alexa-tracking

Osteoporosis—Penyakit yang Senyap

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5167d4f9e374b45702000006/osteoporosispenyakit-yang-senyap
Osteoporosis—Penyakit yang Senyap
Osteoporosis—Penyakit yang Senyap

Anna, 19 tahun, baru pulih dari kelainan perilaku makan anoreksia nervosa ketika ia tiba-tiba ambruk dengan nyeri punggung yang sangat hebat. Dua ruas tulang punggungnya patah dan tubuhnya bertambah pendek lima sentimeter. Penyebabnya adalah osteoporosis.
”OSTEOPOROSIS” secara harfiah berarti ”tulang yang keropos”. Ini disebut penyakit yang senyap karena sering kali tidak ada gejala adanya pengeroposan pada tulang sampai tulang itu begitu rapuh sehingga retak atau patah sewaktu mendapat tekanan secara tiba-tiba, terbentur sesuatu, atau karena terjatuh. Bagian yang terkena biasanya adalah pinggul, rusuk, tulang punggung, atau pergelangan tangan. Orang biasanya mengaitkan osteoporosis dengan wanita lansia yang ringkih. Namun, seperti kasus Anna, osteoporosis bisa juga menyerang orang muda.
Ancaman Kesehatan yang Serius
Yayasan Osteoporosis Internasional melaporkan bahwa ”di Uni Eropa, setiap 30 detik satu orang mengalami patah tulang akibat osteoporosis”. Di Amerika Serikat, 10 juta orang terkena osteoporosis, dan 34 juta lagi berisiko mengalaminya karena massa tulang yang rendah. Selain itu, Lembaga Kesehatan Nasional AS melaporkan bahwa ”satu di antara setiap dua wanita dan satu di antara empat pria berusia 50 tahun ke atas akan mengalami patah tulang yang berkaitan dengan osteoporosis dalam kehidupan mereka”. Dan, situasi ini tampaknya tidak akan bertambah baik.
Bulletin of the World Health Organization menyatakan bahwa jumlah kasus patah tulang akibat osteoporosis diperkirakan berlipat ganda di seluruh dunia dalam waktu 50 tahun mendatang. Prediksi ini kemungkinan didasarkan atas perkiraan meningkatnya jumlah penduduk lansia. Namun, konsekuensinya menakutkan. Jumlah orang yang cacat, bahkan meninggal, akibat osteoporosis cukup tinggi. Hampir 25 persen pasien berusia 50 tahun ke atas yang mengalami patah tulang pinggul meninggal akibat komplikasi medis dalam waktu setahun setelahnya.


Spoiler for Apakah Anda Berisiko Mengalaminya?:

[URL="sumber"]www.jw.org[/URL]