alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/518d34dd0d75b46311000003/10-penyebab-bunuh-diri
10 penyebab bunuh diri
permisi agan/wati
ane mau share tentang penyebab bunuh diri
semoga bermanfaat dan ga emoticon-Blue Repost

silahkan disimak :

10 penyebab bunuh diri

Bunuh diri merupakan tindakan bodoh yang di lakukan orang begitu mudahnya nyawa di buang karena hal hal kecil yang sebenarnya masih bisa di selesaikan. Seperti yang kita ketahui bunuh diri merupakan tindakan mengakhiri hidup sendiri tanpa bantuan aktif orang lain. Tenyata banyak faktor pemicu orang untuk melakukan bunuh diri nah kamu mau tahu faktor apa aja itu ? Simak berikut ini seperti dikutip dari detik..com.

1. Depresi dan Gangguan Bipolar

60% dari semua kasus bunuh diri dilakukan oleh orang yang mengalami gangguan mood atau suasana hati. Gangguan ini cukup luas, meliputi depresi berat dan gangguan bipolar, yaitu gangguan yang ditandai dengan perubahan suasana hati secara ekstrim. Orang yang mengalami depresi berkepanjangan sangat berisiko bunuh diri. Ketika sedang depresi, penderita tak punya tenaga untuk bunuh diri. Tapi seiring berkurangnya gejala depresi, energi yang tersedia untuk bunuh diri meningkat.

2. Gangguan mental

Sekitar 30% kasus bunuh diri dilakukan oleh orang yang memiliki gangguan mental selain gangguan mood. Misalnya gangguan stres pasca trauma (post traumatic stress disorder atau PTSD), skizofrenia, gangguan kepribadian, gangguan tidur, gangguan makan (terutama anoreksia nervosa), dan kondisi lainnya. Orang yang memiliki 2 gangguan mental sekaligus paling beresiko bunuh diri.

3. Konsumsi alkohol
Alkohol terlibat dalam sekitar 30% kasus bunuh diri. Alkohol menyebabkan depresi, mengurangi hambatan untuk melakukan bunuh diri dan memicu penilaian buruk pada diri sendiri. Faktor-faktor ini juga berkaitan dengan kekerasan dan pelecehan yang juga meningkatkan kemungkinan bunuh diri.

4. Efek samping

obat Beberapa kasus bunuh diri merupakan akibat efek samping obat resep atau kombinasi obat resep. Chantix, obat untuk mengatasi kebiasaan merokok memiliki efek samping ini. Kombinasi obat yang buruk juga bisa menyebabkan overdosis dan mematikan.

5. Luka emosional

Penolakan, penghinaan atau rasa malu dapat mendorong orang untuk melakukan bunuh diri. Penolakan sosial yang dialami sering menyebabkan isolasi sosial yang juga meningkatkan risiko bunuh diri. Pada akhir 1980-an, penelitian menemukan ada hubungan antara homoseksualitas, penolakan sosial dan bunuh diri pada remaja, terutama pada pria. Pria muda homoseksual atau biseksual beresiko besar malkukan upaya bunuh diri daripada pria heteroseksual.

6. Rasa bersalah

Rasa bersalah akibat menyaksikan atau mengalami penyiksaan, pelecehan, pertempuran, pembantaian atau kekerasan bisa menjadi penyebab bunuh diri pada beberapa kasus.

7. Menderita penyakit parah

Orang yang sakit parah atau menderita penyakit kronis, lumpuh, cacat atau kehilangan anggota tubuh terkadang melakukan bunuh diri. Orang yang mengalami kondisi ini melakukan bunuh diri karena rasa sakit atau ketidaknyamanan yang berhubungan dengan kondisinya. Bisa juga karena rasa sedih akibat kehilangan fungsi tubuh atau penampilan yang buruk.

8. Kehilangan dan kesedihan

Kesedihan dan kehilangan juga berkaitan dengan bunuh diri. Kehilangan orang yang penting, pekerjaan, status sosial, jabatan, aset keuangan, kesehatan, atau sesuatu yang lain biasanya memicu kesedihan. Kehilangan dan kesedihan dapat memicu krisis eksistensial di mana orang yang berduka tidak dapat melihat alasan untuk terus hidup. Krisis yang sama juga dapat terjadi ketika kehilangan status sosial dan sumber daya atau jaminan keuangan.

9. Memiliki riwayat keluarga bunuh diri

Orang yang memiliki riwayat keluarga pernah melakukan bunuh diri lebih mungkin mencoba atau melakukan tindak bunuh diri. Orangtua yang mencoba bunuh diri akan dijadikan model atau contoh bahwa tindakan itu dapat diterima untuk mengatasi rasa sakit emosional atau stres. Proses belajar ini tetap bertahan saat anak beranjak dewasa.

10. Dipenjara

Orang yang dipenjara karena melakukan kejahatan berisiko tinggi melakukan bunuh diri. Sayangnya, sulit mengetahui persisnya mengapa hal ini terjadi karena ada banyak variabel yang ikut bermain. Bunuh diri mungkin menjadi pelarian ketika hukuman yang divonis terlalu lama. Beberapa tahanan juga melakukan bunuh diri sebagai cara untuk melarikan diri dari upaya perkosaan oleh tahanan lain.

terima kasih sudah baca dan mampir di trit aneemoticon-Shakehand2

sangat berkenan menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

jangan di kasih emoticon-Blue Guy Bata (L)

salam damai semua
kurang iman n gk percya tuhan yg bunuh diri
Quote:Original Posted By xprezzz
kurang iman n gk percya tuhan yg bunuh diri


yoi gan,intinya sih harus kuat iman ya gan
Amit2 gan jgn sampe kayak begono...
Quote:Original Posted By awasnaksir
Amit2 gan jgn sampe kayak begono...


iya gan amit amit
Quote:Original Posted By kroyabukankorea
kalau di keyakinan ane (Islam), bisa masuk neraka tuh. ngapain bunuh diri, bukannya keluar masalah malah dapat masalah yg lebih2 lagi.

makannya jalani hidup aja, jadi orang yg beriman.

hidup itu sbentar kok, kalau agan bahagia cuma hiburan kl sedih juga cuma permainan. emoticon-Toast

Spoiler for sempit:


wah bijak sekali gan emoticon-Smilie

ane juga setuju gan,percaya aja kalo tuhan ga akan ngasih cobaan di luar kemampuan umatNya.
paling bnyak depresi gan emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By senotkj
paling bnyak depresi gan emoticon-Berduka (S)


yoi gan,pikirannya udh mentok gara2 depresi
Amit-amit deh gan
Jangan sampe nglakuin yg kaya gitu
emoticon-Takut
ane tambahin ya gan..
11. budaya. salah satunya di gunung kidul ada yg namanya pulung gantung, silahkan di cek kebenarannya
Quote:Original Posted By keloneng
ane tambahin ya gan..
11. budaya. salah satunya di gunung kidul ada yg namanya pulung gantung, silahkan di cek kebenarannya


wah niçe info emoticon-Smilie
thank you gan emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By 910KereNzz
sayang banget ya harus bunuh diri, mendingan Let It Flow.. dikasih kesempatan hidup malah dibuang, malu sama yang terkena bencana terus hilang nyawanya(padahal blm mau modar).. emoticon-Cape d... (S)
Spoiler for "JUAL Boneka EMOTICON LINE buat Orangtua, Pacar, Anak, Temen,dll, KLIK ->":


yoi gan setuju

itu lapak nya semoga sukses gan emoticon-Big Grin emoticon-Shakehand2
imannya kurang gan.
problematika hidup itu adalah bumbu di kehidupan kita.
jadi jangan sampelah kita memutuskan bunuh diri karena tidak kuat menahan semua ujian dan cobaan.
mau hidup bahagia terus2an tanpa ada problematika juga pasti bakalan membosankan gan.. ujung2nya bunuh diri juga kayanya emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By VICTORIOUS.88
imannya kurang gan.
problematika hidup itu adalah bumbu di kehidupan kita.
jadi jangan sampelah kita memutuskan bunuh diri karena tidak kuat menahan semua ujian dan cobaan.
mau hidup bahagia terus2an tanpa ada problematika juga pasti bakalan membosankan gan.. ujung2nya bunuh diri juga kayanya emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak
bener gan,hidup tuh harus banyak rasa biar sempurna yah emoticon-Big Grin
yang ane alamin sekarang, No.8 gan emoticon-Sorry
memiliki riawayat keluarga bunuh diri juga pengaruh ya



yang penting iman nya gan untuk mencegah emoticon-Cool
Quote:Original Posted By veteran1dki715.
yang ane alamin sekarang, No.8 gan emoticon-Sorry


tetap semangat gan
percaya terus sama Tuhan biar ga kesasar gan emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By keloneng
ane tambahin ya gan..
11. budaya. salah satunya di gunung kidul ada yg namanya pulung gantung, silahkan di cek kebenarannya


seperti juga budaya seppuku di jepang ya gan emoticon-Takut (S)

tapi selain sebagai budaya (bagian dari budaya malu/rasa bersalah) konon di jaman dulu ritual seppuku juga dijadikan bagian dari hukuman mati yg hanya boleh dilakukan untuk kalangan kasta samurai
Quote:Original Posted By jeszcruise
memiliki riawayat keluarga bunuh diri juga pengaruh ya



yang penting iman nya gan untuk mencegah emoticon-Cool


menurut artikel nya seperti itu gan emoticon-Malu

yoi gan,kalo iman kuat mudah2an bisa mencegah
Quote:Original Posted By DawnOfHostility
seperti juga budaya seppuku di jepang ya gan emoticon-Takut (S)

tapi selain sebagai budaya (bagian dari budaya malu/rasa bersalah) konon di jaman dulu ritual seppuku juga dijadikan bagian dari hukuman mati yg hanya boleh dilakukan untuk kalangan kasta samurai


ngeri ya gan kalo tinggal di lingkungan yang budaya nya kaya gitu emoticon-Takut