alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518e0a41be29a05c35000009/semua-tips-tentang-wirausaha
Breaking News! 
SEMUA TIPS TENTANG WIRAUSAHA !
Quote:SEMUA TIPS TENTANG WIRAUSAHA !

KALAU THREAD INI BERMANFAAT BERI emoticon-Rate 5 Star DAN JUGA emoticon-Blue Guy Cendol (L) SEIKHLASNYA


SEMUA TIPS TENTANG WIRAUSAHA !

SEMUA TIPS TENTANG WIRAUSAHA !
Wirausaha sangat beresiko, beberapa orang mampu meraih kesuksesan saat menjalankan berwirausaha. Kesuksesan terasa sangat nikmat jika dirintis sejak awal. Berikut 13 tips sukses berwirausaha :

1. Modal Siapkan modal untuk berwirausaha, mulai dari yang kecil dan tentunya siapkan modal tambahan untuk hal mendadak.

2. Belajar dari yang berpengalaman Pengalaman adalah guru yang paling pintar, jadi belajarlah dengan orang yang lebih berpengalaman dibidang yang sama.

3. Niat Baik Mulailah usaha dengan niat dan semangat yang baik, wirausaha yang merugikan orang lain atau niat yang tidak baik tidak akan berjalan lancar, karena bisa melanggar hukum dan agama.

4. Pemasaran yang baik Pemasaran adalah kunci utama kesuksesan dalam berwirausaha, strategi pemasaran yang tepat mendatangkan banyak konsumen.

5. Pantang Menyerah Menyerah adalah salah satu tanda kegagalan, setiap rintangan dalam berwirausaha.

6. Bangun kepercayaan Buat konsumen baru atau pelanggan percaya terhadap produk atau jasa. Kepercayaan mampu menimbulkan konsumen nyaman.

7. Percaya Diri Jangan mudah malu atau tidak percaya diri, mungkin banyak pesaing yang lebih dari kita namun bukan berarti mereka yang terbaik.

8. Produk Baru Dengan menambah jenis produk atau membuat produk baru, akan semakin mempercepat proses kesuksesan, karena semakin banyak produk semakin besar jangkauan pemasaran dan tentunya keuntungan.

9. Ikhtiar Berusaha dengan bersungguh-sungguh, dan berani menghadapi resiko adalah salah satu kunci dalam meraih segala hal termasuk kesuksesan.

10. Tawakal Jika kalian sudah berusaha, jangan lupa ber-tawakal. Tawakal adalah berpasrah diri dengan berdoa.

11. Sedekah Sedekah atau saling berbagi kepada orang yang tidak mampu tidak akan mengurangi harta atau kekayaan, hal ini semakin membuat kita bersyukur atas apa yang dicapai

. 12. Pelanggan adalah Teman Mungkin beberapa orang beranggapan pelanggan adalah raja, namun lebih baik jika pelanggan dianggap sebagai teman.

13. Berbagi Ilmu Kesuksesan tidak akan hilang jika kita berbagi ilmu kepada orang lain, dengan saling berbagi ilmu kita akan semakin tahu kekurangan kita.

Persiapan menjadi Seorang Wirausaha

Persiapan menjadi Seorang Wirausaha

Orang terkadang melihat yang berwirausaha itu nggak ada apa-apanya, padahal yang berwirausaha banyak manfaat..yang terkandung didalamnya..apalagi dikampung seperti saya dari Rancaekek...tetangga melihat sebelah mata yang jadi pedagang daripada kerja ...mendingan di pabrik aja...ya itulah pemikiran orang-orang awam..padahal..yang berwirausaha..dapat berpenghasilan lebih dari orang yang kerja iya kan ?

Menjadi usahawan bagi sebagian orang dan ini tidak sedikit jumlahnya, adalah hal yang sangat menakutkan. Banyak yang berfikir bahwa menjadi pedagang atau wirausahawan sangat beresiko tinggi (kerugian, bangkrut dan sebagainya), sedangkan menjadi seorang pekerja sangat kecil resiko yang akan dihadapi.
Tetapi kalau kita berfikir jernih sesungguhnya menjadi pegawai juga beresiko tinggi, seperti: PHK, Pemotongan gaji, pensiun, minimnya gaji yang diperoleh, dsb.
Artinya dalam hal ini apapun pekerjaan yang kita pilih semuanya mengandung resiko yang tidak kecil. Menjadi wirausahawan jelas beresiko tinggi tetapi hal itu seimbang dengan yang akan diperoleh dari hasil berwirausaha yang mungkin jika berhasil dan sukses akan memperoleh pendapatan dan penghasilan yang sangat menggiurkan.
Untuk itu maka beberapa langkah mesti anda siapkan menjadi seorang wirausahawan:


Mempersiapkan mental:


menjadi usahawan mesti memiliki mental berwirausaha yang sangat kuat, jangan berfikir tentang berapa keuntungan yang akan diperoleh lebih dulu, tetapi berfikirlah segala resiko yang akan kita hadapi. Siap menang siap kalah, siap untung mesti juga harus siap rugi. Fair kan? Dalam berwirausaha juga memerlukan ketabahan yang sangat kuat, dalam beberapa kasus tidak semua wirausahawan mengalami kesuksesan, banyak pula yang mengalami kegagalan! sebagian menjadi orang berfikir bahwa menjadi wirausahawan mesti harus punya bakat! Itu benar tetapi tidak mutlak, banyak pula seorang pengusaha yang juga mempelajari dari nol bahkan banyak yang tidak memiliki darah dagang dalam keturunannya!

Kemauan yang kuat untuk berhasil:

menjadi seorang wirausahawan wajib memiliki kemauan yang kuat dan pantang menyerah untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan, tidak mudah menyerah pada nasib!

Selalu mengembangkan ide dan kreativitas:

Albert Einstein pernah menyatakan bahwa bukan ilmu yang mengakibatkan orang berhasil, tetapi ide dan imajinasi! Menjadi seorang wirausahawan dituntut memiliki ide yang cemerlang dalam membangun usahanya. Barang yang sepele bahkan dianggap orang tidak berarti jika dibalut dengan ide dan kreativitas akan menghasilkan produk yang baik. Seorang teman sebut saja Heri di Lamongan Jawa Timur setiap hari memperhatikan banyaknya enceng gondok yang ada di pinggir bantaran sungai dekat rumahnya.
Heri adalah seorang tukang becak yang tinggal di dekat sungai, dia kemudian berfikir mungkin enceng gondok yang tumbuh secara liar ini bisa dimanfaatkan. Ya dia memanfaatkan tanaman liar tersebut menjadi barang yang berguna seperti: tas wanita, dompet, sandal, dsb. Hasilnya ia bisa menjual produk tersebut sampai ke Jakarta! Dalam sebuah acara di televisi diceritakan bahwa Seonggok bantalan rel kereta api yang sudah tidak terpakai dan banyak dimakan rayap diolah menjadi meja kecil yang ternyata setelah dijual menjadi produk yang sangat diminati konsumen karena keunikannya;

Kemauan untuk Belajar:

Menjadi seorang wirausahawan bukan berarti jauh dari ilmu, memiliki ilmu itu wajib termasuk bagi seorang wirausahawan! Kemauan untuk terus mengembangkan ilmu khususnya berkait dengan dunia wirausaha yang digelutinya akan sangat membantu kelancaran berwirausaha. Dalam hal ini saya berpendapat bahwa seorang wirausahawan harus punya kemauan kuat untuk belajar kepada orang lain akan keberahsilan maupun kegagalan yang diterima dalam berwirausaha, sehingga hal ini akan dapat meminimalisasi kegagalan dalam mengembangkan usaha yang dijalani. Sebagai mahasiswa anda jangan hanya terpaku pada pelajaran yang anda peroleh di kelas, tetapi juga belajar dari teman, dosen, bahkan menjadi seorang aktivis mahasiswa adalah proses belajar yang sangat efektif;

Membangun komunikasi dan jaringan pertemanan:


Apabila anda adalah seorang yang memiliki banyak teman, maka hal itu akan menguntungkan anda, mengapa? Untuk memasarkan produk yang anda jual baik jasa maupun barang anda membutuhkan relasi usaha. Teman anda dapat menjadi rekan usaha yang potensial dalam membangun jaringan pemasaran usaha anda kelak.Bertemanlah dengan banyak orang, jalinlah komunikasi yang efektif dengan siapapun. Apalagi jika anda memiliki teman yang berasal dari luar daerah, maka anda akan punya kesempatan untuk melebarkan sayap usaha anda ke daerah-daerah kelak. Dengan memiliki banyak teman setidaknya anda sudah punya sedikit sayap yang sewaktu-waktu siap untuk dikepakkan untuk melambungkan usaha anda;

Modal Usaha:

Modal yang juga penting dalam membuka sebuah usaha adalah dana. Saran saya jika anda merupakan pendatang baru dalam dunia wirausaha, maka janganlah mengeluarkan dana dalam jumlah besar tetapi mulailah dari hal yang kecil dan anda kuasai. Ketika masih duduk di bangku kuliah dulu (awal tahun 90an) saya mencoba memelihara ayam kampung, saya membeli 2 ekor ayam betina dan 1 ekor ayam jago sebagai pejantan. Hasilnya? Dalam waktu sekitar 1 tahun saya berhasil memperoleh 60 ekor ayam kampung! Hasil yang sangat lumayan. Sepele bukan?

SEMUA TIPS TENTANG WIRAUSAHA !

Spoiler for SUMBER:

Bener gan, kalo mo buka usaha harus memperlebar relasi plus kuat mental emoticon-Big Grin
nice info cuman, saran aja, dirapiin lagi tritnya biar lebih enak dibaca gan emoticon-Blue Guy Peace



Reptile lovers, mampir dilapak ane gan emoticon-Kiss (S)

Posted by Sista emoticon-kucing emoticon-Paw
@sastavee
atas ane iklan smua emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By kucing.bingung
Bener gan, kalo mo buka usaha harus memperlebar relasi plus kuat mental emoticon-Big Grin
nice info cuman, saran aja, dirapiin lagi tritnya biar lebih enak dibaca gan emoticon-Blue Guy Peace



Reptile lovers, mampir dilapak ane gan emoticon-Kiss (S)

Posted by Sista emoticon-kucing emoticon-Paw
@sastavee



THANKS GAN !
SEMUANYA KAN BERAWAL DARI NIAT!
bener banget gan
harus mulai diterapin dari sekarang emoticon-Big Grin
Ane berniat wirausaha sih..
Tp belom kesampean..
emoticon-Big Grin
Nice info gan
terimkasih banyak
emoticon-Kiss
nais tipnya gan emoticon-2 Jempol
Tips agan akan berguna untuk dimasa depan ane gan, thx gan emoticon-Big Grin
ijin nyimak dulu gan sekalian bookmark
Quote:Original Posted By tuniz
SEMUANYA KAN BERAWAL DARI NIAT!

setuju gan
Quote:Original Posted By HellTheHolly
nais tipnya gan emoticon-2 Jempol


Ya gan sama sama

Quote:Original Posted By sukmawansfu
Tips agan akan berguna untuk dimasa depan ane gan, thx gan emoticon-Big Grin


emoticon-Rate 5 Star

Quote:Original Posted By real49
ijin nyimak dulu gan sekalian bookmark


Ya gan ,

Quote:Original Posted By Phee07
thanks gan....tips yg bermanfaat buat saya yg mau berwirausaha....emoticon-Blue Guy Cendol (L)


emoticon-Blue Guy Cendol (L) gan
sip gan...nice infoemoticon-I Love Kaskus (S)
thanks gan....tips yg bermanfaat buat saya yg mau berwirausaha....emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Nice Info bro, kalau saya akan saya biasanya dari awal dagang saya selalu Fokus dan Konsisten emoticon-Angkat Beer

Fokus akan barang dagangan dan Konsisten dengan omongan yang sudah kita keluarkan dari mulut kita emoticon-Angkat Beer
Yg pnting jujur
bener juga gan....ane dah 1x nyoba buka kuliner makanan bakwan...tp sebulan kemudian tutup karena sepi gan emoticon-Matabelo mungkin ane kurang siap mental ya gan ..hrz berjuang lbh giat lagi kayanya...
ninggalin jejak dulu sebelum kondangan
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul
×