Asyacute
TS
Asyacute
7 Hantu dari Pelalawan Riau
Spoiler for no repost:


Cerita rakyat menyebutkan bahwa Bono adalah sejenis kuda nil sebanyak 7 ekor berlari dibawah sungai Kampar, sehingga pada awalnya masyarakat menyebutnya 7 hantu, karena ombak yang ditimbulkannya sangatlah besar, hampir mirip dengan gelombang Tsunami, para wisatawanpun merasa tertarik dengan fenomena alam ini mereka menyebutnya seven ghost (tujug hantu)

Awal Berdiri Ombak Bono Kampar - BONO atau Gelombang Bono adalah fenomena alam yang biasa terjadi karena disebabkan pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu menuju hilir. Peristiwa alam yang terbilang khas dan menarik. Wisatawan dapat menyaksikannya pada saat gelombang pasang tiba. Gelombang pasang biasanya terjadi setiap tanggal 10 ”20 dalam perhitungan bulan Melayu (Arab), atau oleh masyarakat setempat sering disebut bulan besar” terjadi pada saat bulan purnama. Pada saat musim pasang mati (bulan kecil), Bono hampir tidak ada; kalaupun ada hanya sebatas riak kecil di tempat dangkal.

Keunikan lainnya yang dapat disaksikan wisatawan adalah pada saat air laut masuk dan bertemu dengan aliran sungai terjadilah gelombang dengan kecepatan tinggi disertai dentuman seperti suara guntur dan hembuasan angin yang kencang. Jika musim pasang tinggi, gelombangnya bisa mencapai 4 sampai 6 meter dengan kecepatan sekitar 40 km per jam. Gelombang yang disebut bono ini bergerak dari arah muara munuju hulu sungai hingga mencapai puluhan kilometer dari muaranya.
Sejarah Awal Berdiri Ombak Bono Kampar
Bagi masyarakat di daerah Kuala kampar, Bono memang merupakan peristiwa yang sudah tidak asing lagi. Peristiwa alam ini telah dikenal sejak lama dan telah begitu dekat dan akrab dengan kehidupan mereka. Bahkan, masyarakat di daerah ini menganggap Bono sebagai sahabat. Mereka sering memanfaatkan Bono sebagai sarana adu ketangkasan bermain perahu di atasnya. Memang permainan ini memiliki risiko yang terlalu tinggi, karena jika salah perhitungan, perahu yang dinaiki bisa dihempaskan Bono ke tebing hingga hancur.

Dahulu, permainan perahu di atas Bono oleh masyarakat Kuala Kampar sering dilakukan dengan upacara adat tertentu dan dilakukan pada saat pagi atau siang hari. Namun, saat ini permainan tersebut telah menjadi permainan biasa dan dapat dilakukan sesuka hati.

Cuma ada dua di dunia

Sao Domingos do Capim - Ada yang tahu kesamaan Sungai Amazon dengan Sungai Kampar di Riau. Ternyata, kedua sungai itu memiliki gelombang yang bisa dipakai wisatawan untuk berselancar.

Gelombang Bono ada di Sungai Kampar, Riau. Gelombang ini telah menarik perhatian wisatawan internasional terutama para peselancar profesional yang ingin merasakan pengalaman berbeda dalam berselancar. Mirip dengan Gelombang Bono, Sungai Amazon di Brazil pun punya gelombang sejenis.

Dari Atlas Obscura, Jumat (3/5/2013), gelombang ini dinamakan Pororoca. Para peselancar dunia pun tak bisa melewatkan gelombang ini begitu saja. Mereka pun meluncur bersama papan selancar mereka di gelombang yang terlihat seperti ombak.

Berbeda dengan di pantai, air di sini coklat seperti sungai keruh karena bergelombang. Ombak di sini tingginya mencapai 3,6 meter dan gelombang bisa bergulung cukup lama. Ini membuat para surfer merasa tertantang.

Tidak cuma karena gelombang yang tinggi dan panjang, namun bahaya di sini juga membuat adrenalin mereka membuncah. Jika di pantai para surfer harus memperhatikan karang dan hiu, di sini, mereka harus hati-hati dengan kawanan ikan piranha dan batang pohon di tengah sungai.

Gelombang ini mudah diketahui kedatangannya. Biasanya, suara gemuruh akan terdengar 30 menit sebelum gelombang datang. Sekali datang, Anda harus siap. Karena, gelombang ini sangat kuat bahkan bisa mematahkan dan batang pohon besar.

Saat terbaik merasakan gelombang ini adalah pada bulan Februari dan Maret. Setiap tahun di Sao Domingos do Capim, Brazil, diselenggarakan kejuaraan nasional Pororoca. Acara inipun menjadi salah satu kejuaraan surfing paling bahaya di dunia.


Gelombang Pororoca di Sungai Amazon

berikut foto2nya gan:

Spoiler for pintu masuk:


Spoiler for bono:


Spoiler for 7 hantu:


Spoiler for geombang yang mulai memenuhi sungai:


Spoiler for Bono tampak dari kejauhan:


Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for 6:


Spoiler for 7:


Spoiler for 8:


Spoiler for 9:


Spoiler for 10:


Spoiler for 11:


Spoiler for 12:


Spoiler for 13:


Spoiler for 14:


Spoiler for 15:


Spoiler for 16:


Spoiler for 17:


Spoiler for 18:


Spoiler for 19:


Spoiler for 20:


Spoiler for 21:


Videonya gan:



emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast


Mari Mampir ke Sini gan:
Quote:
Diubah oleh Asyacute 03-06-2014 02:58
0
4.5K
13
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan