alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/519fe6f68327cfc533000004/indonesia-kalah-kreatif-dari-negara-lain
INSPIRASI,,,!!! Seperti Inikah Jalan Kita ?!!
indonesia kalah kreatif dari negara lain

Quote:welcome gan emoticon-Embarrassment
Ane dapet artikel bagus ni gan,mungkin cocok buat keadaan sekarang emoticon-Embarrassment
Klo da yg pro/kontra/mungkin ada yg mo nambahin silahkanemoticon-Smilie
*baca&pahami; dlu trit'a
*tinggalkan komeng agan
*rate5
*kasi cendol emoticon-Hammer
smoga brmnfaat emoticon-shakehand

Spoiler for bonus:



==============Always update==============

Spoiler for inspirasi:


Quote:
indonesia kalah kreatif dari negara lain

Sebenarnya ini adalah ringkasan dari buku Prof. Ng Aik Kwang dari University of Queensland yang berjudul
“Why Asians Are Less Creative Than
Westerners”
(Mengapa bangsa Asia kalah kreatif dari
negara-negara barat),
tapi berhubung saya tinggal di Indonesia dan lebih mengenal Indonesia, maka saya mengganti judulnya,karena saya merasa bahwa bangsa Indonesia memiliki ciri-ciri yang paling mirip seperti yang tertulis dalam buku itu.
1.Bagi kebanyakan orang Indonesia, ukuran sukses
dalam hidup adalah banyaknya materi yang dimiliki
(rumah, mobil, uang dan harta lain).
Passion (rasa cinta
terhadap sesuatu) kurang dihargai. Akibatnya, bidang
kreatifitas kalah populer oleh profesi dokter,
pengacara, dan sejenisnya yang dianggap bisa lebih cepat menjadikan seorang untuk memiliki banyak
kekayaan.

2. Bagi orang Indonesia, banyaknya kekayaan yang
dimiliki lebih dihargai daripada cara memperoleh
kekayaan tersebut.
Tidak heran bila lebih banyak orang menyukai ceritera, novel, sinetron atau film
yang bertema orang miskin jadi kaya mendadak
karena beruntung menemukan harta karun, atau dijadikan istri oleh pangeran dan sejenis itu.Tidak
heran pula bila perilaku korupsi pun ditolerir/diterima sebagai sesuatu yang wajar.

3. Bagi orang Indonesia, pendidikan identik dengan
hafalan berbasis “kunci jawaban”, bukan pada
pengertian.
Ujian Nasional, tes masuk PT, dll, semua
berbasis hafalan.
Sampai tingkat sarjana,mahasiswa
diharuskan hafal rumus-rumus ilmu pasti dan ilmu
hitung lainnya,bukan diarahkan untuk memahami kapan dan bagaimana menggunakan rumus rumus
tersebut.

4.Karena berbasis hafalan,murid-murid di sekolah di Indonesia dijejali sebanyak mungkin pelajaran. Mereka dididik menjadi
“Jack of all trades,but master of none”
(tahu sedikit-sedikit tentang banyak hal tapi
tidak menguasai apapun).

5.Karena berbasis hafalan,banyak pelajar Indonesia bisa jadi juara dalam Olympiade Fisika dan Matematika.
Tapi hampir tidak pernah ada orang Indonesia yang
memenangkan Nobel atau hadiah internasional lainnya yang berbasis inovasi dan kreativitas.

6.Orang Indonesia takut salah dan takut kalah.
Akibatnya,sifat eksploratif sebagai upaya memenuhi rasa penasaran dan keberanian untuk mengambil
resiko kurang dihargai.

7 Bagi kebanyakan bangsa Indonesia,bertanya
artinya bodoh!
makanya rasa penasaran tidak
mendapat tempat dalam proses pendidikan di sekolah.

8.Karena takut salah dan takut dianggap bodoh,di
sekolah atau dalam seminar atau workshop, peserta
jarang mau bertanya tetapi setelah sesi berakhir,
peserta akan mengerumuni guru/narasumber untuk
meminta penjelasan tambahan.

Dalam bukunya, Prof.Ng Aik Kwang menawarkan
beberapa solusi sebagai berikut:

1.Hargai proses.Hargailah orang karena
pengabdiannya,bukan karena kekayaannya. Percuma bangga naik haji atau membangun mesjid atau
pesantren, tapi duitnya dari hasil korupsi.
2.Hentikan pendidikan berbasis kunci jawaban.
Biarkan murid memahami bidang yang paling
disukainya.
3.Jangan jejali murid dengan banyak hafalan!
apalagi matematika,untuk apa diciptakan kalkulator kalau jawaban untuk X x Y harus dihapalkan?
Biarkan murid memilih sedikit mata pelajaran tapi benar-benar dikuasainya.
4.Biarkan anak memilih profesi berdasarkan passion
(rasa cinta)-nya pada bidang itu, bukan memaksanya mengambil jurusan atau profesi tertentu yang lebih cepat menghasilkan uang.
5.Dasar kreativitas adalah rasa penasaran berani ambil resiko.
Ayo bertanya!
6.Guru adalah fasilitator,bukan dewa yang harus tahu segalanya.
Mari akui dengan bangga kalau kita tidak tahu!
7.Passion manusia adalah anugerah Tuhan.
Sebagai orang tua,kita bertanggungjawab untuk mengarahkan anak kita untuk menemukan passionnya dan mensupportnya.


emoticon-Cool
Spoiler for sdikit crita:

======update=====
Kmaren ada kaskuser yg nanya cara utk mlatih kreativitas agr bsa berinovasi,
Ni tmn gw ngubek" trit lma akhr'a nemu jga emoticon-Betty (S)
Gw pajang dah dimari emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By shapeederman
Spoiler for shapeederman:



ini [url=http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008863308/tips-memunculkan-ide-hebat[/url]tips memunculkan ide hebat[/url] semoga bermanfaat.



nb:buat semuanya aja, thread ini memang sangat bagus (secara yang buat adalah..emoticon-Betty (S)man)emoticon-Big Grin
tp sebenarnya akan jauh lebih baik bila ane bisa PERTAMAX hahay..


salam hangat,

emoticon-Betty




Pnglaman nyata kaskuser emoticon-Angkat Beer
Spoiler for :



best regard emoticon-Cool
Spoiler for :


big thanks buat agan ini ude nyendolin ane emoticon-Angkat Beer

Spoiler for :

d indonesia guru,kyai dan orang tua d anggap selalu benar...meskipun mereka berbuat kesalahan,tetep aja bener
bener juga gan...Indonesia harus buka mata tentang ini emoticon-Matabelo
izin nyimak dulu gan emoticon-Cool
Setuju gan emoticon-thumbsup
People with passion can change the world
Saling menghargai itu kuncinya emoticon-Big Grin
Ane setuju dengan pendapat Prof. Ng Aik Kwan, ane suka malu kalau mau nanya. Padahal peribahasa berkata :
Quote: Malu bertanya sesat dijalan
Quote:Original Posted By robotulo
d indonesia guru,kyai dan orang tua d anggap selalu benar...meskipun mereka berbuat kesalahan,tetep aja bener

ini trmasuk tradisi dlm dunia kita gan,
Mungkin kita harus lbih brani buat mncari kbnran argumen yg kita dpt emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By endonesie
bener juga gan...Indonesia harus buka mata tentang ini emoticon-Matabelo

sya stuju dgn agan
Btw makasi buat ijo"a,sngt sya hargai
emoticon-Angkat Beer
emoticon-shakehand:
Quote:Original Posted By AdeRockst
izin nyimak dulu gan emoticon-Cool


Jgn jdi junker,ayo komen lgi
emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By neechaayee
Saling menghargai itu kuncinya emoticon-Big Grin

stuju gan,dlm khidupan sosial ini mmang slah 1kunci'a

Quote:Original Posted By ditawisnu
Setuju gan emoticon-thumbsup
People with passion can change the world

mantap kalimat ente emoticon-Angkat Beer

Quote:Original Posted By Hanzoa7x
Ane setuju dengan pendapat Prof. Ng Aik Kwan, ane suka malu kalau mau nanya. Padahal peribahasa berkata emoticon-Malu bertanya sesat di jalan


Bner gan,lbih baik kita nanya dripda jdi tong kosong nyaring bunyi'a emoticon-Smilie


Tlong tmn" bntu rate rate yah emoticon-Smilie
emoticon-Angkat Beer
Memang harus segera diubah cara pandang orang kita tentang ukuran kesuksesan emoticon-Embarrassment
Ijin nyimak dulu gan emoticon-Big Grin

Bantu rate dulu deh, lumayan ilmunya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By alvetamra
Memang harus segera diubah cara pandang orang kita tentang ukuran kesuksesan emoticon-Embarrassment

iya gan emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By milanstiano
Ijin nyimak dulu gan emoticon-Big Grin

Bantu rate dulu deh, lumayan ilmunya emoticon-Big Grin


Agan boong nih blum ngerate emoticon-Betty (S)

Haduh bntar lgi brgkat gawe
emoticon-Ngacir
Trit'a bakal nyungsep emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By robotulo
d indonesia guru,kyai dan orang tua d anggap selalu benar...meskipun mereka berbuat kesalahan,tetep aja bener


iya gan, termasuk dosen emoticon-Cape d... (S)
sistem pendidikan kita emang gak bener ganemoticon-Najis
gw up dlu ni trit,
Nyungsep di pjokan
emoticon-No Hope
indonesia ku kita ganemoticon-Ngakak
iya gan males ane bahas indo lagi indo lagi pusing
Udah jelas kalah saing gan emoticon-Sundulemoticon-Sundul


Quote:Original Posted By Justaddme


iya gan, termasuk dosen emoticon-Cape d... (S)

Klo dosen stau gw emng sllu bner di kelas'a
emoticon-No Hope
pmkiran kita hrus 1lgkh ddpan dosen klo bsa
Quote:Original Posted By Baim.93
sistem pendidikan kita emang gak bener ganemoticon-Najis


emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By adieprie
indonesia ku kita ganemoticon-Ngakak

Ane ga ngeh emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By calon.dewa
iya gan males ane bahas indo lagi indo lagi pusing

klo bhas bb indo ane ga males emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By ssurya19
Udah jelas kalah saing gan emoticon-Sundulemoticon-Sundul

emoticon-shakehand