- Beranda
- Komunitas
- News
- Dunia Kerja & Profesi
Amankah Berteman dengan Rekan Kerja di Facebook?


TS
looneybunny
Amankah Berteman dengan Rekan Kerja di Facebook?
Quote:
Amankah Berteman dengan Rekan Kerja di Facebook?

Jakarta - Hubungan dengan rekan kerja di kantor harus terjalin dengan baik. Bisa jadi antarrekan kerja sudah berteman di sosial media seperti Facebook. Jika sudah beteman, akan tercipta obrolan antarrekan kerja yang membahas hal-hal di luar pekerjaan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda berteman dengan rekan kerja atau bahkan atasan Anda.
1. Berteman dengan Atasan
Sebenarnya ada dua kemungkinan jika karyawan berteman dengan atasannya di kantor. Pertama, hubungan komunikasi dan kedekatan akan semakin erat. Kedua, atasan akan menilai kepribadian Anda lewat Facebook.
Berhati-hatilah jika ingin menuliskan atau memasukan foto ke dalam laman. Jadi, jangan bagikan hal-hal pribadi di laman Facebook. Meski begitu, sebenarnya Facebook jugu bisa digunakan sebagai akses komunikasi yang singkat dan universal untuk pembagian informasi, sehingga karyawan lain juga bisa melihatnya.
2. Jauhi Berbincangan Kontroversional
Anda harus menjaga komentar untuk hal-hal yang sensitif, seperti diskusi tentang topik politik, agama, dan sosial. Jika tidak bisa memilih kata-kata yang tepat, sebaiknya hindari saja. Bukan tidak mungkin komentar Anda memicu pertengkaran atau reaksi negatif dari rekan kerja Anda.
3. Tidak Berlebihan
Berikut ini aturan praktis ketika posting melalui media sosial: harus konservatif. Jangan berlebihan menjelaskan situasi. Anda, sebagai karyawan, mesti teliti di titik mana perbincangan atau posting harus dihentikan. Jika terlalu berlebihan, rekan kerja akan menganggap Anda over dan tidak menyukai Anda.
4. Jangan Terpancing Emosi
Banyak pertengkaran sering diawali dari komentar di sosial media. Bukan tidak mungkin hal ini jadi pemicu Anda menjadi emosi jika dikaitkan dengan suatu masalah. Cara untuk menghindarinya, log out akun Facebook atau tutup komentar yang bisa membuat Anda emosi. Diam lebih baik.
5. Jawablah dengan Empati dan Sopan
Ucapkan perasaa Anda dengan memilih kata-kata yang sopan. Tunjukkan juga rasa empati Anda jika mengetahui berita duka. Hal ini bisa mencerminkan diri Anda sebagai orang yang peduli dan sopan, tidak perlu menggunakan kata-kata kiasan. Dengan begitu, pandangan rekan kerja atau atasan bisa lebih positif pada Anda.
SUMBER...
Berteman di facebook ama reka kerja sih boleh, asal jangan terlalu jor-joran nanti takutnya ada yang kurang berkenan di hati!!!!!!
0
778
Kutip
1
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan