Hola Otolovers, Selain mesin 2 tak & 4 tak, ada satu jenis mesin lagi yang gak boleh dianggap remeh. Yup, mesin rotary !!! Mesin ini diciptakan oleh insinyur Jerman yang bernama Felix Wankel. Dia menciptakan mesin rotary pada tahun 1950-an di NSU Motorenwerke AG.
Kaskuser pasti tau kan pabrikan mobil Mazda dengan line up mobil mereka RX series?
Menurut kaskuser mobil tadi mesinnya berapa cc? 3000cc? 4000cc?
Salah gan...mobil rx 8 hanya dibekali mesin sebesar 1300cc atau sama gedenya sama mesin Avanza, tapi bisa menghasilkan tenga hingga 230hp bahkan lebih, dua kali lipat mesin biasa!!!
Trus, kenapa mesin sekecil itu bisa menelurkan tenaga yang segitu dahsyat??
jawabannya adalah penggunaan mesin Rotary gan
Apa sih perbedaan mesin rotary dengan mesin pembakaran biasa?
Mesin rotary ato bisa juga disebut dengan mesin Wankel adalah mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran dirubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu (wikipedia). Mesin ini terbilang unik karena pistonnya merangkap sebagai ruang bakar & memiliki gerak berputar (berotasi), bukan seperti mesin lainnya yang lazim bergerak vertikal ato horisontal.
Mesin Pembakaran Dalam Biasa
Mesin Rotary
Keuntungan utama dari rotary engine adalah power yang dihasilkan sangat besar dengan cc yang sama..!!! Hal ini bisa terjadi karena mirip dengan 2 stroke yang nggak pake valves lebih mempercepat langkah. Disamping itu sistem rotary engine ini nggak menggunakan connecting rods, Inilah membuat rotary engine menjadi powerful....!!!
Dibalik semua keunggulan itu tentu ada kelemahan. Mesin rotary ini cukup boros bahan bakar. Mirip dengan mesin 2 tak lah. Sebagai info Mazda RX8 konsumsi BBM-nya rata2 sekitar 1:7 !!! Itu dalam kondisi normal lohhh…!!! Lain cerita kalo mobil dipake geber2an, udah pasti sering mampir ke pom bensin

Kelemahan selanjutnya adalah boros oli & kadar emisi yang cukup tinggi.
Isu lingkungan menjadi perhatian serius pihak Mazda. Kabar terakhir menyebutkan bahwa generasi mendatang Mazda RX8 akan lebih hemat BBM sebesar 20% & berkadar emisi rendah. Mesin akan digunakan 1.600 cc (konfigurasi twin rotor 2×800 cc) dengan output sebesar 270 hp !!!
Bagaimana dengan motor ??? apakah ada motor yang pernah menggunakan mesin rotari ??? ternyata ada bro !!! Beberapa diantaranya adalah Suzuki RE5 yang diproduksi antara tahun 1975-1976, Norton F1, Norton NRV588 & NRV700.
![Mengenal Mesin Rotary [ Otolovers Masuk Yuk, Tambah Ilmu ]](https://s.kaskus.id/images/2013/06/15/3018170_20130615052917.jpg)
Speknya 497 cc, tenaganya 62 hp @ 16.500 RPM & torsi 74,35 Nm @ 13.500 RPM !!!
![Mengenal Mesin Rotary [ Otolovers Masuk Yuk, Tambah Ilmu ]](https://s.kaskus.id/images/2013/06/15/3018170_20130615052932.jpg)
Norton NRV 588, speknya 588 cc twin rotor, tenaga 170 hp & torsi 108 Nm !!!
![Mengenal Mesin Rotary [ Otolovers Masuk Yuk, Tambah Ilmu ]](https://s.kaskus.id/images/2013/06/15/3018170_20130615053007.jpg)
Norton F1 Sport. Sempat membikin geger dan mengalahkan motor lain di ajang British F1 dan juga Isle Man of TT!!!