Original Posted By bhaltier56
berarti itu berapa lama kecepatan yg dtempuh oleh cahaya kan gan
ane msh kurang ngerti pdhl udh bca teliti emoticon-Hammer


Maka untuk mengukur jarak yang sangat besar, digunakan satuan tahun cahaya. Cahaya bergerak 300.000 km per detik maka 1 detik cahaya (light second) setara dengan jarak 300.000 km. emoticon-Matabelo
Wah info yg bagus nih, ane bantu rate aja ya gan tridnya. emoticon-thumbsup
Btw, klo mo ke bulan cepet amat ya 1,3 detik doang, tahun cahaya tapi emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By hitzfeld
Wah info yg bagus nih, ane bantu rate aja ya gan tridnya. emoticon-thumbsup
Btw, klo mo ke bulan cepet amat ya 1,3 detik doang, tahun cahaya tapi emoticon-Ngakak


iya gan, tapi pake kendaraan apa ya gan??
tapi sebelum nya makasih gan atas votenya.. emoticon-Shakehand2
terlalu jauh rasanya gan, manusia udh koit duluan kali ya klo pergi sejauh ntu emoticon-Matabelo