alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5215aa0ba3cb175f08000001/prokrastinasi-kebiasaan-buruk-menunda-nunda
PROKRASTINASI: KEBIASAAN BURUK MENUNDA-NUNDA
Assalamualaikum wr.wb,


Buat agan-agan yang suka menunda-nunda sesuatu silahkan baca artikel di bawah ini :

Quote:
Spoiler for gambar:
وَالْعَصْرِ
1. Demi waktu,
إِن الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ
2. Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi.
إِلا الذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَق وَتَوَاصَوْا بِالصبْرِ
3. Kecuali orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, dan saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.
(QS. Al Ashr 1-3)


Dari Ibnu Umar rodhiallahu ‘anhu berkata: Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam memegang pundakku dan bersabda, “Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau penyeberang jalan.” Ibnu Umar rodhiallahu ‘anhu berkata, “Jika kamu berada di sore hari, jangan menunggu pagi hari, dan jika engkau di pagi hari janganlah menunggu sore, manfaatkanlah masa sehat. Sebelum datang masa sakitmu dan saat hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Bukhari)

Sahabat RSH yang dirahmati oleh Allah, pernahkah sahabat menunda-nunda waktu atau pekerjaan? Apakah itu telah menjadi kebiasaan? Apa yang sahabat rasakan setelah menunda waktu?

Mungkin ada sebagian sahabat kita yang sudah terbiasa menunda-nunda waktu, sehingga kebiasaan tersebut telah menjadi karakter dan akhirnya menjadi penghalang hidupnya dalam mencapai kesuksesannya. Sahabat, kebiasaan buruk ini dikenal di dalam psikologi sebagai prokrastinasi. Prokrastinasi berasal dari bahasa latin procastinare. Pro artinya gerakan maju dan crastinus artinya milik hari esok. prokrastinasi adalah perilaku manusia yang sering menunda-nunda baik tugas maupun pekerjaan (Wiki). Menunda-nunda tugas bisa berimplikasi pada waktu yang terbuang sia-sia.

Menurut dua ahli prokrastinasi, Joseph Ferrari, Ph.D., profesor psikologi dari De Paul University di Chicago, dan Timorthy Pychyl, Ph.D., professor psikologi dari Carleton University Ottawa, banyak penyebab yang membuat orang terjerat kebiasaan buruk ini. Agar sahabat bisa lebih dalam mengetahui prokrastinasi, ada 10 poin yang menjadi informasi penting tentang kebiasaan tersebut.

1. Sekitar 20 persen masyarakat mengidentifikasikan dirinya sebagai pengidap kronis prokrastinasi. Bagi mereka, prokrastinasi adalah gaya hidup meskipun bukan berarti kegagalan dalam beradaptasi. Mereka biasanya tidak membayar tagihan tepat waktu, shalat di akhir waktu, kehilangan kesempatan beramal sholih, atau terlambat mengirimkan surat keterangan pajak, menunda-nunda skripsi serta masih banyak lagi masalah yang dirasakan.

2. Prokrastinasi bukanlah hal sepele, meskipun umumnya masyarakat tidak menganggap hal ini sebagai masalah. Kebiasaan ini merupakan wujud dari problem serius dari pengendalian diri. Jika semakin banyak orang yang mengidap penyakit ini, maka terbentuklah sebuah keluarga bahkan masyarakat yang suka menunda-nunda.

3. Prokrastinasi bukanlah masalah dalam manajemen waktu atau perencanaan. Para pengidap prokrastinasi tidaklah berbeda dalam hal kemampuan memperhitungkan waktu, meskipun mereka lebih optimistis ketimbang yang lain. "Menyuruh seseorang yang sering menunda-nunda untuk membeli agenda mingguan seperti halnya menyarankan penderita depresi kronis untuk tetap tersenyum," ujar Dr. Ferrari. Ada sebagian orang yang menginginkan menjadi PENGUSAHA/ ENTREPRENEUR, namun terjebak pada perencanaan dan tidak segera menjalankan bahkan langkahnya selalu berputar-putar saja.

4. Sifat prokrastinasi terbentuk dari lingkungan dan bukan akibat faktor keturunan. Kebiasaan ini tumbuh tidak secara langsung dalam keluarga dan merupakan respon terhadap gaya otoriter yang diterapkan orang tua atau pendidik. Terkadang Prokrastinasi bahkan bisa menjadi salah satu bentuk pembebasan ketika sudah terlepas dari lingkungan otoriter. Nah, Sahabat, lingkungan otoriter menyebabkan seseorang hanya disiplin karena aturan saja, belum menjadi kebiasaan. Oleh karena itu RSH juga menyediakan HOLISTIC PARENTING untuk para Orangtua.

5. Prokrastinasi dapat memprediksikan tingginya tingkat stress bagi pengidapnya. Para pengidap prokrastinasi cenderung membutuhkan pelarian sebagai bentuk ekspresinya. Ada yang bentuknya kecanduan Game, jalan-jalan, gosip dan lain sebagainya. Membuat dirinya tidak produktif. Oleh karena itu penyelesaian Prokrastinasi tidak bisa hanya 1 sisi saja yang disembuhkan, termasuk bentuk pelariannya juga perlu diselesaikan. Ada salah satu Sahabat RSH yang menunda skripsi dan pelariannya adalah Games Online. Dalam 1 hari bisa mencapai 8 jam bermain. Ini menyebabkan daya konsentrasi dan semangat akademisnya terganggu.

6. Para pengidap prokrastinasi kerap membohongi dirinya sendiri, seperti misalnya mengatakan ¨Saya merasa lebih suka melakukanya besok saja atau hari tertentu¨ atau ¨Saya biasa bekerja dalam tekanan¨. Namun faktanya, mereka tidak bergegas keesokan harinya untuk bekerja atau melakukan yang terbaik di saat berada dalam tekanan. Selain itu, mereka melindungi perasaan dirinya dengan mengatakan ¨Ini tidaklah penting¨. Kebohongan besar yang biasa dilakukan prokastinator adalah bahwa tekanan waktu akan membuat mereka menjadi lebih kreatif. Buktinya, mereka tidak berubah untuk menjadi lebih kreatif, mereka hanya merasanya. Mereka justru memboroskan modal mereka sendiri.

7. Pengidap prokrastinasi secara aktif mencari-cari kekacauan atau kebingungan, khususnya seseorang yang tidak memiliki komitmen serius untuk bekerja, belajar atau menjalani bidang kehidupannya.

8. Secara garis besar, ada tiga tipe pengidap prokrastinasi didasarkan atas alasan yang berbeda.

a. Tipe Arousal atau pencari ketegangan, yang menunggu hingga menit-menit akhir untuk panik.

b. Tipe Avoiders atau penghindar, yang mungkin menghindari atau bahkan takut sukses.

c. Tipe Decisional, yang tidak bisa membuat keputusan. Dengan tidak membuat keputusan, mereka menjadi terbebas dari tanggung jawab akan hasil dari sebuah kejadian.

9. Ada begitu besar kerugian yang disebabkan prokrastinasi. Kesehatan adalah salah satunya. Bila dikaitkan dengan akademis, mahasiswa pengidap prokrastinasi cenderung bermasalah dengan kekebalan tubuh, lebih sering terserang flu dan batuk, masalah pencernaan serta insomnia. Selain itu, prokrastinasi merugikan diri sendiri dan orang lain dengan cara mengalihkan beban tanggung jawab pada orang lain yang lalu menjadi menyesal. Prokrastinasi merusak kekompakan tim di tempat kerja dan hubungan pribadi.

10. Pengidap prokrastinasi sebenarnya dapat mengubah perilaku mereka, namun membutuhkan banyak sekali konsumsi energi fisik. Hal itu tidak berarti seseorang merasa telah berubah secara internal. Pemulihannya dapat dilakukan dengan cara terapi perilaku yang terstruktur. Prokrastinasi ringan bisa diatasi sendiri dalam jangka waktu kurang dari 1 bulan. Ketika Anda mengidap Prokrastinasi dan sudah mengidapnya lebih dari 1 bulan dan sampai membaca tulisan ini masih juga belum sembuh, sebaiknya Anda "LAKUKAN SEKARANG JUGA" untuk melakukan terapi. Lebih dari 1 bulan, bisa dianggap prokrastinasi sedang atau berat. Karena jika tidak segera, Anda mungkin menunda penyembuhannya, jika sudah tertunda penyembuhannya, Anda lebih tahu Apa yang akan terjadi jika terus menundanya.

Spoiler for Penyebab:


Spoiler for Solusi:


Baiklah sekian trit dari ane,

SEMOGA BERMANFAAT

Spoiler for Jangan Lupa:
Pertamax diamankan oleh TS emoticon-Blue Guy Cendol (L)
kerjakan dari pada di tunda2 itu ga baik emoticon-2 Jempol
Wah nice gan
Ane jg termasuk sering menuda2 termasuk ibadah emoticon-Malu
Quote:Original Posted By m4x03m
Wah nice gan
Ane jg termasuk sering menuda2 termasuk ibadah emoticon-Malu


Semoga kita dihindarkan dari penyakit prokratinasi ini ya gan emoticon-Matabelo
ane juga masih suka nunda nunda nih, harus cepet2 diilangin takutnya jadi kebiasaan emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By kickgumi


Semoga kita dihindarkan dari penyakit prokratinasi ini ya gan emoticon-Matabelo


aamiin... emoticon-Shakehand2
ane jga trmsuk org yg mennunda gan emoticon-Sorry smga bsa di ubah emoticon-Angel
ane jg sring nunda"
jd susah sendiri kdg emoticon-Malu
ternyata gak cuma ane doang yang punya penyakit ini emoticon-Ngakak
ini penyakit ane banget gan emoticon-Hammer2
suka menganggap suatu hal mudah, jadi di tunda2 trus emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By deliberate42
ini penyakit ane banget gan emoticon-Hammer2
suka menganggap suatu hal mudah, jadi di tunda2 trus emoticon-Hammer2


Haha kayaknya ini penyakit yg emg dimiliki oleh sebagian besar orang Indonesia.. emoticon-Stick Out Tongue