- Beranda
- Komunitas
- News
- Entrepreneur Corner
Webvan: Mengapa Tumbuh Terlalu Pesat Bisa Hancurkan Bisnis


TS
eCiputra
Webvan: Mengapa Tumbuh Terlalu Pesat Bisa Hancurkan Bisnis
Webvan Group, Inc. dan perusahaan turunannya ( Webvan-Bay Area, Inc., Webvan Operations, Inc., dan HomeGrocer.com, Inc ) adalah sebuah startup digital yang terpaksa menempuh petisi sukarela untuk perlindungan kebangkrutan di Pengadilan Kepailitan AS di bulan Juli 2001 dan menghentikan kegiatan bisnisnya.
Webvan Group, Inc. beroperasi sebagai sebuah usaha ritel online yang menawarkan pengiriman produk konsumen melalui desain bisnis hak miliki yang mengintegrasikan toko online nya, sebuah sistem pengiriman dan fasilitas distribusinya. Penawaran produknya utamanya berfokus pada makanan, produk obat-obatan tanpa resep, dan barang-barang kebutuhan umum termasuk perlengkapan rumah tangga, makanan dan kebutuhan hewan peliharaan, produk elektronik konsumen, dan barang-barang hiburan dan buku.
Toko onlinenya dikustomisasi sedemikian rupa untuk setiap fasilitasnya agar memberikan produk yang tersedia di fasilitas tersebut. Ia menyediakan sejumlah produk grosir pilihan dan juga produk toko selain barang kebutuhan sehari-hari. Pesaing Webvan cukup banyak Peapod, PDQucik dan Albertsons.com. Perusahaan ini berpusat di Foster City, Califonia.
Pelajaran yang bisa kita petik dari kegagalan bisnis Webvan dalam fenomena ledakan Dot Com yang melanda tahun 2000-an yang lalu ialah bahwa bahkan jika Anda memiliki ide bisnis yang brilian, akan lebih baik untuk tidak tumbuh pesat terlalu cepat. Inilah yang terjadi pada Webvan dan membinasakannya.
Dalam waktu hanya 18 bulan, perusahaan itu mengumpulkan 375 juta dollar dalam IPO, memperluas diri hingga ke daerah teluk San Fransisco ke 8 kota di AS dan membangun infrastruktur besar-besaran dari nol (termausk 1 miliar dollar untuk kelompok penyimpanan produk elektronik). ( *Akhlis)
Selengkapnya
0
2.2K
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan