- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
▀▄▀▄▀▄▀ yuk mengenal lebih dekat ADVENTURE TRAIL /MOTO ADVENTURE ▀▄▀▄▀▄▀


TS
adhietampan
▀▄▀▄▀▄▀ yuk mengenal lebih dekat ADVENTURE TRAIL /MOTO ADVENTURE ▀▄▀▄▀▄▀
.:WELCOME TO MY THREAD:.

Pertama-tama sorry sebelumnya kalo thread ane salah kamar, tapi tujuan ane di sini memperkenalkan hobby asik ke agan/sista yang belum tau apa itu adventure trai atau udah tau tapi belom pernah nyoba, juga buat agan sista kaskuser yang udah punya pengalaman bisa buat sarana share bareng di mari
ok langsung aja gan, pertama ane mau bahas apa sih adventure trail itu?
Quote:
terus terang ane agak kesulitan cari artikel tentang adventure trail dalam bahasa indonesia
sedikit penjelasan darihttp://deddy-adisudharma.blogspot.co...1_archive.html
Motocross dan Motoadventure
Sebagai awal maka yang harus diperjelas adalah perbedaan antara motoadventure dengan motocross yang ujungnya akan melihat korelasi antara aktivitas motoadventure dengan sebutan istilah balapan liar. Mengutip dari American Heritage Dictionary maka motocross atau yang biasa disingkat dengan MX adalah A cross-country motorcycle race over a closed course of rough terrain with steep hills and sharp curves. Also called scramble. Kata-kata penting yang harus digarisbawahi adalah over a closed course atau dapat diartikan sebagai sirkuit tertutup dan bukan di jalan raya apalagi di hutan maupun jalan desa. Lantar, apakah penggunaan istilah balapan liar itu tepat? Jelas tidak. Kegiatan motocross, termasuk di dalamnya adalah kegiatan grasstrack adalah kegiatan didalam sirkuit dan dilaksanakan dengan semangat kompetisi untuk menaklukkan lawan dan menjadi yang tercepat. Sebagai imbalan, maka pembalap diberikan kompensasi berupa hadiah dalam bentuk uang dan piala serta memperoleh angka yang dikumulasikan untuk menentukan seeded atau tingkatan pembalap secara keseluruhan.
Berbeda dengan motocross, maka motoadventure bukan dilaksanakan di sirkuit tertutup. Sebutan adventure dirasakan tepat, oleh karena penggiat kegiatan ini cenderung berpetualang dengan menggunakan sepeda motor trail (ataupun rubahan) melalui jalan setapak (jalan air, jalan desa maupun lainnya) dan dilakukan bukan sebagai kompetisi akan tetapi sebagai sebuah bentuk petualangan. Sebagai akibatnya, maka kegiatan motoadventure tidak akan memperoleh hadiah, paling banter dalam event-event tertentu adalah doorprize.
Bagaimana dengan kecepatan dalam melakukan kedua aktivitas diatas? Motocross yang dilakukan di sirkuit tertutup dengan semangat kompetisi dilakukan dengan kecepatan tinggi, oleh karena itu maka mesin untuk sepeda motor yang digunakan untuk kegiatan motocross juga didesain untuk dapat dipacu secepat mungkin, bahkan melompat tinggi karena dilengkapi dengan suspensi yang sesuai. Berbeda dengan kegiatan motoadventure, maka yang dibutuhkan adalah tenaga serta kendaraan yang tidak terlalu tinggi (kaki harus menapak) untuk dapat menjaga keseimbangan. Kecepatan pada sepeda motor untuk kegiatan adventure rata-rata tidak terlalu tinggi, karena pada umumnya menggunakan mesin standard pabrik dengan sedikit modifikasi.
Aktivitas Motoadventure
Kedua adalah mengenai aktivitas kegiatan motoadventure itu sendiri. Motoadventure jelas dilaksanakan dengan memanfaatkan lingkungan yang ada untuk dapat dijelajahi dengan kendaraan bermotor roda dua. Penggiat kegiatan motoadventure terdiri dari tua maupun muda dan kegiatan dilaksanakan untuk menaklukkan tantangan yang tersedia di jalur yang dilintasi dengan semangat kebersamaan, dan bukan semangat kompetisi.
Tantangan yang dihadapi adalah tantangan yang tersedia di jalur yang dilalui, seperti misalnya turunan atau tanjakan yang curam, jalan yang licin dan berlumpur, sungai, pepohonan baik yang besar maupun yang kecil yang terdapat disisi jalur dengan tidak merubah atau merusaknya. Untuk mendukung hal ini, maka para penggiat kegiatan motoadventure biasanya melaksanakan aktivitasnya dengan berkelompok serta melengkapi diri dengan beberapa peralatan standar untuk memperbaiki kerusakan kendaraan, menambal ban serta webbing untuk menarik kendaraan yang rusak.
Rupa jalur pada umumnya adalah jalan setapak yang memang sudah tersedia. Jalur berupa jalan setapak pada umumnya adalah jalur yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk mencari kayu, sebagai jalan pintas menuju wilayah lain, jalur air maupun jalur menuju ke kebun atau lahan pertanian masyarakat. Pembukaan jalur baru diluar dari jalur yang sudah ada jarang bahkan tidak pernah dilakukan disebabkan keterbatasan peralatan dan faktor resiko atau bahaya yang mungkin terjadi. Jelas bahwa dengan cara ini, jalur yang relatif tetap dan tidak seimbang dengan meningkatnya penggemar kegiatan motoadventure maka tidak jarang pada musim penghujan, jalur jalan yang tersedia menjadi semakin dalam sebagai akibat penggerusan dari ban sepeda motor itu sendiri.
Sebagian besar offroader umumnya sudah memahami tehnik mengendarai kendaraan di lingkungan basah. Mengurangi kerusakan jalur dapat dilakukan dengan tidak memaksakan roda kendaraan berputar cepat pada saat kendaraan tidak dapat melaju yang disebabkan jalur yang licin. Bantuan tenaga manusia dengan mendorong kendaraan supaya maju pada putaran mesin yang rendah juga sudah diterapkan. Akan tetapi dengan semakin meningkatnya penggiat motoadventure, maka penerapan teknik diatas terkadang tidak dipahami sepenuhnya oleh sebagian kecil offroader yang kemudian akan memaksakan kendaraan yang ditungganginya untuk dipacu pada putaran tinggi dan menyebabkan kerusakan jalur.
versi ane
simpel aja sih moto adventure atau adventure trail menurut ane adalah suatu jenis kegiatan/hobby otomotif roda dua menggunakan motor khusus (baik bikinan pabrik ataupun modifikasi) menjelajahi pegunungan atau jalan2 offroad baik tanah, berbatu, sungai dll
oiaya hobby inipun semakin berkembang di indonesia, kalau dulu mungkin hanya sedikit penggemarnya dari kalangan tertentu saja tetapi dengan semakin populernya hobby ini semua kalangan sekarang sudah mulai menjadi pecintanya, tidak pandang bulu dan golongan deh pokoknya,,, dari pejabat sampai rakyat biasa kayak ane halal kok mencicipi serunya hobby adventure trail ini...
sedikit penjelasan darihttp://deddy-adisudharma.blogspot.co...1_archive.html
Motocross dan Motoadventure
Sebagai awal maka yang harus diperjelas adalah perbedaan antara motoadventure dengan motocross yang ujungnya akan melihat korelasi antara aktivitas motoadventure dengan sebutan istilah balapan liar. Mengutip dari American Heritage Dictionary maka motocross atau yang biasa disingkat dengan MX adalah A cross-country motorcycle race over a closed course of rough terrain with steep hills and sharp curves. Also called scramble. Kata-kata penting yang harus digarisbawahi adalah over a closed course atau dapat diartikan sebagai sirkuit tertutup dan bukan di jalan raya apalagi di hutan maupun jalan desa. Lantar, apakah penggunaan istilah balapan liar itu tepat? Jelas tidak. Kegiatan motocross, termasuk di dalamnya adalah kegiatan grasstrack adalah kegiatan didalam sirkuit dan dilaksanakan dengan semangat kompetisi untuk menaklukkan lawan dan menjadi yang tercepat. Sebagai imbalan, maka pembalap diberikan kompensasi berupa hadiah dalam bentuk uang dan piala serta memperoleh angka yang dikumulasikan untuk menentukan seeded atau tingkatan pembalap secara keseluruhan.
Berbeda dengan motocross, maka motoadventure bukan dilaksanakan di sirkuit tertutup. Sebutan adventure dirasakan tepat, oleh karena penggiat kegiatan ini cenderung berpetualang dengan menggunakan sepeda motor trail (ataupun rubahan) melalui jalan setapak (jalan air, jalan desa maupun lainnya) dan dilakukan bukan sebagai kompetisi akan tetapi sebagai sebuah bentuk petualangan. Sebagai akibatnya, maka kegiatan motoadventure tidak akan memperoleh hadiah, paling banter dalam event-event tertentu adalah doorprize.
Bagaimana dengan kecepatan dalam melakukan kedua aktivitas diatas? Motocross yang dilakukan di sirkuit tertutup dengan semangat kompetisi dilakukan dengan kecepatan tinggi, oleh karena itu maka mesin untuk sepeda motor yang digunakan untuk kegiatan motocross juga didesain untuk dapat dipacu secepat mungkin, bahkan melompat tinggi karena dilengkapi dengan suspensi yang sesuai. Berbeda dengan kegiatan motoadventure, maka yang dibutuhkan adalah tenaga serta kendaraan yang tidak terlalu tinggi (kaki harus menapak) untuk dapat menjaga keseimbangan. Kecepatan pada sepeda motor untuk kegiatan adventure rata-rata tidak terlalu tinggi, karena pada umumnya menggunakan mesin standard pabrik dengan sedikit modifikasi.
Aktivitas Motoadventure
Kedua adalah mengenai aktivitas kegiatan motoadventure itu sendiri. Motoadventure jelas dilaksanakan dengan memanfaatkan lingkungan yang ada untuk dapat dijelajahi dengan kendaraan bermotor roda dua. Penggiat kegiatan motoadventure terdiri dari tua maupun muda dan kegiatan dilaksanakan untuk menaklukkan tantangan yang tersedia di jalur yang dilintasi dengan semangat kebersamaan, dan bukan semangat kompetisi.
Tantangan yang dihadapi adalah tantangan yang tersedia di jalur yang dilalui, seperti misalnya turunan atau tanjakan yang curam, jalan yang licin dan berlumpur, sungai, pepohonan baik yang besar maupun yang kecil yang terdapat disisi jalur dengan tidak merubah atau merusaknya. Untuk mendukung hal ini, maka para penggiat kegiatan motoadventure biasanya melaksanakan aktivitasnya dengan berkelompok serta melengkapi diri dengan beberapa peralatan standar untuk memperbaiki kerusakan kendaraan, menambal ban serta webbing untuk menarik kendaraan yang rusak.
Rupa jalur pada umumnya adalah jalan setapak yang memang sudah tersedia. Jalur berupa jalan setapak pada umumnya adalah jalur yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk mencari kayu, sebagai jalan pintas menuju wilayah lain, jalur air maupun jalur menuju ke kebun atau lahan pertanian masyarakat. Pembukaan jalur baru diluar dari jalur yang sudah ada jarang bahkan tidak pernah dilakukan disebabkan keterbatasan peralatan dan faktor resiko atau bahaya yang mungkin terjadi. Jelas bahwa dengan cara ini, jalur yang relatif tetap dan tidak seimbang dengan meningkatnya penggemar kegiatan motoadventure maka tidak jarang pada musim penghujan, jalur jalan yang tersedia menjadi semakin dalam sebagai akibat penggerusan dari ban sepeda motor itu sendiri.
Sebagian besar offroader umumnya sudah memahami tehnik mengendarai kendaraan di lingkungan basah. Mengurangi kerusakan jalur dapat dilakukan dengan tidak memaksakan roda kendaraan berputar cepat pada saat kendaraan tidak dapat melaju yang disebabkan jalur yang licin. Bantuan tenaga manusia dengan mendorong kendaraan supaya maju pada putaran mesin yang rendah juga sudah diterapkan. Akan tetapi dengan semakin meningkatnya penggiat motoadventure, maka penerapan teknik diatas terkadang tidak dipahami sepenuhnya oleh sebagian kecil offroader yang kemudian akan memaksakan kendaraan yang ditungganginya untuk dipacu pada putaran tinggi dan menyebabkan kerusakan jalur.
Spoiler for trail adventure:
versi ane
simpel aja sih moto adventure atau adventure trail menurut ane adalah suatu jenis kegiatan/hobby otomotif roda dua menggunakan motor khusus (baik bikinan pabrik ataupun modifikasi) menjelajahi pegunungan atau jalan2 offroad baik tanah, berbatu, sungai dll
oiaya hobby inipun semakin berkembang di indonesia, kalau dulu mungkin hanya sedikit penggemarnya dari kalangan tertentu saja tetapi dengan semakin populernya hobby ini semua kalangan sekarang sudah mulai menjadi pecintanya, tidak pandang bulu dan golongan deh pokoknya,,, dari pejabat sampai rakyat biasa kayak ane halal kok mencicipi serunya hobby adventure trail ini...
nah setelah uraian panjang lebar diatas, mungkin agan ada yang tertarik...
so... kita lanjut, apa saja sih yang di butuhkan untuk hobby ini ?
Quote:
1. MOTOR
motor di sini ane bedakan menjadi 3 kategori berdasarkan harga, untuk spesifikasi teknis mungkin hampir sama sih, agar mudah bagi pemula untuk memulainya bahkan untuk yang awam masalah motor pun jadi ane kategorikan aja pake kelas berdasar harganya
- range dibawah 5 juta
sesuai dengan harganya motor jenis ini pastilah bukan motor yang diciptakan khusus untuk adventure, agan harus memodifikasi motor dengan harga dibawah 5 juta, adapun jenisnya boleh dari motor bebek, motor laki yang harganya murah dan banyak beredar di indonesia, motor2 jenis ini yang favorit untuk dimodifikasiu antara lain : force one, satria, CB100, GL100, win100 . adapula motor trail uzur semacam DT100 atau TS100 pun bisa digunakan. tentunya untuk mendapatkan harga murah jangan terlalu berharap motor2 ini memiliki surat surat lengkap, asal kondisi masih ok... hajar!!! toh motornya pun akan dipakai di lintasan offroad.
lalu apa saja yang dimodifikasi?
- nah karna range harganya yang dibawah 5jt tentu modifikasi nya pun hanya sedikit alisa yang penting bisa naik gunung...
- misalkan ambil contoh motor win (1jt-2,5jt)
- meninggikan sasis, mapas tangki, bikin jok ,spakbor depan belakang (300rb-700rb)
- ganti velg + ban contoh ring 16 - 19 ( swalaw xcross + velg 1jt)
-sok depan jika mau menggunakan cakram (700rb)
- setting mesin lain2 (300rb)
tentu perhitungan diatas bisa kurang bisa lebih hanmya sebagai gambaran
- range 5 - 30jt
untuk range segini menurut ane paling banyak digunakan nih, selain dri mesin yang udah ok (cukup galak) juga pilihannya yang melimpah, mulai motor modifikasi maupun motor yang dari pambirknya udah diciptakan sebagai motor trail, tampilan pun umtuk motor kelas ini udah cantik gan, dan yang paling enak menurut ane ketersediaan spareparat dan keleluasaan kita memodif nya (untuk motor yang bukan trail)
ok kita mulai dulu dari motor favorite untuk kelas ini bagian motor yang harus di modif dulu
- gl pro neotech : motor ini selain banyak dipasaran, memiliki mesin yang tangguh, bandel dan mudah dibentuk trail, mau trail seperti KTM dll ga masalah, mau dibikin motor trail klasih, its ok (harga5jt-7jt tergantung kondisi)
- megapro, scorpio, rx king, ninja 2tak, dll harga pasaran bervariasi, tapi motor -motor tersebut juga pavorite nih buat di modif trail selain neo tech tentunya (harga 5-15jt tergantung tahun dan kondisi)
untuk modifnya sendiri bebas semau agan deh
nah untuk motor yang dari bawaan pabrik udah trail :
- loncin dan motor cina jenis trail: banyak jenisnya tapi kayaknya udah jarang yang baru, harga sekennya pun bervariasai dari 5-15jt an)
- monstarck (motor ini masih ada barunya harga diatas 17jtan)
- suzuki ts 125 (ini nih motor paling ajib buat trai adventure, tenaga yang besar, motor yang besar namun ringan, menjadikan motor yang udah ga keluar baru nya ini tetap tinggi harganya di pasaran harga : wani piro
)
- klx 150 (ini motor yang ane gunain kalo pas trail adventure, selain mudah didapet karna masih ada di dealer, dealernya pun banyak harga seken :15-19jt baru : 23jt
tentunya masih banyak lagi motor2 di rentang harga segini, tapi pilihlah motor yang sesuai dengan agan.
- range diatas 30jt
tentunya dengan range harga diatas 30jt hanya kalangan tertentu saja yang memakai motor-motor jenis ini, jangan tanyakan tenaganya, dengan harga diatas 30jt agan pasti dapet motor terbaik intuk adventure trail, dengan teknologi yang yahud, performa yang gahar dan tampilan yang ganas...
- mulai dari harga 30jt an kita udah bisa memboyong motor2 SE seken 2 tak mulai dari yamaha,ktm dll tentu semakin muda tahunnya motor ini akan semakin mahal
- untuk motor barunya jangan kaget kalo ktm 85cc saja dipasaran harganya diatas 60jt
adapun jenis motor yang sedang ngetrend untuk adventure trail saat ini kebanyakan dari merk KTM dan HUSQVARNA
motor di sini ane bedakan menjadi 3 kategori berdasarkan harga, untuk spesifikasi teknis mungkin hampir sama sih, agar mudah bagi pemula untuk memulainya bahkan untuk yang awam masalah motor pun jadi ane kategorikan aja pake kelas berdasar harganya
- range dibawah 5 juta
sesuai dengan harganya motor jenis ini pastilah bukan motor yang diciptakan khusus untuk adventure, agan harus memodifikasi motor dengan harga dibawah 5 juta, adapun jenisnya boleh dari motor bebek, motor laki yang harganya murah dan banyak beredar di indonesia, motor2 jenis ini yang favorit untuk dimodifikasiu antara lain : force one, satria, CB100, GL100, win100 . adapula motor trail uzur semacam DT100 atau TS100 pun bisa digunakan. tentunya untuk mendapatkan harga murah jangan terlalu berharap motor2 ini memiliki surat surat lengkap, asal kondisi masih ok... hajar!!! toh motornya pun akan dipakai di lintasan offroad.
lalu apa saja yang dimodifikasi?
- nah karna range harganya yang dibawah 5jt tentu modifikasi nya pun hanya sedikit alisa yang penting bisa naik gunung...
- misalkan ambil contoh motor win (1jt-2,5jt)
- meninggikan sasis, mapas tangki, bikin jok ,spakbor depan belakang (300rb-700rb)
- ganti velg + ban contoh ring 16 - 19 ( swalaw xcross + velg 1jt)
-sok depan jika mau menggunakan cakram (700rb)
- setting mesin lain2 (300rb)
tentu perhitungan diatas bisa kurang bisa lebih hanmya sebagai gambaran
Spoiler for contoh motor honda win temen ane:
- range 5 - 30jt
untuk range segini menurut ane paling banyak digunakan nih, selain dri mesin yang udah ok (cukup galak) juga pilihannya yang melimpah, mulai motor modifikasi maupun motor yang dari pambirknya udah diciptakan sebagai motor trail, tampilan pun umtuk motor kelas ini udah cantik gan, dan yang paling enak menurut ane ketersediaan spareparat dan keleluasaan kita memodif nya (untuk motor yang bukan trail)
ok kita mulai dulu dari motor favorite untuk kelas ini bagian motor yang harus di modif dulu
- gl pro neotech : motor ini selain banyak dipasaran, memiliki mesin yang tangguh, bandel dan mudah dibentuk trail, mau trail seperti KTM dll ga masalah, mau dibikin motor trail klasih, its ok (harga5jt-7jt tergantung kondisi)
- megapro, scorpio, rx king, ninja 2tak, dll harga pasaran bervariasi, tapi motor -motor tersebut juga pavorite nih buat di modif trail selain neo tech tentunya (harga 5-15jt tergantung tahun dan kondisi)
untuk modifnya sendiri bebas semau agan deh
nah untuk motor yang dari bawaan pabrik udah trail :
- loncin dan motor cina jenis trail: banyak jenisnya tapi kayaknya udah jarang yang baru, harga sekennya pun bervariasai dari 5-15jt an)
- monstarck (motor ini masih ada barunya harga diatas 17jtan)
- suzuki ts 125 (ini nih motor paling ajib buat trai adventure, tenaga yang besar, motor yang besar namun ringan, menjadikan motor yang udah ga keluar baru nya ini tetap tinggi harganya di pasaran harga : wani piro

- klx 150 (ini motor yang ane gunain kalo pas trail adventure, selain mudah didapet karna masih ada di dealer, dealernya pun banyak harga seken :15-19jt baru : 23jt
tentunya masih banyak lagi motor2 di rentang harga segini, tapi pilihlah motor yang sesuai dengan agan.
Spoiler for ane dan klx:
- range diatas 30jt
tentunya dengan range harga diatas 30jt hanya kalangan tertentu saja yang memakai motor-motor jenis ini, jangan tanyakan tenaganya, dengan harga diatas 30jt agan pasti dapet motor terbaik intuk adventure trail, dengan teknologi yang yahud, performa yang gahar dan tampilan yang ganas...
- mulai dari harga 30jt an kita udah bisa memboyong motor2 SE seken 2 tak mulai dari yamaha,ktm dll tentu semakin muda tahunnya motor ini akan semakin mahal
- untuk motor barunya jangan kaget kalo ktm 85cc saja dipasaran harganya diatas 60jt
adapun jenis motor yang sedang ngetrend untuk adventure trail saat ini kebanyakan dari merk KTM dan HUSQVARNA
Spoiler for ane dan KTM 85 temen ane:
Quote:
2. PERLENGKAPAN
lalu apa saja perlengkapan yang wajib digunakan, mari kita bahas perlengkapan yang wajib digunakan sampai yang hanya pelengkap saja, sebenarnya perlengkapan wajib yang harus dipakai dalam kegiatan adventure trail hanya HELM dan SEPATU saja, selebihnya untuk lebih sefty lagi ada baiknya juga dipakai
- Helm
sebenarnya helm yang boleh digunakan untuk adventure trail boleh menggunakan jenis helm apasaja asal sudah SNI, tapi untuk kenyamanan dan keselamatan sebaiknya menggunakan helm yang sudah dirancang untuk trail, offroad ataupun motocross, harga yang ditawarkan pun mulai dari 300rb an sampai jutaan tergantuk merk, mulai dari GM sampai airoh. dalam adventure trail helm hukumnya WAJIB
- sepatu
sepatu yang digunakan sebaiknya sepatu yang khusus diciptakan untuk kegiatan ini, harga yang ditawarkanpun bervariasi mulai dari merk lokal dikisaran harga 300rb sampai 1jtan ataupun merk luar dengan kisaran 1,5jt sampai puluhan juta pun ada, merk lokal mulai dari RNL,AHRS,GORDON sampai merk luar seperti oneal, fox, dan masih banyak lagi. hukumnyawajib menggunakan spatu karna untuk kemanannan kaki anda baik dari benturan maupun kondisi ekstrim lainnya
- celana dan jersey
walau tidak terlalu wajib artinya selama kita pakai celana panjang dan baju panjang saja sudah cukup, tetapi untuk kenyamanan dan supaya lebih enak dilihat juga sebaiknya jersey dan celana khusus seperti ini juga wajib digunakan , untuk celana sendiri muali dari merk lokal tanpa saku 150rb dan bersaku 180rban sampe merk luar negri diatas 500rban sedangkan jerseynya mulai harga 50rban sampe ratusan ribu, atau beli sepasang baik merk lokal maupun merk luar sekitar 350rb sampai jutaan
-sarung tangan
hal yang cukup penting juga untuk melindungi tangan anda dari ranting dan benturan, juga untuk mengurangi kapalan ada baiknya menggunakan sarung tangan, bisa yang full maupun yang cuma sepotong (jari keliatan) harganyapun dari 10rb sampai ratusan ribu, tentunya semakin mahal semaikn nyaman dan semakin aman
-body protector dan knee and elbow protector
bagi sebagian orang (sebenernya disarankan memakai sih) body protector sebaiknya dipakai untuk mengurangi akhibat dari cedera jika terjadi sesuatu, minimal menggunakan elbow and knee protector atau lebih bagus sekalian body protectornya, harga yang ditawarkan dipasaran mulai puluhan ribu sampe jutaan untuk knee and elbow untuyk body protectornya mulai ratusan ribu dampe jutaan tergantung merk.
-tas
hal yang menurut ane cukup penting dimana dalam trail adventure ini jarak tempuh bisa sangat jauh tentunya kita membawa perbekalan seperti air minum, uang(dompet), handphone safety tools dan emergency tools, tas yang digunakan sebaiknya yang dirancang khusus untuk adventure, baik tas pinggang maupun tas punggung yang sudah ada kantong airnya, harga yang ditawarkan dipasaran mulai 150rban sampai jutaan
lalu apa saja perlengkapan yang wajib digunakan, mari kita bahas perlengkapan yang wajib digunakan sampai yang hanya pelengkap saja, sebenarnya perlengkapan wajib yang harus dipakai dalam kegiatan adventure trail hanya HELM dan SEPATU saja, selebihnya untuk lebih sefty lagi ada baiknya juga dipakai
- Helm
sebenarnya helm yang boleh digunakan untuk adventure trail boleh menggunakan jenis helm apasaja asal sudah SNI, tapi untuk kenyamanan dan keselamatan sebaiknya menggunakan helm yang sudah dirancang untuk trail, offroad ataupun motocross, harga yang ditawarkan pun mulai dari 300rb an sampai jutaan tergantuk merk, mulai dari GM sampai airoh. dalam adventure trail helm hukumnya WAJIB
Spoiler for helm trail:
- sepatu
sepatu yang digunakan sebaiknya sepatu yang khusus diciptakan untuk kegiatan ini, harga yang ditawarkanpun bervariasi mulai dari merk lokal dikisaran harga 300rb sampai 1jtan ataupun merk luar dengan kisaran 1,5jt sampai puluhan juta pun ada, merk lokal mulai dari RNL,AHRS,GORDON sampai merk luar seperti oneal, fox, dan masih banyak lagi. hukumnyawajib menggunakan spatu karna untuk kemanannan kaki anda baik dari benturan maupun kondisi ekstrim lainnya
Spoiler for merk lokal:
- celana dan jersey
walau tidak terlalu wajib artinya selama kita pakai celana panjang dan baju panjang saja sudah cukup, tetapi untuk kenyamanan dan supaya lebih enak dilihat juga sebaiknya jersey dan celana khusus seperti ini juga wajib digunakan , untuk celana sendiri muali dari merk lokal tanpa saku 150rb dan bersaku 180rban sampe merk luar negri diatas 500rban sedangkan jerseynya mulai harga 50rban sampe ratusan ribu, atau beli sepasang baik merk lokal maupun merk luar sekitar 350rb sampai jutaan
Spoiler for setelan jersey:
-sarung tangan
hal yang cukup penting juga untuk melindungi tangan anda dari ranting dan benturan, juga untuk mengurangi kapalan ada baiknya menggunakan sarung tangan, bisa yang full maupun yang cuma sepotong (jari keliatan) harganyapun dari 10rb sampai ratusan ribu, tentunya semakin mahal semaikn nyaman dan semakin aman
Spoiler for sarung tangan:
-body protector dan knee and elbow protector
bagi sebagian orang (sebenernya disarankan memakai sih) body protector sebaiknya dipakai untuk mengurangi akhibat dari cedera jika terjadi sesuatu, minimal menggunakan elbow and knee protector atau lebih bagus sekalian body protectornya, harga yang ditawarkan dipasaran mulai puluhan ribu sampe jutaan untuk knee and elbow untuyk body protectornya mulai ratusan ribu dampe jutaan tergantung merk.
Spoiler for body dll:
-tas
hal yang menurut ane cukup penting dimana dalam trail adventure ini jarak tempuh bisa sangat jauh tentunya kita membawa perbekalan seperti air minum, uang(dompet), handphone safety tools dan emergency tools, tas yang digunakan sebaiknya yang dirancang khusus untuk adventure, baik tas pinggang maupun tas punggung yang sudah ada kantong airnya, harga yang ditawarkan dipasaran mulai 150rban sampai jutaan
Spoiler for tas adventure:
nah itu bagian apa-apa saja yang dibutuhkan seseorang untuk dapat ikut kegiatan trail adventure, lanjut sebenernya seperti apa sih jalur dan asiknya kegiatan trail adventure ini?
Spoiler for biarkan gambar yang berbicara:
beberapa pertanyaan yang sering muncul dan jawabannya (dari berbagai sumber)
Quote:
Q = ane pengen ikut tapi ga punya motor nih?
A = agan tinggal cari atau buat motor dengan budget yang sesuai dengan kocek agan
Q = ane pengen ikut gan tapi ane ga bisa bawa motor trail, gimana?
A = asal agan punya kemauan, belajar sambil mencoba gan, ane aja yang udah hampir 3 tahun masih belajar dari yang senior kok, intinya agan punya kemauan, dan yang utama karna ini olahraga yang cukup menegangkan (ekstrim) persiapin mental agan, banyak juga yang karna tadinya menyepelekan begitu nyoba sekali mentalnya langsung drop.. tapi buat ane pribadi sih olahraga ini menyenangkan
Q = kata orang olahraga ini bahaya ya? wah serem ah...
A = bahaya or ngga itu relatif gan, buat ane pribadi selama kita pake setandar keselamatan minimal helm ama spatu sih aman aman aja, apalagi kegiatan ini dilakukan di tanah, jatoh juga ga sakit2 amat, masih lebih sakit jatoh di aspal, dan menurut ane sih di jalan raya lebih bahaya, coba kita trail adventure deh, ga ada tuh kita vs bis, kita vs truck dll jadi relatif aman sih
Q = apa sih asiknya gan? ane anak muda, adventure trail mah buat orang tua kali.... anak muda mah balapan donk... keren
A = asiknya beda2 kali tiap orang, tapi ane pribadi kesenangan dari adventure itu saat kita bisa menaklukan rintangan demi rintangan. anak muda orang tua sah sah aja kok maen adventure trail, balap kan tentang mengalahkan yang lain, menjadi yang tercepat, kalo adventure itu seperti mengalahkan diri sendiri gan, mengalahkan ego, kontrol diri dll, melewati rintangan yang susah.... dan banyak lagi lah
Q = emang apa sih positifnya adventure taril ini?
lanjut kebawah gan ----->>>>>
Diubah oleh adhietampan 12-07-2013 13:27
0
53.6K
Kutip
88
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan