CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gan... Babad Diponegoro dan Negarakertagama Telah Diakui UNESCO Jadi "Memori Dunia"
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51d501c34f6ea15a3c000007/gan-babad-diponegoro-dan-negarakertagama-telah-diakui-unesco-jadi-quotmemori-duniaquot

Gan... Babad Diponegoro dan Negarakertagama Telah Diakui UNESCO Jadi "Memori Dunia"

Gan... Babad Diponegoro dan Negarakertagama Telah Diakui UNESCO Jadi "Memori Dunia"
Dua manuskrip kuno asal Indonesia, Babad Diponegoro dan Kitab Negarakertagama, terpilih sebagai Memory of the World 2013 oleh UNESCO.

UNESCO menetapkan 54 manuskrip dari puluhan negara sebagai Memory of the World 2013, melalui konferensi yang diadakan di Korea Selatan pada 18-21 Juni 2013 lalu.

Dalam situs webnya, UNESCO menyebut Babad Diponegoro sebagai autobiografi dari seorang pangeran Jawa yang juga merupakan seorang pahlawan nasional dan pejuang Islam yang hidup pada 1785-1855. Sedangkan Kitab Negarakertagama disebut sebagai testimoni bagi seorang raja di Indonesia yang berasal dari abad ke-14, yang senantiasa menekankan pada demokrasi, keadilan sosial, kebebasan beragama, serta keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

Babad Dipenogoro berisi tentang catatan perjalanan dan perjuangan Pangeran Diponegoro dari Kesultanan Yogyakarta, dalam perang melawan tentara VOC pada 1825-1830. Sang pangeran yang akhirnya tertangkap dan diasingkan di Makasar sampai akhir hayatnya ini, mendapatkan gelar kehormatan sebagai pahlawan nasional dari Presiden Soeharto pada 1973. Manuskrip Babad Diponegoro kini disimpan di Perpustakaan Nasional Indonesia.

Sementara itu, Negarakertagama yang merupakan hasil karya tulis Mpu Prapanca dalam bahasa Jawa Kuno itu, menceritakan tentang kepemimpinan Raja Hayam Wuruk yang menghadirkan masa kejayaan bagi Kerajaan Majapahit. Kitab ini sempat hilang sebelum akhirnya ditemukan oleh seorang Belanda. Kitab Negarakertagama kemudian dibawa ke negeri Belanda dan disimpan di Perpustakaan Universitas Leiden, namun akhirnya dikembalikan ke Indonesia pada 1973.

Memory of the World yang telah dimulai sejak 1992 ini, bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian dunia terhadap kelestarian catatan-catatan kuno bersejarah yang mungkin terancam akibat perang, perdagangan ilegal, dan bentuk ancaman kerusakan lainnya.

Dokumen dunia lainnya yang masuk ke dalam Memory of the World 2013 adalah: Catatan Perjalanan Vasco da Gama ke India, Catatan Penemuan Insulin, Manuskrip Susrutambhita dari Nepal, Manuskrip Mamluk Qur’an dari Mesir, Catatan tentang Tibet dari masa Dinasti Yuan Tiongkok, dan lain sebagainya.

sumber

Gan... Babad Diponegoro dan Negarakertagama Telah Diakui UNESCO Jadi "Memori Dunia"Gan... Babad Diponegoro dan Negarakertagama Telah Diakui UNESCO Jadi "Memori Dunia"


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Makasih agan2 sekalian emoticon-2 Jempol

Quote:
Diubah oleh oscar.nugroho
Halaman 1 dari 29
baguslah, sayangnya bangsa sendiri banyak yg ga tau isi kitab negarakertagama emoticon-Ngakak
wah nice inpoh gan, tadi pagi ane juga sempet baca berita itu
perasaan beritanya td keluar di tipi deh gan emoticon-Matabelo
PERTAMAX MAHAL GAN, INI MALAH NUMPAHIN REPSOLemoticon-Ngakak
wow hebat gan
Quote:


bener banget gan
Quote:


iya gan, mestinya dah dr kmrn lusa kabarnya, br ane post hr ini.. hehehe buat tambah pengetahuan bagi kaskusers
besok jadi HT nih.. semoga bener. Soalnya ini pengetahuan umum yang perlu diketahui seluruh Indonesia emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Mantap gan,harus dibaca neh coz lom terlalu kenal ane
Quote:


ya beneran lah gan, cek di sini
Nice Share Gan, Ane Mejeng Dulu Ya Ganemoticon-Traveller
manteb dah tambah lagi warisan dunianya emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh sukses5758
Ambanaa
Ga ada pict skrip aslinya?
"Memory of The World"

Mestinya gt, ada catatan masa lalu yg pernah ditulis dunia

Epic emoticon-Angkat Beer
Syukurlah, walaupun ane gak pernah baca dan gak tau isinya emoticon-Malu (S)
Bagus gan.. Gue baru tahu ini

Sekalian tutup PEKWAN !!
Diubah oleh HasanBean
wah keren gan harus dilestarikan sejarah kita
Halaman 1 dari 29


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di