alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51ce956159cb17cc3c000001/help-tentang-penyakit-glaukoma-ada-yang-punya-pengalaman
[HELP] Tentang Penyakit GLAUKOMA, ada yang punya pengalaman???
Jadi begini ceritanya, adik saya sudah dinyatakan menderita glaukoma sejak akhir 2010,

saya sudah melkukkan check up dan melakukan pengobatan sejak itu, dimana pada saat awal tekanan mata yang tinggi sudah terkontrol berkat vitamin mata, asupan makan yang baik dan tidak lupa menggunakan tetes mata timol 0,5 atas petunjuk dokter.
tapi begitu tekanan kembali normal ( untuk ukuran glaukoma 17-18).
oleh dokter disarankan cukup menggunakan timol saja.


hingga sata ini pun tetap digunakan (kata dokter, smpai seumur hidup tetes mata ini tidak boleh lepas)
Hanya saja 5 hari yang lalu, saat bangu tidur, adek saya kaget sekali, karena tiba2 penglihatanx sudah ada semacam cekungan hitam yang lumayan gelap, (dia dulu cuma ada garis2 biasa, sekarang sudah agak pekat).
alhasil saya bawa kedokter, tekanan mata sih (20-21), katax sih mash batas wajar, tpi hrusx kan lebih baik karena tetap menggunakan timol.
tapi dokter lebih meneliti lagi, krna ini tanda tanya, kenapa kok bsa penglihatannya seperti itu,krna tekanan dlam batas wajar,


kemudian ketika di check lebih teliti, saya lupa apa sebutannya, setahu saya kadar adek saya ini sudah masuk 0.6 (yang menurut dokter sudah patut diwaspadai dan dokter menganjurkan operasi) karena kalau sudah buta angkaX 1.0

Saya pribadi ngeri denger kata operasi (masih trauma denger kata operasi)
tapi ya berhubung saya pribadi sekarang memang mempelajari kesehatan, dan sedikit bayak saya sendiri lebih ke arah alternatif, dimana saya kurang lebih mempercayai multivitamin produk, yang hingga saat ini alhamdulilah sudah mengobati berbagai penyakit keluarga saya (kecuali glaukoma ini).


otomatis saya buta arah, apa yang saya harus lakukan, mengobati dengan alternatif atau operasi??
bukannya saya tidak mau operasi, tetapi secara pribadi adik saya takut, dan kalau tidak bisa disembuhkan secara tuntas(apabila operasi tujuannya hanya untuk menunda masa penglihatan{intinya sama saja dengan penggunaan tetes mata}), adik saya sendiri memilih alternatif lain.
(Tulisan saya ini saya buat dengan minus pengetahuan tentang penyakit ini, apalagi saya belum tahu benar tujuan operasi mata ini, jadi maaf jika ada salah kata)

jika memang alternatif, saya mohon masukkannya? kira2 apa?
tetapi Mohon maaf juga, saya tidak terima orang yang menawarkan barang tapi tidak memiliki pengetahuan tentang penyakit ini sendiri, apalagi hanya copy paste testimonial
Saya minta tolong penjelasanX yang tepat apa yang saya harus lakukan karena ini menyangkut masa depan adik saya.

Saya mohon saran dan bantuannya. terima kasih
agan, gejala awalnya gimana ya?
tolong share dong. soalnya ane suspect glaucoma... emoticon-Frown
semoga adek agan diberi kesembuhan y gan..
Quote:Original Posted By paralizers
agan, gejala awalnya gimana ya?
tolong share dong. soalnya ane suspect glaucoma... emoticon-Frown
semoga adek agan diberi kesembuhan y gan..


sorry gan, baru buka kaskus..
adek ane sih gan,
jadi gejala awalX sebelum adek ane di diagnosa menderita glaukoma,
itu mata kadang suka sakit, tapi yang sering sakit itu, kepala gan, jadi adek ane itu migrain terus,, karena sakit kepalanya kok gk sembuh-sembuh, adek ane bilang sakit banget, begitu periksa ke dokter, dokter menyarankan ke dokter mata (sempat bingung ini apa hubungannya) tapi ternyata penyebabNya karena adek saya kena glaukoma, kenapa dia bisa pusing terus, karena saat itu tekanan mataNya meningkat.

jadi adek ane ini termasuk glaukoma yang tiba2, yang akut kalau gk salah, jadi gk kelihatan punya penyakit mata karena mata gk merah,

sedangkan yang kronis, gejalanya bisa tampak dari mata yang sangat merah.


klo boleh tau apa adik agan punya riwayat diabetes atau darah tinggi(hipertensi)??
halo, saya seorang dokter mata, kalo boleh saya bantu sedikit ya..

glaukoma itu adalah kerusakan saraf optik yang berhubungan dengan hilangnya lapang pandang penglihatan, yang kalau berlangsung lama dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara total. Salah satu faktor risiko yang dapat memperburuk perjalanan penyakitnya adalah tekanan bola mata yang tinggi.

Glaukoma dapat terjadi pada usia muda maupun tua, tergantung jenis glaukomanya. Kalau tertarik untuk tahu lebih banyak tentang glaukoma, bisa browsing di google dengan keyword juvenile glaucoma, congenital glaucoma, childhood glaucoma, glaukoma sudut tertutup, glaukoma sudut terbuka. Ini beberapa klasifikasi dari glaukoma. Saya tidak tahu, adik anda didiagnosa dengan klasifikasi yang mana emoticon-Smilie

Glaukoma merupakan penyakit dengan perjalanan yang bisa cepat bisa juga terjadi lambat, tergantung dari keadaan faktor risiko yang dimiliki si pasien. Salah satunya adlah tekanan bola mata yang tidak terkontrol. Yang jadi masalah, kadang walaupun terkontrol, kerusakan dapat terus berjalan, meskipun jauh lebih lambat.

Melihat kerusakan yang terjadi, yaitu ratio cup dan discnya sudah sebesar 0.6, saya memperkirakan mungkin hal ini sebenarnya sudah berlangsung lama, namun bisa saja belum muncul keluhannya, karena lapang pandang yang terganggu masih sedikit. Ketika kerusakan sudah makin besar, dan penglihatan sentralnya semakin kecil, yaitu ketika melihat sesuatu, di bagian pinggirnya seperti gelap, pasien mulai merasa terganggu.

Terapi untuk glaukoma ada bermacam-macam, itupun tergantung dari jenis glaukomanya, dan bagaimana keadaannya ketika datang kontrol kepada dokter mata. Tekanan bola mata disebut tinggi ketika lebih dari 21mmHg. Target dari pengobatan, yaitu dengan pemberian obat2 tetes, tekanan bola mata bisa dibawah 21mmHg. Biasanya dokter akan memberikan 1 macam jenis obat, kalau masih tidak bisa juga 1 macam jenis obat lagi. Pasien wajib kontrol dan kalau bisa dilakukan pengecekan rutin terhadap lapang pandang setiap 6 bulan sekali. Apabila setelah pengobatan didapatkan kerusakan dari saraf optik tetap berjalan apalagi cukup progresif (dimana keadaan optic disc bertambah lagi rationya, misalnya dalam 1 bulan, atau 3 bulan bisa jadi 0,8), maka pilihannya adalah operasi. Jenis operasinya salah satunya trabekulektomi. Operasi ini bertujuan untuk mengontrol tekanan bola mata dengan lebih agresif, sehingga proses terjadinya kerusakan pada saraf optik bisa lebih dihambat.

Saya tidak lihat pasiennya, tapi apabila dengan Timol saja tekanannya masih berkisar di 20-21mmHg, saya rasa obat saja masih kurang. Konsultasikan dengan dokter anda apakah masih bisa dikontrol dengan menambah 1 jenis obat lagi, ataukah operasi sudah menjadi salah satu terapi yg dibutuhkan untuk keadaan adik anda ini.

Mudah2an penjelasan saya bisa cukup membantu. emoticon-Smilie

Thanks.


www.bukamatadantelinga.com

Quote:Original Posted By k.a.n.k.e.r
klo boleh tau apa adik agan punya riwayat diabetes atau darah tinggi(hipertensi)??

gak ada gan, cuma ada riwayat ayahNya penyakit TBC
Quote:Original Posted By k.a.n.k.e.r
klo boleh tau apa adik agan punya riwayat diabetes atau darah tinggi(hipertensi)??


gk ada gan, dari ayahNya sendiri, hanya ada riwayat TBC, sedangkan untuk adik saya sendiri, tidak ada penyakit yang pernah dia alami sebelumNya.
karena kebetulan dia bukan saudara kandung saya, jadi riwayat penyakit keluargaNya, saya tidak terlalu tau

Quote:Original Posted By bukamatatelinga
halo, saya seorang dokter mata, kalo boleh saya bantu sedikit ya..

glaukoma itu adalah kerusakan saraf optik yang berhubungan dengan hilangnya lapang pandang penglihatan, yang kalau berlangsung lama dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara total. Salah satu faktor risiko yang dapat memperburuk perjalanan penyakitnya adalah tekanan bola mata yang tinggi.

Glaukoma dapat terjadi pada usia muda maupun tua, tergantung jenis glaukomanya. Kalau tertarik untuk tahu lebih banyak tentang glaukoma, bisa browsing di google dengan keyword juvenile glaucoma, congenital glaucoma, childhood glaucoma, glaukoma sudut tertutup, glaukoma sudut terbuka. Ini beberapa klasifikasi dari glaukoma. Saya tidak tahu, adik anda didiagnosa dengan klasifikasi yang mana emoticon-Smilie

Glaukoma merupakan penyakit dengan perjalanan yang bisa cepat bisa juga terjadi lambat, tergantung dari keadaan faktor risiko yang dimiliki si pasien. Salah satunya adlah tekanan bola mata yang tidak terkontrol. Yang jadi masalah, kadang walaupun terkontrol, kerusakan dapat terus berjalan, meskipun jauh lebih lambat.

Melihat kerusakan yang terjadi, yaitu ratio cup dan discnya sudah sebesar 0.6, saya memperkirakan mungkin hal ini sebenarnya sudah berlangsung lama, namun bisa saja belum muncul keluhannya, karena lapang pandang yang terganggu masih sedikit. Ketika kerusakan sudah makin besar, dan penglihatan sentralnya semakin kecil, yaitu ketika melihat sesuatu, di bagian pinggirnya seperti gelap, pasien mulai merasa terganggu.

Terapi untuk glaukoma ada bermacam-macam, itupun tergantung dari jenis glaukomanya, dan bagaimana keadaannya ketika datang kontrol kepada dokter mata. Tekanan bola mata disebut tinggi ketika lebih dari 21mmHg. Target dari pengobatan, yaitu dengan pemberian obat2 tetes, tekanan bola mata bisa dibawah 21mmHg. Biasanya dokter akan memberikan 1 macam jenis obat, kalau masih tidak bisa juga 1 macam jenis obat lagi. Pasien wajib kontrol dan kalau bisa dilakukan pengecekan rutin terhadap lapang pandang setiap 6 bulan sekali. Apabila setelah pengobatan didapatkan kerusakan dari saraf optik tetap berjalan apalagi cukup progresif (dimana keadaan optic disc bertambah lagi rationya, misalnya dalam 1 bulan, atau 3 bulan bisa jadi 0,8), maka pilihannya adalah operasi. Jenis operasinya salah satunya trabekulektomi. Operasi ini bertujuan untuk mengontrol tekanan bola mata dengan lebih agresif, sehingga proses terjadinya kerusakan pada saraf optik bisa lebih dihambat.

Saya tidak lihat pasiennya, tapi apabila dengan Timol saja tekanannya masih berkisar di 20-21mmHg, saya rasa obat saja masih kurang. Konsultasikan dengan dokter anda apakah masih bisa dikontrol dengan menambah 1 jenis obat lagi, ataukah operasi sudah menjadi salah satu terapi yg dibutuhkan untuk keadaan adik anda ini.

Mudah2an penjelasan saya bisa cukup membantu. emoticon-Smilie

Thanks.


www.bukamatadantelinga.com



terima kasih banyak dokter atas penjelasanNya, saya jdi lebih mengerti,
Tapi ada sedikit mungkin yang kurang saya pahami,
apakah kalau sudah operasi itu sudah bebas dari penyakit glaukoma ya. saya soalNya kurang taw juga adik saya ini masuk klasifikasi yang mana
mungkin saya kan tanya lebih mendetail lage pada dokternya
hanay saja dokternyabilang, tentunya setelah operasi, sudah bebas dari obat tetes mata, kurag lebih saya mencerna pembicaraan adik saya dapat sembuh dri pnyakit ini, apakah pendapat dokter tentang ini??

dan, sekarang adik saya sudah diberikan obat tetes mata, selain timol juga telah ditambahkan travanta, tapi semenjak pemakaian travanta, mata adik saya malah terlihat sering memerah, apakah ini pertanda baik atau buruk ya dok?
Sebenarnya tidak menjanjikan akan lgs bebas dr obat tetes mata. Tapi kemungkinannya memang ada, tergantung dari respons pasien thd oprasi nanti. Tujuan oprasi utk membantu mengontrol tekanan bola mata, tapi penyakit itu ttp bs berjalan terus. Nanti kalo sesudah oprasi tekanannya bagus, bs jd obat dihentikan total. Rajin kontrol utk mengetahui progresivitas penyakit, pemyakit ini bs bersifat silent killer. Tau2 tjd perburukan tp pasien ga sadar. Jd pd saat kontrol akan dilihat apakah butuh obat lg, bagaimana keadaan matanya dsb. Penyakit ini ada trs, hanya cpt lambatnya yg bs dikontrol. Kerusakan yg tjd tdk bs dikembalikan. Travatan memang kdg2 bikin mata jd merah, itu salah satu efek sampingnya. Tapi kalo obat sdh dihentikan, biasanya merahnya akan hilang sendiri nanti.

Smg bs membantu: )

oprasi gan

oprasi cepet jangan ampe telat.
Quote:Original Posted By bukamatatelinga
halo, saya seorang dokter mata, kalo boleh saya bantu sedikit ya..

glaukoma itu adalah kerusakan saraf optik yang berhubungan dengan hilangnya lapang pandang penglihatan, yang kalau berlangsung lama dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara total. Salah satu faktor risiko yang dapat memperburuk perjalanan penyakitnya adalah tekanan bola mata yang tinggi.

Glaukoma dapat terjadi pada usia muda maupun tua, tergantung jenis glaukomanya. Kalau tertarik untuk tahu lebih banyak tentang glaukoma, bisa browsing di google dengan keyword juvenile glaucoma, congenital glaucoma, childhood glaucoma, glaukoma sudut tertutup, glaukoma sudut terbuka. Ini beberapa klasifikasi dari glaukoma. Saya tidak tahu, adik anda didiagnosa dengan klasifikasi yang mana emoticon-Smilie

Glaukoma merupakan penyakit dengan perjalanan yang bisa cepat bisa juga terjadi lambat, tergantung dari keadaan faktor risiko yang dimiliki si pasien. Salah satunya adlah tekanan bola mata yang tidak terkontrol. Yang jadi masalah, kadang walaupun terkontrol, kerusakan dapat terus berjalan, meskipun jauh lebih lambat.

Melihat kerusakan yang terjadi, yaitu ratio cup dan discnya sudah sebesar 0.6, saya memperkirakan mungkin hal ini sebenarnya sudah berlangsung lama, namun bisa saja belum muncul keluhannya, karena lapang pandang yang terganggu masih sedikit. Ketika kerusakan sudah makin besar, dan penglihatan sentralnya semakin kecil, yaitu ketika melihat sesuatu, di bagian pinggirnya seperti gelap, pasien mulai merasa terganggu.

Terapi untuk glaukoma ada bermacam-macam, itupun tergantung dari jenis glaukomanya, dan bagaimana keadaannya ketika datang kontrol kepada dokter mata. Tekanan bola mata disebut tinggi ketika lebih dari 21mmHg. Target dari pengobatan, yaitu dengan pemberian obat2 tetes, tekanan bola mata bisa dibawah 21mmHg. Biasanya dokter akan memberikan 1 macam jenis obat, kalau masih tidak bisa juga 1 macam jenis obat lagi. Pasien wajib kontrol dan kalau bisa dilakukan pengecekan rutin terhadap lapang pandang setiap 6 bulan sekali. Apabila setelah pengobatan didapatkan kerusakan dari saraf optik tetap berjalan apalagi cukup progresif (dimana keadaan optic disc bertambah lagi rationya, misalnya dalam 1 bulan, atau 3 bulan bisa jadi 0,8), maka pilihannya adalah operasi. Jenis operasinya salah satunya trabekulektomi. Operasi ini bertujuan untuk mengontrol tekanan bola mata dengan lebih agresif, sehingga proses terjadinya kerusakan pada saraf optik bisa lebih dihambat.

Saya tidak lihat pasiennya, tapi apabila dengan Timol saja tekanannya masih berkisar di 20-21mmHg, saya rasa obat saja masih kurang. Konsultasikan dengan dokter anda apakah masih bisa dikontrol dengan menambah 1 jenis obat lagi, ataukah operasi sudah menjadi salah satu terapi yg dibutuhkan untuk keadaan adik anda ini.

Mudah2an penjelasan saya bisa cukup membantu. emoticon-Smilie

Thanks.


www.bukamatadantelinga.com




gan, kalo glaukomanya udah akut, dioperasi bisa sembuh ga gan? soalnya tetangga ane ada yang udah akut, sampe buta gitu gan...
mohon bantuannya gan..
Gan papa ane juga kena. emoticon-Frown ,, ane bingung sebenernya ap penyebab ny seorang bis kena ini.
semoga adik agan dan agan atas ane cepat sembuh ya emoticon-Shakehand2
ane 22th sudah vonis glaukoma sjak 17th. kalo mau sharing cepat bisa wa ane gan maklum jarang ngaskus
ane 22th sudah vonis glaukoma sjak 17th. kalo mau sharing cepat bisa wa ane gan maklum jarang ngaskus
Quote:Original Posted By lightez
ane 22th sudah vonis glaukoma sjak 17th. kalo mau sharing cepat bisa wa ane gan maklum jarang ngaskus


bagi WAnya gan, ane mau sharing2
gan, ciri-ciri glukoma bijimane gan?? kemaren2 ane priksa mata ke Rumah Sakit. Niatnya ane cuman mau ngecek minus mata. Gak taunya, kata dokter ane kena glukoma gan..cuman selama ini mata ane biasa2 aja gan. cuman ngerasa agak burememoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By kutil.badak
gan, ciri-ciri glukoma bijimane gan?? kemaren2 ane priksa mata ke Rumah Sakit. Niatnya ane cuman mau ngecek minus mata. Gak taunya, kata dokter ane kena glukoma gan..cuman selama ini mata ane biasa2 aja gan. cuman ngerasa agak burememoticon-Shakehand2



terjadi penyempitan lapangan pandang, ciri khasnya sih kalau jalan sering nubruk2 sekitar gan karena pandangan tidak seluas org normal.
Tekanan bola mata juga umumnya tinggi.

lebih baik segera di tangani gan drpd luas pandangan makin menyempit.
Quote:Original Posted By hermanwa
terjadi penyempitan lapangan pandang, ciri khasnya sih kalau jalan sering nubruk2 sekitar gan karena pandangan tidak seluas org normal.
Tekanan bola mata juga umumnya tinggi.

lebih baik segera di tangani gan drpd luas pandangan makin menyempit.


màkasih agan emoticon-Shakehand2
emoticon-Cool emoticon-Cool
Gimana sekarang kondisi adik ente gan?
Sekedar info,ada Yayasan Glaukoma Indonesia,Mungkin bisa di buka untuk baca2 info lebih lengkap tentang glaukoma.

Kalo dokter glaukoma ada beberapa dokter senior di JEC (Jakarta Eye Center) bisa buka web JEC untuk infonya.

Hope that helps emoticon-Smilie