alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51f120484f6ea1571a00000a/berkebun-hidroponik-yuk-gan-sehat-alami-murah
Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah
Selamat Puasa Agan
emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat

thread nubi, sebelum dibaca mohon maklum kalo acakadul gan
yang jelas dijamin no Repsol emoticon-Repost emoticon-Repost emoticon-Repost

Ane demen ni gan kalo soal berkebun, entah kenapa demen ini muncul gitu aja berapa bulan ini, so ane juga pengen nge share soal hobi baru ane ini, cekidot...

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

berkebun dengan sistem hidroponik (hydroponic system) menawarkan solusi yang menjanjikan gan. Berkebun secara hidroponik memungkinkan agan menanam sayuran atau tanaman hias di halaman bahkan di dalam rumah. Asik gak tuh emoticon-Matabelo

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

Sesuai namanya, hidroponik adalah cara bertanam menggunakan media air sehingga tidak memerlukan tanah atau area yang luas. Secara sederhana, hidroponik adalah metode budidaya tanaman dengan menggunakan air yang diperkaya dengan nutrisi, bukan tanah. Hal ini membuat parameter seperti nutrisi, pengendalian hama, dan pencahayaan lebih mudah dikelola.

Hidroponik tidak memerlukan pemakaian herbisida dan pestisida beracun sehingga lebih ramah lingkungan dan sayuran yang dihasilkan pun akan lebih sehat. Bertanam dengan hidroponik akan menghasilkan tanaman berkualitas baik dan bebas kimia. yang pastinya sehat buat kita semua dan anak2 ya gan emoticon-Malu (S)

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

Laju pertumbuhan tanaman hidroponik bisa mencapai 50% lebih cepat dibanding tanaman yang ditanam di tanah pada kondisi yang sama. Alasan untuk ini adalah karena tanaman hidroponik langsung mendapatkan makanan dari air yang kaya nutrisi. Kondisi ini juga membuat tanaman tidak perlu akar besar untuk mencari nutrisi. Dan karena energi yang diperlukan untuk pertumbuhan akar lebih sedikit, sisa energi bisa disalurkan ke bagian lain dari tanaman.

Tanaman hidroponik tumbuh sehat, kuat, dan bersih. Hidroponik juga ramah lingkungan karena tidak membutuhkan air sebanyak berkebun secara konvensional. Ini karena hidroponik tidak memerlukan penyiraman sama sekali.

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

berikut cara menanam hidroponik dengan cara paling sederhana gan :

Alat :
- botol plastik air mineral bekas,
- gelas plastik bekas air mineral,
- jerigen plastik bekas minyak goreng,
- kain untuk sumbu (kain panel lebih bagus)
- nutrisi hidroponik.
- Media tanam (rocwool, arang sekam, kerikil, pasir malang, pecahan bata merah). Pilih yang paling mudah didapat ya gan.

Kita bisa melihat betapa sederhananya bahan yang dibutuhkan. Bahkan kebanyakan besar dari barang bekas. Jadi menanam model hidroponik sederhana ini selain kita bisa mendapatkan tanaman sayuran yang sehat dan subur, kita juga bisa memanfaatkan barang barang bekas. Sehingga botol bekas, jerigen bekas dan gelas plastik bekas yang mestinya dibuang dan menjadi limbah ternyata masih bisa diambil manfaatnya.

cara membuatnya adalah sbb :

Hidroponik Wick dengan botol bekas :

1. Potong botol menjadi 2 bagian. (atas dan bawah)

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

2. Lubangi bagian atas (daerah leher botol) untuk pemasangan sumbu dan aliran udara

3. Pasang sumbu pada bagian bawah botol

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

4. Masukkan bagian atas botol ke bagian bawah botol dengan cara dibalik.

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

5. Isi bagian atas botol dengan media tanam (bisa rockwool, spon, sekam bakar atau pecahan bata merah). Pilih saja mana yang paling mudah didapat. Karena fungsi media ini hanya untuk pijakan akar agar tidak rebah.

6. Tanam bibit atau taburkan 2-3 biji bibit tanaman ke dalam media tanam.

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

7. Siram dengan larutan nutrisi hidroponik.
8. Simpan di tempat yang tidak terkena hujan tetapi masih bisa mendapat sinar matahari.

bisa gini juga gan...

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

konsepnya gan
Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

ajiiib gan
Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah

ane saranin mulai dari taneman sayuran dulu gan, yang lumayan cepet tumbuhnya, misal : sawi, cabe, tomat, selada, bayam, kacang...dll

Nah dengan gambaran di atas tentunya agan mendapat inspiratif membuatnya di rumah ya...cocok buat kita yang hidup di perkotaan ala urban emoticon-Malu (S) ayo kita bikin rumah kita sejuk, dan sehat dengan berkebun ala hidroponik, selain mudah, hemat, sehat, anti globalwarming

kalo ada pertanyaan sebisa mungkin ane jawab gan...
sekian posting dari ane gan...trims

TS cuma mengaharap kritik n saran... emoticon-Kiss
dan beberapa biji emoticon-Blue Guy Cendol (L)

souce
emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat
wah keren nih gan.. nyoba ahda
ane lagi ada niat buat nanam hidroponik gan cuma ane minta saran gan gimana nangani tikus2 di luar rumah ane gan, gila tu tikus taneman ane dibantai abis.
mantap gan
oke sih, tp taneman hidroponik lu mane gan??? emoticon-Takut (S)

beberapa taneman hidroponik ane gan lihat di FB ane >>> TKP emoticon-Kiss (S) salam tandur
Nutrisi hidroponik itu kayak apa gan...???
Pengen nanem juga nih gan..
dl ane udh beli nutrisi A B nya, beli rockwoll, beli benih ... pas ane tanam ga tumbuh ternyata salah dosis pas campur AB nya kebayakan, buat lg cabai hidup tp ga gede2, pas pergi mati gara2 ga dapat sinar matahari hehe ... hbs itu ga sempat lg buat tanam2 sampai sekarang
gan nutrisi ny ap aj nih, aklo pake ampas buah gitu bisa gak??emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By dhulremek
Nutrisi hidroponik itu kayak apa gan...???
Pengen nanem juga nih gan..


Quote:Original Posted By gugelemail
dl ane udh beli nutrisi A B nya, beli rockwoll, beli benih ... pas ane tanam ga tumbuh ternyata salah dosis pas campur AB nya kebayakan, buat lg cabai hidup tp ga gede2, pas pergi mati gara2 ga dapat sinar matahari hehe ... hbs itu ga sempat lg buat tanam2 sampai sekarang


Coba bantu ngejawab yah CMIIW...
Nutrisi hidroponik umumnya adalah AB mix, ada yang sudah berbentuk cair, ada pula yang masih bubuk. Kalau yang masih berupa bubuk harus dilarutkan dengan air, perbandingan pupuk dan air nya sesuai dengan petunjuk yang tertulis di kemasan pupuk.

Kalau untuk dosis yang saya pakai:
- Tahap penyemaian 1L air dengan 3 ml A dan 3 ml B
- Tahap generatif 1L air dengan 5 ml A dan 5 ml B
- Tahap vegetatif 1L air dengan 7 ml A dan 7 ml B

Saya pakai sistem bak (wick system), hasilnya bagus, baru hr ini panen sawi batang putih. Besar2 dan seger2. Denger2 kalo dibantu aerasi dengan pompa aquarium atau sistem NFT hasilnya akan tambah maksimal.Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah
Quote:Original Posted By milkygendut




Coba bantu ngejawab yah CMIIW...
Nutrisi hidroponik umumnya adalah AB mix, ada yang sudah berbentuk cair, ada pula yang masih bubuk. Kalau yang masih berupa bubuk harus dilarutkan dengan air, perbandingan pupuk dan air nya sesuai dengan petunjuk yang tertulis di kemasan pupuk.

Kalau untuk dosis yang saya pakai:
- Tahap penyemaian 1L air dengan 3 ml A dan 3 ml B
- Tahap generatif 1L air dengan 5 ml A dan 5 ml B
- Tahap vegetatif 1L air dengan 7 ml A dan 7 ml B

Saya pakai sistem bak (wick system), hasilnya bagus, baru hr ini panen sawi batang putih. Besar2 dan seger2. Denger2 kalo dibantu aerasi dengan pompa aquarium atau sistem NFT hasilnya akan tambah maksimal.Berkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah


Seger bener itu sawi.. jadi pengen makan mie rebus... emoticon-Big Grin

Udah lama pengen nyobain ini cuma waktu itu taunya bikinnya mesti modal paralon dsb,,
Ternyata pake botol bekas bisa ya,,,

Weekend ini nyoba ah.. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By raymand


Seger bener itu sawi.. jadi pengen makan mie rebus... emoticon-Big Grin

Udah lama pengen nyobain ini cuma waktu itu taunya bikinnya mesti modal paralon dsb,,
Ternyata pake botol bekas bisa ya,,,

Weekend ini nyoba ah.. emoticon-Smilie


Sebenrnya kalo ga mau repot, banyak yang jual koq paketan lengkap (starter kit) di FJB, tokobagus, atau tokopedia.
Paket nya sudah include semua mulai dari bak, netpot, sumbu, rockwool, AB mix, sama bibit.
Saat ini sih baru sawi dan wheatgrass yang panen, yang lagi masa pertumbuhan ada pak choy, samhong, dan bayam merahBerkebun Hidroponik yuk gan.. Sehat, Alami, Murah
Kemaren nyoba nyemai di rockwool, kayaknya gegara kurang sinar mentari sproutnya pada etiolasi, kurus tinggi langsing dada rata emoticon-No Hope

Jadinya beli grow light, untuk antisipasi kurang vitamin D, karena disini kebetulan lagi hujan mendung terus semingguan ini...
harus pake neon fluorescent ?