alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/520c3cc4fcca17ee15000002/penyebab-bau-mulut-yang-jarang-diketahui
Penyebab Bau Mulut Yang Jarang Diketahui
Bau mulut bisa bikin Anda malu ketika berbicara dengan orang lain. Hal ini juga dapat membuat orang lain menjauhi Anda karena merasa tidak nyaman. Kebanyakan orang berpikir bahwa penyebab dari bau mulut tidak sedap adalah plak, gigi berlubang dan infeksi gigi. Namun, bau mulut memiliki banyak penyebab yang mengejutkan dan mungkin Anda tidak mengetahuinya. Yuk simak beberapa Penyebab Bau Mulut:

1. Melewatkan sarapan
Sarapan tidak hanya baik untuk perut Anda, tetapi juga untuk mulut Anda. Sarapan pagi dapat membantu Anda meningkatkan produksi air liur dalam mulut dan membersihkan lidah dari bakteri penyebab bau mulut.

2. Masalah hati
Masalah hati, seperti sindrom lemak hati atau penyakit kuning, juga bisa membuat bau mulut tidak sedap. Hati bertanggung jawab untuk metabolisme lemak dan ketika hati tidak mampu melakukan tugas itu, jumlah bakteri dalam mulut akan meningkat.

3. Sariawan
Sariawan sering menyebabkan bau mulut tidak sedap karena pembentukan nanah dan infeksi.

4. Perdarahan gusi
Gusi berdarah membuat darah kadang-kadang menumpuk di dalam mulut sehingga akhirnya berbau tidak sedap.

5. Infeksi tenggorokan
Bila Anda menderita infeksi tenggorokan, bakteri kadang-kadang memecah sel-sel dari saluran bronkial dan menghasilkan lendir yang berbau tidak sedap.

6. Gagal ginjal
Gagal ginjal merupakan salah satu alasan medis yang memicu bau mulut. Akibatnya, bau mulut selalu tercium tidak sedap.

7. Diet
Makanan yang kaya protein bisa memicu bau mulut. Hal ini dikarenakan asam amino bertindak sebagai tempat berkembang biaknya bakteri mulut.

8. Minum alkohol
Minum terlalu banyak alkohol dapat mengeringkan kelenjar ludah. Air liur biasanya bertindak sebagai media untuk menghapus bau yang dipicu oleh bakteri di dalam mulut.

9. Apnea tidur
Orang yang menderita apnea tidur tidak bisa bernapas melalui hidung. Akibatnya, mereka harus bernapas melalui mulut. Itu sebabnya, udara mengeringkan air liur dan memicu bau mulut.


Sumber
nice info
maksud apnea tidur itu ngorok ya gan?
Nice Thread emoticon-Shakehand2
kirain karena jarang gosok gigi ternyata minum alkohol juga menyebabkan bau mulut wow
Ane juga ada gan artikel soal bau mulut, siapa tau bisa berguna emoticon-Smilie


7 Penyebab Bau Mulut
Gigi & Mulut
Jum'at, 30 Januari 2015

Bau mulut atau yang lebih dikenal dengan halitosis seringkali menjadi masalah bagi penderitanya. Hal ini tentu saja sangat mengganggu dalam lingkungan sosial karena dapat menurunkan kepercayaan diri. Tahukah UDoctorians kondisi apa saja yang dapat menyebabkan bau mulut?

Rongga mulut yang kotor
Rongga mulut yang kotor akibat kurang bersih saat menyikat gigi membuat makanan yang tertinggal dapat membusuk dan menyebabkan bau mulut. Bila menggunakan sikat gigi tidak cukup, bersihkan sela-sela gigi Anda yang sulit dijangkau sikat gigi dengan menggunakan dental floss (benang gigi).

Kurangnya air liur
Salah satu fungsi air liur adalah sebagai pelumas dan membantu menelan makanan. Apabila jumlah air liur kurang (misalnya pada kondisi bertambahnya usia atau perawatan kemoterapi), sisa-sisa makanan tidak dapat dapat dibantu oleh air liur untuk ditelan. Hal ini kemudian memicu timbulnya bau mulut akibat sisa-sisa makanan yang tertinggal. Pada kondisi berkurangnya air liur, UDoctorians dapat mengonsumsi air putih lebih banyak terutama saat menelan makanan.

Gigi yang berlubang
Gigi yang berlubang dapat menjadi sumber utama penyebab bau mulut. Hal ini dikarenakan makanan akan lebih mudah masuk dan menyelip pada lubang gigi dan sulit untuk dibersihkan sehingga akan membusuk.

Klik next untuk penyebab bau mulut lainnya

- See more at: http://udoctor.co.id/gigi--mulut/7-p....Ym2q7Ozk.dpuf


Quote:P.S : di UDoctor Indonesia itu bisa curhat sama dokter kita loh soal kesehatan, soalnya di UDoctor Indonesia artikel soal kesehatan ada, sharing soal kesehatan juga bisa , mau curhat soal kesehatan bisa, gratis pula emoticon-Big Grin