CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Militer /
(Diskusi) HANSIP Pertahanan Sipil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521adb0938cb17a61000000e/diskusi-hansip-pertahanan-sipil

(Diskusi) HANSIP Pertahanan Sipil

Hansip adalah satuan keamanan di Indonesia. Kata hansip sendiri adalah kependekan dari Pertahanan Sipil. Saat ini Hansip berubah menjadi Linmas.

Pihak militer memberikan pelatihan bagi Hansip dan memberi mereka persenjataan. Pasukan Hansip dibentuk di setiap desa, anggotanya diangkat dari masyarakat. Sistem pertahanan dan keamanan nasional Indonesia diadasarkan atas prinsip "pertahanan dan keamanan secara menyeluruh" yang berarti bahwa Angkatan Bersenjata dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan sama-sama bertanggung jawab dapat menjaga keamanan dan pertahanan negara. Organisasi Pertahanan oleh masyarakat sipil bertanggung jawab atas hal-hal yang terkait dengan keamanan dan keteraturan dan harus membantu rakyat di pedesaan dalam kondisi darurat. Hansip berada di bawah pengawasan Bupati dan Gubernur pemerintah daerah.

Dasar Hukum

Dasar hukum dari pembentukan milisi sipil adalah Undang-undang No. 20/1982 mengenai Pokok-Pokok Keamanan dan Pertahanan Negara, yang mengakui hak setiap warga negara untuk membela negara.
Milisi-milisi bentukan pemerintah:

Di antara organisasi milisi yang dibentuk oleh pemerintah antara lain:

1. Hansip (Pertahanan Sipil), di bawah Departmen Dalam Negeri untuk kepentingan "keamanan total"
2. Wanra (Perlawanan Rakyat), di bawah komando militer dan khususnya untuk mengatasi "ancaman eksternal."
3. Kamra (Keamanan Rakyat), berada di bawah komando polisi, khusus untuk menangani konflik dalam negeri
4. Pam Swakarsa (Milisi beranggotakan masyarakat secara sukarela)
5. Kotib (Kota Tertib), Banpol (Bantuan Polisi), dan Potmas (Potensi Masyarakat) yang dinaungi oleh polda Metro Jaya.
wikipedia

HANSIP
Hansip merupakan singkatan dari Pertahanan Sipil. Lembaga ini termasuk lembaga paramiliter yang ada di Indonesia. Konon, cikal-bakal Hansip telah ada sejak jaman penjajahan Belanda, tepatnya akhir masa penjajahan Belanda. Ketika itu pemerintah Hindia Belanda membentuk organisasi mirip hansip untuk menghadapi kedatangan militer Jepang. Organisasi tersebut bernama Light Buscherming Dients (LBD). Tugasnya meliputi pelindungan rakyat dari serangan udara musuh, memberikan penerangan kepada masyarakat, penyamaran, pemadam kebakaran, serta memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan dan pengungsian. Serangan udara musuh yang dimaksud di sini adalah serang tentara Jepang. LBD dikoordinir oleh seorang sipil di setiap daerah. Pada 1942 Belanda menyerah tanpa syarat. Kekuasaan atas Indonesia beralih ke Jepang. Lalu, pemerintah pendudukan Jepang memanfaatkan LBD sebagai alat untuk menghadapi serangan Sekutu dan pengerahan rakyat. Pada 1949, setelah terjadi perang mempertahankan kemerdekaan, rakyat mendapatkan berbagai kesulitan, seperti pemberontakan bersenjata di berbagai daerah. Untuk itu, dibentuklah Organisasi Perlawanan Rakyat (OPR) yang mengarahkan rakyat dalam membantu pemerintah memulihkan keamanan dalam negeri. Organisasi ini juga mirip dengan Hansip, atau bisa dibilang embrio Hansip.

Walaupun embrionya sudah ada sejak masa akhir Hindia Belanda, tapi secara resmi Hansip lahir pada 1954 melalui Undang-undang Nomor 29 Tahun 1954 tentang Pertahanan Negara Republik Indonesia dalam konteks Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (SISHANKAMRATA). Saat itu, Hansip dibentuk dengan dua tujuan, yaitu sebagai komponen khusus pendukung Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam keadaan perang, dan menangani bencana. Jika diperhatikan, dalam konteks ini Hansip seakan-akan menjadi bagian atau underbouw TNI. Tapi, pada kenyataannya misi Hansip tetap melindungi hak-hak masyarakat sipil dan aset-asetnya pada situasi perang ataupun saat terjadi bencana. Hal ini sejalan dengan Protocols Additional to the Geneve Conventions of 12 August 1949, dan Resolutions of the Diplomatic Conference (Extracts from the Final Act of the Diplomatic Conference: Geneve 1970).

Pada 1972 terjadi perombakan pada tubuh organisasi Hansip, Wanra, dan Ratih (Rakyat Terlatih). Pascaperombakan tersebut tugas Hansip semakin diarahkan guna perlindungan masyarakat sipil beserta aset-asetnya bila terjadi perang dan bencana. Lalu melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 56 Tahun 1972, organisasi ini diserahkan dari yang tadinya di bawah Departemen Pertahanan Keamanan (Dephankam) ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Setelah dikeluarkannya keputusan tadi, Hansip berada di bawah pengawasan Bupati dan Gubernur pemerintah daerah. Kemudian lahir lagi beberapa peraturan hukum yang menyoal keberadaan Hansip. Fungsinya sebagai pelindung masyarakat ditegaskan kembali dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan. Setelah Orde Baru runtuh, Undang-undang Nomor 20 tahun 1982 dicabut dan diganti dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Dengan keluarnya peraturan ini maka keberadaan serta peran dan fungsi Hansip tidak lagi diatur secara tegas dan bahkan seolah-olah hilang.

Melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 061/847/SJ tanggal 5 April 2000 tentang Penataan Perangkat Daerah, nomenklatur Kantor Markas Wilayah Pertahanan Sipil diubah menjadi Kantor Perlindungan Masyarakat selanjutnya sebutan organisasi Hansip diubah menjadi organisasi Perlindungan Masyarakat (Linmas). Seiring berjalannya waktu eksistensi organisasi Hansip seakan-akan terpinggirkan. Bahkan sekarang masyarakat menjadi salah kaprah dengan profesi Hansip ini. Tugas-tugasnya sebagai pelindung masyarakat saat terjadi peperangan dan bencana alam juga tidak lagi terlihat. Tapi yang perlu digarisbawahi jika melihat sejarah panjang organisasi ini, profesi Hansip bukanlah profesi remeh. Jadi, masihkah kita memandang profesi ini sebagai profesi remeh?

Sumber :Fandy Hutari, esai dan penulis buku dari Kompasiana
Fandy Hutari; Kompasiana

lahir sebagai paramiliter bentukan pemerintah, masihkah relevan..???
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 5
sudah tidak relevan lagi dan akan diganti dengan komcad kok
Quote:

masih, cuman perannya aja yang dirubah mengikuti perkembangan jaman
Dulu hansip itu di bawain senjata loh...hansip itu dah nggak beda ama tentara (masa-masa pasca G30S PKI)

kalau sekarang nggak ada hansip...
siapa yang bakalan mau ronda dan susah-susah ngejar maling bertopeng?? emoticon-Big Grin
siapa yang bakalan mau menggerebek pasangan mesum di kampung?? emoticon-Malu (S)
siapa yang bakalan mau di suruh-suruh bantu hajatannya paka Camat, Lurah?? emoticon-Stick Out Tongue
Siapa yang bakalan mau jaga antrian pengambilan BLSM/BLT??
Siapa yang mau jagain parkiran motor kalau ada rapat di Pendopo kecamatan atau balai desa??
kalau nggak ada hansip, Entar nggak ada lagi karakter kocak yang bisa di bully di film-film dong (film Suzanna misalnya) emoticon-Big Grin

POKOKNYA nggak ada hansip nggak rame, HIDUP HANSIP !!!! emoticon-I Love Indonesia (S)

Pejabat Kemendagri: organisasi Hansip terpinggirkan

Phnom Penh (ANTARA News) - Pembentukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di daerah-daerah telah mengambil alih peran Hansip sehingga eksistensi organisasi Pertahanan Sipil ini seakan-akan terpinggirkan, kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri.

"Tugas Hansip sebagai pelindung masyarakat saat terjadi peperangan dan bencana alam juga tidak lagi terlihat. Hansip sering jadi bahan lawakan, pekerjaannya direduksi hanya jaga gardu ronda dan pukul kentongan," kata Kepala Divisi Kerja Sama Organisasi Internasional Kementerian Dalam Negeri, Basilio Dias Araujo di Phnom Penh, Jumat.

Pada Konferensi Regional Penguatan Desentralisasi dan Pemerintahan Lokal di ASEAN tersebut, Basilio mengatakan Hansip bukan profesi remeh, karena diakui oleh Konvensi Jenewa tahun 1949 sebagai sukarelawan yang bisa dimobilisasi secara sukarela saat terjadinya keadaan darurat seperti terjadinya bencana alam dan perang.

Di dunia internasional, organisasi Hansip diakui dan berada dalam wadah International Civil Defense Organization (ICDO). Saat terjadi tsunami di Aceh dan gunung Merapi meletus, banyak organisasi Hansip dari negara-negara lain datang membantu.

"Mereka bertanya-tanya di lokasi bencana mana Hansip Indonesia? Karena dunia internasional tahunya Hansiplah yang biasa dimobilisasi untuk membantu penanggulangan bencana," kata pejabat Indonesia yang pernah bertugas di Portugal itu.

Basilio mengaku masgul dan frustasi dengan banyaknya organisasi baru yang dibentuk untuk menggantikan organisasi lama yang sebetulnya lebih baik seperti dalam pembentukan BNPB yang bisa mereduksi peran Hansip dalam mobilisasi penanggulangan bencana.

"Hansip itu dari sejarahnya mengedepankan sukarela, bukan bayaran seperti sekarang. Jika terjadi bencana sekarang, untuk memobilisasi orang untuk tanggap bencana, mereka akan tanya berapa bayarannya, karena BNPB tak punya sukarelawan," katanya lagi.

Saat ini, Hansip berubah menjadi organisasi Perlindungan Masyarakat (Linmas). Walaupun embrionya sudah ada sejak masa akhir Hindia Belanda, secara resmi Hansip lahir pada 1954 melalui Undang-Undang Nomor 29/1954 tentang Pertahanan Negara Republik Indonesia dalam konteks Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

"Tapi Hansip bukan underbouw (bawahan,red) TNI. Misi Hansip untuk melindungi hak-hak masyarakat sipil dan aset-asetnya pada situasi perang ataupun saat terjadi bencana sesuai Konvensi Jenewa 12 tahun 1949 dan 1970," katanya.

Pada 1972, lanjut Basilio, terjadi perombakan pada tubuh organisasi Hansip, Wanra, dan Ratih (Rakyat Terlatih). Pascaperombakan tersebut, tugas Hansip semakin diarahkan guna perlindungan masyarakat sipil beserta aset-asetnya bila terjadi perang dan bencana.

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 56 Tahun 1972, organisasi ini diserahkan dari yang tadinya di bawah Departemen Pertahanan Keamanan (Dephankam) ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri). Setelah dikeluarkannya keputusan tersebut, maka Hansip berada di bawah pengawasan bupati dan gubernur pemerintah daerah.

Kemudian lahir lagi beberapa peraturan hukum tentang keberadaan Hansip. Fungsinya sebagai pelindung masyarakat ditegaskan kembali dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan. Setelah Orde Baru runtuh, Undang-undang Nomor 20 tahun 1982 dicabut dan diganti dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Dengan keluarnya peraturan ini maka keberadaan serta peran dan fungsi Hansip tidak lagi diatur secara tegas dan bahkan seolah-olah hilang.

"Hansip termarjinalkan, padahal organisasi ini sangat penting untuk penanggulangan bencana yang didasarkan pada sukarelawan, bukan bayaran," demikian Basilio Dias Araujo.

Ia mengusulkan agar Konferensi Regional ini memberikan rekomendasi kepada pemerintahan di ASEAN, termasuk Indonesia, agar memperkuat kembali peran Hansip dalam mobilisasi sukarelawan dalam penanggulangan bencana.

Konferensi yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Kamboja Sak Setha itu diselenggarakan oleh Proyek Uni Eropa untuk mendukung desentralisasi di negara berkembang (www.uclg-aspac.org) dan Kemitraan untuk Pemerintahan Lokal yang Demokratis di Asia Tenggara (www.DELGOSEA.eu).
sumber
Quote:

dijawab tuh.......
Quote:

pokoke gak ada hansip gak rame (hansip lontong exclude)

--------------------------------------------------------------------------
klo diliat sejarah lahirnya brarti hansip termasuk batelprupen dong....
Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan

Sayangnya ... Ane sudah make baju Linmas sudah lebih 20 tahun, belum pernah dilatih dan disiapkan untuk melakukan tugas tersebut diatas.
BTW Hansip lontong tugasnya apaan ya.. pengen tau benget, mas Samp
Quote:

di Tim-tim, hansip itu bertempur side by side dengan ABRI melawan fretilin loh
bahkan tak jarang hansip di sono lebih berani dari pada anggota ABRI sendiri....emoticon-Big Grin

Quote:

hansip lontong..... classified...!!!!!!
gak boleh tanya, gak boleh jawab, gak boleh mintak honor....!!!!
Quote:

klo model pertempuran asimetris macam gini justru hansip lebih berdaya guna....
skill militer tapi penampakan sipil......dilindungi konvensi jenewa pulak...
mungkin perlu dibentuk unit pembinaan Hansip agar menjadi lebih combat ready serta menjadi well equipped dan well trained..... emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool
"woi woi siapa yang nyindir-nyindir gua?? belum pernah di pentung hansip yah?!"
(Diskusi) HANSIP Pertahanan Sipil
_____________________________________emoticon-Ngacir
Post ini telah dihapus oleh hansip
Post ini telah dihapus oleh hansip
Quote:

poto diri ditampilin.......... emoticon-Matabelo
gahar beud...... emoticon-Kiss
Hansip itu sama dgn national guard ga sih??

Btw,kenapa ada lambang bambu runcing?? Apakah ada kaitannya dgn paham bambu runcing strong?
Diubah oleh nylekamin
Quote:

national guard paramiliter resmi ? CMIIW
klo hansip menurut sejarahnya emang paramiliter, entah karena masalah kepentingan dan pendanaan mangkanya nasibnya cuman jadi anak tiri..... buat di bully dan disuruh-2....

klo liat logo sepertinya memang menunjukkan bahwa hansip memiliki kemampuan perang berlarut..... yah semacam raider gitu (nyombong)
Quote:


Kalo udah dibikin UU nya yaaa resmi dong..hansip sepertinya mmg terpinggir dgn sendirinya,karena mmg ga menjalankan fungsi dgn semestinya.

Yupp kayanya mmg ada benernya..yg namanya paramiliter yaaa didesain buat mengambil fungsi militer kalo militernya kewalahan menangani..
Quote:


astagfirullah...dibuatin trit hansip emoticon-Matabelo
hasipholic memang ni gan samt
emoticon-Kiss
skrg hansip cuma kliatan pd masa pemilu n pilkada.itu jg asal tunjuk n lgsg diberi seragam.g ada pelatihan.
Quote:

Kalo gitu.. Udah semestinya hansip diberi atribut baret miring kanan..
Bukan cuma kumis baplang dan topi model anak SD.. emoticon-Big Grin

Diubah oleh mengkom
Hansip lead the way..
Kisah hansip yang pernah diangkat ke layar kaca

ane terharu gan emoticon-Sorry

Spoiler for HANSIP THE MOVIE:
Halaman 1 dari 5
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di