alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5214dbd0f7ca176f70000004/teh
Thumbs up 
TEH
TEH
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Sejarah Teh Di Dunia


Shen Nung


TEH

Kisah yang paling banyak ditulis tentang asal usul teh adalah cerita tentang Kaisar Shen Nung yang hidup sekitar tahun 2737 sebelum Masehi.

Kaisar Shen Nung terkenal bukan hanya sebagai seorang Kaisar tetapi juga disebut sebagai The Divine Healer (Sang Penyembuh dari Ilahi).

Cerita penemuan teh oleh sang Kaisar juga sangat tidak disengaja ketika daun teh pertama dari tanaman teh yang ada di kebun Kaisar Shen Nung jatuh kedalam air panas yang sedang dimasak oleh Sang Kaisar. Ketika daun teh tersebut terseduh dengan air panas, aroma sedap langsung muncul membuat Sang Kaisar sangat tergoda untuk meminumnya. Bukan hanya aromanya yang sedap, rasa sepat dan pahit yang ditimbulkan oleh daun teh juga sangat disukai oleh Sang Kaisar karena dipercaya dapat membuat tubuh lebih segar dan menurut penelitian Kaisar Shen Nung, minuman teh dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Sejak itu, Kaisar Shen Nung kerap kali meminum teh dan sejak itu teh menjadi sangat populer di seluruh penjuru Cina.

Daruma

TEH

DARUMA adalah pembawa ajaran agama Zen Buddha (Father of Zen Buddha) di Jepang pada tahun 600 Masehi.

Terdapat beberapa versi tentang penemuan tanaman teh di Jepang yang dihubungkan dengan DARUMA.

Legenda menyebutkan bahwa DARUMA yang sedang mempelajari agama Zen Buddha tersebut tahan duduk bertapa tanpa tidur ataupun memejamkan matanya selama 7 tahun (ada yang menyebutkan 9 tahun), versi lain menyebutkan DARUMA duduk bertapa tanpa bergerak sampai akhirnya kedua kakinya lumpuh dan legenda paling eksterm menyebutkan bahwa DARUMA sengaja merobek kedua kelopak matanya untuk menghindari tertidur pada saat bertapa. Kelopak matanya terjatuh di tanah dan menurut legenda keajaiban terjadi ketika tempat dimana kelopak mata tersebut jatuh, tumbuh tanaman teh yang pertama di Jepang. Hal tersebut yang membuat DARUMA terkenal dengan kedua matanya yang besar sebagai icon dan dijadikan boneka terkenal dinegeri Jepang.

TEH

Kalau jalan-jalan ke Jepang, sempatkan untuk mampir membeli suvenir tersebut.

Lu Yu

TEH


Untuk pertama kalinya pada tahun 780 Masehi seorang cendekiawan bernama Lu Yu mengumpulkan dan membukukan temuan – temuan akan manfaat dan kegunaan teh kedalam sebuah literatur mengenai teh, yaitu Ch’a Cing atau The Classic of Tea.

Buku tersebut menggambarkan “Teh merupakan minuman yang membuat kita lebih bersemangat bila meminumnya, menentramkan hati, membuka pikiran dan mencegah rasa kantuk, membuat badan terasa ringan dan segar serta meningkatkan kemampuan berpikir

Dinasti Ming

TEH


Pada masa Dinasti Ming (1368 – 1644), bangsa Cina mulai menyeduh teh dengan air mendidih.

Dengan sedikit adaptasi, tempat penuang anggur tradisional dari Cina yang menggunakan penutup menjadi teko teh yang sempurna

Huruf Cha


TEH


Teh dengan segala variasinya di dunia dalam pengejaan dan pengucapan berasal dari sumber tunggal. “Te” berarti teh dalam bahasa Cina Amoy. Bahasa Cina nasional dari kata teh yaitu “cha”, sedangkan dalam Bahasa Inggris teh disebut dengan “tea”.

Penyebaran Teh Dunia

Jalur Sutera

TEH


Selama masa pemerintahan Dinasti Han, Tang, Soon dan Yuan, komoditas Teh diperkenalkan ke dunia luar ( dari Cina ) melalui pertukaran kebudayaan menyeberangi Asia Tengah menyelusuri benua Eropa sambil memperdagangkan kain sutera (disebut Jalur Sutera).

East India Company


TEH

East India Company atau Perusahaan Hindia Timur Britania yang didirikan oleh Ratu Elizabeth I pada 31 Desember 1600 yang bertujuan untuk memonopoli perdagangan di Hindia Timur. Pada tahun 1669, East India Company mendapatkan lisensi dengan mendatangkan teh dari Cina ke Inggris menggunakan kapal Elizabeth I. Monopoli perdagangan teh dikuasainya sampai dengan tahun 1833.

Boston Tea Party

TEH


East India Company pada tahun 1773 boleh berdagang Teh langsung dari Cina ke Amerika dengan memotong jalur perdagangan dan perpajakan yang merugikan eksportir Eropa dan importir Amerika. Sehingga mengakibatkan marahnya penduduk Boston, dengan cara membuang seluruh peti yang berisi komoditas Teh kedalam laut dikenal sebagai BOSTON TEA PARTY yang berakibat pula tercetusnya revolusi Bangsa Amerika terhadap penjajahan bangsa Inggris.

Sejarah Teh Di Indonesia

Tanaman teh pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1684, berupa biji teh dari Jepang yang dibawa oleh seorang Jerman bernama Andreas Cleyer, dan ditanam sebagai tanaman hias di Jakarta.

TEH

Pada tahun 1694, seorang pendeta bernama F. Valentijn melaporkan melihat perdu teh muda berasal dari Cina tumbuh di Taman Istana Gubernur Jenderal Champuys di Jakarta. Pada tahun 1826 tanaman teh berhasil ditanam melengkapi Kebun Raya Bogor, dan pada tahun 1827 di Kebun Percobaan Cisurupan, Garut, Jawa Barat.

Berhasilnya penanaman percobaan skala besar di Wanayasa (Purwakarta) dan di Raung (Banyuwangi) membuka jalan bagi Jacobus Isidorus Loudewijk Levian Jacobson, seorang ahli teh, menaruh landasan bagi usaha perkebunan teh di Jawa.

TEH

Pada tahun 1828 masa pemerintahan Gubernur Van Den Bosh, Teh menjadi salah satu tanaman yang harus ditanam rakyat melalui politik Tanam Paksa ( Culture Stelsel ).

Jenis dan Manfaat Teh

Secara umum teh yang berasal dari keluarga camellia sinensis ini dikelompokkan menjadi 4 jenis berdasarkan cara memprosesnya yakni :

Spoiler for 1.Teh Putih ( White Tea ):


Spoiler for 2.Teh Hijau ( Green Tea ):


Spoiler for 3.Teh Oolong ( Oolong Tea ):


Spoiler for 4.Teh Hitam ( Black Tea ):


Selain itu, Di Indonesia terdapat satu jenis teh lain yang sangat populer yakni :

Spoiler for Teh Melati ( Jasmine Tea ):


Bagi teman-teman yang suka minum teh harus tahu manfaatnya, yaitu :

1.Sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh, juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Manfaat ini dikarenakan adanya Polifenol pada Teh berupa katekin dan flavanol.
2.Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Fungsinya menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.
3.Vitamin C dalam Teh berfungsi juga sebagai antioksidan dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
4.Vitamin A dalam Teh untuk mejaga kesehatan mata, hati, dan lain sebagainya.
5.Mencegah bau mulut, kerusakan gigi yang dilakukan oleh MONOCITRAT dan FLUORIDE (Menganese, Zinc, Potassium) dalam Teh.
6.Membantu metabilisme makanan karena mengandung vitamin B komplek.

Selain menyegarkan dan bermanfaat bagi tubuh, Es Teh maupun Teh Panas juga beresiko buruk bagi kesehatan karena mengandung Kafein dan Asam Oksalat. Sebelumnya sudah Saya posting silahkan baca juga Pengaruh Asam Oksalat bagi Kesehatan. Studi yang dilakukan peneliti dari Loyola University Medical Center, Amerika, menemukan bahwa orang yang suka minum Es Teh bisa menempatkan mereka pada resiko yang lebih besar terkena penyakit batu ginjal.

Untuk mengurangi resiko buruk tersebut, temam - teman harus bijaksana dalam konsumsi minuman dan makanan terutama Teh.

1.Usahakan minum Es Teh tidak terlalu sering.
2.Banyak minum air putih karena sudah terbukti bagus untuk tubuh.
3.Bila temam - teman mau dan cocok, coba minuman Es Teh di padukan / dicampur dengan perasan jeruk (lemon, nipis) karena jeruk mengandung Asam Sitrat yang berfungsi sebagai pembersih dan antioksidan.
4.Buatlah minuman Es Teh tidak terlalu manis karena dapat menghilangkan zat yang bermanfaat dalam Teh tersebut.
5.Jangan Minum Teh pada saat atau sesudah makan. Sebab zat gizi terkandung dalam makanan akan dinetralisir oleh Teh.
6.Jangan minum teh saat perut kosong sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung.
7.Untuk wanita hamil dan sedang menyusui, hindari minum teh karena kafein dan zat stimulan yang lain bisa merangsang kontraksi rahim dan mengganggu produksi kelenjar ASI.

HATI HATI DENGAN TEH CELUP
TEH

Buat yang pernah berkunjung ke pabrik kertas/pulp, mungkin tahu bahwa chlorine adalah senyawa kimia yang sangat jahat dengan lingkungan dan manusia, khususnya dapat menyerang syaraf!

Dari kejauhan pabrik mudah dilihat jika ada asap berwarna kuning yang mengepul dari pabrik, itu bukan asap biasa tapi chlorine gas. Makanya industri ini mendapat serangan hebat dari LSM lingkungan karena hal tersebut di atas. Dan juga masalah kehutanan.

Kertas terbuat dari bubur pulp yang berwarna coklat tua kehitaman. Agar serat berwarna putih, diperlukan sejenis bahan pemutih (sejenis rinso/baycline), yaitu senyawa chlorine dengan kekuatan yang sangat keras sekali! Kertas sama dengan kain, karena memiliki serat. Kalau anda mo uji bener apa tidaknya, silahkan coba nanti malam bawa tissue ke diskotik, lihatlah tissue akan mengeluarkan cahaya saat kena sinar ultraviolet dari lampu disco! Berarti masih mengandung chlorine tinggi.

Kalau di negara maju, produk ini harus melakukan proses neutralization dgn biaya cukup mahal agar terbebas dari chlorine dan dapet label kesehatan. Tissue atau kertas makanan dari negera maju yang dapat label depkesnya tidak bakalan mengeluarkan cahaya tsb saat kena UV. Kertas rokok sama saja, bahkan ada calsium carbonat agar daya bakarnya sama dengan tembakau dan akan terurai jadi CO saat dibakar.

Di Indonesia tidak ada yang kontrol, jadi harap berhati-hati. Please protect your families!

Cara menyeduh Teh :
gunakan air mendidih bersuhu 80 derajat celcius, jangan menggunakan air dengan yang suhunya lebih tinggi dari 80 derajat ini sangat penting sekali karena dapat membuat hilangannya manfaat dari teh.

Kesimpulannya adalah memenuhi asupan nutrisi secara seimbang adalah kunci untuk menjaga tubuh agar terhindar dari risiko berbagai penyakit. Jadi, hiduplah dengan seimbang untuk tetap sehat !


MENERIMA

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Blue Guy Cendol (L)

MENOLAK
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Blue Guy Bata (L)



JANGAN LUPA

TEH
Gan, thread yang bermanfaat bagi ane emoticon-Matabelo

Tapi judulnya kurang memancing ganemoticon-Cape d... (S)
info yang sangat bermanfaat gan, cuman judulnya kurang menarik perhatian gan... tapi yang penting isinya berbobot...
wihh nyimak dolo gan emoticon-afro
wah lumayan nambah wawasan gan emoticon-Ngacir
judul thread kurang gahar gan...

tapi isinya bermanfaat banget...
Info keren gini harus di emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul gan! emoticon-Matabelo
Isinya bagus gan, cuma saran ane judulnya dibuat lebih menarik emoticon-Smilie
bener menarik banget tuh, pagi" enaknya minum teh emoticon-Genit
Quote:Original Posted By ara1511
Gan, thread yang bermanfaat bagi ane emoticon-Matabelo

Tapi judulnya kurang memancing ganemoticon-Cape d... (S)


Quote:Original Posted By abdoelbdoel
info yang sangat bermanfaat gan, cuman judulnya kurang menarik perhatian gan... tapi yang penting isinya berbobot...


Quote:Original Posted By bdrinferno
judul thread kurang gahar gan...

tapi isinya bermanfaat banget...


Quote:Original Posted By canouna
Isinya bagus gan, cuma saran ane judulnya dibuat lebih menarik emoticon-Smilie


iya gan tadinya mau di tambahin eh lupa emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By pocongberanak
wihh nyimak dolo gan emoticon-afro
wah lumayan nambah wawasan gan emoticon-Ngacir


Quote:Original Posted By themanlie
Info keren gini harus di emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul gan! emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By BBGES
bener menarik banget tuh, pagi" enaknya minum teh emoticon-Genit


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star gan emoticon-Malu (S)
kalau teh putih ane belum pernah nyoba tuh gan emoticon-Big Grin
wahh panjang juga ya emoticon-Big Grin
nyimak dlu gan
minuman paporit ane setelah kopi emoticon-Toast
Quote:Original Posted By kacangasinpusak
kalau teh putih ane belum pernah nyoba tuh gan emoticon-Big Grin


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:Original Posted By package
minuman paporit ane setelah kopi emoticon-Toast


agan gak suka cendol? ane suka gan timpukin emoticon-Blue Guy Cendol (L) dong
Quote:Original Posted By DarkRay
wahh panjang juga ya emoticon-Big Grin
nyimak dlu gan


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
ijin nyimak emoticon-I Love Kaskus (S)
Wohoho mantap info tentang TEH nya gan, setau ane teh hijau juga bisa menurunkan kadar gula darah.
ane bangga sebagai penggemar teh emoticon-Cool
Ijin buukmark dulu gan