alexa-tracking

BAHAYA MIE INSTAN DAN CARA MENYIASATINYA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521561af20cb177e67000005/bahaya-mie-instan-dan-cara-menyiasatinya
BAHAYA MIE INSTAN DAN CARA MENYIASATINYA
BAHAYA MIE INSTAN DAN CARA MENYIASATINYA

Si menu utama anak kos ini jangan sering mengonsumsinya, karena banyak efek buruk bagi kesehatan tubuh kita. Seperti dilansir dari Vemale.com, ini 10 bahaya makan mie instant bagi kesehatan.

1. Menghambat penyerapan nutrisi

Mie instant akan menghambat dan membatasi penyerapan nutrisi makanan. Terutama mereka yang di usia di bawah 5 tahun, disarankan sama sekali tidak diberi konsumsi mie. Mie ini berbahaya apabila sampai mencegah penyerapan nutrisi. Anak bisa kurang gizi, kerdil dan bahkan perkembangannya lambat.

2. Menyebabkan Kanker

Beberapa mie instant dikemas dalam styrofoam, di mana styrofoam adalah agen penyebab kanker. Utamanya mie instant yang hanya disajikan dengan direndam air panas, saat terkena panas, zat kimia di dalam styrofoam ini akan ikut bereaksi. Bayangkan saja bagaimana bila ia ikut larut dan masuk ke dalam tubuh.

3. Menyebabkan keguguran

Beberapa kasus keguguran mirisnya disebabkan karena mereka terlalu sering mengonsumsi mie instant. Ternyata mie instant memberikan pengaruh buruk pada janin, sehingga akhirnya keguguranpun terjadi.

4. Mengacaukan metabolisme tubuh

Apabila dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, maka mie instant dapat mengacaukan metabolisme tubuh. Akumulasi zat kimia berbahaya seperti pengawet dan pewarna akan menjadi racun di dalam tubuh.

5. Bahayanya Propylene glycol

Mie instant mengandung propylene glycol, sejenis bahan anti beku yang akan mencegah mie menjadi kering. Apabila tubuh menyerap zat tersebut maka, ia akan ditumpuk di area hati, ginjal serta liver. Menyebabkan kerusakan pada tubuh, terutama tiga area tersebut kemudian melemahkan immune tubuh.

6. Bahaya bagi pencernaan

Apabila dikonsumsi lebih dari sekali dalam sehari, maka mie instant berpotensi membahayakan pencernaan. Problem pertama yang muncul adalah rasa begah, susah buang air besar dan ketidaknyamanan.

7. Kegemukan

Mengonsumsi mie instant secara rutin juga menyebabkan kegemukan. Jumlah lemak dan sodium yang tinggi di dalam mie instant menyebabkan tidak dapat diserap tubuh dan akan tinggal menumpuk menjadi lemak. Tak heran apabila ia dapat menyebabkan berat badan Anda bertambah dalam waktu singkat.

8. Kandungan MSG

Dan Anda perlu khawatir karena kandungan monosodium glutamate dalam mie instant ini cukup tinggi. Mereka yang tidak tahan dan alergi terhadap MSG biasanya akan merasa selalu haus, dada terbakar, sakit kepala, wajah memerah dan nafas sesak.

9. Kandungan sodium

Mie instant juga kaya akan kandungan sodium yang dapat menyebabkan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal. Terutama jika sering dikonsumsi, potensi terserang penyakit tersebut sangat tinggi.

10. Mie instant juga junk food
Mie instant termasuk junk food yang mengandung karbohidrat sangat tinggi dan tanpa tambahan vitamin, mineral atau serat. Kandungan lemak jenuhnya juga tinggi sehingga kalori di dalamnya memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan.

MIE instan, memang praktis dan banyak disukai orang. Sudah bukan info baru lagi, jika jenis makanan ini tidak baik bila dikonsumsi secara berlebih. Tetapi bagaimana solusinya jika justru Si Buah Hati atau pasangan kita sangat doyan dengan makanan yang satu ini? Parahnya lagi, jika sering kali mereka hanya mau sarapan dengan mie instan.

Untuk meminimalisir bahaya makan mie instan, ada beberapa tips mudah yang mungkin bisa Anda ikuti:

1. Saat memasak mie instan goreng, setelah direbus tiriskan dan bilas terlebih dahulu dengan air matang, sebelum menambahkan bubu

2. Sedangkan untuk mie instan kuah, setelah mie direbus, jangan langsung dibubuhi bumbu mie instan. Tetapi tiriskan terlebih dahulu, lalu buang air sisa perebusan mie. Untuk kuah gunakan saja air panas yang baru

Kedua cara ini berguna meminimalisir masuknya zat lilin ke dalam tubuh. Saat mie direbus, lilin bisa terlepas dari mie dan menyatu dengan air rebusan. Itulah sebabnya, sebaiknya jangan mengkonsumsi air rebusan mie.

Tidak sedikit mi instan yang mengandung lilin, tetapi campuran bahan seperti ini sering tidak tertera pada komposisi bahan di kemasannya. Padahal lilin bisa menyebabkan usus mengalami iritasi, akibatnya adalah penyerapan nutrisi dari makanan lain tidak bisa optimal.

Bahan yang dianggap lebih berbahaya adalah natrium karbonat, jumlah bahan ini cukup banyak didalam sebungkus mi instan, antara 30-40 persen. Penderita jantung koroner dan hipertensi sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung natrium karbonat. Sebab, mamou memicu meningkatnya tekanan darah.

Cara memasak mie instan selanjutnya, sebagai berikut:

3. Jika memungkinkan, ganti bumbu yang ada di dalam kemasan mie instan dengan bumbu dapur alami, yakni menggunakan bawang putih, sedikit merica, kemiri, garam, dan minyak sayur. Jika tidak sempat menambahkan bahan-bahan tersebut, gunakan bumbu instan tersebut setengahnya saja

4. Karena kandungan gizinya yang kurang, penambahan sayuran sangat direkomendasikan. Banyak jenis sayur dapat anda tambahkan bila hendak mengonsumsi mi instan. Tetapi, jangan rebus terlalu lama karena zat gizi sayuran bisa hilang karena rebusan air panas

Kendati demikian, sebisa mungkin untuk menghindari konsumsi mie instan. Sebab, selain beberapa penyakit yang telah disebutkan di atas, terlalu banyak makan mie instan juga dapat menyebakan kanker dan kerusakan jaringan otak.

- See more at: http://konsumsihidupsehat.blogspot.c....W9hOLenI.dpuf
-http://newslifestyle4u.blogspot.com/2013/06/10-bahaya-makan-mie-instant.html
pagi gan emoticon-Smilie makaish gan sudah ingetin ane
image-url-apps
boleh gan emoticon-afro
wah abe kalah ama tukang jaket emoticon-Matabelo
KASKUS Ads
ini makanan darurat ane gan kalo udah ga ada makanan lagi dirumah... emoticon-Ngakak
image-url-apps
thread mie lg emoticon-Traveller
mie instan, enak di mulut , gak enak di perut
wah klo ga ad mie instan ga rame gan... aplagi klo anak kos...
mie instan sdah jd shabat gan... emoticon-Ngakak
ane termasuk pecinta mie instan loh gan emoticon-Mewek
Spoiler for Mampir Gan:
Nice info gan
ane jarang makan mie ganemoticon-I Love Indonesia (S)
nice tips gan emoticon-Rate 5 Star
image-url-apps
Ane siih biasa makan mie sebulan 1 kali aja...
mau bahaya kayak gimana ane tetep suka gan emoticon-Ngakak, indomie seleraku emoticon-Ngakak, ya yang penting masaknya yang bener dan pasrah aja moga sehat selalu emoticon-I Love Indonesia (S)
inpo bagus neeh ungtung ane udah pensiun dari makan mi instan
image-url-apps
yg bener air rebusan mie pake yg mana?
nice tips gan
image-url-apps
nice share gan
Nice share gan...
emang kalau waktu nya luang sih enak nya begitu...
kadang mie instan emang dipake buat darurat... jadi ya, apa boleh buat sesuai petunjuk yang ada di kemasan saja.....
image-url-apps
padahal makanan paporit buat sarapan pagi nih emoticon-Frown , kalo mie ayam apa sama gan?
#Misi Gan,Mie Instan ya kebetulan tuh makanan kesukaan ane,Thanks Impohnya gan.. .
emoticon-Coolemoticon-Ngakak
wah payah nih pabrikan ..
kok ha disebutkan ada zat aneh di dalam mi yang diproduksinya...
×