alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/517a0a5848ba541103000006/benarkah-angin-malam-sebabkan-penyakit-paru-paru-basah
Benarkah Angin Malam Sebabkan Penyakit Paru-paru Basah?
Oleh: Erly Towoliu

Paparan angin malam disebut-sebut dapat menyebabkan seseorang menderita paru-paru basah. Benarkah pemahaman masyarakat tersebut?

Ahli kesehatan dr. Rifsia Ajani Husen mengatakan, paru-paru basah yang dimaksud adalah pneumonia. Tentu tidak tepat seandainya ada anggapan di masyarakat bahwa hal itu disebabkan oleh angin malam.

“Pneumonia disebabkan terjadinya infeksi dari bakteri, virus, microplasma, jamur, berbagai senyawa kimia dan partikel,” katanya.

Pneumonia merupakan penyakit yang bisa diderita masyarakat dari seluruh golongan umur. Dalam beberapa kasus yang terjadi di Indonesia, pasien penderita pneumonia akut meninggal dunia akibat terlambat penanganan.

Beragam penelitian menunjukan bahwa gejala pneumonia meliputi batuk-batuk, sakit dada, demam, dan biasanya diikuti gejala kesulitan bernapas. Dari data Asosiasi Paru-Paru Amerika, kebanyakan disebabkan oleh virus dari pernapasan.

Menurut dr. Rifsiah, orang yang sudah terkena pneumonia semestinya segera berobat. Sebab, jika penyakit ini dibiarkan akan fatal akibatnya. “Penderita bisa meninggal jika penyakit ini dibiarkan,” jelasnya.

Pneumonia juga mudah menular. Ada beberapa faktor risiko penularan infeksi pneumonia. Di antaranya adalah kekebalan tubuh lemah. Mereka yang daya tahan tubuhnya sedang tidak baik akan mudah tertular penyakit bila di lingkungannya ada penderita.

Selain itu, orang berusia lanjut sangat rentan tertular. “Jadi tidak ada hubungan pneumonia dengan angin malam,” tegas dokter yang praktek di RS Asih, Tangerang ini.

Meski demikian, masih banyak cara untuk mencegah penularan penyakit tersebut, seperti menempuh pola hidup sehat. Menjaga kondisi tubuh sangat penting. “Jika ada yang batuk, sebaiknya kita menutup mulut dan hidung,” anjurnya.

Sementara untuk orang lanjut usia disarankan melakukan vaksinasi guna mencegah penyakit ini.

Berikut langkah strategis untuk mencegah pneumonia sebagaimana rekomendasi dr. Rifsiah:

- Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
- Mengusahakan sirkulasi udara yang baik di tempat tinggal maupun ruang kerja.
- Hindari rokok dan penderita batuk.
- Makanlah dengan gizi seimbang.
- Lakukan imunasi, terutama untuk anak. Vaksin Hb sudah banyak dipakai untuk menangkal pneumonia.

Sumber: http://id.she.yahoo.com/benarkah-ang...nlwYWdl;_ylv=3
nice share gan,ane lagi nyari info tentang ini alhamdulillah ketemu emoticon-Rate 5 Star
nais inpoh gan..ane pnderita pneumonia ringan gan krjaan ane keluar malam..
Quote:Original Posted By 20br94
nice share gan,ane lagi nyari info tentang ini alhamdulillah ketemu emoticon-Rate 5 Star


xip.,.,
hampir mirip ya dengan TBC... diagnosanya
nice info ganemoticon-Toast
makasih uda diingatkan gan emoticon-I Love Indonesia (S)
setujuu..ANGIN malam g da hubungannya m paru2 basah.....hehehe..itu karena infeksi di paru2 gan...tepatnya di alveolus paru2..emoticon-Malu (S)
Wah bahaya kayanya, ane udah beberapa minggu batuknya nggak sembuh2. Belakangan dada juga mulai sakit kalau ditekan. Tapi yang sakit dada sebelah kanan doang, sedikit dibawah lingkar payudara. Itu tanda2nya nggak ya gan?emoticon-Matabelo
Nice info gan
Quote:Original Posted By berkahsmgshop2
setujuu..ANGIN malam g da hubungannya m paru2 basah.....hehehe..itu karena infeksi di paru2 gan...tepatnya di alveolus paru2..emoticon-Malu (S)


sebaiknya konsultasi ke donkter biar segera di periksa, jangan di biarkan begitu saja bos.,.,. semoga sehat" saja,.,.
nice inpho gan emoticon-2 Jempol