alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518d9e408127cff832000003/layang-layang-jawara-dan-tertua-di-dunia-ada-di-indonesia-gan
Layang-Layang Jawara dan Tertua di Dunia ada di Indonesia Gan
emoticon-I Love Kaskus (S) Selamat Datang di Thread Ane emoticon-I Love Kaskus (S)
Sebelum nya jangan lupa
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Bila berkenan ane kaga nolak
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Spoiler for No Repost:

Quote:Halo Mimin,momod,dan para juragan sekalian apakah kalian pernah maen layang-layang ?
Tentunya udah pernah dong ya emoticon-I Love Indonesia (S) ,kalo ada yang belum pernah nih liat penampakan layang-layang nya
Spoiler for Layang-layang:

Sekarang Tau Ga sih gan kalo layang-layang Pertama itu ada di indonesia bahkan layang-layang ini tidak boleh ikut kejuaraan layang-layang karena selalu menang ? emoticon-I Love Indonesia (S) Belum Pada Tau kan mungkin pecinta layan layang sudah tidak asing "Kaghati"
Yuk kita simak sejarah,asal,serta bahan bahan pembuatannya gan emoticon-Ngacir2
Quote:SEJARAH KAGHATI
Spoiler for penampakan:

Tahukah Anda bahwa sampai sekitar tahun 1997, Cina merupakan negara penemu layang-layang yang pertama di dunia. Layang-layang milik Cina tersebut diperkirakan sudah ada di Cina sejak 2.800 tahun lalu. Layang-layang Cina ini terbuat dari sutra dan bambu emas sebagai rangkanya.
Namun, di tahun 1997, seorang pecinta sekaligus ahli layang-layang berkebangsaan Jerman menyatakan bahwa Kaghati adalah layang-layang pertama yang ada di dunia.
Penelitian Wolfgang
Spoiler for layang layang:

Berawal dari festival layang-layang internasional Berck sur Mer yang diselenggarakan di Perancis tahun 1997, Wolfgang Bieck tertarik pada layang-layang dari Indonesia. Layang-layang ini dibuat hanya dari daun, dan pada festival tersebut Kaghati mengalahkan layang-layang dari Jerman serta meraih juara pertama. Karena ketertarikannya pada Kaghati, Wolfgang akhirnya datang ke Pulau Muna, Sulawesi Tenggara untuk mempelajari lebih dalam tentang layang-layang tradisional ini.
Pada kesempatan ini, Wolfgang kemudian diajak oleh seorang pecinta layang-layang dari Muna untuk melihat sebuah lukisan yang ada di dalam dinding Gua Sugi Patani, yang ada di Desa Liangkobori, Muna. Di dinding gua tersebut terdapat sebuah coretan yang menggambarkan seseorang yang sedang menerbangkan layang-layang. Dari sinilah kemudian penelitian Wolfgang dimulai. Setelah melalui beberapa tahapan penelitian, diperoleh hasil bahwa coretan di dinding gua tersebut dibuat sekitar jaman Epi-Paleolithic (periode Mesolitik), atau sekitar 9.000-5.000 tahun sebelum masehi.
Dari hasil penelitian inilah, Wolfgang kemudian menyatakan bahwa Kaghati dari Muna, Sulawesi Tenggara adalah layang-layang yang pertama kali diterbangkan oleh manusia. Perjalanan penelitian tersebut kemudian ditulis oleh Wolfgang, dan diterbitkan di sebuah majalah di Jerman pada tahun 2003 dengan judul “The First Kitman”.

Quote:Asal
Spoiler for asal layang layang:

Kaghati adalah sebuah layang-layang tradisional masyarakat Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Kaghati tergolong layang-layang unik, karena bahan utamanya adalah daun kering (daun kalope) yang dirangkai dengan kulit bambu.
Sampai sekarang Layang-layang Kaghati masih bisa Anda temui di daerah Muna. Di sini, Anda bisa menyaksikan kebiasaan unik masyarakat setempat, yaitu menerbangkan Kaghati selama 7 hari non stop
Spoiler for layang layang:

Spoiler for layang layang:

Spoiler for layang layang:

Sumber


Jangan lupa ningalin emoticon-Paw ya gan
Jangan Timpuk ane
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
Ane ga nolak di kirimin
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
peneliti jerman tsb ga asal ngomong pastinya,dikarenakan sudah meneliti khusus tentang layang-layang yang ada di Sulawesi Tenggara.

perlu diketahui:
  • Kolope itu nama daun yang digunakan, yaitu semacam daun ubi hutan.
  • Talinya terbuat dari serat nanas hutan, bilah bambu penyangganya juga terdiri dari bambu yang diruncingkan
  • Museum Layang-Layang, Ada di Daerah Pondok Labu...Jl. H. No.38 Kemang, Pondok Labu, Jakarta Selatan,HTM Rp 10.000/orang
  • Hingga Sekarang, layang-layang daun kelope ini tetap dibuat dan diterbangkan yaitu saat upacara panen. Namun, selain itu, layang-layang juga dimainkan sebagai alat rekreasi.
  • Seni membuat layang-layang daun ini diperkirakan sudah ada sejak zaman dahulu kala. Soalnya di dinding Gua Sugi Patani, Desa Liangkobori, Sulawesi Tenggara ditemukan gambar seseorang bermain layang-layang. Gambar itu diperkirakan berusia
    4000 tahun! Woooww...!
Kalah cepet sama penjual jam emoticon-Berduka (S)
Barusan ada liputannya di tipi Gan....
Quote:Original Posted By anglingkasmala
peneliti jerman tsb ga asal ngomong pastinya,dikarenakan sudah meneliti khusus tentang layang-layang yang ada di Sulawesi Tenggara


emoticon-Cendol (S) pasti dong gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By dhapoer13
Barusan ada liputannya di tipi Gan....


keren dong gan emoticon-Matabelo
gilaaa cuman dr daun kaghati bisa menaaaang ! emoticon-Request
waah jadi pengen coba-coba buat..
emoticon-Matabelo
Wah ini tadi pagi yang di Trans7. Hampir seukuran orang besarnya kalo ga salah.

Quote:Original Posted By milanstiano
gilaaa cuman dr daun kaghati bisa menaaaang ! emoticon-Request


hebat kan indonesia,china kalah pinter gan ternyata emoticon-I Love Indonesia (S)
sori balik lagi ane ganemoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By MambazsRicJ
waah jadi pengen coba-coba buat..
emoticon-Matabelo


emang si agan ada daonnya gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By uwhiekeren
Wah ini tadi pagi yang di Trans7. Hampir seukuran orang besarnya kalo ga salah.


iya gan keren ya emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By anglingkasmala
sori balik lagi ane ganemoticon-Malu (S)


minta emoticon-Rate 5 Star nya dong gan
Wah ini tadi pagi yang di Trans7. Hampir seukuran orang besarnya kalo ga salah.

Quote:Original Posted By uwhiekeren
Wah ini tadi pagi yang di Trans7. Hampir seukuran orang besarnya kalo ga salah.



kan tadi udah di post gan emoticon-Bingung (S)
wew, the legend of kite gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By KingHunter123
wew, the legend of kite gan emoticon-Matabelo

iya gan keren banget emoticon-Matabelo
bahannya dari daun kering (daun kalope) emoticon-Matabelo
ane dulu suka main layang" gan, walaupun gak jago emoticon-Malu (S)
Wow emoticon-Matabelo
tp biasa ja ya gan penampilan tuh layangan