CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Sejarah Siomay
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51cd23831ed7194e2b00000b/mengenal-sejarah-siomay

Mengenal Sejarah Siomay

Misi Mimin Momod di thread ini ane ingin memberi tahu tentang sejarah Siomay dan manfaat nya hehehe mohon maaf jika masih berantakkan masih newbie soalnya hahaha emoticon-I Love Indonesia (S) NO REPOST

Siomai atau siomay adalah salah satu jenis dim sum. Dalam bahasa Mandarin, makanan ini disebut shaomai, sementara dalam bahasa Kanton disebut siu maai. Dalam dialek Beijing, makanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Kulit siomai adalah serupa dengan kulit pangsit. Makanan ini konon berasal dari Mongolia Dalam.
Siomay awalnya hanyalah salah satu menu yang terdapat dalam makanan Dim Sum. Siomay pun dibuat dengan cincangan daging yang dibaluti oleh kulit pangsit. Namun ternyata siomay di Indonesia, berubah bentuk, karena isinya bukan lagi daging , melainkan ikan tenggiri, udang, ataupun ayam, jadi dijamin siomay Indonesia pasti halal.Bentuknya pun menjadi sedikit berubah yang tadinya silinder, kini seperti bakso yang bulat.

Siomay di Indonesia tidak hanya disajikan dengan siomay saja, namun ditambah juga dengan berbagai sayuran yang sehat dan penuh manfaat. Menu tambahannya itu mulai dari kentang, kol, pare, tahu, hingga telur ayam. Kadang di dalam menu siomay juga dimasukan otak-otak dan pangsit basah yang membuat kaya rasanya. Improvisasi inilah yang dilakukan di Bandung, gunanya agar siomay lebih mengena dengan yang lebih suka makan sayuran.
Dalam resep masakan Cina, siomai adalah daging babi cincang yang dibungkus kulit yang tipis dari tepung terigu. Walaupun demikian, siomai juga dibuat dari udang, daging kepiting, atau daging sapi. Siomai dibuat berbentuk silinder, dan di atasnya diberi hiasan seperti telur kepiting, parutan wortel, atau kacang polong. Setelah dimatangkan dengan cara dikukus, siomai dimakan dengan cuka atau kecap asin.
Dalam masakan Indonesia terdapat berbagai jenis variasi siomai berdasarkan daging untuk isi, mulai dari siomai ikan tenggiri,ayam, udang, kepiting, atau campuran daging ayam dan udang. Bahan untuk isi dicampur dengan sagu atau tapioka. Di beberapa daerah, siomai tidak selalu dibungkus dengan kulit dari tepung terigu (kulitPangsit).
Siomai biasanya disajikan dengan beberapa jenis bahan pelengkap. Pelengkap siomai yang biasa disajikan antara lain telur ayam rebus dan sayuran seperti kentang, periadan kubis. Sebelum dihidangkan, biasanya siomai dan bahan pelengkapnya dikukus agar dapat disajikan dalam kondisi hangat. Tahu bakso (tahu putih dan tahu kulit yang diisi adonan tapioka) juga dapat dimasukkan ke dalam jenis siomai. Karena itulah di Jawa Barat, siomai juga populer dengan sebutan Bakso Tahu.
Siomai umumnya dihidangkan dengan siraman saus kacang yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan dan diencerkan dengan air. Bumbu untuk saus kacang ini antara lain cabai merah, bawang putih, gula pasir,asam jawa,bawang putih,garam dapur, dancuka. Sewaktu disajikan, siomai bisa ditambahkan kecap manis, sambal botol dan perasan jeruk limau.
Mengenal Sejarah Siomay
Di Jawa Barat teknik penyajian Bakso Tahu terbagi menjadi dua, yaitu bakso tahu kering dan bakso tahu basah. Umumnya pedagang yang menyajikan siomai dengan kedua pilihan penyajian ini juga menyediakan batagor dengan penyajian kering dan basah. Bakso tahu/batagor kering, disajikan dengan bumbu kacang seperti siomai/batagor pada umumnya. Adapun bakso tahu/batagor basah (disebut juga bakso tahu/batagor kuah) adalah siomai/batagor (beserta berbagai bahan pelengkapnya) yang disajikan di dalam kuah kaldu, dengan taburan seledri, bawang goreng dan kecap manis.
Kini Siomay bukan dalam jenis dim sum saja tetapi juga bisa kita jumpai di tiap jalan dengan perbedaan isi dan jenis siomay tersebut

Manfaat dan kandungan gizi yang diperoleh dari siomay yakni :
Siomay adalah makanan dengan siraman bumbu kacang yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Siomay mengandung energi sebesar 162 kilokalori, protein 7,5 gram, karbohidrat 24,4 gram, lemak 3,8 gram, kalsium 3,56 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 2,41 miligram.Selain itu di dalam Siomay juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 170 gram Siomay, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Siomay :

Nama Bahan Makanan : Siomay
Nama Lain / Alternatif : Somay
Banyaknya Siomay yang diteliti (Food Weight) = 170 gr
Bagian Siomay yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Siomay = 162 kkal
Jumlah Kandungan Protein Siomay = 7,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Siomay = 3,8 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Siomay = 24,4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Siomay = 3,56 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Siomay = 0 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Siomay = 2,41 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Siomay = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Siomay = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Siomay = 0 mg
Khasiat / Manfaat Siomay : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : S

Selain itu didalam bahan bahan siomay seperti kentang,pare,tahu,kubis/kol dan telur juga mempunyai manfaat dan kandungan yang diperlukan tubuh seperti :
1. Kentang

Manfaat Kentang
1. Sebagai penawar racun alami asam yang berlebihan atau asidosis. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh.
2. Kentang mempunyai banyak khasiat. Di antaranya potassium, vitamin C (sumber kedua selepas oren), membekalkan karbohidrat kompleks dan fiber atau gentian kepada gula darah (blood sugar) dan pengawalan tekanan darah. Ia juga mengandungi vitamin B1, B2 dan B3 serta sedikit kandungan protein dan zat besi.
3. Kandungan potasium kentang, dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Jumlah lemaknya di bawah paras 25%, sehinga dapat menghalang endapan kolesterol di dalam lapisan saluran darah. Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah.
4. Kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah. Menjamin system ketahanan badan, karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi.
5. Kentang juga bisa memutihkan dan melembutkan tangan. Ini menunjukkan kentang bukan saja bermanfaat untuk tujuan pengobatan. Kandungan potassium, dan Vitamin C pada kentang sangat cocok untuk untuk perawatan kulit, seperti wajah berminyak dan berjerawat. Bagi kulit berminyak, dua buah kentang dikupas dan diparut. Lalu dioleskan pada wajah hingga rata, biarkan selama 1/2 jam. Bersihkan dengan air dingin bersih. Sementara untuk jerawat, sebuah kentang diiris tipis-tipis, tempelkan ke seluruh wajah. Biarkan sampai kentang menjadi kering dan berwarna keabuan. Bersihkan dengan air bersih dingin.
6. Kentang sangat cocok bagi Anda yang memiliki penyakit maag atau sering mangalami sakit karena kelebihan asam lambung. Sebab dalam kentang terkandung atropine yang dapat memebantu mengurangi asam lambung dan mengurangi sakit pada lambung.
7. Biasanya zat lysine tidak terdapat pada nabati, tetapi di dalam kentang terdapat lysine yang sangat penting dalam pertumbuhan badan dan otak. Dengan kentang kita dapat mengkonsumsi Vitamin C secara mudah. Karena vitamin C di dalam kentang tidak hilang setelah masak karena dikelilingi oleh sari pati. Walaupun kalorinya cukup rendah, kentang dapat menyebabkan kegemukan karena adanya Glycemic Index.
8. Kentang mempunyai khasiat membuat mata yang lelah kembali bersinar serta dapat menghilangkan bengkak pada mata. Parutlah kentang lalu masukkan ke dalam kain tipis yang bersih (kain kasa atau kain mori) dan kompreskan ke kelopak mata.
2. Pare
Dari rasanya yang pahit itu ternyata buah Pare mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Buah Pare mampu untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kronis. Pahit tetapi menyehatkan.

Berikut adalah kandungan beberapa zat yang bermanfaat di dalam buah Pare yang bermanfaat untuk tubuh kita:
1. Buahnya yang mengandung Albiminoid,karbohidrat dan zat warna Daunnya mengandung zat pahit, minyak lemak, asam dammar, protein, besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C yang terkandung dalam buah pare, bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Yaitu menjaga kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sengatan utra violet. Ini berarti buah pare dapat mencegah munculnya noda hitam dan kerutan pada wajah. Sementara akarnya mengandung asam momordial dan asam aleonolat. Sedangkan bijinya mengandung saponin, alkaloid, triterprenoid, dan asam momordial.
2. Salah satu manfaat buah pare untuk kesehatan adalah dapat menjadi penangkal sel kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam suatu penelitian di Jepang. Dalam penelitian tersebut, digunakan beberapa tikus yang diinjeksi sel kanker kemudian diinjeksi dengan ekstrak buah pare. Setelah mereka mengamati perkembangan sel kanker dalam tubuh tikus tersebut, hasilnya menampakkan bahwa sel kanker yang di injeksi berhenti berkembang.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan manfaat buah pare sebagai penangkal sel kanker. Manfaat ini dapat diperoleh karena pare mengandung zat lesichin yang dapat meningkatkan kekebalan untuk menangkal perkembangan sel kanker. Tidak hanya itu,buah pare juga memiliki kandungan beberapa zat yang dapat mencegah sel kanker. Sehingga bagi Anda yang bukan penderita kanker dapat mengonsumsi buah pare untuk mencegah serangan kanker.
3. Selain sebagai makanan, pare juga dimanfaatkan untuk pengobatan.Kadar kalsium didalam buah pare tergolong tinggi, sehingga mampu menaikkan produksi sel-sel beta dalam pancreas untuk menghasilkan insulin. Bila insulin dalam tubuh mencukupi, mungkin kadar glukosa membanjir dapar dicegah, sehingga kadar glukosa dalam darah akan menjadi normal atau menjadi terkontrol Senyawa fitokimia lutein dan likopen didalam buah pare berkasiat sebagai anti kanker, antibiotika, antivirus, perangsang produksi insulin, penyeimbang tekanan darah dan kadar gula darah, perangsang nafsu makan dan pembasmi cacing usus. Prof Lee-Huang dari Universitas New York juga menemukan zat yang luar biasa pada buah pare, yakni senyawa anti HIV-AIDS yaitu alpha-momorchorin, beta-momorchorin dan MAP 30 (Momordica antiviral protein 30). Zat berkhasiat ini banyak terdapat pada biji pare tua. Di amerika sendiri, kapsul berisi bubuk biji pare sudah lazim dipasarkan.Obat tersebut diakui dapat menahan laju perkembangan virus HIV-AIDS.Berkat terapi buah pare, para pengidap HIV-AIDS di Thailand dan Amerika Serikat secara klinis tampak lebih sehat dan berat badannya meningkat. Tak berlebihan kiranya,jika para ahli di dunia medis optimis dalam 10 tahun kedepan, bakal ditemukan obat untuk memerangi HIV-AIDS.
4. Buah pare juga kaya serat, vitamin C, karoten, dan kalium.Seratnya baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan karotennya dapat meningkatkan aktivitas dan kesehatan mata, seperti karoten pada wortel. Kalium punya kemampuan mengatasi konsumsi natrium yang berlebihan sehingga membuat pembuluh darah lebih lentur, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Sedangkan vitamin C pada buah pare punya khasiat memelihara kecantikan dan mengatasi ancaman dari sinar ultra violet. Nah ternyata ternyata buah pare bermanfaat untuk kecantikan juga kan.., ini dikarenakan setiap 100 gram pare mengandung 120 ml vitamin C. ternyata buah pare banyak sekali khasiatnya bukan, dan bagaimana soal rasa pahitnya, Anda bisa merendamnya denga air berkali-kali, atau mencucinya dengan air garam, niscaya rasa pahit tersebut akan hilang.
5. Bagian pare yang memiliki kashiat antara lain: Pare yang masih muda digunakan sebagai obat diabetes, gangguan pencernaaan, obat malaria, penyakit kuning dan bronkhitis. Daun pare juga tidak kalah penting dengan buahnya. Beberapa manfaat daun pare, diantaranya dapat menyembuhkan batuk, menurunkan panas, mematikan cacing kremi, mengobati bisul, dan bermanfaat juga untuk membersihkan darah bagi wanita yang baru melahirkan. Selain buah dan daunnya, bagian pare yang juga bermanfaat untuk mengobati penyakit, adalah akarnya. Akar pare berkasiat untuk mengobati disentri amuba dan wasir. Biji pare sendiri, merupakan atioksidan yang cukup kuat yang dapat menghambat pembentukan sel kanker dan mencegah penuaan dini.
Cara pengobatan menggunakan buah pare antara lain:
1. Diabetes atau kencing manis
Siapkan 200 gram buah pare yang telah dicuci dan diiris tipis-tipis.Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.Minum air rebusan tersebut tiap hari. Cacingan Seduh 7 gram daun pare dengan air panas,dinginkan lalu saring air rebusannya.Tambahkan satu sendok the madu,minum sebelum sarapan.
2. Demam
Ambil 3 lembar daun pare segar,cuci bersih,dan lumatkan.tambahkan segelas air dan sedikit garam lalu seduh.Peras dan saring lalu minum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.
3. Bisul
Ambil segenggam daun pare,cuci lalu rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.Dinginkan,minum hingga sembuh.
4. Disentri Amuba
Rebus 300 gram akar pare yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong .Rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas.lalu minum.Tambahkan sedikit gula bila perlu.
5. Wasir
Lumatkan akar pare yang telah dicuci bersih sampai halus.oleskan ramuan ini pada wasir.
6. Bronkhitis
Sediakan dua buah pare, lalu ambil sarinya.Tambahkan satu sendok makan madu.minum sekali sehari.lakukan selama tiga bulan.Ramuan ini juga baik untuk menyembuhkan anemia,radang perut,sakit pada hati,nyeri haid,reumatik dan melangsingkan tubuh.Meskipun pare begizi tinggi dan  dapat mengobati berbagai macam penyakit, namun bagi wanita hamil,tidak dianjurkan mengkonsumsi pare.Pasalnya pare,mengandung senyawa yang dapat menggugurkan kandungan. Selain itu, batasi juga konsumsi pare pada anak-anak,karena pare dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Dikawatirkan kadar gula anak akan anjlok atau menurun,padahal gula berperan dalam penting dalam pertumbuhan anak. 

3. Kubis / kol

1. menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh
2. baik untuk mengobati penyakit kulit (ditumbuk lalu dioles ke luka atau secara oral / dimakan) 3. anti kanker
4. menurunkan resiko terjangkitnya gangguan penyakit stroke dan jantung
5. mampu membersihkan pengaruh alkohol di dalam darah
6. membantu mengurangi resiko terkena penyakit katarak
7. membantu kesehatan pencernaan
8. mencegah penyakit kanker dubur, kanker lambung dan kanker usus besar (kolon)
9. mempercepat penyembuhan sakit bisul

Kandungan yang bermanfaat dari kubis / kol :

1. Vitamin A
2. Vitamin B komplek
3. Vitamin C
4. Klorofil
5. Flavanoid
6. Idole
7. Dithiolthione
8. Coffeic
9. Isothiochyanate
10. Asam Ferulat
11. Asetaminophen
12. Zat Besi
13. Sodium
14. Potassium
15. Kalsium

4. Tahu
Manfaat Tahu Bagi Kesehatan
Mungkin beberapa dari anda belum mengetahui manfaat tahu yang sebenarnya, dan berikut adalah beberapa manfaat dari tahu untuk kesehatan :
1. Mampu mencegah akan terserang penyakit jantung.
2. Membantu meningkatkan energi di dalam tubuh.
3. Mencegah osteoprosis karena kaya akan kalsium dan fosfor.
4. Bagi anda yang sedang diet, bisa mengkonsumsi tahu ini sebagai menu utama karena mampu membantu menurunkan berat badan.
5. Mampu menyembuhkan penderita diabetes yang memiliki masalah dengan ginjal.
6. Dapat menurunkan kadar kolesterol karena tahu merupakan salah satu makanan bebas kolesterol.
5. Telur
Adapun kandungan zat gizi pada telur ayam sebagai berikut :
Telur ayam mengandung kalori, protein, zat besi , retinol (vitamin A), Karbohidrat , Thiamin, vitamin E, lemak omega-3, vitamin C, vitamin D, beta karoten, protein, lecithin. Untuk meningkatkan khasiatnya dalam mengkonsumsi telur ayam kampung dapat dicampur dengan madu asli untuk menambah energi, atau dapat dipakai sebagai campuran minuman jamu.
Khasiat dan Manfaat Telur Ayam bagi kesehatan :
1.Dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, maag atau usus besar.
2. Selain mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup. Energi yang dipakai untuk mengganti energi yang digunakan aktifitas dan berfikir sedangkan proteinnya diperlukan untuk mengganti bagian organ yang rusak.
3. Mempunyai kandungan kolesterol (pada kuning telur) cukup tinggi. Bagi yang mempunyai hipertensi atau hiperkolesterolemia (kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi) harus hati – hati mengatur konsumsinya.
4. Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh, namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh

5. Penghilang kantung mata yang menonjol,
6. Mengecilkan pori-pori kulit, mengencangkan kulit, melembabkan kulit, mengurangi radang kulit,
7. Mengatasi rambut kering, menanggulangi kerusakan rambut dan lain sebagainya
emoticon-Cendol (S)Mengenal Sejarah Siomay
wah bikin laper gan emoticon-Kiss
nais inpoh gan....
jadi pengen siomay ane emoticon-Malu
Post ini telah dihapus oleh hansip
informatif gan

jadi pengen makan siomay tanpa pare tentunya
aduh baru pulang jumatan jadi laper
nice info gan ane jadi laper pgen nyari tukang somay emoticon-Ngakak
makanan fav. ane itu gan.. emoticon-Big Grin
panjang amir gan?? menyimak dulu deh
Post ini telah dihapus oleh Penjahat Cinta
MANTEP TUH GAN MAKANAN KESUKAAN ANEemoticon-Big Grin


Mengenal Sejarah Siomay
I will never be a DEVIL
and will never need a GUN
I don't have to WALK ALONE
because I have a BLUE PRIDE
-Keep The Blue Flag Flying High-



nais inpoh gan..
jadi laper ane..
bikin ngileerr emoticon-Request
tapi sayang banget somay yang ada di indonesia rata rata enggak sehat
kalo mau yang sehat rata rata harganya mahal banget
makanan enak bgt apalagi sm saus kacang d makan ujan2 anget2 wuih manteb
Tsnya ahli siomay nih emoticon-Big Grin
ane jadi laper kan emoticon-Genit
Hmm.. bikin laper ni hehe
kasih spoiler ama quote gan
biar bervariasi dikit
siomay salah satu kuliner kesukaan ane emoticon-thumbsup
kudet banget saya baru tahu itu makanan dari mongol


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di