alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51d65bcb38cb174405000000/kenalilah-penyebab-panas-dalam
Kenalilah Penyebab Panas Dalam
Di keseharian kita sering kali kesehatan kita terganggu, salah satunya yaitu panas dalam. Dan keseringannya kalau panas dalam biasanya minum Vitamin C atau larutan cap kaki empat namun belum sembuh juga, kemungkinan besar karena kita belum tahu penyebab utamanya dan salah dalam mengobatinya. So tanpa panjang lebar kita simak saja penjelasannya.

Pengertian dalam medis
Dalam istilah kedokteran tidak ditemukan nama penyakit yang bernama ini sebenarnya. Loh di Indonesia aja toh adanya … Apalagi saat diukur suhu tubuhnya, para penderita panas dalam suhu tubuhnya normal dan wajar-wajar saja walau diukur pakai thermometer. Wow jadi dari mana kata panas dalam ini berasal …

Sifat makanan “panas” dan “dingin”
Menurut pengertian tradisional, panas dalam dapat disebabkan pula oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat "panas" dan "dingin". Contoh makanan yang bersifat "panas" antara lain makanan gorengan, lemak, daging, cabai,jahe, dan lainnya; Sedangkan sayur-mayur dan buah-buahan bersifat dingin. Mungkin karena salah satu penyebab panas dalam karena seringnya kita memakan makanan yang bersifat "panas", sehingga kondisi ini disebut panas dalam .. who knows emoticon-Malu

Gejala Panas Dalam dari ahli kesehatan
Dr. T Bahdar Johan, Sp.PD, ahli penyakit dalam dari RS Internasional Bintaro, seperti yang dikutip tabloid Senior, menyatakan "Dari keluhan yang sering saya jumpai pada pasien yang terkena panas dalam, gejalanya antara lain : sariawan, bibir pecah-pecah, sakit gigi, badan pegal, sakit tenggorokan, diare, badan terasa mengeluarkan panas, sensasi terbakar di dada, mimisan, hingga buang air besar disertai darah," ujarnya. Gejala panas dalam juga bisa muncul karena ketidakseimbangan hormon. Ambil contoh perempuan yang sedang memasuki atau mengalami masa menstruasi juga bisa terkena panas dalam. Banyak juga ya gejalanya ..

Cari penyebabnya dahulu sebelum mengobati
Prinsipnya mengobati panas dalam cukup mudah, tergantung dari keluhan. Jika masalahnya terdapat di lambung, obati lambungnya. Hanya saja, obat biasanya hanya menghilangkan gejala. Jika ada penyakit yang mendiami tubuh dan memicu panas dalam, obat itu hanya sanggup mengurangi gejala panas dalam, bukan menghilangkan penyakit penyebabnya, sehingga panas dalam bisa terjadi berulang kali. Disarankan Anda yang mengalami panas dalam tetap waspada. Jika dalam beberapa hari tidak hilang atau reda tapi terus berulang, ada baiknya segera ke dokter. Ada beberapa kiat mencegah panas dalam. Namun kiat ini tidak mutlak berlaku bagi semua orang karena tiap individu memiliki situasi dan kondisi tubuh yang berbeda. Jadi saat panas dalam jangan selalu minum vitamin C, kalau ternyata penyebabnya dari lambung malah jadi sakit maag plus panas dalamnya juga ga sembuh emoticon-Ngakak (S) ….. So, cari penyebabnya dahulu guys..

Penyebab dan perawatannya

1. Jika penyebabnya kekurangan Vitamin C
Kenalilah Penyebab Panas Dalam
Sariawan

Kekurangan vitamin C, tinggal tambahin vitamin C ke tubuh .. gampang kan.
- Pergi ke warung indomie yg jual jeruk peres, minum pake es jeruknya lebih sehat daripada beli yg instant dalam kemasan
- Pergi ke tukang jus buah, beli sop buah atau jus mangga, jambu merah, or jus sirsak.

2. Jika penyebabnya kekurangan serat
Kenalilah Penyebab Panas Dalam
Sembelit

- Hindari makanan berminyak dan berlemak .. makan jeroan sama gorengan hindari dulu gan
- Perbanyak konsumsi sayur-sayuran .. suruh bini masak cap cay gan
- Kurangi makanan pedas
- Kurangi makan mie dan makanan cepat saji
- Mengunyah makan lebih lama sebelum ditelan

3. Jika penyebabnya stress
Kenalilah Penyebab Panas Dalam

- Tidur yang cukup gan 7-8 jam, secara cukup tidur membuat psikologis kita lebih stabil
- Jalan-jalan, pacaran, atau lakukan hoby kita gan

4. Jika penyebabnya perubahan cuaca yg ekstrim
Kenalilah Penyebab Panas Dalam

- Kalau cuaca ekstrim berarti daya tahan tubuh kita jg mesti ekstrim untuk menahannya. Jaga pola makan, olah raga teratur, serta istirahat yang cukup solusinya
- Jika terkena panas terik, lebih baik jangan langsung ke ruangan ber AC, istirahat dulu ke tempat yg teduh agar badan kita tidak kaget.

5. Jika penyebabnya kesehatan mulut dan gigi terganggu serta tidak sehat
Kenalilah Penyebab Panas Dalam
Kok bisa sih panas dalam gara-gara kesehatan mulut dan gigi terganggu ?? Jika gigi anda berlubang, salah satu penyebabnya adalah karena kuman, maka kondisi keasaman mulut berubah sehingga mulut anda cenderung bau mulut yang artinya jika ngobrol dengan teman dekat2 pasti bilangnya “wah mulut loe bau, panas dalam loe” emoticon-Ngakak (S)
- Cegahlah dengan banyak minum air putih
- Periksa kesehatan gigi dan mulut ke dokter 6 bulan sekali
- Kurangi minum kopi yang berlebihan
- Sikat gigi teratur

So Kesimpulannya dengan mengenali penyebabnya maka kita akan lebih mudah mengobati panas dalam yang kita alami. terutama panas dalam yang berangsur-angsur tidak sembuh sembuh

Pengobatan Herbal
Pengobatan herbal dapat dilakukan antara lain:
Kacang hijau. Caranya dengan rebus dua genggam kacang hijau dengan air, tambahkan dua ruas jahe dan gula batu secukupnya, minum dua kali sehari akan mengurangi gejala panas dalam.
Rambut jagung yang masih muda. Caranya dengan rebus segenggam rambut jagung dengan air , tambahkan sedikit jahe, dan gula batu, lalu disaring, minum airnya cukup sehari sekali saja, lakukan hingga sembuh.
Air kelapa hijau muda dengan madu. Caranya dengan mencampur satu buah air kelapa dengan tiga sendok makan madu dan minumlah sehari sekali secara perlahan.
Telur ayam kampung. Caranya dengan mencampur satu telur ayam kampung mentah dengan satu sendok madu dan sedikit sari kunyit, minum dengan sekali tegukan, dan istirahat secukupnya.

Spoiler for sumber:


Sekian dari ane gan, lebih kurangnya silahkeun tambahkan nanti ane tambahkeun ke artikelnya. Jangan lupa gan emoticon-Cendol (S) dan emoticon-Rate 5 Star , nanti saya doakan dapat jodoh yg kaya sama panjang umur emoticon-Wink
di komeng dong gan emoticon-Sorry
Gan, itu minum air kelapa dan kacang ijonya bisa ditambah gula?
Kalo setau ane gula nambah gatel tenggorokan.
Ohiya, cuaca ekstrem yang mengakibatkan ane seperti ini.
Madu yang bener-bener 100% asli susah dicari gan emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By ewongedan
Gan, itu minum air kelapa dan kacang ijonya bisa ditambah gula?
Kalo setau ane gula nambah gatel tenggorokan.
Ohiya, cuaca ekstrem yang mengakibatkan ane seperti ini.


gula batu aja gan
Quote:Original Posted By ewongedan
Madu yang bener-bener 100% asli susah dicari gan emoticon-Mewek


Banyak kok gan di supermarketemoticon-Big Grin
Tapi ane beneran gak tau deh panas dalam itu kek gimana?emoticon-Bingung (S)
Gan ratingnya dong ganemoticon-Matabelo emoticon-Rate 5 Star
gan kalo buang air besar disertai darah yang banyak itu kira2 panas dalam yg disebabkan oleh apa ya?
Quote:Original Posted By sugar.plum
gan kalo buang air besar disertai darah yang banyak itu kira2 panas dalam yg disebabkan oleh apa ya?


Karena kurang serat dan air putih gan ... banyakin makan sayuran, sama hindari pedes dulu lama2 bisa ambeien gan kyk ane dulu sering makan mie sama pedes emoticon-Matabelo
Wah terimaksih infonya gan, kebetulan ane lagi nyari-nyari solusi panas dalam nih..
Ganngu banget nih panas dalam dah bbrapa hari..
Mudah2an Thread bakal rame, soalnya lg musim pancaroba ini, perubahan suhu extrim..
Maaf gan lum iso, emoticon-Rate 5 Star aja yah..
ane biasanya minum ade* s*ri emoticon-Malu
kalau telur ayam kampungya di ganti pake telur ayam negeri bisa ga ya..??

makasih gan nice share emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By BurningSoulz
makasih gan nice share emoticon-Big Grin


Sama2 gan
ayo nyang lg panas dalem dibaca aja emoticon-Kiss
Bagi2 info penyebab panes dalem gans. Nyok dibaca
Sepi gans yang komeng emoticon-Sorry
Yang Lg Panas dalem Baca nh emoticon-Matabelo
Nice info gan, kalo minum sejenis ad****ri gitu menyembuhkan gak soh gan sebenarnya?
Quote:Original Posted By Falexza
Nice info gan, kalo minum sejenis ad****ri gitu menyembuhkan gak soh gan sebenarnya?


Kalau sekali2 sih sah2 aja gan. tapi kalau berlebihan, hati2, sesuatu yang dibungkus instant memberikan efek samping biasanya