- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan


TS
daffaantimaho
[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806082701.gif)





























Quote:
Di dalam bidang penerbangan ternyata ada banyak hal yang unik, namun disini TS hanya memperlihatkan beberapa hal unik seputar penerbangan. Yuk, langsung aja kita baca sama-sama di bawah ini. 

Quote:
1. Pesawat dengan bentuk seperti lumba-lumba
Spoiler for Airbus Beluga:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083155.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083214.jpg)
Tipe :Outsize cargo freight aircraft
Produsen : EADS (Airbus S.A.S.)
Terbang perdana : 13 September 1994
Diperkenalkan : September 1995
Status : In service
Pengguna :Airbus Transport International
Jumlah produksi : 5
Harga satuan : N/A
Acuan dasar : Airbus A300-600
Airbus A300-600ST (Super Transporter) atau Beluga adalah versi dari A300-600 pesawat terbang berbadan besar standar yang dimodifikasi untuk mengangkut bagian-bagian perlengkapan pesawat terbang dan kargo yang kelebihan beban. Pertama kali dinamakan Super Transporter, namun pada akhirnya nama Beluga menjadi populer dan sekarang digunakan secara resmi.
Quote:
2. Sonic Boom
Spoiler for Sonic Boom:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083509.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083520.jpg)
Sonic boom adalah istilah bagi gelombang kejut di udara yang dapat ditangkap telinga manusia. Istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk kepada kejutan yang disebabkan pesawat-pesawat supersonik.
Saat pesawat terbang melebihi kecepatan suara, muncullah gelombang kejut pada bagian tertentu pesawat. Gelombang kejut adalah daerah di udara dimana terjadi perubahan (tekanan udara, temperatur, densitas) secara dadakan. Gelombang kejut ini merambat dalam bentuk kerucut dan bisa sampai ke permukaan tanah, membuat pekak dan memecahkan kaca-kaca. Karena itu pesawat supersonik biasanya tidak terbang di atas daerah berpenduduk.
Quote:
3. Aerion Supersonic
Spoiler for 3. Aerion Supersonic:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083640.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083650.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083655.jpg)
Quote:
Aerion mengklaim kecepatan jelajah Mach 1,6 dan kecepatan pendaratan 120 knot.
Quote:
Karakteristik umum
Kru: 2
Kapasitas: 8-12 penumpang
Panjang: 135,6 ft (41,33 m)
Lebar sayap : 64,2 ft (19,57 m)
Tinggi: 21,2 ft (6.46 m)
Area sayap: 1.200 ft ² (111,5 m²)
Berat kosong : lb (kg)
Max. berat lepas landas : £ 90.000 (40.823 kg)
Powerplant : 2 × Pratt & Whitney JT8D -219 turbofan , 19.600 lbf (87,19 kN) masing-masing
Kru: 2
Kapasitas: 8-12 penumpang
Panjang: 135,6 ft (41,33 m)
Lebar sayap : 64,2 ft (19,57 m)
Tinggi: 21,2 ft (6.46 m)
Area sayap: 1.200 ft ² (111,5 m²)
Berat kosong : lb (kg)
Max. berat lepas landas : £ 90.000 (40.823 kg)
Powerplant : 2 × Pratt & Whitney JT8D -219 turbofan , 19.600 lbf (87,19 kN) masing-masing
Quote:
Prestasi
Kecepatan maksimum : 1.030 knot (Mach 1.8, 1.186 mph, 1.909 km / h)
Cruise speed : 966 knot (Mach 1,7, 1.112 mph, 1.790 km / h)
Rentang :
Pada Mach 0.95: 4.600 nm (5.300 mil, 8.500 km)
Pada Mach 1,40: 4.200 nm (4.800 mil, 7.800 km)
Layanan langit-langit : 51.000 ft (15.500 m)
Kecepatan maksimum : 1.030 knot (Mach 1.8, 1.186 mph, 1.909 km / h)
Cruise speed : 966 knot (Mach 1,7, 1.112 mph, 1.790 km / h)
Rentang :
Pada Mach 0.95: 4.600 nm (5.300 mil, 8.500 km)
Pada Mach 1,40: 4.200 nm (4.800 mil, 7.800 km)
Layanan langit-langit : 51.000 ft (15.500 m)
Quote:
Aerion SBJ adalah sebuah konsep untuk jet bisnis supersonik , yang dirancang oleh Aerion Corporation, seorang Amerika pengusaha kedirgantaraan yang berbasis di Reno, Nevada. Jika diproduksi, pesawat itu akan memungkinkan wisata praktis non-stop dari Eropa ke Amerika Utara dan kembali dalam satu hari kerja. Target harga adalah $ 80 juta (tahun 2007 dolar tahun), dengan biaya pengembangan mulai dari $ 2,5 sampai $ 3,0 miliar, dan direncanakan akan diproduksi pada tahun 2015. ExecuJet of Switzerland dan Indigo Lyon adalah agen penjualan perusahaan di seluruh dunia, dengan pengecualian Amerika Utara. Perusahaan mengklaim 50 letters-of-intent dari pelanggan, masing-masing dengan deposit $ 250.000. Masuk ke layanan diperkirakan akan berlangsung lima sampai enam tahun setelah pembentukan perusahaan patungan dan keputusan "hard launch".
Pesawat ini hanya diperuntukan untuk 12 penumpang. Kecepatannya melebihi pesawat penumpang bermesin jet lainnya. Pesawat ini dapat terbang dari Paris ke New York hanya dalam 4 jam 14 menit, yang artinya lebih cepat 3 jam dari pesawat penumpang bermesin jet lainnya.
Quote:
4. Bandara Heathrow yang selalu diganggu oleh kawanan burung di landasan pacunya
Spoiler for Terganggu:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083934.gif)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806083942.jpg)
Quote:
Sudah berbagai cara dilakukan untuk mengusir kawanan burung-burung ini dari daerah sekitar bandara. Mulai dari memasang pita khusus untuk mempersulit kawanan burung ini terbang lalu lalang hingga alat khusus yang dapat mengirimkan gelombang suara yang dapat menakutinya, namun mereka tetap senang bermain di bandara ini.
Quote:
5. Tabrakan fatal dengan seekor burung
Spoiler for Tabrakan:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084105.jpg)
Dalam kecepatan sangat tinggi, tabrakan pesawat dengan benda sekecil apapun di udara, pasti dapat membahayakan keselamatan pesawat dan penumpangnya. Contohnya seperti gambar diatas, yaitu bagaimana seekor burung yang tertabrak pesawat, dapat membuat sayap pesawat menjadi sobek, retak, bahkan bisa hancur.
Quote:
6. Bandara dekat pantai
Spoiler for Princess Juliana Airport:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084201.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084212.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084219.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084333.jpg)
Quote:
Bandar Udara Internasional Putri Juliana (atau Princess Juliana International Airport atau Bandar Udara Internasional Saint Maarten) adalah sebuah bandar udara yang berada di bagian Belanda dari pulau Saint Martin.
Mungkin pemandang pesawat terbang rendah, telah menjadi atraksi menarik bagi turisturis di sekitar bandara. Namun tanpa mereka sadari, sebenarnya hal itu dapat memahayakan diri mereka apabila terkena semburan panas jet dari pesawat.
Bandara unik yang terletak di dekat pantai ini bernama 'Princess Juliana International Airport'. Pada akhirnya bandara ini resmi ditutup karena landasannya yang sangat pendek sehingga menyulitkan bagi pesawat besar untuk tinggal landas.
Mungkin pemandang pesawat terbang rendah, telah menjadi atraksi menarik bagi turisturis di sekitar bandara. Namun tanpa mereka sadari, sebenarnya hal itu dapat memahayakan diri mereka apabila terkena semburan panas jet dari pesawat.
Bandara unik yang terletak di dekat pantai ini bernama 'Princess Juliana International Airport'. Pada akhirnya bandara ini resmi ditutup karena landasannya yang sangat pendek sehingga menyulitkan bagi pesawat besar untuk tinggal landas.
Quote:
7. Bandara yang kebanjiran
Spoiler for Chennai Airport:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084458.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084504.jpg)
Quote:
Kejadian ini berlangsung di Chennai Airport. Saat itu sedang tejadi banjir besar disana, sehingga menjadi pemandang unik, seakan pesawat-pesawat disana bisa berjalan di atas air. 

Quote:
Bandara ditengah jalan 

Spoiler for Bandara Gibraltar:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084700.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084738.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084753.jpg)
Quote:
Bandar Udara Gibraltar atau Bandar Udara North Front (Gibraltar Airport atau North Front Airport) (IATA:GIB, ICAO:LXGB) adalah bandar udara sipil yang melayani Wilayah seberang laut Britania, Gibraltar. Bandar udara ini dimiliki oleh Kementrian Pertahanan Britania Raya. Operator sipil menggunakan bandar udara ini; saat ini hanya penerbangan terjadwal beroperasi ke Britania Raya. Penumpang berangkat dan tiba melewati terminal sipil.
Pada tahun 2004 bandar udara ini menangani 314,375 penumpang dan 380 ton kargo. Bandar udara Gibraltar adalah salah satu dari sedikit Bandar Udara Kelas A di dunia. Jalan Winston Churchill (jalan utamanya berhadapan dengan perbatasan Spanyol) berpotongan dengan jalur landasan bandar udara ini, sehingga lalu lintas jalan harus dihalangi setiap ada akan pesawat yang mendarat atau terbang. Program Most Extreme Airports dari History Channel menempatkannya sebagai bandar udara paling berbahaya di dunia di tempat kelima dan paling berbahaya di Eropa.
Monarch Airlines adalah maskapai terbesar di Bandar Udara Gibraltar. Maskapai itu saat ini mengoperasikan 6 penerbangan mingguan ke Bandar Udara London Luton dan 5 penerbangan mingguan ke Bandar Udara Manchester; mengoperasikan 8 di musim panas. Kedua rute dioperasikan dengan Airbus A320-200. EasyJet saat ini terbang ke Bandar Udara London Gatwick dengan 7 penerbangan mingguan dan ke Bandar Udara Liverpool 3 kali seminggu. Kedua rute dioperasikan dengan Airbus A319-200. British Airways juga terbang 7 kali seminggu ke Gibraltar dari Bandar Udara London Heathrow dioperasikan dengan Airbus A320-200. Bmibaby juga akan mulai melaksanakan penerbangan ke Bandar Udara East Midlands pada Maret 2012 dan akan dioperasikan dengan Boeing 737-300.
Walaupun terletak di Gibraltar, bandar udara ini juga digunakan oleh masyarakat dari/menuju wilayah Spanyol yang berdekatan seperti Costa del Sol atau Campo de Gibraltar.
Pada tahun 2004 bandar udara ini menangani 314,375 penumpang dan 380 ton kargo. Bandar udara Gibraltar adalah salah satu dari sedikit Bandar Udara Kelas A di dunia. Jalan Winston Churchill (jalan utamanya berhadapan dengan perbatasan Spanyol) berpotongan dengan jalur landasan bandar udara ini, sehingga lalu lintas jalan harus dihalangi setiap ada akan pesawat yang mendarat atau terbang. Program Most Extreme Airports dari History Channel menempatkannya sebagai bandar udara paling berbahaya di dunia di tempat kelima dan paling berbahaya di Eropa.
Monarch Airlines adalah maskapai terbesar di Bandar Udara Gibraltar. Maskapai itu saat ini mengoperasikan 6 penerbangan mingguan ke Bandar Udara London Luton dan 5 penerbangan mingguan ke Bandar Udara Manchester; mengoperasikan 8 di musim panas. Kedua rute dioperasikan dengan Airbus A320-200. EasyJet saat ini terbang ke Bandar Udara London Gatwick dengan 7 penerbangan mingguan dan ke Bandar Udara Liverpool 3 kali seminggu. Kedua rute dioperasikan dengan Airbus A319-200. British Airways juga terbang 7 kali seminggu ke Gibraltar dari Bandar Udara London Heathrow dioperasikan dengan Airbus A320-200. Bmibaby juga akan mulai melaksanakan penerbangan ke Bandar Udara East Midlands pada Maret 2012 dan akan dioperasikan dengan Boeing 737-300.
Walaupun terletak di Gibraltar, bandar udara ini juga digunakan oleh masyarakat dari/menuju wilayah Spanyol yang berdekatan seperti Costa del Sol atau Campo de Gibraltar.
Quote:
9. Manuver helikopter yang luar biasa dari pilot yang handal
Spoiler for Helikopter:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806084959.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806085009.jpg)
Quote:
Terjadi di Afghanistan, disaat helikopter bantuan datang untuk menyelamatkan tentara yang terluka dari atap sebuah gubuk. Hanya pilot handal dan helikopter berteknologi tinggi yang dapat melakukan manuver ini.
Quote:
10. Pesawat tanpa suara
Spoiler for Silent Aircraft Initiative:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806085120.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806085127.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806085133.jpg)
Quote:
The Silent Pesawat Initiative adalah sebuah studi yang dilakukan oleh Cambridge-MIT Institute untuk menemukan cara-cara untuk mengurangi kebisingan pesawat secara dramatis, ke titik di mana itu akan hampir tidak terlalu mencolok kepada orang-orang di luar perimeter bandara. Diluncurkan pada bulan November 2003, program ini mendapat dukungan dari Rolls-Royce, Boeing dan Marshall Aerospace.
Bagian dari penelitian ini adalah memeriksa apakah keturunan kontinyu curam menjadi bandara akan mengurangi tingkat kebisingan pendekatan. Analisis teoritis akan back-up oleh uji coba lapangan dengan menggunakan pesawat jet nyata.
Sebagian besar dari studi ini sedang mengembangkan pesawat jet / mesin desain yang dapat memenuhi tujuan SAI. Konfigurasi disukai adalah desain sayap dicampur, dengan mesin terletak pada permukaan atas sayap, untuk melindungi tanah pengamat dari kebisingan mesin. Sebuah dorongan tertentu yang sangat rendah (yaitu rasio pintas yang sangat tinggi) turbofan diusulkan untuk pesawat. Penanganan mesin dan suara jet rendah difasilitasi oleh penggunaan area nosel variabel final untuk pertandingan ulang kipas angin. Pengobatan akustik di intake dan exhaust ducting meminimalkan turbomachinery kebisingan. Karena sayap dicampur terlalu dangkal untuk menampung mesin kembar, konfigurasi mesin empat diusulkan.
Penelitian ini didanai oleh Departemen Keuangan Inggris dan mitra industri.
Sebutannya adalah 'Silent Aircraft Initiative', pesawat ini tidak mengeluarkan suara bising dan juga hemat bahan bakar. Cocok digunakan sebagai pesawat mata-mata.
Bagian dari penelitian ini adalah memeriksa apakah keturunan kontinyu curam menjadi bandara akan mengurangi tingkat kebisingan pendekatan. Analisis teoritis akan back-up oleh uji coba lapangan dengan menggunakan pesawat jet nyata.
Sebagian besar dari studi ini sedang mengembangkan pesawat jet / mesin desain yang dapat memenuhi tujuan SAI. Konfigurasi disukai adalah desain sayap dicampur, dengan mesin terletak pada permukaan atas sayap, untuk melindungi tanah pengamat dari kebisingan mesin. Sebuah dorongan tertentu yang sangat rendah (yaitu rasio pintas yang sangat tinggi) turbofan diusulkan untuk pesawat. Penanganan mesin dan suara jet rendah difasilitasi oleh penggunaan area nosel variabel final untuk pertandingan ulang kipas angin. Pengobatan akustik di intake dan exhaust ducting meminimalkan turbomachinery kebisingan. Karena sayap dicampur terlalu dangkal untuk menampung mesin kembar, konfigurasi mesin empat diusulkan.
Penelitian ini didanai oleh Departemen Keuangan Inggris dan mitra industri.
Sebutannya adalah 'Silent Aircraft Initiative', pesawat ini tidak mengeluarkan suara bising dan juga hemat bahan bakar. Cocok digunakan sebagai pesawat mata-mata.

Quote:
Pesawat pemadam kebakaran
Spoiler for Evergreen Supertanker:
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806085413.jpg)
![[Keren + Inside] Berbagai Hal Unik dalam Bidang Penerbangan](https://s.kaskus.id/images/2013/08/06/2892087_20130806085420.jpg)
Quote:
Evergreen Supertanker, Pesawat Pemadam Kebakaran terbesar di dunia. Dibuat dari Boeing 747, memiliki ruang untuk tangki hingga 24.000 galon dan dapat memadamkan105.000 hektar lahan ataupun hutan yang terbakar.
Pesawat Be-200 adalah amfibi baru, paling efisien dan canggih yang pernah diproduksi. Amfibi Be-200 dirancang sebagai pesawat pemadam kebakaran, tetapi bisa juga dugunakan untuk transportasi penumpang dan kargo, patroli pantai, pengendalian lingkungan, operasi penyelamatan di laut, dll.
Evergreen Supertanker adalah Boeing 747-100 pesawat widebody yang dimodifikasi menjadi pesawat pemadam kebakaran udara oleh Aviation International Evergreen . Pesawat ini awalnya diproduksi oleh Boeing pada tahun 1971 untuk Delta Air Lines . Dengan kapasitas 20.500 galon AS (77.600 liter), Evergreen Supertanker ini adalah pesawat pemadam kebakaran terbesar udara di dunia. Pemadam kebakaran terbesar berikutnya pesawat adalah Ilyushin Il-76P . Supertanker memasuki layanan untuk pertama kalinya pada tahun 2009, melawan api di Cuenca, Spanyol . tanker membuat operasi pertama American pada tanggal 31 Agustus 2009 di Oak Glen Fire. Tanker saat ini adalah N479EV , nomor tanker 979.
Pesawat Be-200 adalah amfibi baru, paling efisien dan canggih yang pernah diproduksi. Amfibi Be-200 dirancang sebagai pesawat pemadam kebakaran, tetapi bisa juga dugunakan untuk transportasi penumpang dan kargo, patroli pantai, pengendalian lingkungan, operasi penyelamatan di laut, dll.
Evergreen Supertanker adalah Boeing 747-100 pesawat widebody yang dimodifikasi menjadi pesawat pemadam kebakaran udara oleh Aviation International Evergreen . Pesawat ini awalnya diproduksi oleh Boeing pada tahun 1971 untuk Delta Air Lines . Dengan kapasitas 20.500 galon AS (77.600 liter), Evergreen Supertanker ini adalah pesawat pemadam kebakaran terbesar udara di dunia. Pemadam kebakaran terbesar berikutnya pesawat adalah Ilyushin Il-76P . Supertanker memasuki layanan untuk pertama kalinya pada tahun 2009, melawan api di Cuenca, Spanyol . tanker membuat operasi pertama American pada tanggal 31 Agustus 2009 di Oak Glen Fire. Tanker saat ini adalah N479EV , nomor tanker 979.
Diubah oleh daffaantimaho 06-08-2013 20:56
0
3.2K
Kutip
29
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan