CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Peneliti: Operasi Sambung Kepala Manusia Bisa Dilakukan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51d411b21e0bc38f4a000001/peneliti-operasi-sambung-kepala-manusia-bisa-dilakukan

Peneliti: Operasi Sambung Kepala Manusia Bisa Dilakukan

Peneliti: Operasi Sambung Kepala Manusia Bisa Dilakukan

VIVAnews - Temuan ini terdengar aneh. Mustahil. Tapi bagi seorang ahli bedah syaraf, Sergio Canavero, hal ini bisa dilakukan dan akan sangat menentukan masa depan manusia. Temuan yang bikin heboh itu adalah soal transpalansi kepala manusia atau penyambungan kepala dan tubuh. Kepala si A, misalnya, bisa disambungkan dengan tubuh si B.

Temuan ini sangat berguna terutama demi menolong mereka yang terkena penyakit lumpuh. Artinya memang harus ada donor. Menurut Sergio, hal ini sangat mungkin dilakukan di masa depan sebab secara teoritis bisa, sebagaimana dilansir Telegraph, 3 Juli 2013.

Bagaimana caranya?

Caranya hampir sama dengan apa yang dilakukan pada hewan. Untuk diketahui soal sambung menyambung kepala dan tubuh ini memang sudah pernah dilakukan pada hewan di tahun 1970. Saat itu salah seorang ahli bernama Robert White sukses menyambungkan kepala monyet jenis rhesus ke tubuh monyet rhesus lainnya.

Tiga dekade kemudian, tepatnya tahun 2001, para ahli AS melakukan operasi serupa dan memang berhasil.

Yang kurang berhasil adalah monyet hasil transplantasi Dr White itu. Semula setelah kepala disambung dengan tubuh, indra penciuman sang monyet sudah berfungsi, sudah mampu pula membuka mata, serta merasakan makanan. Sayangnya, karena Dr White tidak dapat menyambungkan spinal cord (saraf tulang belakang), sehingga akhirnya monyet itu lumpuh dan mati beberapa jam sesudah pembedahan.

Lalu percobaan yang sama diteliti untuk manusia? Ya, agak ngeri-ngeri cerdas memang. Tapi sejumlah ahli meragukannya. Terutama karena susah menyambungkan saraf-saraf tulang belakang itu dengan syarat-syarat di kepala. Dan toh White sudah pernah gagal melakukannya.

Tapi menurut Canevaro, kegagalan White itu semata karena teknologi pada tahun 1970 belumlah semaju sekarang. "Kemajuan teknologi untuk menghubungkan kembali sumsum tulang belakang sudah mungkin terjadi. Terobosan itu mampu menyembuhkan kelumpuhan yang diderita oleh manusia," katanya.

Dia lalu menguraikan secara deteil perdebatan soal sumsum tulang belakang itu. Hambatan teknis dari usaha penyambungan itu adalah kesamaan sel tulang belakang antara pendonor dan penerima. Sama halnya seperti golongan darah.

"Namun, dengan berkembangnya teknologi, isu itu akan bisa diatasi. Saya yakin, dengan didukung dokter-dokter ahli, operasi penyambungan dapat dilakukan dalam waktu 36 jam dengan biaya kurang lebih £8,5 juta (setara Rp128 miliar)," ujar Canavero optimistis.

"Ini bukan fiksi ilmiah, tapi bisa dilakukan pada hari ini. Operasi penyambungan ini mampu memberikan kehidupan baru bagi manusia. Kendala terbesar adalah masalah dana," tambahnya.

Prosedur transplantasi

Canevaro menambahkan bahwa prosedur transplantasi sama dengan yang dilakukan pada hewan. Menidurkan kedua belah pihak yang akan menjalani transplantasi.

Kemudian kepala yang akan ditransplantasi didinginkan antara 12- 15 derajat Celcius. Selanjutnya, ahli bedah punya waktu satu jam untuk memindahkan kedua kepala dan menyambungkan kembali transplantasi kepala ke sistem peredaran dari tubuh donor.

Soal batasan waktu satu jam itu mempertimbangkan waktu terlama otak dapat bertahan hidup tanpa aliran oksigen dan darah.

Dalam paper-nya, ia mengusulkan pemotongan spinal cord dengan pisau bedah tajam, kemudian secara mekanik menyambungkan spinal cord dari salah satu tubuh ke tubuh yang lain.

"Pemotongan tuntas jadi kunci untuk penyatuan spinal cord. Oleh karena itu, memungkinkan jalur transmisi utama sistem saraf yang membantu membuat saraf (akson) terdekat menyatu dengan akson lainnya," jelasnya.

Penyatuan itu memanfaatkan fusogen atau sealant, yang memperbaiki kerusakan membran sel akibat cedera secara mekanik.

Sementara kepala disambungkan, tubuh donor harus didinginkan dan diletakkan pada posisi cardiac arrest—perawatan hilangnya fungsi jantung. Kemudian jantung tubuh donor dapat dihidupkan kembali setelah kepala disambungkan.

Kendati uji coba penyambungan kepala ke tubuh tulang belakang belum dicoba, ia tetap yakin. Canavero mengandalkan keberhasilan pada penelitian sebelumnya, yang mana ilmuwan telah menghubungkan kembali spinal cord tikus dan anjing.

Dianggap aneh

Namun, klaim dari Canavero langsung ditolak oleh Profesor Anthony Warrens dari British Transplantation Society. Dia mengatakan, menghubungkan kepala dan tubuh manusia tidak ada gunanya. Dia menganggap ini konsep yang benar-benar aneh.

Profesor Anthony tidak sendirian. Dr Calum Mackellar dari Scottish Council on Human Bioethics pun mengatakan konsep yang ditawarkan Canavero tidak masuk di akal.

"Tindakan menyambungkan kepala dan tubuh manusia adalah seperti adegan pada film horor," tuturnya.

sumber: VIVANEWS

ini membuktikan bahwa jiwa manusia berada di otak (pusat syaraf) seperti kata sains, bukan di hati (dada) seperti kata agama.

hewan/manusia dianggap kembar siam (berjiwa dua) jika berkepala (berotak) dua, bukan berdada dua, bertangan empat, berkaki empat, dll.
Halaman 1 dari 2
udah ga usah kepala dulu nyambung tangan dah bisa belom ?
kalo itu terjadi beneran bakalan ada yg revisi hukumnya keknya emoticon-Big Grin
potong tangan koruptor keknya kedepan ga bakal ngefek kalo ada nih penemuan emoticon-Big Grin
Diubah oleh elf321
Tangan robot ditransplantasikan ke tubuh manusia dan disambungkan ke sistem syaraf dari otak sehingga dapat digerakkan oleh otak:





Saat ini baru bisa tangan robot. Menyambungkan tangan asli lebih sulit karena organ manusia mudah rusak setelah terlepas dari tubuh. Mungkin 10 tahun lagi baru bisa. Tapi sebagian organ sudah bisa ditransplantasikan ke manusia seperti ginjal, hati, paru-paru, dll.
Diubah oleh pengamat.bpln
jadi inget pilem warkop manusia 6 juta dollaremoticon-Ngakak
ngebayanginnya aja udah ngeri2 sedap gan
emoticon-Malu (S)
Wah, gw jadi inget film Robocop emoticon-Big Grin

sekarang mungkin bakalan jadi kenyataan kali yah? emoticon-Wink
Gw jadi inget video ini



Tahun 1905 di perancis, seorang dokter melakukan penelitian mengenai berapa lama kepala manusia bisa sadar setelah terlepas dari tubuhnya. kepala yg sudah dipenggal itu dipanggil namanya oleh dokter beberapa kali, dan dia membuka mata setiap kali namanya dipanggil. jadi sekitar 10-20 detik kepala kita masih bisa melihat, mendengar, berpikir dan merasakan sakit jika dipenggal dengan cepat. makanya hukuman pancung di arab matanya ditutup dulu sebelum dieksekusi
Diubah oleh fakepath
yg penting mah bukan teknisnya,
tapi kemajuan ilmu kedokteran harus kita apresiasi..

semoga sebentar lagi HIV & kanker bisa disembuhin ya dok
penemuan pembuktian sains vs agama nih..... kalo terbukti bisa2 teori agama gugur...apakah manusia memilki ruh.. apabila meninggal tidak biaa balik lagi..
ane tgg pekermbangannya emoticon-Big Grin
Diubah oleh elf321
Quote:


emang defenisi meninggal adalah kepala lepas dari badan??




Quote:


hati ada di dada?

lu belajar biologi dimana gan? Peneliti: Operasi Sambung Kepala Manusia Bisa Dilakukan
semakin aneh aja pemikirannya.. kasian.. emoticon-Cape d... (S)
g usah bandingkan agama sama sains yg ada kita jadi g percaya tuhan smua...
gw imani apa yg gw percaya...
da gw manfaatkan teknologi yg ada..
dan soal percaya apa g percaya sama Tuhan kan urusan pribadi dia sama Tuhannya toh g kan ngefek sama kita klo dia masuk neraka ato surga kan sendirian g ngajak2.....
Quote:

tes aj gan kepala lo copot mati tidak...?
woi jgn maen edit post orang lah sapa yg bilang hati di dada? parah emoticon-Ngakak
Diubah oleh elf321
Quote:

Nyambung tangan? Sudah bisa kan?
Transplantasi tangan sudah pernah dilakukan, baik transplantasi dari orang lain maupn dari tubuh sendiri
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


ngeri aja gan sedapnya gak ada emoticon-Frown
Quote:

wah ane gtw byk soal teknologi medis... tuh yg atas bilang baru bisa sambung tangan robot
ane bacanya kok malah emoticon-Takut
Yg namanya teori beda dengan fakta,
Suatu teori bisa gugur jika muncul teori baru yg lebih teruji, namun fakta sampai kapanpun mutlak kebenarannya emoticon-shakehand:

Jadi kalau baru sekedar teori mah emoticon-Malu (S)

Quote:


paru ama jantung aja bisa
mata aja bisa diganti kamera

trust in science brather... emoticon-Busa
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di