yudo_w
TS
yudo_w
[Mouse] Review Bloody Wireless Gaming Mouse - R8A
REVIEW BLOODY WIRELESS GAMING MOUSE – R8A



Pengenalan Produk
Gan, pada kesempatan ini ane akan menampilkan review mouse Bloody R8A, Wireless Gaming Mouse (Mouse Gaming tanpa kabel), ane dapet pinjeman gan, produk baru yang di launch di computex 2013 kemaren, barengan dengan produk Bloody Metal Feet. Tak jauh berbeda dengan mouse-mouse Bloody terdahulu, mouse ini memiliki spesifikasi dan kemampuan yang sama dengan para pendahulunya, yang mengandalkan 3 Core Level Mouse, 3 L-Key Shoots (3 Modes), Auto Recoil Suppression, 5 Way Trajectory Adjustment.


Box Bloody Tampak depan dan belakang

Apa yang beda dengan gaming mouse yang satu ini gan? Wireless tentunya, dengan perantara RF (Radio Frequency) yang menggantikan peran kabel mouse USB, dengan mengandalkan teknologi “ZERO LAG”, kini agan akan diajak mengarungi dunia gaming dengan RF mouse berteknologi Zero Lag (Minim Jeda saat aktif dengan WiFi).


Box Bloody posisi cover terbuka


Kemasan dan Fitur
Apa saja yang ada dalam kemasan Bloody Mouse R8A ini? Mari kita check mulai dari kemasan hingga perangkat mouse ini. Pertama kita lihat pada fisik kemasannya, bercorak hitam seperti biasanya, tampak gambar mouse R8A pada tengah box, warna dan gambar mouse R8A tampak menarik perhatian. Mouse bergambar tengkorak, dengan paduan warna hitam body mouse dengan hiasan motif tengkorak warna putih bermata biru, di atas tumpukan tengkorak berwarna merah, cukup mengeluarkan aura sangar (mengerikan) hawa-hawa neraka, pada fisik mouse. Secara rohani mouse ini membantu mengingatkan kita betapa panasnya neraka nantinya gan, hihhh…


Metal Feet dan Rechargeable Li-Battery


Ada yang menarik di gambar box, di belakang tampilan tampak depan mouse, ada gambar mouse tampak bawah dengan tulisan Metal Feet Ultra-Sensitive. Produk Wireless ini gan udah include dengan Metal Feet , seperti yang pernah ane bahas sebelumnya gan. Metal Feet berfungsi untuk menambah sensitifitas gerakan mouse, dengan menggunakan landasan bawah berbahan logam yang lebih tahan terhadap gesekan.


Activated Ultra Core3 dan Zero Lag


Kemudian kita juga mendapati logo Ultra Core 3 – Activated. Ini yang sering di khawatirkan agan-agan, Mouse Bloody yang sudah teraktivasi, mouse ini udah 100% di aktivasi gan, ente tinggal pakai aja, fungsi utama pada Core 3 telah siap digunakan. Keterangan lain ada satu lagi, Rechargeable Li-Battery. Untuk fungsi Radio Frequency tentunya membutuhkan power pada mouse untuk menerima dan mengirim data pada penerima mouse, fungsi dan cara charge Li-Battery akan kita bahas nantinya.


Headshot dan Wireless Guard


Kita lihat di belakang box mouse, terdapat slogan HEADSHOT 3-3-5, apa makna 3-3-5? 3-Core, 3-Guns, 5-Adjustment. Berikut penjelasan singkatnya gan.
3-Coremerupakan salah satu inti mouse Bloody dan satu-satunya di dunia. Core inilah yang memberi batas tingkatan level fungsi gaming mouse Bloody, tiap core memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda dan tiap core dapat diubah melalui software Bloody.
Sekilas fungsi tiap core adalah sebagai berikut :
• Core 1, mouse hanya memiliki fungsi seperti mouse standard.
• Core 2, Gun-3 Aktif, fungsi L-Key shot berfungsi, (L-Key merupakan 3 tombol di tengah, dibawah tombol scroll Bloody) . Fasilitas Macro dan Headshot tidak berfungsi.
• Core 3, Gun-3 aktif ditambah dengan fungsi Macro dan Headshot.
3-Guns merupakan istilah untuk fungsi tombol L-Key Shots, 3 tombol di tengah mouse ini yang mengendalikan jenis tembakan yang akan digunakan .
• Tombol [1] fungsi mouse menjadi fungsi biasa, tombol ini juga hanya digunakan untuk mengatur besar resolusi mouse yang kita gunakan.
• Tombol [n] fungsi mouse akan mengaktifkan tembakan beruntun, seperti fungsi senjata automatis, melepaskan lebih dari 1 peluru sekali klik.
• Tombol [3] fungsi mouse akan mengaktifkan tembakan 3 peluru dengan 1 kali klik mouse
5-Adjustments merupakan salah satu fungsi pengendalian alur peluru yang ditembakan pada sasaran. Pengaturan ini akan menghasilkan hasil tembakan yang lebih terfokus dan meningkatkan hasil Headshot saat bertempur dalam game.
Selain itu karena R8A ini adalah Wireless Mouse, Bloody juga memiliki fitur tambahan untuk mendukung fungsi wireless mouse ini. Fungsi Wireless Guard Technology, fasilitas perlindungan pada fungsi wireless.
[Synch RF] Technology, Mensinkronkan sinyal komunikasi wireless untuk memastikan keamanan, kehandalan, kehalusan, dan kecepatan koneksi wireless
[Zero-Frequency Offset], Frequency Auto Correction, suatu teknologi yang mampu men-sinkronkan dua sisi pemancar dan penerima, sehingga dapat mencegah data lost
[Exclusive Channel], Dapat memilih channel secara khusus untuk menghindari gangguan sinyal
[RF Signal Detector], Mengawasi kekuatan sinyal wireless untuk menghindari gangguan sinyal

Isi Kemasan
Ok gan setelah box, sekarang kita check langsung ke mousenya, apa aja isi dalam kemasannya. Ada beberapa item didalam box kemasannya, Mouse R8A dan pemancar mini-nya, kabel perpanjangan USB, kabel USB untuk charging Mouse, Mouse Case (dari kain bludru), Stiker Bloody dan kartu Bloody Download.


Isi Kemasan Bloody R8A


Kartu Bloody download mulai diberikan setelah beberapa seri terbaru mouse Bloody tidak lagi menyertakan cd software dalam kemasan mouse, pengguna mouse Bloody harus mendownload langsung software dari web Bloody untuk menggunakan program Bloody. Dalam kartu tersebut dicantumkan alamat link download software Bloody.


Kabel USB Charger dan Kabel Perpanjangan USB


Detail Produk
Secara fisik mouse Bloody R8A sama dengan mouse Bloody V8, cirinya di sebelah kiri dan kanan mouse menggunakan karet grip, dari tampak atas berimbang bentuk sisi mouse kanan dan kirinya. Dibalut desain bernuansa supranatural alias horror, gambar tengkorak pada R8A memang benar-benar memberikan kesan lebih kuat pada penampakan mouse R8A. Dilengkapi dengan breathing led yang member kesan mouse ini punya nyawa di dalemnya. Scroll mouse sama seperti mouse Bloody lain dilengkapi dengan karet grip, posisi 3 tombol L-key shots masih sama tetap dibawah tombol scroll.


Mouse bagian atas dan tombol L-Key Shots



Mouse tampak bawah, metal feet dan RF receiver


Pada bagian depan mouse, di bagian kanan bawah mouse tampak port interface untuk mengisi baterai mouse. Lalu sekarang pada bagian bawah mouse bisa kita lihat, fitur baru Bloody, Metal Feet sudah terpasang rapih di sisi bawah mouse ini.


Mouse sisi kiri kanan dan grip karet


Selain Metal Feet kita juga bisa lihat pemancar mini Bloody terpasang sedikit menyembul dipermukaan mouse. Lalu juga salah satu fitur Bloody tampak juga di sini, Holeless Engine, dimana sensor optic mouse ini tertutup oleh lapisan seperti kaca, sehingga debu, kotoran dan air tidak akan menembus ke sensor mouse.


Mouse depan, port USb untuk charger dan belakang, breathing light


Instalasi Mouse dan Software
Untuk penjelasan fisik sudah cukup rasanya gan, sekarang kita menuju pada software Bloody. Pertama-tama download softwarenya dulu gan, software Bloody terbaru dari web Bloody. Saat review ini dibuat software terbaru Bloody adalah Bloody 4. Setelah download, jalankan setup program Bloody tadi, sampai proses instalasi selesai . Untuk agan yang udah install Software Bloody apabila mau pindah ke versi 4.0 ada baiknya kalau di uninstall dulu software Bloody yang versi lamanya, sebelum di upgrade ke versi baru.


Setup Bloody4 Instalasi awal



Setup Bloody4 akhir instalasi


Lalu ambil pemancar mini dari bagian bawah mouse, tancapkan pada interface USB, biarkan computer mendetksi pemancar tadi. Lalu klik tombol kiri atau kanan mouse untuk menghidupkan mouse R8A, dan computer akan mulai mendeteksi mouse wireless tadi. Mouse akan dapat digunakan langsung sebagai mouse standard, istilahnya Driverless gan, tapi bukan berarti semua fasilitas akan aktif gan. Agan tetap butuh Software Bloody untuk menjalankan semua fasilitas mouse Bloody.


Pemancar RF Bloody pada port USB


Bila software Bloody udah terinstal di computer , menu software Bloody akan otomatis bekerja. Karena mouse sudah teraktivasi, software Bloody akan otomatis melakukan seting mouse sebagai Core 3. Dimana semua fasilitas mouse Bloody sudah dalam kondisi siap dipakai.


Menu Ultra Core3 saat Bloody mouse terdeteksi di windows


Sejak Softaware Bloody 3 sampai yang terbaru Bloody 4, sebenarnya udah disiapkan menu tambahan untuk mouse Wireless, hal ini tidak ditemui di software Bloody 2. Saat mouse ditancapkan melalui USB port, software Bloody akan menampilkan menu kecil di pojok kanan bawah desktop. Dimenu tersebut menampilkan kondisi mouse Bloody, ada 3 kolom gan, kolom pertama menunjukkan tombol L-Keys yang aktif, kolom kedua petunjuk meter baterai pada mouse wireless, kolom ketiga menunjukkan resolusi mouse.


Menu Ultra Gun3 dan Real-Time Menu Bloody (kanan bawah)


Pada menu utama software Bloody, terdapat mode pengaturan wireless mouse Bloody, agan bisa melihat pada bagian menu GUARD pada software Bloody. Seperti yang ditulis pada kemasan box Bloody, terdapat beberapa technologi wireless mouse Bloody, agan bisa memilih yang mana yang perlu diaktifkan, disesuaikan dengan kebutuhan.


Menu Wireless Guard


Pilihan Enable untuk RF-Synchronize, Zero-Frequency Offset, Exclusive Channel, RF Signal Detector dan Strengthen Power. Selain itu juga juga terdapat menu Battery Remaining, power saving dan setting tingkat kecerahan lampu led mouse. Menu-menu ini bermaksud untuk lebih menjaga ke awetan power baterai mouse wireless ini. Untuk menu yang lain tak jauh berbeda dengan setting mouse Bloody yang lainnya.

Pengisian Baterai Mouse
Untuk mouse Wireless ini dibutuhkan power lebih terutama dikarenakan ini merupakan gaming mouse, dimana banyak membutuhkan power, untuk komunikasi radio frekuensi pemancar ke penerima, lampu LED (Breathing LED), juga untuk fasilitas Core3 mouse, ditambah untuk fasilitas penyimpanan data macro pada memory internal-nya (untuk proses penyimpanannya). Untuk mengimbangi penggunaan kabel data USb pada wired Mouse, Bloody menggunakan Li-Battery untuk menunjangnya, apalagi Bloody menyatakan mousenya ber-Zero Lag.


Kondisi Charge, Led Kuning mengisi, Led Merah penuh


Pengisian dapat dilakukan saat mouse digunakan, Saat dicharge dengan kabel USB, apabila lampu mouse berwarna kuning, baterai mouse masih belum terisi penuh, bila berwarna merah, baterai sudah di kondisi penuh. Dengan menggunakan software Bloody kita dapat memonitoring langsung berapa persen pengisian baterai mouse (pada software Bloody3 dan Bloody4) fasilitas atau menu untuk monitoring baterai mouse wireless dapat dilihat secara real time atau lewat menu utama.


Menu Utama dan Menu Real-Time


Hasil Performa Mouse
Hasil Benchmark dengan

Mouse Rate Software (Pavel Pscheidl software Frequency dan Delay Mouse Rate)


Hasil perhitungan frequency dan Delay mouse


Mice Judge Software (A4tech USB Mouse Quality Testing Software)


Uji Kualitas Gaming Mouse


Mouse Shooting Speed (Bloody Speed Mouse Testing Software)


Head to head Standard Gaming mouse dan Wireless mouse Bloody



Kesimpulan
Menggunakan wireless mouse memang terasa berbeda, tanpa ada gangguan kabel yang kadang melintir saat kita gunakan, lebih terasa bebas. Ditambah lagi kenyamanan wireless mouse R8A yang sudah dilengkapi dengan Metal Feet, kelincahan mouse lebih terasa. Diperkuat dengan Fitur software Bloody yang mempunyai tambahan menu khusus untuk wireless, monitoring baterai, pilihan-pilihan fitur untuk menjaga zero lag (minim jeda) saat dipakai untuk aktifitas gaming, dan juga pilihan-pilihan untuk menjaga keawetan baterai R8A yang menggunakan Li-Baterai

Kelebihan
- Wireless mouse tanpa gangguan kabel
- Dukungan software yang tak perlu diragukan
- Zero Lag, membuat wireless serasa menggunakan wired mouse
- Metal feet yang sudah terpasang pada mouse
- Real-Time Bloody4 software untuk check kapasitas baterai

Kekurangan
- Perlu melakukan charging baterai (kondisi yang tak terpikirkan bila memakai wired mouse)
- Software Bloody yang harus di download terlebih dahulu

Demikian gan sekilas pengenalan produk baru gaming mouse wireless Bloody R8A, semoga bisa bermanfaat bagi agan aganwati sekalian, terima kasih.

================================================
Kalo agan butuh informasi masalah Mouse Bloody juga bisa ke link dibawah ini gan... banyak temen-temen yang bisa bantu ngasih info Macro, juga info produk terbaru Bloody

http://www.kaskus.co.id/thread/00000...-gaming-mouse/




untuk review produk Bloody yang lain dapat di cari di sini :
Spoiler for Review:
Diubah oleh yudo_w 24-02-2014 03:43
0
39.5K
123
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan