alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521451db8027cf3c3b00000a/kelinci-transgenik-bercahaya-bak-kunang-kunang
Kelinci Transgenik Bercahaya bak Kunang-kunang
Kelinci Transgenik Bercahaya bak Kunang-kunang
KOMPAS.com — Sekelompok kelinci yang lahir di University of Istanbul, Turki, berbeda dengan kelinci pada umumnya. Rekayasa genetika membuat kelinci tersebut mampu menyala dalam gelap.

Kelinci mampu menyala dalam gelap sebab peneliti dari universitas tersebut menyisipkan gen ubur-ubur. Gen ubur-ubur menghasilkan protein yang membuat hewan mampu bercahaya jika terpapar sinar ultraviolet.

Penyisipan gen ubur-ubur bukan tanpa tujuan. Dengan penyisipan ini, peneliti ingin mengetahui apakah material genetik tertentu dari satu hewan berhasil disisipkan pada hewan lain.

Sebagai contoh, penyisipan gen ubur-ubur membantu eksperimen Mayo Clinic mengetahui kesuksesan rekayasa kucing yang resisten feline immunodeficiency virus (FIV).

Diberitakan Foxnews, Kamis (15/8/2013), dalam eksperimen, peneliti Mayo Clinic menyisipkan gen pembawa protein yang membuat kucing resisten terhadap FIV.

Tanpa gen ubur-ubur, peneliti akan kesulitan mengetahui apakah kucing hasil eksperimen benar-benar telah resisten terhadap FIV. Gen ubur-ubur berfungsi seperti penanda resistensi itu.

Dalam konteks kelinci, penyisipan gen ubur-ubur bisa membatu peneliti melakukan rekayasa genetika kelinci sehingga bisa dimanfaatkan sebagai "pabrik obat".

Gen tertentu bisa disisipkan pada kelinci sehingga hewan itu menghasilkan molekul tertentu yang dibutuhkan. Molekul bisa dipanen dari air susu. Molekul itu sendiri bisa berupa obat-obatan.

Dengan membuat kelinci bercahaya, peneliti mampu membedakan kelinci yang sudah membawa gen yang disisipkan dan yang tidak.

Pemanfaatan kelinci efektif untuk menghasilkan molekul tertentu. Produksi molekul menggunakan kelinci, seperti dikatakan, lebih murah daripada produksi secara kimia di pabrik.

Gen ubur-ubur, selain pada kelinci dan kucing, juga pernah disisipkan pada babi dan anjing. Peneliti dari University of Hawaii dan Marmara University juga terlibat eksperimen ini. (Dyah Arum Narwastu)
siang ganemoticon-Smilie gila skr yah ilmuwannyaemoticon-Matabelo
wow ngeriih emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
ntar lama2 manusia yg dsisipin gen ubur-ubur trus jd ga perlu lampu deh...bangkrut deh SIN*Y*KU emoticon-Ngakak
wew.... kerwn bnget tuh gan... tp apa dia gak mnderita tuh???
gambarnya ga jelas gan... itu masa kelinci sih? tapi ilmuwan2 emang makin top markotop
ijin kliping
wah bisa kelen begini kelinci
berbahaya gak nih bagi manusia
wow keren coba kalo ane punya kelinci kaya giniemoticon-Matabelo
Wah, di fjb ada yang jual gak yah???
emoticon-Matabelo keren banget tuh gan ya emoticon-Matabelo
Malah serem gan asli deh
Quote:Original Posted By weswew7
Wah, di fjb ada yang jual gak yah???


kalau ada ane juga nitip han...emoticon-Jempol

weduuuuuun gan, bisa aja yah tuh orang bikin rekayasa genetiknya
Glow in the dark gitu woooow emoticon-Matabelo
asal tujuanannya baik ga apa apa lah gan, ade ikut dukung, asal jgn manusia yang disisipkan aneh2 emoticon-Matabelo
nanti jadi ada mahluk mutan yg aneh deh emoticon-Matabelo
kayaknya disiapkan buat manusia
Wah kelincinya bisa nyala gitu. Mau dong 1 buat ane emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By tokomadju
siang ganemoticon-Smilie gila skr yah ilmuwannyaemoticon-Matabelo
Apa kabar gan? Masih baek kan? Ketemu lagi kita emoticon-Ngakak
gokil juga ya. bahaya ga tu? emoticon-Big Grin