CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
[SHARE] Cara mudah masuk ke Safe Mode di Windows 8 dengan tombol F8
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/517ca1dd1cd719bf53000006/share-cara-mudah-masuk-ke-safe-mode-di-windows-8-dengan-tombol-f8

[SHARE] Cara mudah masuk ke Safe Mode di Windows 8 dengan tombol F8

Safe Mode pada OS Windows adalah keadaan di mana Windows hanya menggunakan driver dan program paling dibutuhkan untuk menjalankan Windows. Keadaan ini juga tidak akan membuat program yang di-setting secara otomatis saat Windows dijalankan akan berjalan. Safe Mode sangat berguna untuk mengatasi masalah driver hardware dan komputer yang terinfeksi virus/malware pada OS Windows. Selain itu, Safe Mode juga sangat membantu ketika ingin meng-uninstall software atau menghapus file yang tidak bisa dihapus saat Windows dijalankan dengan keadaan normal.

Jika pada versi Windows sebelumnya (Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7) cara masuk ke Safe Mode sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol F8 sebelum Windows booting dan memilih Safe Mode. Namun pada Windows 8, tombol F8 sudah tidak lagi berfungsi untuk memunculkan pilihan untuk masuk ke Safe Mode.
Sehingga jika ingin masuk ke Safe Mode Windows 8, harus dilakukan melalui Advanced startup pada PC Settings saat Windows 8 dijalankan dalam keadaan normal. Cara ini sangat merepotkan dan tidak praktis karena butuh restart berkali-kali sebelum akhirnya muncul pilihan untuk masuk ke Safe Mode pada Windows 8, terutama bagi komputer yang sama sekali tidak bisa masuk ke Windows 8 dalam keadaan normal, entah karena layar hanya blank berwarna hitam saat masuk ke Windows 8 atau lain sebagainya.

Namun, ada cara agar tombol F8 dapat berfungsi untuk memunculkan pilihan untuk masuk ke Safe Mode pada Windows 8. Berikut ini caranya:

1). Masuk ke Windows 8 dalam keadaan normal. Setelah itu, tekan tombol Windows + X (tekan dan tahan tombol yang berlogo Windows, lalu tekan tombol X, dan lepaskan keduanya), kemudian klik Command Prompt (Admin). Jika muncul jendela User Account Control (UAC), klik Yes.
[SHARE] Cara mudah masuk ke Safe Mode di Windows 8 dengan tombol F8

2). Setelah jendela Administrator: Command Prompt terbuka, ketikkan atau copy-paste perintah berikut ini ke dalam Command Prompt, lalu tekan tombol Enter:
Code:
Bcdedit /set {bootmgr} displaybootmenu yes


3). Jika berhasil, akan muncul pesan konfirmasi seperti pada gambar di bawah ini:
[SHARE] Cara mudah masuk ke Safe Mode di Windows 8 dengan tombol F8

4). Setelah selesai, tutup jendela Command Prompt dan restart komputer kamu.

Sekarang setiap kali kamu menekan tombol F8 sebelum Windows 8 booting, akan muncul pilihan untuk masuk ke Safe Mode. Ada tiga jenis Safe Mode yang bisa kamu pilih, diantaranya:
a). Enable Safe Mode
Mode ini menjalankan Windows 8 dengan menggunakan driver dan menjalankan program yang dibutuhkan saja. Mode ini tidak termasuk menjalankan Command Prompt dan tidak bisa terkoneksi ke internet.
b). Enable Safe Mode with Networking
Mode ini menjalankan Windows 8 dengan menggunakan driver, menjalankan program yang dibutuhkan, dan bisa terkoneksi ke internet. Mode ini juga tidak termasuk menjalankan Command Prompt. Pada mode ini, kamu bisa browsing di internet dan men-download program, seperti men-download update antivirus.
c). Enable Safe Mode with Command Prompt
Mode ini menjalankan Windows 8 dengan menggunakan driver, menjalankan program yang dibutuhkan, tidak bisa terkoneksi ke internet, dan juga tidak termasuk Windows shell. Ini berarti kamu tidak akan melihat desktop, Windows 8 hanya akan menampilkan jendela Command Prompt di layar. Mode ini sangat membantu untuk membersihkan terinfeksinya virus/malware pada Windows shell atau desktop saat Windows 8 dijalankan.

Setelah kamu mengetahui fungsi dari ketiga jenis Safe Mode di atas, tekan tombol F4, F5, atau F6; kamu juga bisa menekan tombol 4, 5, atau 6. Setelah itu, Windows 8 akan masuk ke Safe Mode yang kamu inginkan.
[SHARE] Cara mudah masuk ke Safe Mode di Windows 8 dengan tombol F8

Ketika kamu sudah selesai menggunakan Safe Mode dan ingin kembali ke Windows 8 dalam keadaan normal, tinggal restart saja komputer kamu dan Windows 8 akan dijalankan dalam keadaan normal.

Sumber

Spoiler for Kaskuser yang baik budayakan:

Spoiler for Bagi kaskuser yang belum ISO:

Spoiler for Bagi kaskuser yang sudah ISO:

Spoiler for Tidak menerima:

Thread marwanto.se lainnya
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
thanks gan
nice share emoticon-Jempol
masuk ke msconfig, centang safe boot nya lalu restart :

[SHARE] Cara mudah masuk ke Safe Mode di Windows 8 dengan tombol F8

emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Memang gan, cara tersebut juga bisa digunakan untuk masuk ke Safe Mode Windows 8. Tetapi ane memberikan cara yang jauh lebih mudah dari itu. Sehingga tidak perlu masuk ke Windows 8 normal > MSConfig > centang Safe Boot > restart. Hanya perlu F8 > Safe Mode emoticon-Big Grin
Diubah oleh marwanto.se
Quote:


thanks gan, emoticon-Shakehand2
tombol F8 penyelamat win8 menuju safe mode bila win8 tdk dapat boot dgn normal dan jg apabila dvd/usb installer tdk ada.
merge ke trit officialnya aja gan. biar di index di pejwan emoticon-Big Grin
btw, thanks inponye emoticon-Big Grin
Quote:


oke gan emoticon-Ultah
Wah mantap sharingnya TS emoticon-2 Jempol
ninggalin jejak aja
siapa tau bermanfaat ke depanya
akhirnya ada yg share,,
nice ganemoticon-Jempol
tips simpel dan keren, tengkyu emoticon-Big Grin
Booting Safe Mode di Windows 8.1 "Blue" ganemoticon-Stick Out Tongue
thanks gan sangat membantu

ane juga agak bingung kok ane gk bisa ke safe mode
Pas benerin lepi teman ane yang pake Wedus 8, ane nggak pernah bisa masuk ke Safe Mode make tombol F8. Jadinya harus setting dari MSConfig
Thanks udah nambah pengetahuan ane dan kaskuser lain yang belum tau emoticon-Ngakak
telat tau berita penting ini tak kira windows 8 seperti win sebelumnya, akhirnya terpaksa di inul gara2 salah driver masuk emoticon-Cape d... (S)
mantap gan infonya walaupun ane nggk pake windows 8
thanks gan!, ilmunya sangat membatu ane heheemoticon-Cendol (S)
lumayan tambah pengetahuan heheemoticon-Ngakak
akhirnya...
tq buat TSnya.. penting bgt nih Safemode di windows.. thumbs up
TS nanya donk. klo kondisi gak bisa masuk ke windows 8 gimana caranya supaya bisa masuk safe mode. kira" kronologisnya windows 8 terupdate secara otomatis setelah itu mintar direstart habis direstart kagak bisa masuk windowsnya kembali hanya gelap. ada solusi gak gan?

sebelumnya ane ucapin makasih banyak gan emoticon-Cendol (S)
Quote:


via repair gan emoticon-Big Grin
colokin dulu instaler windows 8 nya emoticon-Embarrassment
halo gan, mau nanya,windows 8 ane rusak,sesudah windows booting tiba tiba ada tulisan error seperti di gambar,dengan cepat langsung layarnya blank warna garis2 oranye kuning ,dan merestart tiba tiba gitu terus gan emoticon-Sorry bantuin gan emoticon-Sorry[SHARE] Cara mudah masuk ke Safe Mode di Windows 8 dengan tombol F8
dan katanya merestart,tapi malah ada gambar garis garis warna kuning dan oranye......emoticon-Sorry
Diubah oleh raflie23
Halaman 1 dari 2
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di