CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Penelitian Buktikan Game Strategi Tingkatkan Kecepatan Berpikir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521d3986fcca170a7f000001/penelitian-buktikan-game-strategi-tingkatkan-kecepatan-berpikir

Penelitian Buktikan Game Strategi Tingkatkan Kecepatan Berpikir

emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
Di Rate Dulu Gan.. emoticon-Big Grin

Quote:

Penelitian Buktikan Game Strategi Tingkatkan Kecepatan Berpikir

Terlepas dari beragam penelitian yang membuktikan hasil yang bertolak belakang, stigma dan prejudice terhadap gamer memang tidak mudah dihapuskan, terutama dari mereka yang awam akan industri yang satu ini. Fakta bahwa permainan virtual ini sering menyita waktu membuatnya menjadi kambing hitam dari beragam masalah sosial yang ada. Gamer dilihat sebagai entitas yang anti-sosial, pemalas, dan tidak dapat diandalkan. Padahal jika ingin ditelusuri lebih dalam, ada banyak manfaat positif yang membuat seorang gamer tampil lebih baik dibandingkan mereka yang non-gamer. Seperti penelitian teranyar yang satu ini.

Ilmuwan dari Queen Mary University of London dan University College London hendak mempelajari efek yang dihasilkan dari game-game bergenre RTS (real-time strategy). 72 Subjek penelitian dibagi ke dalam tiga kelompok besar: dua kelompok diminta untuk memainkan game RTS populer – Starcraft, sementara kelompok ketiga diminta untuk memainkan game simulasi “The Sims” selama lebih dari 40 jam dalam kurun waktu 8 minggu.

Ketiga kelompok ini kemudian dikumpulkan dan diuji terkait dengan kemampuan berpikir mereka, terutama di sisi fleksibilitas pemikiran yang ada. Fleksibilitas pemikiran sendiri didefinisikan sebagai kemampuan untuk beradaptasi ketika berhadapan dengan tugas yang berbeda, termasuk kemampuan untuk menghasilkan beragam ide untuk menyelesaikan masalah dalam batas waktu tertentu.

Penelitian Buktikan Game Strategi Tingkatkan Kecepatan Berpikir
Penelitian terbaru memperlihatkan bahwa gamer yang memainkan game bergenre RTS (strategi) memiliki fleksibilitas pemikiran yang lebih baik. Ini berarti otak mereka lebih mudah beradaptasi dan melahirkan lebih banyak alternatif solusik ketika berhadapan dengan masalah tertentu. Tidak hanya lebih cepat, tetapi juga lebih akurat.


Hasilnya? Kelompok yang diberi “asupan” Starcraft ternyata memperlihatkan fleksibilitas pemikiran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya memainkan The Sims. Mereka memperlihatkan kemampuan adaptasi dan kemampuan melahirkan ide tidak hanya lebih akurat, tetapi juga lebih cepat. Otak gamer RTS akan terus berpikir dan menawarkan beragam alternatif solusi dari masalah, sekaligus belajar ketika sebuah kesalahan terjadi dari proses uji solusi tersebut.

Hasil penelitian ini kian memperkuat segudang hasil penelitian sebelumnya yang juga memperlihatkan kesimpulan yang sama – bahwa video game menghasilkan efek positif bagi gamer. Namun perlu diingat, hasil ini dicapai dengan waktu gameplayn yang proporsional, tidak berlebihan!

Akar
___________________
Quote:
Thread Ane Yang Lain:

Quote:

Quote:
Diubah oleh Kucing_teybang
Diubah oleh aegilorenzo
kalo maen game strategi nya sambil ngecheat
gmn gan? emoticon-Bingung (S)
bener gan soalnyak otak kita dipacu untuk berfikir tapi ingat jangan lupa waktu, akhirnya malah mikirin gamenya terus
waktu game yang proporsional ini yg susah di jalanin hahaha, nice info gan
Quote:

iya gan semua yg berbau Real Time Strategy rata2 mengasah otak, tp jangan berlebihan mainnya dan jangan pake Cheat juga emoticon-Big Grin
Quote:

wahh kayanya percuma kalo pake cheat, ga akan asah otak hehehe
Quote:

kalo kelamaan maen jadinya main terus gan bukannya menyelesaikan suatu masalah di dunia nyata emoticon-Ngakak (S)
Quote:

bener gan, harus ada kesadaran diri kalo sudah main game emoticon-Hammer (S)
ane ninggalin jejak dulu gan, mumpung ada waktu senggang pengen maen game emoticon-Big Grin
ane penggemar Total War Series gan, yang paling ane suka Rome Total War, Shogun sih buat ane rada mbosenin, lgi nungguin RTW 2 nih gan september besok kabarnya baru di launchingemoticon-Ngakak

Kunjungi trit ane gan
emoticon-Cool Seni Ukir Revolver Senjata Para Lelaki emoticon-Cool
wah,mantap nih... perlu sering-sering maen game RTS nih kalo gitu emoticon-Big Grin
wahh yg boneng nih gan ? patut di coba nih sepertinyavemoticon-Matabelo
wah nyoba aja klau gt
jadi inget age of empire gan, emang enak maenin game strategi, fokus cma di awal aja, ntr klo dah jalan bisa di sambi ngopi2 emoticon-Big Grin
kalau mau game yang fokus nonstop dan betul2 menguji kecepatan berpikir sepertinya paling cocok itu Dota

angkat telepon aja ga bisa
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
wah ada juga penelitian seperti ini. emoticon-Matabelo
Post ini telah dihapus oleh celanaman
pecinta RTS gan..emoticon-Jempolemoticon-Jempol
Bener gan karena kalau ga cepat ntar kalah di game nya. Dan dalam dunia nyata juga keikut efeknya.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di