alexa-tracking

Poliklinik Telinga Hidung Tenggorok Kaskus Edition

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/517403fee474b43771000008/poliklinik-telinga-hidung-tenggorok-kaskus-edition
Poliklinik Telinga Hidung Tenggorok Kaskus Edition
halo agan agan
salam kenal.....
id lama ane lae togar gk bs ane log in jadinya ane buat thread baru dimari

ane lagi pendidikan di bidang ini, smoga ane bs bantu agan agan yg punya problem di bidang ini skaligus menambah ilmu ane


bdw, salam kaskus

emoticon-Sundul Up

emoticon-Angkat Beer
------

Quote: Poliklinik Telinga Hidung Tenggorok Kaskus Edition Poliklinik Telinga Hidung Tenggorok Kaskus Edition Poliklinik Telinga Hidung Tenggorok Kaskus EditionTHREAD KESEHATAN DAN TANAMAN OBAT LAE TOGAR


LAPAK JUALAN LAE TOGAR REBORN NUMPUK DISINI


emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer
kok sepi....
ramein dikit ah
Quote:
Spoiler for kasus:


ada yang tau apa yang ane alamin?
penyebab + akibatnya?
pengobatan/pencegahannya? (selain ke dokter tht)
===================================
UPDATE: baru ke dokter tht. Setelah diperiksa telinga kiri ane merah, gara2 sering korek2 kuping. cuman dikasih obat penghilang sakit, sama obat tetes telinga "otopain" (kayaknya itu obat trlalu mainstream klo yg udah pernah brobat tht).
Terus disuruh kontrol lagi sminggu brikutnya buat dikeluarin earwaxnya.
Quote:Original Posted By crashandride
kok sepi....
ramein dikit ah


ada yang tau apa yang ane alamin?
penyebab + akibatnya?
pengobatan/pencegahannya? (selain ke dokter tht)

pagi gan, dari cerita agan, ane mengambil kesimpulan bahwa awalnya itu kotoran telinga(serumen), kotoran telinga berbeda pada tiap orang gan, Ada yg kering, lembek, lengket. kemungkinan agan kotoran telinganya tipe lengket, sehihgga bisa membuat air trperangkap dan gk bs keluar

penggunaan cotton buds trlalu ke dalam tidak disarankan karena membuat serumen. akin terdoorong ke dalam

pemKaian alkohol dan cuka+ pengorekan felinga mengarahkan pAda iritasi liang telinga( yang notabene liang telinga kita lembut dan mudah teriritasi).
kalau liang telinga teriritasi keluhannya sama dengan keluhan yg agan rasakan saat ini

solusinya bagaimAna? agan berobat ke dr tht, teliga jangan dikorek dan janagn dimasukin cairan yang bisa mengiritasi, kemungkinan besar mengarah ke otitis eksterna gan(infeksi liang telinga luar).

saran ane segera berobat ke tht, jgn ditunda agar semakin cepat diobati.

emoticon-Angkat Beer


kebetulan ada thread ini numpang tanya gan
kebetulan td pagi telinga kiri ane agak deaf atau "tersumbat"
tes korek telinga dikit, malah gak dapet kotorannya (entah deh kalau kotorannya mengeras emoticon-Najis (S))
gejalanya seperti ini gan :
1. kalau tes buka mulut, hirup udara pake mulut, telinga kiri seperti ada yg niup gan, telinga kanan gak ada reaksi apa-apa
2. kalo pas meditasi sambil memperhatikan napas, kadang bisa juga nafasnya "bocor" seolah-olah nafas itu keluar masuk telinga juga, mirip kasus no 1.. kalau itu terjadi biasanya ane langsung telan ludah, baru ilang deh gejalanya.. (kalau kasus no 2 ini udh lama gan, msh bingung entah kenapa)
3. kalau lagi pilek, hidung tersumbat, biasanya deaf telinga kiri makin "terasa"
4. rasa nyeri seh tidak ada, cuma gak enak aja seperti ada yg nyumbat
5. kadang pas spontan ketawa/ngakak mendadak, juga terasa hembusan di telinga kiri

kira-kira kenapa ya gan?? apakah karena kotoran telinga numpuk?? atau bisa gak kalau dahak itu terperangkap di telinga?? emoticon-Cape d... (S)
mohon infonya gan, mw ke THT tp dpt referensi seh..

sebagai tambahan
sebelumnya ane juga ada buat thread : CONTOH KASUS
Quote:Original Posted By NinjaJiraiya
...


udah berapa lama gan?
sama kaya ane tuh, kadang ada hembusan udara di telinga saat nelen,
kalo kelamaan bisa nyeri loh... emoticon-Ngakak (S)
ikut baca2 yah ... telinga ane juga ni suka ngiiiinggg
Quote:Original Posted By NinjaJiraiya
kebetulan ada thread ini numpang tanya gan
kebetulan td pagi telinga kiri ane agak deaf atau "tersumbat"
tes korek telinga dikit, malah gak dapet kotorannya (entah deh kalau kotorannya mengeras emoticon-Najis (S))
gejalanya seperti ini gan :
1. kalau tes buka mulut, hirup udara pake mulut, telinga kiri seperti ada yg niup gan, telinga kanan gak ada reaksi apa-apa
2. kalo pas meditasi sambil memperhatikan napas, kadang bisa juga nafasnya "bocor" seolah-olah nafas itu keluar masuk telinga juga, mirip kasus no 1.. kalau itu terjadi biasanya ane langsung telan ludah, baru ilang deh gejalanya.. (kalau kasus no 2 ini udh lama gan, msh bingung entah kenapa)
3. kalau lagi pilek, hidung tersumbat, biasanya deaf telinga kiri makin "terasa"
4. rasa nyeri seh tidak ada, cuma gak enak aja seperti ada yg nyumbat
5. kadang pas spontan ketawa/ngakak mendadak, juga terasa hembusan di telinga kiri

kira-kira kenapa ya gan?? apakah karena kotoran telinga numpuk?? atau bisa gak kalau dahak itu terperangkap di telinga?? emoticon-Cape d... (S)
mohon infonya gan, mw ke THT tp dpt referensi seh..

sebagai tambahan
sebelumnya ane juga ada buat thread : CONTOH KASUS

emoticon-Rate 5 Star halo gan maap lama bales
menurut ane, dari cerita agan yang bisa ane ambil kesimpulan adalah sumbatnya saluran dari telinga ke hidung gan, di daerah tuba eustachius
jadi antara telinga, hidung, dan tenggorokan ada saluran bernama tuba eustachius

kalo ni saluran nyumbat, efeknya ke telinga adalah jadi terasa seperti ada kotoran, pilek, ga nyaman kalau buka mulut

penyebab sumbat tuba ini bisa karena alergi (tersering), infeksi telinga, pilek, batuk

cara memastikannya hanya dengan pemeriksaan ke dokter tht gan...sementara ini hindarin yang dingin dingin, makan minum hangat, dan....cukup istirahat gan...
Quote:Original Posted By crashandride


udah berapa lama gan?
sama kaya ane tuh, kadang ada hembusan udara di telinga saat nelen,
kalo kelamaan bisa nyeri loh... emoticon-Ngakak (S)
maksudnya kayak misalnya di pesawat gitu rasanya?telinga tersumbat seperti ada udara gan?

Quote:Original Posted By Six-Sens3
ikut baca2 yah ... telinga ane juga ni suka ngiiiinggg

emoticon-Rate 5 Star silahkan gannn
emoticon-Ngakakemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
selamat pagi kaskuser
Sore Agan agan
numpang nanya ni calon2 dokter or dokter kaskus.. umur ane 25. tb 170 cm bb 64 kg. olahrga 2-3 seminggu (fitnes)

ane punya problem yaitu hidung ane tersumbat dan tenggorokan ane kaya ada dahaknya kaya nempel ga bisa dikuarin. tersumbatnya sebelah saja, cuma full 24/7 tersumbat trus. sumbatan pindah2 kadang kiri kadang kanan. kalau malam tidur dalam keadaan kepala lurus rasanya hampir dua2nya lobang hidung tersumbat dan sulit napas. kejadian uda berlangsung hampir 8 bulan.

bayangin aja gan ane ga bisa napas lega dan dahak trus nempel da sekian lama. ane bukannya ga berobat, ane da berobat kesana kemari kesana kemariiiii super bnyak. ga kunjung sembuh juga. obat2an smua sudah ane kumpulin dan tiap ke dokter kayanya makin bnyk aja riwayat berobat ane.

uda rontgen paru2, hasilnya normal.
semua dokter yang ane datengin baik dokter spesialis tht maupun dokter umum selalu bilangnya alergi. uda perna ke spesialis tht ampe dimasukin alat yang bisa kliatan langsung dimonitor. dibilang normal2 aja.ane da coba hindarin makanan tertentu, dikasi obat alergi. tetep aja tidak ada perubahan sedikitpun.

trakhir baru tadi pagi karena ane penasaran apa betul karena alergi? ane cek ige total di prodia. hasilnya gan? normal. what theeee?

bingung sebingung2nya. ane sebenernya sakit apaan ya? apa yang sebaiknya ane lakukan agar bisa sembuh? atau lebih tepatnya bagaimana agar ane tau ane sakit apa ya? apakah perlu dilakukan rontgen muka? ane blom lakukan itu. dan ada dokter tht yang recommended di jakarta?

beribu2 trims apabila ada yang bisa bantu ane emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By Rider_46
numpang nanya ni calon2 dokter or dokter kaskus.. umur ane 25. tb 170 cm bb 64 kg. olahrga 2-3 seminggu (fitnes)

ane punya problem yaitu hidung ane tersumbat dan tenggorokan ane kaya ada dahaknya kaya nempel ga bisa dikuarin. tersumbatnya sebelah saja, cuma full 24/7 tersumbat trus. sumbatan pindah2 kadang kiri kadang kanan. kalau malam tidur dalam keadaan kepala lurus rasanya hampir dua2nya lobang hidung tersumbat dan sulit napas. kejadian uda berlangsung hampir 8 bulan.

bayangin aja gan ane ga bisa napas lega dan dahak trus nempel da sekian lama. ane bukannya ga berobat, ane da berobat kesana kemari kesana kemariiiii super bnyak. ga kunjung sembuh juga. obat2an smua sudah ane kumpulin dan tiap ke dokter kayanya makin bnyk aja riwayat berobat ane.

uda rontgen paru2, hasilnya normal.
semua dokter yang ane datengin baik dokter spesialis tht maupun dokter umum selalu bilangnya alergi. uda perna ke spesialis tht ampe dimasukin alat yang bisa kliatan langsung dimonitor. dibilang normal2 aja.ane da coba hindarin makanan tertentu, dikasi obat alergi. tetep aja tidak ada perubahan sedikitpun.

trakhir baru tadi pagi karena ane penasaran apa betul karena alergi? ane cek ige total di prodia. hasilnya gan? normal. what theeee?

bingung sebingung2nya. ane sebenernya sakit apaan ya? apa yang sebaiknya ane lakukan agar bisa sembuh? atau lebih tepatnya bagaimana agar ane tau ane sakit apa ya? apakah perlu dilakukan rontgen muka? ane blom lakukan itu. dan ada dokter tht yang recommended di jakarta?

beribu2 trims apabila ada yang bisa bantu ane emoticon-Shakehand2


gini gan, sebelumnya ane mau nanya
ini hidung sumbatnya hanya setiap malam saja gan?
ingusnya warna apa?
adakah situasi yg membuat sumbat hidung berkurang? misalnya cuaca panas, atau kondisi bagaimana yg biikin idung agan nyaman?

amandel

lam kenal TS
ane rinitis alergi dr kecil, pilek hampir tiap bulan. yg ane rasa gan hampir tiap hari kuping ane kyk kesumbat. ane sih bs denger cuma gak nyaman. nah kl ane kena cold/RFA kuping lsg deh otalgia. nah tonsil ane jg gede kayaknya T4 yg kanan tp kiri masih T3.
pertanyaan ane, apakah kuping ane yg hmpr tiap hari bindeng itu krn tonsil ane yg gede apa krn rinitis alergi ane, ane srg pilek (infeksi bukan alergi) hampir tiap bulan, malah bs sebulan 2 kali, krn ane yg alergian jd gampang infeksi apa krn tonsil ane jg yg gak ngecil2.
kalo krn tonsil ane ada solusi gak gan selain operasi.
tks banget kl dijawab gan. ane TS agan yg penakut sama operasi.
Quote:Original Posted By isteripakguru
lam kenal TS
ane rinitis alergi dr kecil, pilek hampir tiap bulan. yg ane rasa gan hampir tiap hari kuping ane kyk kesumbat. ane sih bs denger cuma gak nyaman. nah kl ane kena cold/RFA kuping lsg deh otalgia. nah tonsil ane jg gede kayaknya T4 yg kanan tp kiri masih T3.
pertanyaan ane, apakah kuping ane yg hmpr tiap hari bindeng itu krn tonsil ane yg gede apa krn rinitis alergi ane, ane srg pilek (infeksi bukan alergi) hampir tiap bulan, malah bs sebulan 2 kali, krn ane yg alergian jd gampang infeksi apa krn tonsil ane jg yg gak ngecil2.
kalo krn tonsil ane ada solusi gak gan selain operasi.
tks banget kl dijawab gan. ane TS agan yg penakut sama operasi.


gini prinsipnya gan, antara telinga hidung dan tenggorokan ada persimpangan, jadi bisa terjadi infeksi ketiga2nya kalau ada salah satu saja yang infeksi

sebelumnya, usia agan brapa? alergi apa aja gan?

alergi

Quote:Original Posted By laetogareborn


gini prinsipnya gan, antara telinga hidung dan tenggorokan ada persimpangan, jadi bisa terjadi infeksi ketiga2nya kalau ada salah satu saja yang infeksi

sebelumnya, usia agan brapa? alergi apa aja gan?


Ane alergi udara/cuaca dan debu. Hampir tiap hari pagi dan malem (kl telat tidur) ane pasti ingusan.
Ane udah 30thn gan.
Ni ane lagi bindeng2 aja kuping kayak kesumbat, tapi pendengaran alhamdulillah normal.
Quote:Original Posted By isteripakguru


Ane alergi udara/cuaca dan debu. Hampir tiap hari pagi dan malem (kl telat tidur) ane pasti ingusan.
Ane udah 30thn gan.
Ni ane lagi bindeng2 aja kuping kayak kesumbat, tapi pendengaran alhamdulillah normal.

kalau cuaca panas enakan rasanya gan?
agan sering lembur?
pekerjaannya apa ya gan? ane mencari korelasi alergi dengan penyakit agan ini
Mantap ada thread THT.
Numpang nanya yah gan. saat ini telinga ane lagi kena jamur. udah 3x kunjungan ke THT soalnya penyakitnya kambuh2 terus. kalo udah kambuh telinga ane sakit banget (Nyeri).
Nah sekarang ane lagi dapet salep anti jamur dari dokter THT'ny.
Masalahnya ane agak kesulitan ngoles salep ke dalam telinga. soalny kan salepnya ane taro di cotton bud baru di oles ke dalem telinga. nah ane ngeri kalo terlalu dalem masukinnya ntar mlah kena gendang telinga.
Apakah ada saran untuk cara aman mengoles salep ke dalam telinga gan??

Kalo menurut ane sih sebenernya lebih enak pake obat tetes telinga, tapi kata dokternya sekarang udah ga ada lagi obat tetes telinga untuk jamur. jadi ane dapet salep deh (nizoral : ketoconazole 20mg). mungkin ente ada saran juga untuk obat tetes telinga untuk jamur yg mengandung ketoconazole??

emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By laetogareborn
kalau cuaca panas enakan rasanya gan?
agan sering lembur?
pekerjaannya apa ya gan? ane mencari korelasi alergi dengan penyakit agan ini


ane ibu rumtang gan, insomnia kl lewat wkt tidur belum tidur (bocah2 ane tidurnya jam 11 keatas, ane biasanya br bisa tidur jam 1 plg cpt tp kdg2 jam 3). nah ane meler2 sepanjang malam itu (kl insomnia). pagi rutin bersin. kl udh ketemu matahari pilek ilang. tp kl kuping bindeng udah setahun ini selalu kerasa meski pilek udh reda. oh iya ane gmpang skt tenggorokan kl salah2 makan.

Smile 
HORAS LAE..

wah kebetulan nih ada threadnya..
gan kuping ane lagi sakit nih, kayaknya gara2 kelamaan pake earphone.. jenuh gitu kupingnya agak2 sakit & gak nyaman emoticon-Frown

biasanya sih ane pake otopain and biasanya sehari langsung sembuh

nah ini kebetulan otopain ane udah kadaluarsa & udah dibuang..
padahal masih penuh tuh baru sekali dua kali pakai..mana mahal lagi harganya emoticon-Hammer

nah yg mau ane tanyain, itu obat aman gak sih gan soalnya dilabelnya kan buletan merah gitu sama lambang k alias obat keras

ada alternatif lain gak gan obat tetes kuping yg lebih aman dan murah, thx