alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5177abcf1ad719544c000000/tanya-soal-perceraian
tanya soal perceraian
Salam. ane seorang laki2, sudah menikah selama 4,5 tahun. kami belum punya anak. kami sudah cek ke dokter, hasilnya istri saya tidak ada masalah kesuburan. sedangkan saya memiliki masalah kesuburan.

selama itu saya sudah berusaha berobat dengan cara medis/non medis namun belum membuahkan hasil.

akhrnya kami berdua memutuskan untuk bercerai. saat ini saya sudah pisah rumah dgn istri.

ane ingin tanya: apakah alasan ini dibenarkan dalam sidang perceraian? dokumen2 apa saja yang harus saya siapkan. terima kasih jawabannya.

note: ane udah nanya di forum melek hukum, tapi belum ada jawaban. barangkali kaskuser yang ngerti hukum disini bisa bantu ane. thanks.

jawaban bermutu berhadiah cendol
Coba tanya di SF weeding & family gan emoticon-Big Grin


Linknya [URL=""]Weeding & Famililly[/URL]
udah dipikir mateng tuh gan??
kenapa gak mengadopsi anak aja...???


kalo soal cerai ane gak ngerti gan
maaf tidak bisa membantu
Wahhhh gk ada respon nech tentang pertayaan agan...
mungkin dibawah ane bisa ngejawabnya gan....

Peringatan! 

Sebenernya dibenarkan sih klo memang kedua2nya sudah sepakat,apa gak sebaiknya mengadopsi anak aja gan ? emoticon-Malu
setau ane dibenarkan bray,yang sabar yak oom,tuhan punya jalan kok
Ke wedding coba gan...
klo bole ane ksh saran,pikir2 lg deh gan sblm bercerai,apa cuma gara2 ga pnya anak trus bercerai,yah mnrut ane emng blum dikasih ALLAH SWT...terus berusaha n terus berdoa gan,inget yaaa...bercerai emng hukumnya ga haram,tp suatu hal yg dibenci ALLAH SWT
Quote:Original Posted By onteler
udah dipikir mateng tuh gan??
kenapa gak mengadopsi anak aja...???


kalo soal cerai ane gak ngerti gan
maaf tidak bisa membantu




ga gan, kita udah sepakat untuk tidak mengadopsi anak. khawatir ada masalah/klaim dikemudian hari. Insya Allah udah kita pikirn mateng2
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Maaf kalaupun ente dah berkeluarga masih kalah sabar sama ane ...
Ane 7 tahun gan menunggu buah hati datang, segala Ihtiyar dan Alternatif yg sesuai suunah dah ane jalani alhmdulillah, kesabaran berbuah manis ane dah jadi seorang ayah ...

Pesan ane : Ihtiyar dan usaha tapi sesuai syariat, jangan percaya klenik atau dukun, cari alternatif (shin se ataupun pengetahuan yg jauh dari sirik)

Bersabar, cemen amat gan gara-gara gk punya anak jadi cerai ... emoticon-Ngakak (S)
ane ga bisa bantu gan..sayang bgt yah harus pisah....
Quote:Original Posted By xprezzz
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Maaf kalaupun ente dah berkeluarga masih kalah sabar sama ane ...
Ane 7 tahun gan menunggu buah hati datang, segala Ihtiyar dan Alternatif yg sesuai suunah dah ane jalani alhmdulillah, kesabaran berbuah manis ane dah jadi seorang ayah ...

Pesan ane : Ihtiyar dan usaha tapi sesuai syariat, jangan percaya klenik atau dukun, cari alternatif (shin se ataupun pengetahuan yg jauh dari sirik)

Bersabar, cemen amat gan gara-gara gk punya anak jadi cerai ... emoticon-Ngakak (S)


ane sepakat sama agan atas ane... lagian... coba diinget2... dulu pas nikah... masa tujuan ente ber-2 cuma untuk punya anak ajja??? gak ada yg laen tah... seperti untuk saling menyayangi dan menjaga satu sama lain... emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By xprezzz
emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Maaf kalaupun ente dah berkeluarga masih kalah sabar sama ane ...
Ane 7 tahun gan menunggu buah hati datang, segala Ihtiyar dan Alternatif yg sesuai suunah dah ane jalani alhmdulillah, kesabaran berbuah manis ane dah jadi seorang ayah ...

Pesan ane : Ihtiyar dan usaha tapi sesuai syariat, jangan percaya klenik atau dukun, cari alternatif (shin se ataupun pengetahuan yg jauh dari sirik)

Bersabar, cemen amat gan gara-gara gk punya anak jadi cerai ... emoticon-Ngakak (S)


ane ga kerasa udah 2 tahun gan..tp belum ada usah..belum cek juga..emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Cape d... (S)..fiuh
alasan itu bisa dibenarkan gan
dokumen mah gampang, masalah nya duit gan
agan kudu siapin duit utk sidang, sekitar 3 jutaan lah, kalo mau sidang nya lancar gak pake ribet
makanya banyak org indonesia yg cerai gitu aja, gak pake sidang pengadilan, tinggal buang buku nikah, kimpoi lagi, penghulu juga gak akan ngecek ente udah pernah kimpoi atau belum
cuma kalo ente punya harta lumayan, dan gak mau kehidupan ente terganggu oleh gugatan pihak mantan soal harta gono gini, yah mendingan di urus aja sidang cerai nya
klo org miskin mah gak pernah di urus gan, nothing to lose soalnya, gak pnya harta, jadi kalo mereka cerai yah maaf aja nich, cerai gitu aja, udah kayak hewan aja gan, pisah rumah, pisah segala galanya, buku nikah di buang, kimpoi lagi, tapi bohong sama penghulu, ngaku masih bujang, dll dll
penghulu KUA sekarang juga korupsi nya gila2xan, gak peduli ente udah pernah merit atau belum , asal di kasi duit, langsung ACC mereka
oya utk sidang cerainya, jangan lupa minta temenin sodara dekat (ortu atau kakak / adik ente) utk dijadikan saksi; ini keharusan soalnya
cuma itu aja kok
sehari kelar kok proses nya
tanya soal perceraian
ah buset gan kaga logis amat cerai gara2 gak punya anak
klo ente muslim,
jgn cerai, dosa besar itu cerai,
coba sedekah, sholat malam (tahajud), sholat rawatib dimasjid tepat waktu,
untuk persoalan anak, itu sih mudah, karna segala sesuatuna itu Allah Swt yg berkehendak, kalo Allah ga ijinin ente punya anak yah begitulah, bukan hanya maslah kesuburan seseorang,

mungkin diwaktu2 lampau, ente byk2 dosa, minta ampun dah,
insya allah dikasih jalan yg terbaik,
Quote:Original Posted By udah.tobat
Salam. ane seorang laki2, sudah menikah selama 4,5 tahun. kami belum punya anak. kami sudah cek ke dokter, hasilnya istri saya tidak ada masalah kesuburan. sedangkan saya memiliki masalah kesuburan.

selama itu saya sudah berusaha berobat dengan cara medis/non medis namun belum membuahkan hasil.

akhrnya kami berdua memutuskan untuk bercerai. saat ini saya sudah pisah rumah dgn istri.

ane ingin tanya: apakah alasan ini dibenarkan dalam sidang perceraian? dokumen2 apa saja yang harus saya siapkan. terima kasih jawabannya.

note: ane udah nanya di forum melek hukum, tapi belum ada jawaban. barangkali kaskuser yang ngerti hukum disini bisa bantu ane. thanks.

jawaban bermutu berhadiah cendol


Ane cm pgn ksh masukan sdkit gan, mdh2an msuk di agan..
Alasan yg akan agan ajukan dipersidangan perceraian ttp diperbolehkan dlm persidangan gan, akan tetapi, ketika agan melewati proses persidangan, Hakim atwpun jaksa akan menasehati agan, dan mencoba mempertahankan rmh tangga agan. Tpi jika emg ga da jln kluarnya nanti dipersidangan, mka hakim akn mengesahkan gugatan perceraian trsb. Dokumen yg agan butuhkan utk mengajukan gugatan, Photo copy akta nikah, dan biasanya dminta dlegalisir oleh Kua setempat, Photo copy Ktp, dan penggugat dan tergugat. Ada baiknya agan pergi lgsng ke pengadilan agama setempat, agan bisa bertanya lgsng apa2 yg dbtuhkan.
Cm saran ane, lbh baik mencoba utk dpertahankan, jika permasalahan hanya blm adanya turunan, byklah berdoa, dan bersedekah dgn niat ingin pnya trunan, mgkin saat ini Tuhan blm aja memberinya pd agan dan istri..
makasih jawabannya teman2 semua.

hal ini sudah saya pikirkan baik2....memang anak itu urusan Tuhan. tapi kami juga udah berusaha secara medis dan non medis yang dihalalkan agama.

tapi saya sebagai laki2 tidak tega dengan istri yang usianya terus bertambah sedangkan kondisi saya tidak berubah.

saya juga ingin punya keturunan, tapi laki2 kan punya anak di usia agak lanjut ga masalah. sedangkan perempuan punya anak usia 30 keatas makin beresiko.

itu yang mendasari ane n istri sepakat berpisah. ane kasihan ama istri ane.
ke sub forum WEDDING gan
momod ama sepuh sana sudah makan asam garam
tapi yang sabar ya pas nunggu jawaban mereka

emoticon-Kiss