alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51f122733ecb173152000007/berkebun-hidroponik-yuk-gan-sehat-alami-murah
Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah
Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah



Halo Agan..
Ane demen ni gan kalo soal tanem menanem, entah kenapa demen ini muncul gitu aja berapa bulan ini, bikin adem aja ngliatnya...so ane juga pengen nge share soal hobi baru ane ini, cekidot...

Quote:
Spoiler for klik:

berkebun dengan sistem hidroponik (hydroponic system) menawarkan solusi yang menjanjikan gan. Berkebun secara hidroponik memungkinkan agan menanam sayuran atau tanaman hias di halaman bahkan di dalam rumah. Asik gak tuh emoticon-Matabelo


Quote:
Spoiler for klik:

Sesuai namanya, hidroponik adalah cara bertanam menggunakan media air sehingga tidak memerlukan tanah atau area yang luas. Secara sederhana, hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan menggunakan air yang diperkaya dengan nutrisi, bukan tanah. Hal ini membuat parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, dan pencahayaan lebih mudah dikelola.

Hidroponik tidak memerlukan pemakaian herbisida dan pestisida beracun sehingga lebih ramah lingkungan dan sayuran yang dihasilkan pun akan lebih sehat. Bertanam dengan hidroponik akan menghasilkan tanaman berkualitas baik dan bebas kimia. yang pastinya sehat buat kita semua dan anak2 ya gan emoticon-Malu (S)


Quote:
Spoiler for klik:

Laju pertumbuhan tanaman hidroponik bisa mencapai 50% lebih cepat dibanding tanaman yang ditanam di tanah pada kondisi yang sama. Alasan untuk ini adalah karena tanaman hidroponik langsung mendapatkan makanan dari air yang kaya nutrisi. Kondisi ini juga membuat tanaman tidak perlu akar besar untuk mencari nutrisi. Dan karena energi yang diperlukan untuk pertumbuhan akar lebih sedikit, sisa energi bisa disalurkan ke bagian lain dari tanaman.

Tanaman hidroponik tumbuh sehat, kuat, dan bersih. Hidroponik juga ramah lingkungan karena tidak membutuhkan air sebanyak berkebun secara konvensional. Ini karena hidroponik tidak memerlukan penyiraman sama sekali.


Quote:Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

berikut cara menanam hidroponik dengan cara paling sederhana gan :

Alat :
- botol plastik air mineral bekas,
- gelas plastik bekas air mineral,
- jerigen plastik bekas minyak goreng,
- kain untuk sumbu (kain panel lebih bagus)
- nutrisi hidroponik.
- Media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah). Pilih yang paling mudah didapat ya gan.

Kita bisa melihat betapa sederhananya bahan yang dibutuhkan. Bahkan kebanyakan besar dari barang bekas. Jadi menanam model hidroponik sederhana ini selain kita bisa mendapatkan tanaman sayuran yang sehat dan subur, kita juga bisa memanfaatkan barang barang bekas. Sehingga botol bekas, jerigen bekas dan gelas plastik bekas yang mestinya dibuang dan menjadi limbah ternyata masih bisa diambil manfaatnya.


cara membuatnya adalah sbb :

Quote:
Hidroponik Wick dengan botol bekas :

1. Potong botol menjadi 2 bagian. (atas dan bawah)

Spoiler for 1:


2. Lubangi bagian atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara

3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol

Spoiler for 3:


4. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik.

Spoiler for 4:


5. Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). Pilih saja mana yang paling mudah didapat. Karena fungsi media ini hanya untuk pijakan akar agar tidak rebah.

6. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam.

Spoiler for 6:


7. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik.

8. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari.


Membuat Larutan Nutrisi
Hidroponiknya gan..

Bahan :
Pupuk Urea....................................................1000 gr.
Pupuk KCL ................................................... 1000 gr.
Pupuk NPK ................................................... 1000 gr.
Pupuk daun Gandasil ( Growmore ) ................ 50 gr.
Peralatan :
Ember ber Volume 20 Liter.
Drum plastik ber volume 100 liter
Timbangan digital
Alat pengaduk
Air sumur, air sungai,
Air PAM tidak diperkenankan kecuali yang sudah
diendapkan selama 7 – 10 hari.
Cara membuat :
Masukkan semua bahan yang telah ditimbang
kedalam ember volume 20 liter.
Tuangkan air sumur sebanyak 20 ltr ke dalam ember
tersebut sedikit demi sedikit sambil diaduk – aduk
lanjutkan pengadukan hingga air mencapai volume 20
liter dan tidak ada lagi pupuk yang masih mengkristal
- tidak ada endapan
Tuangkan larutan pekatan tadi ke dalam bak
penampungan volume 100 liter.
Kucurkan air sumur kedalam bak penampungan
sambil diaduk – aduk hingga penuh( mencapai volume
100 liter.
Larutan Nutrisi siap digunakan.

Modifikasi lainnya ni gan...
Spoiler for klik:


bisa gini juga gan...
Spoiler for klik:


Spoiler for klik:


Spoiler for klik:


Spoiler for klik:


ajiiib gan.. emoticon-Cendol (S)
Spoiler for klik:


ane saranin mulai dari taneman sayuran dulu gan, yang lumayan cepet tumbuhnya, misal : sawi, cabe, tomat, selada, bayam, kacang...dll

Nah dengan gambaran di atas tentunya agan mendapat inspiratif membuatnya di rumah ya...cocok buat kita yang hidup di perkotaan ala urban emoticon-Malu (S) ayo kita bikin rumah kita sejuk, dan sehat dengan berkebun ala hidroponik, selain mudah, hemat, sehat, anti globalwarming

kalo ada pertanyaan sebisa mungkin ane jawab gan...via PM
sekian posting dari ane gan...trims emoticon-Kiss (S)

Quote:
emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat


widiiwww emoticon-Belo
btw apa semua tanaman bisa dijadikan sistem penanaman kek gini gan ?
Quote:Original Posted By Falrever.eX
widiiwww emoticon-Belo
btw apa semua tanaman bisa dijadikan sistem penanaman kek gini gan ?


setau ane buat taneman yang ga berkambium dulu gan... macam sayuran sm bunga2 an..emoticon-Malu (S)
udah baca di lounje emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
harusnya minta pindahin aja sama momodnya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
emoticon-Kiss (S)

_______________________________________________________

Prosesnya lumayan rumit , bisa di coba dirumah sendiri ini emoticon-Malu
Mantap deh gan, walo ane g pertamax ane demen ma trit agan, klo agan udah keliatan benih nya hidup pm ane ya..! Ane mau bljar..! Kayak nya unik nih
Numpang ngasi link bagus supaya makin banyak yg teracuni virus Hidroponik

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah


Ga usah takut memulai, mulai dr anak SMP sampe om-om eksekutif, uda banyak yg ikut gabung dan bisa panen perdana

Btw, lebih bagus kalau wadahnya tdk tembus cahaya supaya nutrisi ga gampang berlumut
wah keren gan... ane jadi pingin hidroponik, btw nutrisi hidroponik mereknya apa ya gan....
mari mencoba dari yang kecil... emoticon-Kiss
ane sudah pernah coba menansm scr hidroponik tapi selalu gagal, masalahx biji yg ane tanam gak tumbuh. ane pake nutrisi dari NPK mutiara yg dilarutkan ke air
komposisix 1 sendok makan dalam 1 liter air
tanamanx : sawi, sawi, bayam, kangkung
semuanya gak ada yg tumbuh

klu boleh tau nutrisi yg bagus apa....tentux yg mumer, heheheheh.......
Quote:Original Posted By SeTECH
Numpang ngasi link bagus supaya makin banyak yg teracuni virus Hidroponik

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah


Ga usah takut memulai, mulai dr anak SMP sampe om-om eksekutif, uda banyak yg ikut gabung dan bisa panen perdana

Btw, lebih bagus kalau wadahnya tdk tembus cahaya supaya nutrisi ga gampang berlumut


nutrisinyA pake apa gan.............
Quote:Original Posted By ongole


setau ane buat taneman yang ga berkambium dulu gan... macam sayuran sm bunga2 an..emoticon-Malu (S)


gan kalu semangka, melon bisa ndak di hidropnk..........
Quote:Original Posted By daffiahmad


nutrisinyA pake apa gan.............


Tinggal dicari di FJB flora

Quote:Original Posted By daffiahmad


gan kalu semangka, melon bisa ndak di hidropnk..........


Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

melon Golden hidroponik sistem wick
mantap gan, wajib nyoba nih emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By SeTECH
Numpang ngasi link bagus supaya makin banyak yg teracuni virus Hidroponik

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah


Ga usah takut memulai, mulai dr anak SMP sampe om-om eksekutif, uda banyak yg ikut gabung dan bisa panen perdana

Btw, lebih bagus kalau wadahnya tdk tembus cahaya supaya nutrisi ga gampang berlumut


emoticon-Matabelo ternyata ketemu sama si masternya ni..
Mari gan kita ciptakan budaya alternatif ini..
emoticon-Sundul
Quote:Original Posted By SeTECH


Tinggal dicari di FJB flora



Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

melon Golden hidroponik sistem wick


melonnya magstab gan..
Stroberi juga bikin demen kayaknya emoticon-Matabelo
nah ane jga baru lgi pelajari ni
btw kalo mo digabung ma budidaya ikan gmn ya ?

gan, itu kan sistemnya 1 pohon 1 wadah air ya. bisa ga sih kalo misalnya bagian atasnya dimasukinnya ke ember. jadi ada 4 misalnya tuh taneman di atas wadah airnya.
wah tertarik banget nih, ada tutorialnya gak buat pemula kebetulan bentar lagi rumah ane jadi langsung mau ane terapin
asik tuh ..
jadi gak pake alasan gak ada lahan yah kalau mau berkebun emoticon-Big Grin
larutan nutrisi hidroponik itu ada yang di jual langsung ga gan?
×