CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Supranatural /
Ngintip Padang Mahsyar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51f4b7911bcb179c11000001/ngintip-padang-mahsyar

Ngintip Padang Mahsyar

Assalaamu'alaikum Wr.wb..
Ane mau berbagi tentang pengetahuan padang mahsyar nih. yang mau nyimak silahkan gan, dan kalo mungkin postingan ane kurang bermutu ane minta maaf ya sebelumnya.. emoticon-Smilie

Oke sung aja...

Bumi tempat para hamba Allah dikumpulkan kelak pada hari kiamat adalah berbeda dengan bumi yang kita diami sekarang ini. Bumi itu telah diganti oleh Allah dengan bumi yang baru, yang tidak ada sedikitpun tempat yang rendah juga yang tinggi.
Allah Swt berfirman :
"(yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain (demikian pula langit dan mereka semuanya (dipadang mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa." (Ibrahim:48)

Didalam hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim juga disebutkan, bahwa bumi padang mahsyar itu berwarna putih seperti roti pipih.
"Manusia akan dikumpulkan pada hari kiamat diatas tanah yang berwarna putih seperti roti pipih yang bersih dan tiada bendera pengenak diatasnya baik seorangpun." H.R. Bukhari Muslim

Memahami hadits diatas, bahwa bumi baru (padang mahsyar) berwarna putih pipih seperti lembaran roti yang tiada sesuatu petunjuk jalan kesuatu tempat, seperti gunung dan bebatuan besar (muallam), atau tempat berteduh. Jadi padang mahsyar benar-benar rata sebagaimana yang diterangkan Allah Swt dalam firman-Nya :
"Tidak ada sedikitpun kamu lihat padanya tempat yang rendah dan yang tinggi-tinggi." (Thoohaa : 107)

Waktu penggantian bumi dan langit

Di dalam beberapa hadits Rasulullah Saw telah memberitahukan kepada kita bahwa : waktu selesainya penggantian bumi dan langit adalah pada saat manusia berada dalam kegelapan sebelum shirath. Sebagaimana yang diriwayatkan di dalam Shahih Muslim dari I Sauban ketika Rasulullah Saw ditanya oleh pendeta yahudi : "Dimanakah manusia berada pada hari bumi dan langit diganti dengan yang lain ?". Rasulullah Saw menjawab : "Mereka berada dalam kegelapan sebelum jembatan". yang dimaksudkan adalah Shirath.

Macam-macam Manusia ketika digiring kepadang Mahsyar

Didalam beberapa hadits diterangkan bahwa keadaan manusia ketika digiring supaya berkumpul di padang mahsyar itu berbeda-beda sesuai dengan amal perbuatannya semasa hidup didunia. Diantaranya :
"Para manusia akan dikumpulkan dipadang Mahsyar dalam tiga golongan, yaitu : Berkendaraan, berjalan kaki dan berjalan dengan muka. Maka seorang sahabat bertanya:"Ya Rasulullah, bagaimanakah manusia berjalan diatas mukanya ?, Rasulullahmenjawab : "(Allah) yang Maha Kuasa menjalankan mereka diatas kakinya tentunya Kuasa pula menjalankan mereka dengan mukanya." (H.R. At-Tirmidzi, Bukhari dan Muslim)

Alhamdulillah banyak yang bales thread ane nih, kalo gitu ane terusin lagi nih tentang padang Mahsyarnya ya ..

Memang pada dasarnya kebanyakan manusia akan mengingkari sesuatu yang belum pernah mereka lihat dengan mata kepalanya sendiri, sehingga bila mendengarkan manusia kelak ketika digiring kepadang Mahsyar ada yang berjalan dengan mukanya. Apakah mereka juga tidak pernah memperhatikan bagaimana ular itu berjalan ?. Ular dapat berjalan dengan perutnya secepat kilat. Manusia kelak juga ada yang berjalan dengan mukanya, akan tetapi keadaan yang demikian itu merupakan azab dari Allah Swt. Karena mulai hari itu manusia, bahkan seluruh makhluk berada pada pelataran kiamat, mulai menaiki tangga Akhirat. Saat itulah semua makhluk berkumpul menjadi satu, mulai dari Jin, Syetan, Manusia sejak zaman nabi Adam As. hingga manusia terakhir, juga segala macam binatang.

Pada saat itu pula akan nampak manusia yang semasa hidupnya berlaku sombong, congkak dan akan berada dalamkeadaan seperti semut kecil dan di injak-injak oleh orang banyak sebagai pembalasan mereka menghinakan Allah Azza wa Jalla, semasa hidup didunia.

Sedangkan bagi mereka yang kikir dan bakil akan di kumpulkan dalam keadaan sangat lapar dan dahaga, juga telanjang bulat yang belum pernah mereka alami sama sekali. Oleh sebab itu Rasulullah Saw, mengingatkan kepada kita, dalam sabdanya :
"Barang siapa memberi makanan karena Allah, maka Allah akan memberi makanan kepadanya, barang siapa memberi minum karena Allah, niscaya Allah memberi minum kepadanya dan barang siapa memberi pakaian kepada Allah, Allah juga akan memberikan pakaian kepadanya. Dan barang siapa beramal karena Allah, niscaya Allah akan mencukupi segala kebutuhannya."

Itulah gambaran keadaan manusia ketika berada di padang Mahsyar sangatlah beragam, setimpal dengan amal perbuatannya ketika hidup di dunia. Maka dari itu kiranya sangatlah bermanfaat sekali bila sisa umur yang kita tidak tahu batas waktunya, kita pergunakan untuk mempersiapkan diri menghadapi kepayahan di hari kiamat nanti. Sebab di dalam hadits yang lain Rasulullah Saw mengambarkan kengerian pula keadaan manusia di padang Mahsyar yang berlainan satu dengan yang lainnya.

Macam dan ragam manusia di padang Mahsyar, ada yang berubah wujud seperti kera atau babi, yang lainnya ada yang terjungkir, kaki di atas dan kepala di bawah serta diseret, juga ada yang buta sehingga berjalan sambil meraba-raba, sebagian ada yang tuli, bisu dan tidak berakal lagi, ada juga yang di kumpulkan dalam keadaan lidah terjulur sampai ke dada dan di kunyah-kunyah pula, dari mulutnya keluarlah nanah yang sangat menjijikan orang banyak. Ada juga yang dikumpulkan dalam keadaan terpotong kedua tangan dan kakinya, sebagian lagi ada yang disalib diatas pohon kurma dari Neraka, ada pula golongan yang lebih busuk dari pada bau bangkai, sehingga menyumbat hidung orang-orang disekitarnya. Ada pula yang berpakaian dari aspal (ter) yang amat panas dari Neraka.

Pengelompokan atau golongan-golongan manusia dipadang Mahsyar itu berdasarkan perbuatannya semasa hidup didunia. Seperti yang berubah wujud menjadi kera adalah mereka yang suka mengadu domba antar sesama, yang berubah wujud menjadi babi adalah pemakan harta haram, dan mereka yang dijungkir balikan adalah mereka yang memakan harta riba. Sedangkan hukuman bagi orang yang tidak adil didalam menetapkan hukum adalah buta matanya dan bagi yang senang pamer serta membanggakan diri berubah menjadi bisu dan tuli. Kelompok orang yang menjulurkan lidah serta mengunyahnya adalah mereka yang suka cerita, ahli pidato yang berlawanan mulut dengan perbuatannya. Sedangkan pembalasan orang-orang yang suka mengganggu tetangganya adalah terpotong kedua tangan dan kakinya. Dan mereka yang membela penguasa yang zhalim kelak akan disalib pada pohon kurma dari Neraka. Dan golongan orang-orang yang mengumbar hawa nafsu dan kesenangan serta menolak hak-hak Allah, kelak akan berbau sangat busuk di bandingkan bau bangkai.

Terdapat pula keterangan didalam kitab "Kasyfu 'uluumil akhirah" karangan Imam Al-Ghazali :
Kelak dipadang mahsyar orang-orang yang gemar zina (pelacur dan sodomi) kemaluan mereka akan membengkak dan mengeluarkan nanah yang baunya menyengat mengganggu dan menjijikan tetangganya. Demikian pula pemetik gitar dan peniup seruling kelak akan dikalungkan dilehernya. Peminum (pemabuk, narkoba dan minuman keras) akan mengalungkan botol dan gelas (peralatan minum) yang bau busuknya melebihi bangkai. Hal ini sama seperti ketika mereka baru dibangkitkan dari kubur masing-masing. Keadaan yang demikian ini akan berlangsung dalam waktu 25.000 tahun. Semua manusia akan menundukan kepala kebawah. Dan perasaan tiap-tiap manusia berbeda-beda tentang lamanya waktu disaat itu. Kesengsaraan itu datang sampai datang saat perhitungan amal (hisab).

Spoiler for Terusan 1:


Spoiler for Terusan 2:


Spoiler for Terusan 3:


Spoiler for Terusan 4:

===============================================


Oia, ane juga berharap ada yang kasih ijo-ijo emoticon-Cendol (S) buat postingan ane ini dan jangan lupa rate juga ya sob..
Trimakasih sebelumnya..
emoticon-Salaman
Diubah oleh elfarhan
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 4
wow keren
sungguh nanti manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar...
dan ulama bersepakat bahwa miniatur padang mahsyar di dunia adalah padang arafah..
dulu ane waktu umrih mw nangis di pdang arafah, membayangkan nanti kalau sudah di padang mahsyar... sejauh mata memandang cuma padang pasir yg luas dan terik.. semoga kita termasuk golongan yang selamat.. Amin..
Quote:


Aamiin emoticon-Salaman
Quote:

aamiin...aamiin..aamiin..
btw thread yg menarik
maaf blom bs ngasih..emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Rate 5 Star
masya alloh matak gentar
di akherat kabeh gentar
tina pakuburan mencar
karumpul di alam mahsyar

ari ngaran mahsyar eta
hahamparan anu rata
panasna waktu harita
panon poe tujuh nyata

teu jauh tujuhanana
pirasatar antarana
ngarojol kabehanana
ka jalma goreng amalna

eling eling dulur kabeh
ibadah ulah campoleh
beurang peuting ulah weuleh
bisina kaburu paeh

sabab urang bakal mati
nyawa dipundut ku gusti
mangka kudu ati ati
kaibadah sing gumati

karasana keur sakarat
nyeurina kaliwat liwat
ka ibadah sok ngaliwat
tara ngalampahkeun solat

sanajan teu boga sarung
solat mah teu meunang embung
teu meunang sumput salindung
kana dawuhan yang agung
Quote:


Muhun pangelingan ka kawasa na mbah emoticon-thumbsup
seyeeeem............atut..............emoticon-Matabelo

ane bantu rate ya om Ts lum isa kasi kolor ijo muup.
Diubah oleh sophi3
Quote:


osok resep teh mung ngemutan pupujian eta,
tapi hanjakal di kota mah tos t aya deui anu pupujian ba'da adzan.
semoga ane termasuk yang berkendaraan, amiin ya rabbal'alamin
Nih jadi bikin tobat di bulan yang pas emoticon-Matabelo
ijin ngebaca2 dulu kang ts emoticon-Big Grin
Mugi tiasa nambihan mangpaat kanggo sadaya anu maos thread iyeu. Mugi kaula sareng arandika tiasa nambihan panguningaan sareng tiasa ngahaturanan sadaya jalmi ka jalan anu leres anu di rhidoi Allah SWT.
Quote:


Arana ge kota mbah, beda kabiasaanana

@mbah stiar
Amiin
Quote:


Mantra pelet ya puh emoticon-Matabelo
Dopos
Diubah oleh detikawan
Quote:


uhun mas gan, parah.
Quote:


amin
Quote:


kok tau emoticon-Matabelo
Quote:


Itu si bacaannya metak metak ajiku apa itu ? Semar bolong ya ?
bakalan melihat ragam rupa manusia hingga Nabi Adam As...

mungkin juga kita akan melihat makhluk berakal lainnya yg di berikan amanah, bakalan kejawab semua fenomena/misteri kehidupan...

namun, yang tentunya kita hanya peduli akan diri sendiri saja...
Halaman 1 dari 4
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di