Kaskus

News

pengelanamayaAvatar border
TS
pengelanamaya
Startup Guide Untuk Menentukan Product Value Yang Tepat
Memahami alasan konsumen menggunakan produk kita adalah salah satu ukuran terpenting bagi perusahaan rintisan (startup) untuk diketahui. "Banyak usaha kecil pemula gagal tumbuh berkembang karena para penfirinya tidak meluangkan cukup waktu untuk mengidentifikasi manfaat produk yang dirasakan oleh konsumen, dan menemukan nilai inti produk (core product value) mereka" , kata Alaister Low, direktur consumer experience di Freelancer.com.

Kita dapat menggunakan berbagai cara untuk menemukan manfaat produk untuk konsumen, menemukan nilai inti produk kita sebenarnya dengan berbagai cara : survei, analisis kelompok yang mempelajari apa yang pengguna produk kita sebenarnya lakukan dengan prduk kita yang mereka beli, atau mengetes produk kita di dunia nyata.

Apapun cara yang Anda pilih, langkah pertama adalah mengidentifikasi pengguna produk kita yang paling terlibat, paling terhubung atau paling sering menggunakan produk kita (most engaged customer). Caranya lakukanlah survei sederhana sebagai berikut : kumpulkanlah semua pengguna dan pembeli produk kita, lalu tanyakanlah pertanyaan dengan pilihan-pilihan jawaban berikut :

Apa yang akan Anda rasakan jika Anda tidak bisa lagi memakai produk ini?


Sangat kecewa
Cukup kecewa
Tidak kecewa
N/A - Saya tidak lagi memakai produk tersebut

Mereka yang memilih jawabab "sangat kecewa" dapat kita golongkan sebagai most engaged customer. Setelah melakukan survei, tanyakanlah kepada konsumen yang menjawab jawaban "sangat kecewa" untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:



Apa manfaat utama yang Anda peroleh dari [nama produk kita]?
Mengapa Anda memilih manfaat tersebut sebagai manfaat utama favorit Anda?


Jawaban-jawaban pertanyaan tersebut, memberi kita pemahaman apa sebenarnya nilai inti produk kita (core product value) bagi konsumen. Setelah mengetahuinya, kita bisa membuat strategi bisnis, penjualan, pemasaran, promosi berdasarkan informasi tersebut sehingga apa yang kota iklankan sejalan dengan kenyataan yang diterima konsumen. Ingatlah happy customers equal sales.

Selengkapnya di Website Untuk Entrepreneur
zharkiAvatar border
zharki memberi reputasi
1
1.2K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan