All 3D Software for Most 3D Artist | Recent Version
TS
S.R.F.Art
All 3D Software for Most 3D Artist | Recent Version
Hay gan, ane mau share link download 3D Software. Agak sulit buat ndapetin link 3D software yang update. Kebanyakan mereka share di forum2 CG (Computer Graphics) kayak CGPersia, dan GFXDomain.Tapi agan2 butuh registrasi ke forum atau ke peers-nya karena link yang ane share adalah torrent (registrasi klo dulu ane itu dibuka setiap awal bulan selama 1 minggu, gatau sekarang), ane share juga dari Kick Ass dan ga perlu registrasi.. Intinya ane rangkum di trit ini aja, biar ga susah nyarinya dan kaskus ini semakin All in One
Quote:
1. Cinema 4D
Quote:
Cinema 4D punya beberapa versi kayak Broadcast, Visualize, Studio,dll. Versi paling kompit adalah studio, jadi ane share yg versi studio. Cinema 4D kebanyakan di gunakan untuk 3D Motion Graphics, tpi bisa juga untuk Visual FX, Modelling, Animation. Mulai di R14 ada vitur sclupting kayak zbrush ya walopun ga sekaya ZBrush . Yang ane suka, interface-nya simple dan lega di mata Sekarang Cinema 4D bisa di akses bebarengan dengan After Effects CC. Untuk Demo Reel-nya bisa liat di site-nyaMaxon.
Kayanya 3Ds Max penggunanya paling banyak di dunia, mungkin karna udah sepuh . Ane gatau pastinya, tpi kayaknya 3Ds Max bagus di pake buat modelling. Menurut ane interface-nya lebih rumit daripada Cinema 4D tpi tutorial di internet jauh lebih banyak dari pada buat Cinema 4D. Kebanyakan job buat VFX juga nyarinya pengguna 3Ds Max. Kesimpulannya 3Ds Max emang bener2 buat yg Professional.
Spoiler for Link:
[URL="http://http://kat.ph/autodesk-3ds-max-2013-x64-t6804331.html"]3Ds Max 2013 via Kick Ass[/URL] 3Ds Max 2014 via CGPeers
3. Maya
Quote:
Menurut ane juga Maya hampir sejajar kedudukannya sma 3Ds Max, soalnya kan sama2 sesepuh juga se-company . Kebanyakan VFX juga dibuat pake Maya :O
Zbrush adalah software sculpting, banyak digunakan buat bikin model yg hyper-realistic. Sebagai gambaran Zbrush banyak digunakan buat objek2 yg butuh tingkat kedetailan tinggi, misal naga yg punya sisik, monster2 contohnya karakter2 game2 yg sekarang. Nah ZBrush juga bisa digunain bebarengan sma Cinema 4D, 3Ds Max, Maya, dkk. Jadi agan buat low poly dulu di Cinema 4D/3Ds Max habis itu bisa langsung di kirim ke ZBrush (pake plugin) nah di ZBrush dibuat detail2-nya. Detail2-nya bisa diubah kedalam bump-mao, displacement-map, dan map2 lain
RealFlow, khusus buat simulasi air atau yg berbahan liquid(cair). Contohnya VFX Tsunami, banjir. Klo dalam iklan makanan contohnya coklat, cipratan air yg dijatuhin es batu .
Bukan cuman gratis, tpi open source! tapi jangan ngremehin software gratis ini, Blender kualitasnya sama kayak 3D software mahal lainnya (walopun ane share bajakannya ). Jujur ane pertama blajar pake blender, tpi ane pusing cari tutorial blender rata2 bayar (waktu itu ane blum tau forum2 cg), jadi ane pindah ke cinema 4D.