Kaskus

Entertainment

qwe2113Avatar border
TS
qwe2113
Animasi sederhana dengan Netbean J2ME
Untuk membuat animasi pada netbean J2ME coba anda copy-paste code dibawah ini nama file sesuai nama dari setiap codenya. Animasi ini menceritakan tentang motor yang bergerak mendahului mobil ambulan begitu seterusnya sampai program dihentikan.hehe...

No Repost
Spoiler for No Repost:


1.code yang pertama untuk menbuat canvasnya:

AnimasiBackgroundCanvas.java

import javax.microedition.lcdui.*;
import javax.microedition.lcdui.game.*;

public class AnimasiBackgroundCanvas extends GameCanvas implements Runnable{

private boolean gerak,temp;
private long delay =2;
private int width= getWidth();
private int height= getHeight();
int scnX=0, scnY=20;
private int layer =130;
private Image gambarBackground, ambulance,motor;
private Sprite backgroundSprite, spriteAmbulance, spriteMotor;
private LayerManager layerManager;

public AnimasiBackgroundCanvas() throws Exception
{

super(true);
gambarBackground = Image.createImage("/background.png");
motor=Image.createImage("/motorcycle2.png");
ambulance = Image.createImage("/ambulance.png");
backgroundSprite = new Sprite(gambarBackground);
spriteMotor=new Sprite(motor,45,44);
spriteAmbulance = new Sprite(ambulance,30,25);
layerManager = new LayerManager();
spriteMotor.setFrame(1);
spriteAmbulance.setFrame(1);

layerManager.append(spriteAmbulance);
layerManager.append(spriteMotor);
layerManager.append(backgroundSprite);
}

public void start(){
gerak = true;
Thread t = new Thread(this);
t.start();
}
public void stop()
{
gerak = false;
}
public void run()
{
Graphics g = getGraphics();
while(gerak == true)
{
if(scnX == gambarBackground.getWidth()-layer)
{
scnX=0;
}
scnX++;
if(scnY==23)
{
scnY=20;
}scnY++;
drawScreen(g);
try{
Thread.sleep(delay);
}
catch(InterruptedException ie)
{}
}
}


private void drawScreen(Graphics g){
int keyStates = getKeyStates();
g.setColor(255, 255, 255);
g.fillRect(0,0,getWidth(), getHeight());
g.setColor(0, 0, 255);
if ((keyStates == 32))
{
spriteMotor.setPosition(scnX+10, 82);
spriteAmbulance.setPosition(scnX+60,112);
layerManager.setViewWindow(scnX, 0, layer, gambarBackground.getHeight());
layerManager.paint(g, (width/2)-(layer/2), (height/2)-(layer/2));
flushGraphics();
}
else
{
spriteMotor.setPosition(scnX+10, scnY+60);
spriteAmbulance.setPosition(scnX+60,scnY+90);
layerManager.setViewWindow(scnX, 0, layer, gambarBackground.getHeight());
layerManager.paint(g, (width/2)-(layer/2), (height/2)-(layer/2));
flushGraphics();
}
}
private void drawScreen3(Graphics g){
int keyStates = getKeyStates();
g.setColor(255, 255, 255);
g.fillRect(0,0,getWidth(), getHeight());
g.setColor(0, 0, 255);
spriteMotor.setPosition(scnX+30, 120);
spriteAmbulance.setPosition(scnX-10,115);
layerManager.setViewWindow(scnX, 0, layer, gambarBackground.getHeight());
layerManager.paint(g, (width/2)-(layer/2), (height/2)-(layer/2));
flushGraphics();
}
}

2.Kemudian untuk midletnya gunakan coding dibawah ini:

MidletAnimasi.java

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

public class MidletAnimasi extends MIDlet implements CommandListener{
private Display display;
private Command cmExit;
private AnimasiBackgroundCanvas lmCanvas;
public MidletTUG_10D_5260()
{
display = Display.getDisplay(this);
cmExit = new Command("Keluar", Command.EXIT,1);
try
{
lmCanvas = new AnimasiBackgroundCanvas();
lmCanvas.addCommand(cmExit);
lmCanvas.setCommandListener(this);

lmCanvas.start();

}catch(Exception ex)
{
System.out.println(ex);
}
}
public void startApp() {
display.setCurrent(lmCanvas);
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void exit()
{
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}
public void commandAction(Command c, Displayable d)
{
if(c == cmExit){
exit();
}
}
}

code yang dikopi yang ditulis miring saja kemudian yang dibold itu merupakan nama filenya. Untuk gambar dari animasi ini adalah sebagai berikut :


Gambar 1.Motor
Animasi sederhana dengan Netbean J2ME

Gambar 2.Background
Animasi sederhana dengan Netbean J2ME

Gambar 3.Mobil Ambulance
Animasi sederhana dengan Netbean J2ME

kalau mau di edit, bisa di edit Source code di atas emoticon-Big Grin
dan edit juga Gambarnya kalau masih belum bagus emoticon-Malu (S)

edit gambar diatas bisa pake sotoshop dan di edit background gambarnya jadi Transparan atau mungkin bisa di buat lagi gambarnya yg lebih bagus atau mungkin bisa di tambah gambarnya buat yang sudah Ahli emoticon-I Love Indonesia (S)

sekian.. emoticon-Malu (S)

Sumber: http://denata25.blogspot.com/2010/06...n-netbean.html
0
7.3K
3
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan