Forum Surat Pembaca : Sarana yg disediakan KASKUS, u/ menampung segala keluh kesah kaskusers yang kecewa dengan Pelayanan Publik, Suatu Produk dsb.
Keluhan terhadap pelayanan publik / suatu produk yg disampaikan dlm Surat Pembaca, untuk membuat pelayanan mereka menjadi lebih baik (bukan hanya sekedar makian/curhat dan ajakan untuk menjatuhkan kredibilitas).
Quote:
1. Thread harus spesifik/jelas di tujukan Produk /Perusahaan /Institusi /Instansi/Layanan publik apa, dsb di sertai kronologis kejadiannya.
2. Keluhan yg diposting harus merupakan pengalaman yg dialami & dirasakan sendiri o/ Pengirim (Thread Starter) & bukan merupakan asumsi, karangan, khayalan, / bahkan fitnah.
3. Sertakan Bukti-bukti otentik Foto, Video atau yang lainnya sehingga tdk menimbulkan Fitnah / menjatuhkan Kredibilitas sebuah produk. Tidak ada Bukti otentik = Closed or delete (Saya sudah mendapat teguran dari beberapa Pihak yang Perusahaannya Ditulis di SP KASKUS). Jika tidak ada Bukti-bukti dan hanya Berupa Curhatan Curhatan, Silahkan Post di H2H.
4. Surat pembaca harus ditulis dengan mematuhi norma sopan-santun dan etika, mampu menguraikan masalah secara jernih, tanpa dibumbui vonis atau hujatan yang tidak konstruktif, tidak menggunakan kalimat kasar/kotor/makian, tidak menggunkan emoticon berlebihan. (Sangsi Thread/post akan di closed or deleted).
5. Dilarang mencantumkan Nomor Telpon, Jika terpaksa Harus mencantumkan Nomor telpon, harap disensor 3 digit terakhirnya. (jika ada yang seperti ini, maka thread akan di delete).
6. Copy Paste dari Milist or website lain = DILARANG.
7. Dilarang Membuat Thread yang dapat memancing Terjadinya SARA. (bagi yang melanggar akan dikenakan status Banned).
8. Thread Starter Harus terus memantau Thread yang dibuatnya dengan harapan Diskusi Tetap berjalan dengan baik, bukan hanya "sundul" (Closed Thread akan dilakukan jika TS tidak memantau Thread yang dibuatnya dalam kurun waktu +/- 1 minggu - Jika ingin di update, silahkan Post disini).
9. Dilarang Posting yang tidak berguna, seperti "nice info Gan". "wah mesti hati hati nih" dsb. (postingan seperti ini akan langsung kami delete).
10. Pertamax dsb Sangat Dilarang si Surat Pembaca, apa bila dilakukan maka sangsi adalah pendeletan Post. apabila terjadi Terus menerus, maka Sanksinya adalah banned.
11. Keluhan terhadap seller/buyer FJB kaskus silahkan posting di bagian Feedback & Testimonial FJB/Surat Terbuka FJB. Dilarang Beriklan tentang sebuah Produk atau Iklan Lewat Spoiler yang berisi Thread2 yang pernah dibuatnya atau iklan tentang jualannya di FJB (akan langsung di delete apabila ditemukan dan jika terjadi terus menerus maka sangsinya Banned).
12. Moderator berhak untuk delete, edit dan locked Thread/post jika memang dirasa perlu.
14. Jika Tidak Puas dengan Kinerja MOD silahkan PM Mod yang bersangkutan dan jika tetap merasa tidak puas silahkan Post di Kritik, Saran dan Pertanyaan
15. Forum Surat Pembaca bukanlah Forum untuk berdebat, Jika ingin berdebat, Kaskus sudah menyediakan ForumDEBATE CLUB
Rules ini dapat Berubah Sewaktu Waktu tanpa pemberitahuan.
Dengan Membuat Thread atau Posting di Surat Pembaca, Maka berarti para Kaskuser telah bersedia untuk mengikuti Rules yang berlaku.
diharapkan Kaskusers mematuhi Peraturan tersebut.
No. AWB:
Isi Kiriman :
Nama Penerima:
Alamat Penerima lengkap (rt/rw):
Telepon Penerima:
Pesan/Pertanyaan:
Ane adalah pengirim/penerima
(tidak perlu panjang lebar karena TS akan menjawab status kiriman berdasar data lengkap yang telah diberikan oleh kaskuser)
Note:
1. komplainnya jangan pernah pakai font melebihi ukuran 2, dan berwarna.. pakai yang standar
2. yang handle thread ini hanya TS seorang.. jadi harap bersabar
3. paket OKE kirim dari dan ke SELURUH INDONESIA(Selama kota tujuan nya ada tariff OKE) TETAP BERLAKU, TIDAK ADA MINIMUM BERAT/TDK ADA SYARAT2AN, Agen/Cabang/Ktr Perwakilan yang Bandel laporin gan makasih... langsung email dengan data lengkap dan bukti ke [email]adm.retailsales1@jne.co.id[/email] (jgn lebih dari 1MB) cc ke ane WAJIB, makasih gan
4. kata kata "Biasanya" tidak berlaku ya gan... please read T and C dan spoler2 dibawah ini... makasih...
5. member card/jne card paling lama 10-14 hari sudah sampai, harap HP nya sigap, krn dibutuhkan untuk konfirm data (hari dan jam kerja, sabtu termaksud)
6. silahkan baca format komplain diatas dan T and C dibawah ini or mhn maaf ane skip.. cukup 1 kali post hingga ane quote (ane quote per page)
TERMS AND CONDITION COMPLAIN DAN KLAIM
Spoiler for T and C:
Agan2 yang mau cek pengiriman dengan : YES apabila lebih dari 48 jam, REG lebih dari 5 hari kerja OKE lebih dari 6 hari kerja
syarat nya tolong serta kan update dari penerima (as on #1)
Untuk yang mau Klaim YES (hanya bisa dilakukan oleh SHIPPER) :
- membuat surat klaim/peryataan
- lampirkan dengan awb asli
- lampirkan fotokopi KTP
- datang ke JNE tempat mengirim / JNE Pusat di daerah agan tempat mengirim
Untuk agan2 yang ingin komplain dengan kinerja AGEN JNE/PETUGAS JNE mohon disertakan :
- awb :
- hari tanggal jam :
- nama karyawan yang agan mau komplain :
- lokasi agen jne dan nama agen/petugas JNE nya :
- pruduk yang di komplain :
criscross (CC) formatnya dan atau Misroute (MR):
No. AWB (yang agan pegang):
Nama Penerima:
Alamat Penerima lengkap (rt/rw):
Telepon Penerima:
Pesan/Pertanyaan:
Ane adalah pengirim/penerima ......
- jamkerja TS dan JNEpusat1 09.00 - 17.00 excluding weekend and holiday season
- jawaban sekitar product dan lainnya akan dibantu oleh agan riyanjoe dan secondborn (sebagai perpanjangan tangan TS dan JNEpusat,apabila JNEpusat off, bukan berarti yang mau bantu tidak boleh posting ya gan....)
- blm ane quote bukan berarti blm ane f/u, ane blm sempet jawab nya.
- tidak ane quote krn ada yang kurang isi formatnya atau tidak sesuai dengan T and C
- silahkan quote kembali masalahnya apabila TS belum jawab or quote dalam 3 hari kerja
- TS dan JNEpusat1 sangat menghargai apabila ada yang mau rekonfirm apabila masalahnya sudah selesai (dengan quote awal masalahnya ya gan).
- TS dan JNEpusat1 sangat menerima masukan, kritik dan saran.. openmind
JNE mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya memilih JNE untuk mengantarkan kirimankiriman anda ke seluruh Indonesia. JNE adalah perusahaan kurir dan logistik terbesar yang yang didukung secara ONLINE yang tersebar luas di Indonesia, melayani pengiriman EXPRESS, penanganan kepabeanan serta distribusi di Indonesia. Layanan Regular mencapai kota dan kabupaten tujuan di seluruh Indonesia. Produk layanan kami sangat bervariasi namun YES (Yakin Esok Sampai) yang disertai laporan penyampaian secara otomatis melalui layanan SMS adalah merupakan produk andalan JNE saat ini. Walaupun layanan JNE berpengaruh terhadap faktor lain seperti cuaca dan layanan penerbangan, namun dengan adanya jaminan uang kembali merupakan komitmen JNE untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan
Kehandalan JNE telah dibuktikan dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 90012008 yang diraih tahun 2009 setelah sebelumnya di tahun 2004 meraih sertifikasi ISO 9001-2000, atas jasa layanan yang telah diberikan. Dalam rangka peningkatan pelayanan JNE kepada pelanggan, kini JNE juga telah memperluas layanannya dengan mengaktifkan pengiriman cargo melalui jalur darat. pelanggan juga dipermudah dengan adanya fasilitas trace & tracking, yaitu dapat melihat harga pengiriman dan menelusuri status pengiriman barang melalui web WWW.JNE.CO.ID
Kantor pusat kami yang berada di Jl. Tomang Raya No. 11 Jakarta Barat melayani pelanggan selama 24 jam. Perlu diketahui bahwa JNE adalah perusahaan yang berbeda manajemen dengan TIKI. Kami menghimbau agar pelanggan yang menggunakan layanan JNE dapat menghubungi kami di Telephone Customer service JNE Jakarta (call centre Kantor Pusat) telah berubah yang semula 021-5665262/021-5633232 menjadi021-29278888
Berikut perubahan penggunaan nomot telephone
Untuk call centre (khusus customer) dapat menghubungi 021-29278888
Untuk Ofiice dapat menghubungi 021-2665262/5633232
* cek harga ketik kabupatennya diamkan hingga muncul optionnya
* cek posisi paket masukan dengan lengkap, apabila dengan awb baru masukan kode depannya juga. contoh BDOAXXXXXXX
Official ID Kaskus JNEpusat dan JNEpusat1 dibantu oleh agan:
goodhoki & secondborn
Informasi mengenai JNE Card
Spoiler for JNE CARD:
A. JNE Card memiliki 3 jenis kartu, yaitu ;
1. Member card - kartu ini tidak memiliki fasilitas pemberian discount - kartu ini disetiap transaksinya akan mendptkan point konversi - Pd point konversi 50 maka customer berhak mendapatkan gimmick
langsung - Pd point konversi 100 customer berhak mendapatkan gimmick kembali
dan berhak melakukan up grade jenis kartu menjadi Benefit card. - untuk 1 pointnya sebesar Rp. 35.000,- - Total akumulasi transaksi saat perubahan menjadi Benefit card adalah
Rp.3.500.000,-
2. Benefit Card - Kartu ini memiliki fasilitas discount sebesar 10% - pada point 25,50,75,100 maka customer berhak mendapatkan gimmick - untuk 1 pointnya sebesar Rp.70.000,- - pada point konversi 100 customer berhak melakukan up grade jenis kartu
menjadi Privilege card - Total akumulasi transaksi saat perubahan menjadi Privilege card
adalah Rp.7.000.000,-
3. Privilege card - kartu ini memiliki fasilitas discount sebesar 15% - Pd point 50 & 100 maka customer berhak mendptkan gimmick - Pd jenis kartu privilege card tidak ada proses up grade kartu,tetapi
point kembali menjadi 0 ketika mencapai 100 point - untuk 1 pointnya sebesar Rp.70.000,- - Total akumulasi transaksi untuk mencapai point konversi 100 adalah
Rp.7.000.000,-
B. Untuk syarat membuat JNE Card hanya mengisi aplikasi /form permohonan
di setiap kantor perwakilan DKI Jakarta & seluruh cabang JNE.
C. Pembuatan kartu JNE Card tidak dikenakan biaya.
Adapun ketentuan JNE Card yaitu :
1. JNE Card berfungsi pada jenis kiriman YES & Reguler. 2. Dalam keadaan offline ,JNE Card tidak bisa dilakukan 3. JNE Card tidak bisa digunakan untuk Pick-Up & corporate 4. JNE Card hanya bisa dilakukan kepada customer walk in.
Demikian informasi dari saya,info lebih lanjut bisa menghubungi ke 021
5684909 dengan Elisa (LISA) atau Deryl
- Fresh
- Harga tidak di mark up
- Semua jenis makanan yang ada di nusantara (yang bisa di packing)
Spoiler for PESONA JNE:
“Wujud Nyata Bagi Pecinta Kuliner Nusantara”
Jakarta – JNE merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian yang terus berusaha untuk menciptakan inovasi – inovasi produk untuk menjadi unggulan dalam bisnis yang mereka yang digelutinya sehingga nantinya mampu diterima dengan baik oleh para pelanggannya. Sesuai dengan visinya yaitu menjadi perusahaan kelas dunia di bidang jasa logistik dan distribusi yang melayani kebutuhan seluruh lapisan masyarakat dan menjadi Tuan Rumah di negeri sendiri, JNE terus berusaha untuk membenahi diri dalam jasa yang diberikan agar mampu memenuhi kualifikasi perusahaan berstandar internasional.
Dalam upaya ikut memperkenalkan produk lokal daerah hingga menjadi skala nasional, dan sekaligus meningkatkan daya saing pelaku usaha UMKMK (Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi) utamanya disektor industri makanan dan kerajinan. JNE telah melakukan peluncuran sebuah produk layanan kiriman berupa fasilitas layanan dalam bentuk pemesanan makanan khas dan kerajinan daerah dari berbagai kota di Indonesia.
PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara) adalah produk unggulan JNE yang berupa layanan pengiriman makanan dari daerah asalnya, langsung ke tempat pelanggan. Merupakan cara baru menikati produk khas dalam negeri. PESONA dirancang khusus untuk seluruh lapisan masyarakat yang mencintai produk dalam negeri, sebuah cita rasa asli dari daerah asalnya. Layanan ini merupakan inovasi baru dalam industri jasa pengiriman dan mendukung roda ekonomi kerakyatan yang sangat senafas dengan semangat Undang-Undang no. 38 tahun 2009 tentang Pos. Layanan ini pun turut menyemarakkan perkembangan industri pariwisata, terutama kaitannya dengan produk makanan dan kerajinan rakyat. Sejak peluncurannya pada bulan Agustus 2010 hingga kini, permintaan terhadap PESONA telah meningkat hingga 400 %. Ini menandakan respon masyarakat terhadap produk PESONA sangat luar biasa.
Johari Zein, Direktur Pelaksana JNE menjelaskan “Layanan yang kami beri nama PESONA atau Pesanan Oleh-oleh Nusantara dapat dimaknai sebagai wujud nyata kami dalam turut memberikan kemudahan kepada masyarakat pecinta kuliner untuk menikmati aneka makanan dari seluruh tanah air. Produk PESONA ini diharapkan mampu menghidupkan UKM yang ada di daerah – daerah, sehingga originalitas dan kelestarian produk local tetap akan terpelihara. Menghadapi persaingan bisnis pengiriman barang yang semakin ketat kedepan, kami tertantang untuk terus melakukan inovasi layanan baru seperti ini. Konsumen dimungkinkan untuk membeli makanan maupun kerajinan khas daerah lain tanpa harus melakukan perjalanan keluar kota.
Pilihan makanan dari beberapa daerah di Indonesia yang kami tawarkan sudah melalui seleksi kelayakan dan masa uji coba selama hampir setahun sehingga aman untuk dikonsumsi oleh pelanggan. Namun demikian, bila makanan yang diinginkan tidak ada dalam daftar, kami menyediakan layanan PESONA ‘Suka-Suka’, dimana pelanggan bisa menentukan sendiri pilihan makanan yang ia inginkan. Cukup hanya memberikan data lokasi, jenis dan jumlahnya saja, maka kami akan segera memesan dan mengantarkannya kepada pemesan. Tentunya dengan beberapa penyesuaian yang berkaitan dengan pengirimannya.”
Jenis makanan yang bisa dikirimkan adalah makanan yang sudah lolos sertifikasi halal, mempunyai izin resmi Departemen Kesehatan, tidak mudah rusak. Harga produk makanan dipastikan sama seperti di tempat asalnya. Pelanggan hanya membayar biaya pengiriman sesuai dengan pilihan layanan yang tersedia, dengan hitungan minimum 1 kg. Layanan Super Speed yang memungkinkan barang sampai ditempat tujuan di hari yang sama dengan hari pemesanan. Layanan YES (Yakin Esok Sampai), pesanan akan sampai ditempat tujuan sehari setelah tanggal pemesanan. Layanan Reguler, pengiriman antara 3-5 hari. Media pemesanan dapat dilakukan melalui telepon, jaringan pertemanan sosial facebook, surat elektronik, tollfree, dan BBM (Blackberry Messenger).
Layanan ini menggunakan system online dan sudah bisa dinikmati di seluruh Kantor Cabang JNE Indonesia, seperti Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Cilegon, Jogjakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Kendari, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Batam, Medan, Palembang, dan Bandar Lampung.
KIRIM DAN TERIMA DANA CASH TANPA REKENING DISELURUH DUNIA MELAUI JNE DAN WU
Spoiler for WESTERN UNION (WU):
KEUNTUNGAN BERTRANSAKSI DI WESTERN UNION - JNE
Berbagai keuntungannya bisa Anda temukan di Western Union - JNE :
1. CEPAT, Dengan Western Union, uang diterima dalam beberapa menit* setelah dikirm.
2. BEBAS BIAYA, Bebas biaya administrasi untuk setiap transaksi penerimaan uang.
3. BEBAS BIAYA MATERAI, Berlaku untuk setiap transaksi Western Union.
4. MUDAH, Anda dapat melakukan transaksi penerimaan hanya dengan menunjukan kartu identitas yang berlaku dan melengkapi formulir aplikasi pengiriman/penerimaan tanpa harus memiliki rekening Bank.
5. AMAN, Hanya penerima yang ditunjuk yang dapat menerima kiriman uang Anda dan setiap pengiriman dilindungi sistem keamanan kelas dunia dengan adanya Money Transfer Control Number (MTCN), yang berlaku sebagai nomor identitas transaksi anda. Pastikan pembayaran uang yang Anda kirim, cepat dan dapat diterima oleh yang berhak.
6. TERPERCAYA, Western Union berpengalaman mengirim uang kepada pelanggannya lebih dari 150 tahun. Dengan teknologi terkini serta didukung jaringan komputer unik diseluruh dunia, yang dapat melakukan pembayaran segera ke 190+ negara dan ke berbagai lokasi diseluruh dunia.
7. NYAMAN, Pemisahan counter layanan pengiriman barang dan penerimaan uang *). Pelanggan akan ditangani oleh petugas layanan yang terlatih dan berpengalaman.
8. LOKASI 24 JAM*), Jam operasional dibeberapa lokasi 24 Jam, Sabtu, Minggu dan Hari libur tetap buka.
9. CUSTOMER SUPPORT CENTER 12 JAM, Jam operasional customer support center - Head office 12 jam.
Note :
*) untuk di beberapa lokasi
Customer Support Center (CSC) :
021 - 566 5262 ext. 223 (hunting)
021 - 569 578 49 (direct line)
Kurir ASI
Spoiler for JESIKA (Jemput ASI Seketika):
JESIKA (Jemput ASI seketika) merupakan sebuah produk dan inovasi baru dari kami untuk menjawab kebutuhan ibu-ibu menyusui tanpa menghalangi aktifitas sehari-hari. Kami berikan layanan yang akan memberikan ketenangan dan kenyamanan penjemputan dari tempat aktifitas hingga pengantaran ASI ke tempat tujuan. Kami menggunakan moda pengantaran sepeda motor yang dilengkapi tas berpendingin khusus untuk menjaga kualitas ASI Anda.
Gunakan JESIKA agar Buah Hati Anda tak perlu menunggu lama
Syarat dan Ketentuan:
1. Layanan hanya tersedia pada hari kerja Senin-Jumat
2. Sementara hanya tersedia untuk wilayah pengantaran dan penjemputan Jakarta
3. Batas waktu order dan pembayaran: 09.00 – 11.00 WIB
4. Setelah ada konfirmasi order dari petugas admin JESIKA, silakan lakukan transfer ke: Bank Mandiri KCP Tomang Jakarta : 119 000 426 5763 a/n : PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)
5. Tunjukan bukti transfer pembayaran melalui email : jesika@jne.co.id
6. Maksimal 3 botol ASI per pengiriman
7. Bila pengantaran lebih dari 4 jam, FREE penjemputan dan pengantaran hari berikutnya
8. Bila botol ASI pecah dalam perjalanan, akan diberikan penggantian botol serta gratis pengantaran hari berikutnya.
Pilihan Paket Berlangganan:
1. Harian
Ibu ASI konfirmasi ke petugas JESIKA untuk melakukan langganan harian dan melakukan pembayaran sebesar Rp. 25.000,- saat penjemputan ASI
2. Mingguan
Ibu ASI konfirmasi ke petugas JESIKA untuk melakukan langganan mingguan (5 hari penjemputan) dan melakukan transfer pembayaran sebesar Rp. 112.500,-
3. Bulanan
Ibu ASI konfirmasi ke petugas JESIKA untuk melakukan langganan bulanan (20 hari penjemputan) dan melakukan transfer pembayaran sebesar Rp. 425.000,-
Informasi lebih lanjut hubungi:
Tollfree : 0 800 1 451 451
Email : jesika@jne.co.id
Twitter : @jesikaJNE
Untuk Kantor Pusat dan Cabang
Packing kayu tidak ada biaya Khusus.
Hanya pastinya ada penambahan berat dari kiriman / paket yang sudah di packing kayu tersebut.
Untuk berat packing kayunya sendiri tergantung dari Paket tersebut.
Cotoh = Kirim Handphone + Dus
Bila berat paket tersebtu kurang dari 1 kg, tetap di bulatkan 1Kg.
bila dipacking kayu + berat 1Kg
Total pengiriman Handphone tersebut 2Kg
Tetapi bila kiriman dalam bentuk besar, kiriman tersebut akan di kenakan perhitungan Volumetrik
*Untuk AGEN UTAMA dan AGEN mempunyai kebijakan tersendiri
HITUNG VOLUME METRIK JNE
Spoiler for HITUNG VOLUME :
Berat Volumetrik (Kg)
Panjang (Cm) x Lebar (Cm) x Tinggi (Cm)
_________________________________ x 1 Kg = ...... KG 6000
Apabila hitungan volumetrik lebih berat dari berat aktual, maka biaya kirim dihitung berdasarkan berat volumetrik.
ASURANSI KIRIMAN
Spoiler for SEKILAS ASURANSI JNE:
Asuransi Untuk Kiriman Bernilai Tinggi*
1. Informasikan nilai kiriman anda saat transaksi dihadapan petugas. 2. Barang kiriman yang bernilai lebih dari 10 kali biaya kiriman wajib di asuransikan. 3. Adapun biaya asuransi yang menjadi tanggungan pengirim adalah: 0,2 % x nilai barang + Rp. 5.000 ( biaya administrasi )
* Kiriman bernilai tinggi : Telepon genggam, Voucher isi ulang, arloji, Kamera, Barang elektronik dan barang kiriman yang bernilai tinggi lainnya.
KIRIMAN YANG DILARANG DAN BIAYA TAMBAHAN :
Spoiler for KIRIMAN YANG DILARANG DAN SURCHARGE :
Kiriman Yang Dilarang
1. Surat, Warkat Pos dan atau Kartu Pos. 2. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri. 3. Narkotika dan atau obat-obat terlarang lainnya. 4. Pornografi, barang cetakan/benda yang menyinggung kesusilaan. 5. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional. 6. Alkohol,minuman keras dan makanan basah. 7. Tanaman & hewan. 8. Senjata api, pisau & petasan. 9. Perhiasan, batu akik/batu-batu berharga, perangko &uang; tunai. 10. Perlengkapan dan peralatan judi.
BIAYA TAMBAHAN
1. Barang kiriman yang dikategorikan sebagai barang berbahaya dikenakan biaya tambahan 100% dari biaya kirim. 2. Barang kiriman yang memiliki berat per koli 150 kg atau lebih, dikenakan biaya tambahan sebesar 50% dari biaya kirim. 3. Kendaraan bermotor/mesin dikenakan biaya tambahan sebesar 100% dari biaya kirim
USEFULL LINKS UNTUK DI DOWNLOAD
- tariff
- alamat JNE se-Nusantara
- JNE yang sudah bisa terima JNE Card
- Syarat Standart Pengiriman
manifested : barang sudah ada di terima, menunggu untuk di kirim
on transit : barang sedang transit untuk menuju kota tujuan
AU : Antar ulang, krn tidak sempat terantar pada hari sebelumnya
BA / Bad address : kurang RT/RW, kelurahan, nomer rumah, Gg., etc
received on destination : sudah sampai di kota tujuan, belum diantar ke alamat.
MR : miss route
CC (criscross) : Paket tertukar
Redelivery : antar ulang
Closed Once Delivery Attempt : kurir telah datang tetapi alamat penerima tutup / Kosong
NTH : sama dengan di atas (alamat penerima kosong / penerima tidak di rumah)
Please.. mohon kerjasamanya untuk : sebelum meninggalkan counter di cek ulang sewaktu petugas input data apakah sudah benar, jgn hanya cek di awb saja
Original Posted By JNEpusat►Dear Pelanggan Setia JNE,
Sehubungan dengan kondisi kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru dan Kota Padang, yang sampai dengan saat ini menganggu jadwal penerbangan, bersama ini kami informasikan bahwa sementara waktu mulai dari tanggal 13 Maret 2014 – 15 Maret 2014, Pengiriman dengan Service YES tujuan Pekanbaru dan Padang, tidak dapat dilayani.
Atas ketidaknyamanan ini kami sampaikan mohon maaf.
Berlaku Efektif 01 Maret 2013 A. SYARAT-SYARAT ADMINISTRASI
Surat permohonan keagenan cash counter (di atas kop surat perusahaan) pada JNE Kantor Pusat Jakarta.
Photo copy Akte Pendirian Perusahaan yang telah disahkan Departemen Kehakiman berikut perubahan-perubahannya (bila ada) sebanyak 2 rangkap.
Photo copy KTP pemohon keagenan sebanyak 2 rangkap.
Photo copy Surat Keterangan Domisili perusahaan yang masih berlaku sebanyak 2 rangkap.
Photo copy Surat Ijin Usaha Perusahaan (SIUP) yang masih berlaku sebanyak 2 rangkap.
Photo copy Tanda Daftar Perusahaan (TDP) yang masih berlaku sebanyak 2 rangkap.
Photo copy NPWP Perusahaan/Surat Pengukuhan PKP/Surat Keterangan Terdaftar Dirjen Pajak sebanyak 2 rangkap.
Pas foto berwarna penanggung jawab/pimpinan perusahaan ukuran 3x4 cm (6 lembar).
Denah rencana lokasi counter/ gerai sebanyak 2 rangkap.
Pas foto counter luar-ruang (outdoor) dan dalam-ruang (indoor) ukuran postcard masing-masing 1 (satu) lembar.
Surat pernyataan tidak sedang terkait kerja sama dengan pihak lain yang melakukan usaha sejenis dengan JNE (di atas materai Rp. 6.000 & kop surat).
Membayar biaya administrasi keagenan sebesar Rp 5.500.000,- (Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) untuk material promosi, ijin, dll.
Wajib memberikan uang jaminan (security deposit) keagenan sebesar Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta rupiah). Uang jaminan tersebut akan dikembalikan apabila masa kontrak kerja sama keagenan berakhir atau diakhiri oleh salah satu pihak.
Menanggung biaya pajak reklame (neon box JNE).
Menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berlaku selama 12 bulan.
B. SYARAT-SYARAT LOKASI DAN SUMBER DAYA
SYARAT LOKASI :
Denah rencana lokasi counter / gerai.
Strategis (dekat dengan area bisnis), dapat diakses oleh kendaraan roda 4 (empat) dan 2 (dua) arah.
Counter/gerai harus berbentuk ruko atau kios bangunan permanen (tembok batu bata) berpintu kaca, alat pendingin udara (AC) dan memiliki ukuran ruang minimum 3 x 6 meter.
Lokasi counter/gerai harus lulus survei yang diadakan team survei JNE.
Memiliki lahan parkir yang cukup memadai, minimal 2(dua) unit mobil.
Tampilan depan counter dan ruang dalam sesuai dengan Standard Counter JNE (Pintu kaca dan Cat sesuai standard).
Memiliki fasilitas komunikasi minimal : 1 (satu) fixed line telephone. (untuk kebutuhan Online System).
Memiliki setidaknya 1 buah timbangan manual/kasar yang bertera dengan kemampuan menimbang minimum 100 (seratus) kilogram.
SYARAT SDM :
Memiliki minimal 2 (dua) petugas dengan minimal pendidikan setingkat SLTA.
Petugas harus memiliki sertifikasi lulus training sales counter dari JNE Kantor Pusat.
Wajib menggunakan Seragam dan ID Card Agen
Mampu melakukan penjemputan/pick-up kiriman dari Pelanggan / pengirim.
SYARAT PELAYANAN :
Agen harus menjunjung tinggi kepuasan pelanggan dan menjaga citra perusahaan JNE.
Menerapkan manajemen dengan nilai-nilai dasar perusahaan JNE.
C. SYARAT E-CONNOTE SISTEM
Memiliki 1 (satu) set komputer dengan minimal spesifikasi Processor Core i3, memory 2 GB, HDD 160 GB, OS: Ms. Windows XP Lcc (licensed).
Memiliki minimal 1(satu) unit Printer Laser Jet HP 1102.
Memiliki Jaringan Internet.
D. TARGET DAN KOMISI PENJUALAN
Target Penjualan :
Target Penjualan selama 3 (tiga) bulan masa percobaan sebesar min. Rp 5.000.000,-.
Target Penjualan bulan ke-4 (empat) dan seterusnya sebesar Rp 5.000.000,- atau Rp.60.000.000,-/tahun.
Apabila Target Penjualan pada bulan ke-4 sampai dengan maksimal 1(satu) tahun tidak tercapai, maka kantor pusat JNE berwenang untuk meninjau kembali kerjasama Keagenan.
Komisi Penjualan :
Target Penjualan Rp 0,- s/d Rp 5.000.000,- = Komisi Penjualan 22%*.
Target Penjualan Rp 5.000.001 s/d Rp 10.000.000,- = Komisi Penjualan 25%*.
Target Penjualan Rp 10.000.001,- keatas = Komisi Penjualan 27%*.
Komisi Penjualan product OKE sebesar 15%.
Komisi Penjualan product TRUCKING sebesar 10%.
* berlaku untuk layanan Regular, YES, SS dan International
Untuk informasi lebih lanjut hubungi :
Wilayah Jakarta
Sukasno (Selatan 1) 0818-475-436
Abdul Rahman (Timur) 0813-1824-2070
Yusman Rifai (Pusat) 0813-1811-4093
Sabihis (Barat 1) 0878-8448-3595
Novaldino (Barat 2) 0857-144-79390
Abdul Hadi (Selatan 2) 0815-937-3040
Bernard Tjahyadi (Utara) 0852-8313-9198
Koord. Agen Wilayah Jakarta Selatan dan Timur
Soewondo 0813-1032-8093
Koord. Agen Wilayah Jakarta Pusat dan Utara:
Herry Herbowo 0817-0945-790
Koord. Agen Wilayah Jakarta Barat:
Inne Handayani 0813-846-999-72
Koord. Agen Wilayah Luar Jakarta
Ovi Aritanti 0815-86000-760
Pelayanan Keagenan JNE Tomang 6:
Senin s/d Jum’at : Jam 14.00 – 17.00 WIB
Sabtu : Jam 10.00 – 14.00 WIB
Segera download JNE Mobile Apps di smartphone kamu.
Nikmati kemudahan mencari lokasi JNE, mengecek tarif dan memantau kiriman Anda dengan JNE Mobile Apps.
Dengan keberadaan jaringan dalam negeri yang dapat diandalkan JNE menjamin kecepatan pengantaran keseluruh wilayah di Indonesia.
JNE Beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu, JNE menawarkan waktu penjemputan dan transit yang cepat dan fleksibel kepada pelanggan
SERVICE & PRODUK JNE
Trace & Tracking
Hanya dengan memasukan Nomer Resi Pengiriman, Penguna Jasa dapat memonitor langsung kiriman Via website [url]www.jne.co.id[/url] yang selalu Update oleh sistem JNE. Lewat situs yang efektif dan efisien, JNE juga memberi kemudahan akses atas informasi seputar layanan JNE.
Super Speed (SS)
Layanan yang diberikan oleh JNE kepada pengguna jasa/customer yang memerlukan waktu yang cepat, dimana barang yang dikirimkan akan diterima pada hari yang sama dengan maksimal penyampaian jam 24.00.
Yakin Esok Sampai (YES)
Service YES atau Yakin Esok Sampai adalah Layanan bagi penguna jasa yang membutuhkan layanan satu hari sampai, dimana kiriman akan di terima pada hari berikutnya dengan maksimal waktu penyampaian jam 24:00
Atas kegagalan Layanan yang disebabkan kelalaian Internal JNE, penguna jasa berhak menerima kembali Ongkos Pengiriman yang telah di bayarkan ( Money Back Guarantee )
Layanan Regular (REG)
Service Reguler merupakan Layanan ekspress regular untuk tujuan domestik, mengantar seluruh jenis kiriman anda ke seluruh wilayah di Indonesia dalam perhitungan waktu dengan harga pantas.
Ongkos Kirim Ekonomis (OKE)
Layanan yang diberikan JNE bagi pengguna jasa/customer yang membutuhkan harga ekonomis dimana kecepatan tidak diperlukan. waktu penyampaian paling cepat 3 hari kerja sejak barang diterima oleh JNE.
TIPS & INFO PENGIRIMAN
Berikut adalah Info Tambahan mengenai Tips dan Informasi Jenis-Jenis Pengiriman
Tata Cara Penulisan Alamat
Pengirim wajib mencantumkan alamat jelas dan nomor telefon baik Pengirim maupun Penerima untuk mempermudah penelusuran apa bila terjadi masalah.
Pengirim Wajib memberitahu Isi dan Jenis Kiriman
Alamat PO BOX tidak dapat dikirim, begitu juga alamat yang tidak lengkap
Penulisan alamat yang salah dapat memperlambat waktu pengiriman.
Mohon masukkan alamat yang sesuai seperti yang diminta dan periksa dua kali untuk kesalahan penulis, Jika anda tidak memberikan alamat sesuai di atas, pengiriman dapat memakan waktu lebih lama atau bahkan barang tidak terkirim.
Tata Cara Packing Yang Baik
Barang yang wajib di Packing Kayu adalah barang-barang yang mudah pecah, Elektronik dan Kategori Cairan (DG dan Non DG)
Tips Pengepakan Barang
Masukkan dalam kemasan asli produk tersebut. Kemasan asli produk tersebut sudah dirancang sedemikian rupa untuk digunakan mengirimkan barang
Bungkus dengan plastik yang rapat & tebal (beberapa lapis), agar tidak masuk air jika kehujanan
Jangan mengepak secara berlebihan karena dapat mempengaruhi Berat Aktual maupun Berat Volumetrik barang tersebut
Asuransi
Asuransi yang digunakan adalah Asuransi Ramayana
Informasikan nilai dan Jenis kiriman anda saat transaksi
Biaya asuransi yang menjadi tanggungan pengirim adalah:
Administrasi = Rp. 5.000
Premi = 0,2 % x Nilai Barang Kiriman
Beberapa Jenis Barang yang di-Asuransikan
Kiriman yang bernilai lebih dari 10 kali biaya kiriman, seperti Telepon genggam, Voucher isi ulang, arloji, Kamera, Barang elektronik dan atau barang kiriman yang bernilai tinggi lainnya.
Kiriman yang bernilai diatas USD 100 (International)
Dokumen Berharga (HVS) seperti STNK, BPKB, Ijazah, Paspor dan lain lain
JNE tidak menerima Dokumen dan barang berKategori Berharga (HVS) yang tidak diasuransikan (Kiriman Di Tolak)
Pengantian Kehilangan / Claim Asuransi
Barang yang diasuransikan, apabila terjadi kehilangan akan diganti 100% dengan melampirkan Bukti AWB asli, Surat Klaim, Kronologis dan Invoice/Faktur pembelian
Barang yang tidak diasuransikan apabila terjadi kehilangan, maka pegantian oleh JNE sebesar maksimal 10X biaya kirim
Untuk Pengantian untuk Katagori Dokumen Berharga (HVS), diasuransikan dengan penggantian terbatas hanya untuk Jasa/Nilai Penerbitan kembali Dokument tersebut, bukan Nilai Nominal atau Harga Document tersebut seperti:
BPKB Mobil Nilai Maksimal Asuransi Rp. 4.000.000 / Buku
BPKB Motor Nilai Maksimal Asuransi Rp. 3.000.000 / Buku
STNK Mobil Nilai Maksimal Asuransi Rp. 2.500.000 / Lembar
STNK Motor Nilai Maksimal Asuransi Rp. 1.500.000 / Lembar
Mutasi Kendaraan, Rp 1.000.000
Ijazah Nilai Maksimal Asuransi Rp. 200.000
Paspor Nilai Maksimal Asuransi Rp. 500.000
Sertifikat Tanah Asli Nilai Maksimal Asuransi Rp. 2.000.000
Dokumen penting lainnya dapat diasuransi dengan nilai Maksimal Asuransi Rp. 2.000.000
Semua Klaim wajib diajukan oleh pengirim yang ditujukan kepada
CS Kantor Pusat PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir
Jl. Tomang Raya No. 11, Jakarta
Ph. 021 29278888, 5665262, 563 3232
Fax. 021 567 1413
Beberapa Contoh Packing
Document
Pakaian
CD/DVD dan barang2 yang tidak perlu di Packing Kayu
Barang tidak Packing Kayu karena masih dalam Kemasan Asli Produk
Lebih diutamakan Barang Tsb belum pernah digunakan/dibuka sebelumnya
Barang dan Kiriman yang diberi Pelindung Bubble dan styrofoam
Barang dan Kiriman Wajib Packing Kayu + Bubble dan Styrofoam
Rata2 waktu yang digunakan untuk 'bongkar' adalah 20 Menit
Note:
Pengerjaan Packing Kayu, Penambahan Bubble dan Styrofoam adalah Gratis*
dengan Syarat dan Ketentuan berlaku
yang pasti kalo kiriman OKE/Regular lewat 24 jam dan untuk YES Besok paginya di atas jam 06.00 belum ter entry di system atau masih data not found.
langkah 1 : coba dateng atau telp counter tempat melakukan kiriman (kawatir terselip atau belum di setor oleh agennya)
langkah 2 : bila info dari agen sudah di setor, kirim email ke customer care
scan copy resinya atau komplain di sini dengan mengupload foto resinya, (bila resi di foto bukan di scan, mohon untuk agar tulisan bisa terbaca full 1 resi bukan hanya nomor resi/hanya alamat penerima)
setelah laporan di terima cs JNE waktu untuk pengecekan data not found 2 hari kerja untuk YES kami usahakan sesegera mungkin.
dan untuk kasus data not found ini pengecekan / komplain hanya bisa dari pihak pengirim, kecuali penerima punya scan copy resinya / foto resinya tadi.
bila agan sebagai buyer, mengalami case ini. minta tolong kesediaan seller untuk komplain di sini, lebih baik antara seller dan buyer masuk di thread ini biar sama2 termonitor.
bila seller tidak bisa karena tidak sempat, buyer bisa meminta saja scan resi aslinya / foto resi aslinya yang terbaca. ini juga sebagai tanda kalo seller tidak menjual fiktif karena ada bukti kalo seller sudah kirim ke JNE orderannya.
Akan segera ditangani JNE, agan juga bisa ikut memantau perkembangannya di thread JNE.
Salam,
[Nama/ID Anda]
Kalo buyer lu masih menganggap elu seller yang gak bertanggung jawab, gampar aje..
untuk buyer: Keterlambatan pengiriman bukan tanggungjawab seller!! Itu tangung jawab pihak pengiriman. Kami sekedar MEMBANTU ANDA menghubungi pihak pengiriman, supaya anda bisa menerima barang yang anda beli. Jika pembeli adalah raja, maka jadilah raja yang bijak
---
sekarang udah ngerti kan betapa terbantunya kita dengan adanya thread ini? buyer bisa lebih tenang, karena bisa memantau langsung perkembangan barang yang di order, seller juga bisa lebih mudah, karena dibantu oleh TS dan rekan2nya.
Makanya kalau mau komplain yang baik yah.. gw yakin kok, TS berusaha sekuat tenaga untuk ngebantu agan2 disini..
Tips Menerima dan Mengirim Barang yg berNilai Tinggi
Penerima
Pastikan Isi Paket yg diterima sesuai dengan yg 'Tertulis' di Resi Pengiriman
Ketika paket diterima sebaiknya Dibuka, Diperiksa dan Dihitung di depan petugas JNE yg mengantar
karena apabila terjadi perbedaan jumlah dan bentuk dapat mempermudah dalam proses klaim
Pengirim
Demi keamanan, sebaiknya kiriman tsb di Packing Kayu dan di Asuransikan
Pastikan Nama dan Nilai Barang Tertulis di Resi Pengiriman
Pastikan Detail Barang Tertulis di Lembar Bukti Pemeriksaan Isi Kiriman (BPIK)
Pastikan Pengirim menerima Resi Asuransi Ramayana
Beberapa Contoh Resi
Resi Pengiriman (AWB Standart) Penulisan Detail Barang, Nilai barang dan Jumlah Asuransi
Resi Bukti Pemeriksaan Isi Kiriman (BPIK) Penulisan Detail Barang
Resi Asuransi Ramayana Penulisan Nilai barang dan Jumlah Asuransi
Pesan/Pertanyaan:
Ane adalah pengirim
ane make jasa jne Yes kirim tgl 13-08-2013
hingga saat ini brg blm nyampe dan ane tracing di web delivery tgl 16-08-2013 tp penerima sms ane brg blm keterima.
ane cb complain di web dan dpt blsan bs claim di conter cbg dgn bekal email ane claim di conter jne patrol namun dr sana ane dilempar bola suruh claim ke indramayu (dgn bpk seno). ane sms dan telpn tdk ada tanggapan sm skli dgn jne indramayu.
tlg tindak lanjuti kiriman ini krna ane udah byr 30% lbh mahal dr tarif yg tertera di pc jne patrol.
jg claimnya g ada respon
No. AWB: BDOAL00411892913
Isi Kiriman : EFEK GITAR (HVS ASURANSI)
Nama Penerima: EMIL
Alamat Penerima lengkap (rt/rw): Jln teluk cendrawasih no.72A RT007 RW002 ARJOSARI blimbing malang (rumah a/n JOKO SANTOSO
Telepon Penerima: 081333217571 / 083833371999
Pesan/Pertanyaan:
Ane adalah pengirim toko online www.triple3music.com harusnya barang sampai tgl 16 agustus karena kiriman YES..tapi sampai hr ini ane buat complaint ini belum sampai..tlong di follow up ke penerima
wah ternyata banyak yg complain kiriman ke Malang ya..diatas ane jg ternyata Malang
edited : barang sampe tanggal 19 agust, di resi nya ad tulisan packing kayu (dikirimin foto dari buyer via BB), pas nyampe gada packing kayu, kertas resi jg ga dikasih. Ya terserah deh kyknya bsk2 ga pake YES lagi
No. AWB: TGRAA04507889913
Isi Kiriman : Baterai
Nama Penerima: RAY WIJAYA
Alamat Penerima lengkap (rt/rw): Surya Bakti 3/E-16, Surya Gardenia Jakarta Barat DKI Jakarta - 11520
Telepon Penerima: 081807039157
Pesan/Pertanyaan:
Ane adalah pengirim sampai sekarang barang belum diterima oleh penerima
No. AWB: MXGAA02253752913
Isi Kiriman : HP
Nama Penerima: Yudho
Alamat Penerima lengkap (rt/rw): jl.gubeng kertajaya IV B Gubeng SRBYA
Telepon Penerima: 08563345**
Pesan/Pertanyaan:
Ane adalah pengirim..
ini barang sudah ane kirim hari kamis tanggal 15 agustus 2013 pakai paket YES kok sampai sekarang belum di terima penerima
Tempat berbagi keluh kesah seputar pelayanan publik atau produk tertentu secara bertanggung jawab, dengan memberi masukan untuk pelayanan yang lebih baik (bukan untuk menjatuhkan kredibilitas).
Anda akan meninggalkan Surat Pembaca. Apakah anda yakin?
Lapor Hansip
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.