KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
NADA TERTINGGI DI INDONESIA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51d57f75be29a0ad0d000007/nada-tertinggi-di-indonesia

NADA TERTINGGI DI INDONESIA

emoticon-SorryMaaf Kalo Repost emoticon-Takut

Siapakah penyanyi dengan nada tertinggi di Indonesia?

Agnes Monica Bb6? Dessy Fitri C7? Ataukah Gita Gutawa C#7?

NADA TERTINGGI DI INDONESIA

Memperkenalkan, seorang penyanyi amatir, dia adalah Trindel Wahyitno. Mungkin anda baru mendengar nama itu. Lahir di Temanggung, Jawa Tengah ini baru merilis beberapa lagu demo, sehingga belum banyak dikenal di masyarakat. Dia adalah seorang musisi, pencipta lagu, pengaransemen, & composer lagu amatir untuk dirinya sendiri. Genre yang diusung oleh Trindel adalah pop, balada, slowrock, dan beberapa genre musik kontemporer lainnya.

Meskipun tidak memiliki postur badan setinggi Budi Doremi, namun dia memiliki jangkauan vocal yang sangat lebar dengan nada terrendah sekitar nada C0 dan pernah mencapai nada tertinggi A8 berarti ia memiiki jangkauan 8 oktaf + 5 nada. Dalam video terbarunya, Trindel bahkan mampu menjangkau nada E9, luar biasa kan. Hal ini menjadikannya sebagai pria /penyanyi dengan nada tertinggi sekaligus oktaf terlebar di Asia yaitu E9 dengan jangkauan oktaf selebar 9 oktaf. Perlu kita ketahui pemecah rekor nada tertinggi di dunia versi Guinnes adalah Mariah Carey (USA) G#7 tahun 1992, Adam Lopez (Australia) Eb8 tahun 2003 & 2004, Georgia Brown (Brazil) G10 tahun 2006. Sedangkan nada tertinggi di Asia sejauh ini adalah Lin Bao (China) C8. Untuk jangkauan vokal terlebar di dunia sejauh ini adalah Nicola Sedda E1-A9 (8 oktaf + 2,5 nada).

Berikut adalah daftar penyanyi dengan nada tertinggi di dunia

Georgia Brown G10
Nicola Sedda A9
Trindel Wahyitno E9
Adam Lopez Eb8
Dorico Alonzo Tyree C#8
Lin Bao & Jacqueline Nix C8
Nina Hagen Bb7
Mariah Carey & Violetta Villas G#7
Betty Wright, Rihana, Prince, & Mylla Karlvalho G7
Minnie Riperton F#7

Jika dilihat dari jangkauan suara asli/modal register, maka sebenarnya Trindel hanya memiliki jangkauan vocal chest voice murni yaitu sekitar A1-E4 dengan nada optimal antara C2-C4 yang artinya dia memiliki tipe vokal contrabass (dibawah bass). Namun karena ia menguasai 9 register suara, dia dapat memperlebar jangkauan vokalnya menjadi lebih dari 9 oktaf. Register selain chest voice tersebut adalah vocal fry, vocal growl, pressured voice, falsetto, mixed voice, head voice, whistle register, dan ultra register. Namun register-register itu hanya dijadikan variasi dalam bernyanyi untuk memperindah lagu. Dalam setiap lagu-lagunya, ia hanya menyanyikan lagu-lagu dengan nada suara asli (chest voice/modal register) di wilayah bass sesuai dengan tipe suara yang ia miliki.

Dia adalah penyanyi pria pertama di Indonesia dan Asia yang bernyanyi menggunakan whistle register. Sebelumnya penyanyi pertama di Indonesia yang menggunakan whistle register ialah Dessy Fitri, bukan Agnes Monica seperti yang banyak ditulis para penggemar Agnes. Sebagaimana kita ketahui penyanyi-penyanyi dunia yang sering menggunakan whistle register di dalam beberapa lagunya adalah Mariah Carey, Minnie Reperton, Georgia Brown, Adam Lopez, Lin bao dan lain sebagainya.

Nah jika anda ingin mendengarkan musik dengan warna baru di Indonesia silakan saja dengarkan lagu-lagu dari Trindel Wahyitno. Lagunya cukup enak buat pengantar tidur emoticon-2 Jempol

Silahkan dengarkan suara emasnya di :
Reverbnation
SoundCloud
YouTube

Sumber
Sumber
Diubah oleh arinugroho1997
belum tau ane gan coba mau liat di youtube
soimah tinggi ga tuh gan?


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di