alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51751c7c6112436a32000004/need-help-bapak-ane-di-diagnosa-gejala-penyakit-ginjal
[need help] bapak ane di diagnosa gejala penyakit ginjal
agan agan maaf ane ga basa basi, bapak ane di diagnosa gejala ginjal, agan agan tau ga makanan apa yang boleh dimakan ama bapak ane? Soalnya bapak ane ga boleh makan nasi, adakah yang bisa membantu?
Coba baca2 di bawah:

http://kesehatan.kompas.com/read/201...a.Gagal.Ginjal
http://health.kompas.com/read/2012/0...n.Gagal.Ginjal
http://health.kompas.com/read/2011/1....Kanker.Ginjal
http://health.kompas.com/read/2013/0...sehatan.Ginjal


Pantangan untuk Penderita Gagal Ginjal

1. Pilih Makanan yang Rendah Kalium
Pakar nutrisi akan merekomendasikan penderita gagal ginjal untuk makan makanan yang rendah kalium. Bahan makanan yang tinggi kalium diantaranya pisang, jeruk, kentang, bayam dan tomat sedangkan makanan yang rendah kalium yaitu apel, kubis, buncis, anggur dan stroberi.

2. Hindari Makanan Olahan dengan Garam Tambahan
Hal ini karena natrium dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh sehingga jumlah asupan makanan yang mengandung natrium harus dibatasi, terutama jika penderita juga mengidap tekanan darah tinggi (hipertensi) dan edema (pembengkakan).

Kurangi jumlah garam yang dimakan penderita setiap harinya dengan menghindari produk-produk makanan olahan yang memakai tambahan garam, termasuk makanan beku, sup kalengan dan makanan cepat saji. Begitu juga dengan cemilan asin, sayuran kaleng dan daging atau keju olahan.

3. Batasi Asupan Fosfor
Fosfor adalah salah satu jenis mineral yang banyak ditemukan pada makanan seperti susu, keju, kacang kering, kacang-kacangan dan selai kacang. Kelebihan jumlah fosfor dalam darah penderita akan melemahkan tulang dan menyebabkan kulit gatal-gatal.

Meskipun dokter akan memberikan obat-obatan pengikat fosfat untuk mengurangi penumpukannya, namun penggunaan bahan-bahan makanan berfosfat masih harus diperhatikan. Pakar nutrisi akan memberikan rekomendasi yang spesifik terkait asupan fosfor dalam makanan untuk kondisi gagal ginjal pada masing-masing penderita.

---------------

Yang Boleh dan Tak Boleh Bagi Penderita Batu Ginjal

1. Perbanyak minum air putih
Air adalah diet paling penting untuk mencegah batu ginjal, karena komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil. Penderita batu ginjal disarankan untuk buang air kecil sekitar 2,5 liter dalam sehari, sehingga harus minum lebih banyak dari jumlah tersebut. Jika cuaca panas atau sedang banyak aktivitas, konsumsi air harus diperbanyak supaya lebih sering buang air kecil.

2. Batasi kalsium
Biasanya tubuh tidak akan menyerap kalsium melebihi yang dibutuhkan. Namun pada kondisi tertentu misalnya hipercalciuria, kelebihan kalsium dibuang melalui ginjal dalam bentuk air kencing. Penderita batu ginjal disarankan untuk membatasi asupan kalsium maksimal 800 mg/hari untuk pria dan 1.200 mg/hari untuk wanita.

Kalsium banyak terdapat pada sayuran hijau, susu dan berbagai produk olahan berbahan susu. Kalsium pada susu lebih mudah diserap usus dibandingkan pada sayuran hijau.

3. Batasi oksalat
Bersama kalsium, oksalat (asam yg mengandung satuan COO2) dapat membentuk kristal penyebab batu ginjal. Oleh karena itu, penderita batu ginjal disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari sama sekali makanan yang banyak mengandung oksalat. Di antaranya adalah bayam, strawberry, cokelat, gandum, biji-bijian dan teh.

Penderita batu ginjal disarankan untuk membatasi konsumsi oksalat tidak lebih dari 50 mg/hari.

4. Batasi garam dan protein nabati
Membatasi konsumsi garam natrium dapat mengurangi jumlah kalsium yang dikeluarkan lewat ginjal. Oleh karena itu jika yang terbentuk adalah batu kalsium, maka konsumsi garam natrium sebaiknya dibatasi antara 2.500-3.500 mg/hari.

Sementara protein hewani bisa memicu beberapa jenis mineral di urine untuk membentuk batu ginjal. Karena itu penderita batu ginjal harus menggantikannya dengan protein nabati.

5. Perbanyak serat tidak larut
Ada 2 jenis serat yakni serat yang larut dan serat yang tak larut, masing-masing memiliki fungsi yang sama penting di dalam tubuh. Tetapi dalam hal ini, serat tak larut yang terdapat pada gandum, padi dan terigu bisa mengurangi kadar kalsium dalam urine. Serat tersebut mengikat kalsium ketika berada di usus, sehingga tidak dikeluarkan melalui ginjal.

6. Batasi konsumsi vitamin C
Salah satu hasil metabolisme vitamin C adalah oksalat. Karena oksalat bisa membentuk kristal, maka penderita batu ginjal harus membatasi asupan vitamin C.

---------------

Ini Cara Menjaga Ginjal Agar Tetap Berfungsi Optimal


1. Hindari konsumsi garam dan makanan berlemak secara berlebihan
2. Hindari mengonsumsi obat yang dijual bebas dan obat penghilang rasa sakit jika tidak diperlukan
3. Mengurangi asupan makanan cepat saji karena mengandung kadar garam yang tinggi.
4. Minum sedikitnya 2-3 liter per hari, karena asupan air yang cukup bisa membantu mengurangi penumpukan zat-zat berbahay di ginjal dan dikeluarkan melalui urine.
5. Hindari asupan protein tinggi dalam bentuk suplemen protein.

sumber: detik..com
thanks ya agan agan yang udah ngasih info, seandainya ane bsa ngsih cendol ane kasih deh,