KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Belanda Akan Minta Maaf kepada Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5223632c8127cfb22c00000b/belanda-akan-minta-maaf-kepada-indonesia

Belanda Akan Minta Maaf kepada Indonesia

Belanda Akan Minta Maaf kepada Indonesia


TEMPO.CO, Den Haag - Pemerintah Belanda mengatakan Jumat (30/08/2013) lalu bahwa ia akan membuat permintaan maaf publik untuk serangkaian eksekusi yang dilakukan oleh tentara Belanda di bekas negara jajahannya di Indonesia, antara tahun 1945 dan 1949.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte juga mengumumkan bahwa Belanda akan memberi kompensasi sebesar € 20.000 (sekitar US$ 26.000) kepada para janda korban yang tewas.

Duta besar Belanda di Indonesia akan hadir secara resmi menyampaikan permintaan maaf dalam upacara di Jakarta pada 12 September, kata pernyataan pemerintah Belanda.

Belanda telah meminta maaf dan membayar kompensasi kepada keluarga orang-orang dalam kasus-kasus tertentu, tetapi tidak pernah menyampaikan permintaan maaf dan menawarkan kompensasi bagi para korban eksekusi secara umum.

"Kita berbicara tentang peristiwa mengerikan dalam kasus-kasus tertentu akibat eksekusi," kata Rutte. Tapi dia menambahkan bahwa ia tidak akan menawarkan permintaan maaf atas tindakan militer Belanda secara keseluruhan di Indonesia.

Mengenai peran Belanda selama konflik yang menyebabkan kemerdekaan Indonesia, Rutte mengutip kata-kata mantan Menteri Luar Begeri Ben Bot yang menyatakan bahwa "Belanda menemukan dirinya di sisi sejarah yang salah" selama konflik. Menurut Rutte, tetap seperti itulah pandangan pemerintah Belanda soal peristiwa puluhan tahun lalu itu.

Dua proses hukum sebelumnya telah memaksa Belanda memberikan kompensasi sebesar € 20.000 kepada keluarga beberapa korban dan meminta maaf kepada publik atas pembunuhan yang terjadi di Sulawesi Selatan dan Rawagede, Karawang, Jawa Barat.

Belanda mengatakan, tindakan hukum baru yang memenuhi kriteria yang sama dengan peristiwa di Rawagede dan Sulawesi Selatan juga bisa mengakibatkan adanya kompnesasi dalam jumlah yang sama dari Belanda.

Ribuan orang Indonesia tewas dalam perang kemerdekaan, yang berakhir pada tahun 1949. Lebih dari 60 tahun kemudian, soal peran Belanda selama perang itu menjadi isu rawan dalam hubungan dua negara.

Sumber: http://www.tempo.co/

Spoiler for Lapak ane:
Diubah oleh instaflashdisk
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
wao besar hati juga tuh belanda
emoticon-Big Grin
setelah kurang lebih 63 tahun?
lah trus masa penjajahan yang sampek 350 tahun gak dibahas? ma'f dan ganti ruginya mana? apa ma'fnya cuma gara" agresi belanda itu emoticon-Gila
ne negri denger" sampek sekarang gak mengakui kemerdekaan indonesia gara" kalo sampek mengakui berarti mesti bayar ganti rugi ke indonesia
yg lalu biarlah emoticon-Big Grin
toh belanda udh main bola k indo emoticon-Ngakak
lumayan buat modal perang gan
Harusnya gak minta maaf aja gan..
Ganti rugi...........
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Belanda Akan Minta Maaf kepada Indonesia
wah hebat banget mau ngasih kompensasi
akhirnya punya itikad baik juga mereka.., atau ada tujuan tertentu. emoticon-Big Grin
350tahun bukan waktu yang sebentar gan emoticon-Sorry
itu ganti rugi pas indonesia udeh merdeka tapi tentara belanda masih nyiksa rakyat indonesia kali,
Kan pas indonesia udeh merdeka belanda masih yerang ,agresi militer brapa yah ? (ngga tau) sampe2 pengen ngerebut pulau papua

Cmiiw emoticon-Big Grin
Belanda baru mengakui kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945 setelah umur Indonesia 60 tahun, tepatnya tanggal 16 Agustus 2005. Umur Indonesia udah 68 tahun, tapi Belanda baru AKAN minta maaf??????
gila!! emoticon-Mad (S)
Ah elah tong, udah telat. Maaf juga gak bakal buat pejuang kita idup lagi emoticon-Mewek
udah lupa kali bos emoticon-Cape d... (S)
pasti ini ada maunya niatnya emoticon-Bingung (S)
Cium tangan kakek nenek ane dolo baru di maafin emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
enak aje minta maaf doang, harusnya ganti rugi material juga dong, ganti duit ! karena sudah berabad2 mengeruk kekayaan indonesia
Post ini telah dihapus
Gnti rugi dngan ngsih smbangan anggaran ke kita tpi bkan ngutang.
daripada ganti rugi mending perang lagi aja 1 by 1 nyok lah emoticon-Ngakak
minta maafnya jangan ada maunya ya bapak kompeni emoticon-Ngakak (S) emoticon-Big Grin
kayaknya ada udang dibalik batu neh emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2
×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di