- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
[ASK] menurut agan fair atau tidak?


TS
LovingIndonesia
[ASK] menurut agan fair atau tidak?
Momod mimin klo salah kamar mohon jangan langs di bata ya.. di pindahin aja
soalnya bingung mau nulis dimn.... soalnya paling gampang di sini
Gini gan ane punya jasa pembayaran online menggunakan kartu kedit
Ane punya pengalaman, yang menurut ane ini adalah pengalaman berharga buat ane sendiri, Cerita nya gini
Ane punya Client anggap aja si A, hubungi ane lewat BBM untuk gunain jasa ane untuk transaksi di Aliexpress. Bantu pembayaran menggunakan kartu kredit dengan nominal sekitar $ 542
Di web ane sudah saya jelasin prosedur nya bahwa ane adalah menyediakan JASA PEMBAYARAN
Kebetulan si client sudah booking ane jauh-jauh hari untuk melakukan transaksi di antara tgl 2 atau 3 Mei 2013. Dan saya bilang tanggal 2 - 3 ane ada closing costing di kantor jadi bisa saya kerjakan stelah pulang kantor. Biasanya tanggal segitu pulang tengah malem karena kerjaan harus selesai, klo ga selesai ya harus slesai baru pulang
Dan si client sepakat, cuma minta tolong ane maximal besok pagi, supaya si seller di aliexpress bisa cepet delivered barang nya. Trus ane bilang, pulang kantor aja aku proses biar ga ada tanggungan.
Aku uda itungin total biaya yang harus di transfer beserta jasa nya. Waktu itu pake rate dasar Rp .9.900,- (tanpa rekber, langs masuk ke rekening ane)
Tgl 3 Mei 2013 sekitar jam 23.40 an uda ane proses. Dan proses di nyatakan sukses. Kemudian bukti pembayaran aku capture dan ku kirim lewat bbm.
Tgl 10 Mei 2013 aku di hubungin ama client, Si client bilang ke ane, "koq tiba-tiba ada pemberitahuan order cancel?" Ane minta si client cek, alasan cancel nya kenapa. Setelah di cek si Client, ternyata di cancel oleh merchant nya karna supplier tdk bisa kirim barang sampe tanggal 9 Mei 2013. Sehingga pembayaran di refund. Dan itu memakan waktu sekitar 5 -7 hari kerja sesuai prosedur dari Aliexpress.
Tgl 13 Mei 2013 dpat info dari si Client, ternyata barangnya uda ada di bea cukai, dan si client di push untuk transaksi ulang di alexpress. Dan aku bilang, aku bisa proses ulang setelah dana kembali ke cc. Tunggu prosedur dari merchant dan aku bilang aku kan kontak bank pada hari ke 8 (hari kerja). Karena dari pengalaman ku aku kontak , musti nunggu beberapa hari lagi, daripada bolak balik telepon dan juga tentunya butuh biaya
jadi aku bilang tunggu hari kerja ke 8 aku pasti konfirm ke bank penerbit cc yg aku gunakan.
Tgl 23 Mei 2013, ane telp cs bank penerbit cc, ternyata dana sudah di refund. Aku kasi tau si client kalau dana sudah di refund, ane nanyain "mau transaksi ulang atau gimana?"
Tgl 24 Mei 2013, si client minta bagian expedisinya untuk kembalikan barang ke supplier nya. Si Client bilang, ribet di bea cukai, karena ada barang2 yang tidak bisa masuk ke Indonesia.
Hari ini tgl 29 Mei 2013, aku terima tagihan cc melalui email. Setelah ane cek transaksi yang terjadi, aku cari transaksi nya si Client. Baik transaksi sukses dan yang di refund.
Agak kaget juga karena selisih kurs nya anjlok banget, Transaksi sukses yang di posting bank dapat kurs Rp 9.845 dan ketika di refund dapat kurs Rp 9.143 Gila bener nih jauh amat....
Ane langs infoin ke Client.
Nah disinilah mulai muncul masalah,
Si Client minta di kembalikan beserta fee nya, karena si client mengklaim bahwa transaksi batal (pembayaran di cancel/batal). Memang si client mengalami kerugian karena selisih kurs yang terpaut jauh dan tidak menerima barang. Si Client bilang tidak fair kalau saya tidak mengembalikan fee nya, dan bilang kalo di jasaperantara bisa kembalikan full.
Dan saya bilang saya ga bisa kembalikan fee tsb karena jasa saya adalah jasa pembayaran, diluar itu bukan tanggung jawab saya/ di luar kendali saya.
Saya kembalikan 100% sesuai refund yg di kembalikan pihak bank.
Yang mau saya tekankan:
1. ane sudah kerjakan sebelum deadline sesuai kondisi yang telah di ketahui oleh si client, saya proses sebelum tengah malam (setelah pulang kantor , gak mandi , langs nyalain komputer buat proses reguest si client)
2. di web ane, di lapak ane kaskus, ads-id, jelas2 disana saya tulis adalah Jasa Pembayaran Online.
3. Saya sudah keluar tenaga, waktu, biaya (listrik , telepon, internet), saya pulang tidak langs nemui istri dan anak, malah langs nyalain komputer.
Dan saya merasa fee tsb adalah hak saya. Jasa pembayaran online ini adalah side job saya. yg saya gunakan untuk tambahan ekonomi kluarga.
Maaf smua, klo mungkin kata 2 kurang rapi atau kurang jelas... Ga biasa nulis ginian ... hehe
Capek juga nulis nya
Btw menurut kaskuser, gimana? mohon saran dan masukannya?
Apakah bener cara saya meyelesaikan permasalahan tersebut tidak fair? atau sudah fair karena request si client sudah ane penuhi.

soalnya bingung mau nulis dimn.... soalnya paling gampang di sini

Gini gan ane punya jasa pembayaran online menggunakan kartu kedit
Spoiler for ini lapak ane:
Ane punya pengalaman, yang menurut ane ini adalah pengalaman berharga buat ane sendiri, Cerita nya gini
Ane punya Client anggap aja si A, hubungi ane lewat BBM untuk gunain jasa ane untuk transaksi di Aliexpress. Bantu pembayaran menggunakan kartu kredit dengan nominal sekitar $ 542
Di web ane sudah saya jelasin prosedur nya bahwa ane adalah menyediakan JASA PEMBAYARAN
Spoiler for web jasa ane:
Kebetulan si client sudah booking ane jauh-jauh hari untuk melakukan transaksi di antara tgl 2 atau 3 Mei 2013. Dan saya bilang tanggal 2 - 3 ane ada closing costing di kantor jadi bisa saya kerjakan stelah pulang kantor. Biasanya tanggal segitu pulang tengah malem karena kerjaan harus selesai, klo ga selesai ya harus slesai baru pulang

Dan si client sepakat, cuma minta tolong ane maximal besok pagi, supaya si seller di aliexpress bisa cepet delivered barang nya. Trus ane bilang, pulang kantor aja aku proses biar ga ada tanggungan.
Aku uda itungin total biaya yang harus di transfer beserta jasa nya. Waktu itu pake rate dasar Rp .9.900,- (tanpa rekber, langs masuk ke rekening ane)
Tgl 3 Mei 2013 sekitar jam 23.40 an uda ane proses. Dan proses di nyatakan sukses. Kemudian bukti pembayaran aku capture dan ku kirim lewat bbm.
Tgl 10 Mei 2013 aku di hubungin ama client, Si client bilang ke ane, "koq tiba-tiba ada pemberitahuan order cancel?" Ane minta si client cek, alasan cancel nya kenapa. Setelah di cek si Client, ternyata di cancel oleh merchant nya karna supplier tdk bisa kirim barang sampe tanggal 9 Mei 2013. Sehingga pembayaran di refund. Dan itu memakan waktu sekitar 5 -7 hari kerja sesuai prosedur dari Aliexpress.
Tgl 13 Mei 2013 dpat info dari si Client, ternyata barangnya uda ada di bea cukai, dan si client di push untuk transaksi ulang di alexpress. Dan aku bilang, aku bisa proses ulang setelah dana kembali ke cc. Tunggu prosedur dari merchant dan aku bilang aku kan kontak bank pada hari ke 8 (hari kerja). Karena dari pengalaman ku aku kontak , musti nunggu beberapa hari lagi, daripada bolak balik telepon dan juga tentunya butuh biaya

Tgl 23 Mei 2013, ane telp cs bank penerbit cc, ternyata dana sudah di refund. Aku kasi tau si client kalau dana sudah di refund, ane nanyain "mau transaksi ulang atau gimana?"
Tgl 24 Mei 2013, si client minta bagian expedisinya untuk kembalikan barang ke supplier nya. Si Client bilang, ribet di bea cukai, karena ada barang2 yang tidak bisa masuk ke Indonesia.
Hari ini tgl 29 Mei 2013, aku terima tagihan cc melalui email. Setelah ane cek transaksi yang terjadi, aku cari transaksi nya si Client. Baik transaksi sukses dan yang di refund.
Agak kaget juga karena selisih kurs nya anjlok banget, Transaksi sukses yang di posting bank dapat kurs Rp 9.845 dan ketika di refund dapat kurs Rp 9.143 Gila bener nih jauh amat....
Ane langs infoin ke Client.
Nah disinilah mulai muncul masalah,
Si Client minta di kembalikan beserta fee nya, karena si client mengklaim bahwa transaksi batal (pembayaran di cancel/batal). Memang si client mengalami kerugian karena selisih kurs yang terpaut jauh dan tidak menerima barang. Si Client bilang tidak fair kalau saya tidak mengembalikan fee nya, dan bilang kalo di jasaperantara bisa kembalikan full.
Dan saya bilang saya ga bisa kembalikan fee tsb karena jasa saya adalah jasa pembayaran, diluar itu bukan tanggung jawab saya/ di luar kendali saya.
Saya kembalikan 100% sesuai refund yg di kembalikan pihak bank.
Yang mau saya tekankan:
1. ane sudah kerjakan sebelum deadline sesuai kondisi yang telah di ketahui oleh si client, saya proses sebelum tengah malam (setelah pulang kantor , gak mandi , langs nyalain komputer buat proses reguest si client)
2. di web ane, di lapak ane kaskus, ads-id, jelas2 disana saya tulis adalah Jasa Pembayaran Online.
3. Saya sudah keluar tenaga, waktu, biaya (listrik , telepon, internet), saya pulang tidak langs nemui istri dan anak, malah langs nyalain komputer.

Dan saya merasa fee tsb adalah hak saya. Jasa pembayaran online ini adalah side job saya. yg saya gunakan untuk tambahan ekonomi kluarga.
Maaf smua, klo mungkin kata 2 kurang rapi atau kurang jelas... Ga biasa nulis ginian ... hehe
Capek juga nulis nya

Btw menurut kaskuser, gimana? mohon saran dan masukannya?
Apakah bener cara saya meyelesaikan permasalahan tersebut tidak fair? atau sudah fair karena request si client sudah ane penuhi.
0
2.6K
11


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan