CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
۩ Museum Sejarah Kaskus ۩ - Kumpulan Trivia dan Sejarah Singkat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5216c1ff3fcb171f56000018/museum-sejarah-kaskus----kumpulan-trivia-dan-sejarah-singkat

[Reborn] Ayo share sejarah kecil yang tak pernah terdengar

original thread by trytothink
http://archive.kaskus.co.id/thread/3302235/
re born dari trit lama untuk para pecinta trivia emoticon-Big Grin

Oke. Karena ini trit jadi Sticky maka ane punya kewajiban berbenah emoticon-Hammer (S)
Post satu akan kita bikin semacam Hall of Fame kaya On the spot. Fakta yang ada di post 1 Insya Allah udah ane crosscheck dan teruji keabsahannya emoticon-Ngakak (S)

Nomer 1.
Spoiler for jengg:


Nomor 2
Spoiler for kudaaa:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
chestify dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh paraparadox
Halaman 1 dari 22
Dari post #1
Spoiler for post 1:


-Jenderal Montgomery punya 2 anjing, namanya hitler dan rommel

-Alexander Hamilton, salah satu founding father Amrik meninggal saat duel dengan Aaron Burr, Wakil Presiden Amerika Serikat saat itu (siapa bilang politikus kalau benci cuma perang kata-kata emoticon-Ngakak)

-Raja Bela I dari Hungari mati saat singgasananya runtuh

-Dalam cerita mahabarata india, drupadi itu poliandri. jadi istri kelima pandawa

-Srikandi versi india terlahir perempuan, tapi operasi jadi laki laki dan sempat mempunyai istri

-Aristarchus of Samos mengajukan sistem heliosentris pada 390 SM, jauh sebelum copernicus

Diubah oleh paraparadox
originally posted by renn

Pada masa penjajahan Belanda dulu,pada waktu Daendels berkuasa pada pengerjaan proyek pembuatan jalan pos Anyer-Panarukan di kota Semarang (sekarang jl. Bodjong), banyak budak pribumi baik laki-laki maupun perempuan yang bekerja hanya mengenakan pakaian bawah saja. Sedangkan bagian atas tubuh, mulai dari pusar hingga ke leher, telanjang (jawa :ngligo). Dan ini adalah hal yang biasa pada waktu itu.
Mandor yang bertugas di tempat saat itu, Don Lopez comte de Paris -kaki tangan Daendels yang berkebangsaan Prancis- merasa risih melihat keadaan ini. Akhirnya, ia memotong-motong kain putih dan memberikannya kepada salah satu budak perempuan untuk menutup payudaranya. Sambil memberikan kain tersebut pada si budak, dia mengatakan,”Tutup bagian berharga itu”. Don Lopez berbicara dalam bahasa Prancis ketika mengatakan hal itu. Dalam bahasa Prancis, berharga adalah "coutant"
Ternyata budak perempuan itu bertanya-tanya untuk apa kain itu. Don Lopez terus menunjuk-nunjuk payudara permpuan itu dan berkata,” Coutant! Coutant”.
Budak itu tetap tak mengerti juga. Ia hanya melihat bagian payudaranya apakah ada yang salah.
Orang yang melihat adegan tersebut serta merta mengira bahwa kain putih yang ditunjuk-tunjuk ke payudara untuk dipakai sebagai penutup adalah namanya coutant. Salah seorang budak yang ada di dekat perempuan itu lantas berkata “ o, kuwi jenenge kutang”.
Sejak itu lahirlah istilah baru yang sebenarnya salah kaprah.


Adalagi sejarah yang menarik, pada jaman dahulu rata-rata orang tionghoa di Jawa berjualan keliling dari desa ke desa bahkan kota menggunakan gerobak yang ditarik oleh sapi. Jualannya pun tidak main-main, istilahnya toko serba ada, dari pakaian sampai sembako, dari kebutuhan sehari-hari sampai ayam hidup pun ada. Sebagai penanda di leher sapi tersebut diberi lonceng yang akan berbunyi apabila sapinya bergerak (berjalan). "klontong....klontong..." begitu bunyinya.
Itulah sebabnya sampai sekarang orang Jawa menyebut toko yang berjualan bahan2 kebutuhan sehari hari dengan "toko kelontong"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
damar7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
-Dmitri Mendeleev dapat ilham bikin tabel periodik dari mimpi

-sebelum orang eropa ke benua amerika, tidak ada jagung, cabe, kentang, singkong di indonesia. itu artinya gajah mada tidak pernah makan sambel, dadar jagung, perkedel atau gaplek!

-penemu mesin uap bukan james watt tapi thomas newcomen

-bisa didebatkan, tapi penemu radio bukan macroni

-Orang cina kuno menghitung hari dalam 10 hari. Asalnya dari legenda Hou Yi yang memanah matahari

-Saat Revolusi Perancis, orang perancis juga punya 10 hari, dan 1 jam terdiri dari 100 menit
profile-picture
damar7 memberi reputasi
- pada tahun 1960-an, soekarno memberikan perintah kepada bawahannya untuk mengumpulkan resep-resep masakan dari seluruh nusantara untuk dibukukan. Tapi buku belum terbit soekarno uda turun dari tahta duluan

- SK Trimurti, menteri wanita pertama Indonesia

profile-picture
damar7 memberi reputasi
- Hitler sebenarnya orang Austria, bukan orang Jerman

- Pahlawan Revolusi D.I Panjaitan adalah orang Batak (mungkin udah ada yang tau emoticon-Big Grin )

- Enstein orang Yahudi, tapi saat mati dia tidak beragama Yahudi emoticon-shakehand

Segitu dulu aja deh emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
damar7 dan loyloisitoloy memberi reputasi

REKAP GAN!

sinterklas itu dari bahasa belanda, aslinya sinter klaas
sinterklaas versi belanda gak gendut kayak santa versi amrik. bagi bagi hadiahnya pas awal desember (5 desember tepatnya) dan naik kuda (bukan naik kereta rusa)

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


profile-picture
damar7 memberi reputasi
Diubah oleh paradox.spiral
Bisa dibikin bahan acara macam [URL="en.wikipedia.org/wiki/QI‎"]Q.I.[/URL] nih gan ... emoticon-Belo
nambahin satu dulu ya emoticon-Malu

perang tersingkat alias paling sebentar
cuma 38 menit
antara inggris dan zanzibar
tahun 1896
profile-picture
damar7 memberi reputasi

REKAP GAN!

-mesin penyedot debu (alias vakum cliner) pertama dibuat sekitar tahun 1860, sebelum ada listrik, pakainya diipompa pakai tangan emoticon-Ngakak

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh paradox.spiral
Quote:


tiap 2 menit gw baca artikel ini otomatis langsung ngomong "oalah,oalah"emoticon-Ngakak

lucu bgt infonya
Quote:


Coba download buku kumpulan fakta aneh-aneh di sini gan ... format file-nya ePub
originally posted by garudanyasar

Asap Kretek di Istana Buckingham

Suatu hari pada 1953, Agus Salim -- mewakili Pemerintah Indonesia --
menghadiri penobatan Elizabeth II sebagai Ratu Inggris. Acara penobatan
diselenggarakan di Istana Buckingham.

Dalam acara itu, Agus Salim melihat Pangeran Philip -- yang masih muda --
agak canggung menghadapi khalayak ramai yang hadir. Ia tampaknya belum
terbiasa menempatkan diri sekadar sebagai pasangan (suami) ratu. Begitu
canggungnya, sehingga ia lalai meladeni tamu-tamu asing yang datang dari
jauh menghormati peristiwa penobatan isterinya.

Untuk sekadar melepas ketegangan Pangeran Philip, Agus Salim menghampirinya seraya mengayun-ayunkan rokok kreteknya sekitar hidung sang pangeran. Kata Agus Salim kemudian, "Paduka (Your Highness), adakah Paduka mengenali aroma rokok ini?"

Setelah mencoba menghirup-hirup bau asap rokok kretek itu, sang pangeran
lalu mengakui tidak mengenal aroma rokok tersebut. Sambil tersenyum Agus
Salim lalu mengatakan, "Inilah sebabnya 300 atau 400 tahun yang lalu bangsa Paduka mengarungi lautan mendatangi (menjajah) negeri kami."

Sang pangeran pun tersenyum dan dengan lebih luwes bergerak dan meladeni
tamu-tamunya yang datang dari jauh.

REKAP

Quote:


Quote:


Diubah oleh paradox.spiral
Quote:

http://m.merdeka.com/peristiwa/6-tel...sin-jahit.html
Diubah oleh Jokiez
guling atau kalo orang londo bilang dutch wife .. itu jaman dulu berfungsi sebagai pembatas antara 2 kaki, sehingga ada rongga udara biar sejuk waktu tidur

Kalau tak salah Maklumat no.X (eks) yang melegenda itu sebenernya bukan huruf romawi yang dibaca 10. tapi itu cuma penanda doank karena buku yang berisi daftar maklumat yang telah dikeluarkan tidak dibawa pada saat rapat KNIP.....jadi untuk sementara ditulis X, tapi ujung-ujungnya tidak pernah ada revisi lagi, dan jadilah maklumat no.x itu. emoticon-Ngakak


Bung Hatta adalah orang yang sungguh on-time alias tepat waktu, bahkan suatu ketika pernah beliau sedang berkunjung ke suatu kota dengan menggunakan pesawat. Nah, karena pesawat tiba terlalu cepat dari waktu yang dijadwalkan, maka bung hatta menyuruh pilot untuk berputar-putar diatas kota terlebih dahulu agar pesawat mendarat tepat pada waktunya di kota itu emoticon-Ngakak
Diubah oleh von_braun
lanjut gan

jendral sudirman saat memimpin gerilya paru2nya tgl setengah,, kena tbc kronis
cmiiw
profile-picture
damar7 memberi reputasi
Quote:


Kalo versi yang lain ... Agus Salim datang ke suatu konferensi tapi gak dianggep oleh para undangan dari Eropa. Lalu dia mengeluarkan rokok kreteknya dan mulai menghamburkan asap kian kemari. Para undangan dari Eropa jadi jengkel, "Rokok apaan itu, kok asapnya banyak banget." Lantas dijawab, "Rokok kretek. Bahan dari asap inilah yang membuat nenek moyang tuan-tuan datang dan menjajah negeri kami."

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Pupilsxone dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


nice info
hal kek gini memang susah ngeceknya



ini cerita dari pembunuhan franz ferdinan yang memulai perang dunia 1

sebenarnya banyak usaha pembunuhan yang dilakukan. renana awal adalah pake pil sianida, tapi gagal. terus dilempar ke sungai, gagal juga. nah si gravilo princip putus asa (karena gagal mbunuh terus) lagi enak enak nongkrong di kafe. nah tak terduga.......saat dia lagi makan lewatlah si franz ferdinand lewat didepannya, dan mobilnya mogok. Dengan sante si princip berjalan ke mobil Bam, huzaaaaah World War I

Quote:


Quote:


Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Quote:


profile-picture
damar7 memberi reputasi
Diubah oleh paradox.spiral
Waaahh... Ayo agan2 teruskan lagi ditambah inpoh2 lainnya...
Sangat menambah pengetahuan nihhh... Ane ijin nyimak yaaa
Gol kedua Maradona di Piala Dunia 1986 merupakan gol yang terbaik sepanjang masa karena diciptakan Maradona dengan memperlihatkan kemampuan skill-nya yang luar biasa. Dengan dribelnya yang menawan, ia berlari sambil menggiring bola dari tengah lapangan, melewati 6 pemain Inggris (Glenn Hoddle, Peter Reid, Kenny Sansom, Terry Butcher, dan Terry Fenwick) dan sekaligus kiper Inggris Peter Shilton sebelum melesakkan bola ke gawang. Pada tahun 2002 berdasarkan voting yang dilakukan FIFA gol ini dijadikan gol terbaik abad ke-20.
Halaman 1 dari 22


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di