alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5162517a631243783c00000a/sim-cardmengenal-sim-card
Thumbs up 
SIM Card(mengenal sim card)
semoga bermanfaat
ni info selengkapnya

Pada saat sekarang ini kita semua pasti sangat akrab dengan kata-kata SIM Card, ya kartu SIM yang kita gunakan untuk berlangganan pada satu operator seluler. Tapi tahukah kamu apa itu SIM Card dan komponen apa saja yang ada di dalamnya? mari kita coba bahas sedikit ya. SIM adalah singkatan dari Subscriber Identity Module , ada juga yang mengatakan kepanjangannya ialah Subscriber Identification Module , ya dua-dua nya artinya hampir sama kok emoticon-Smilie . Kartu pintar ini diproduksi dalam bentuk Integrated Circuit (IC /Aisi-kalau kata orang servis) yang menyimpan data untuk pelanggan telepon seluler GSM (SIM Card) dan CDMA (R-UIM Card), data tersebut meliputi identitas pengguna, lokasi dan nomor telepon, jaringan data otorisasi, kunci keamanan pribadi, daftar kontak dan teks yang tersimpan. Kartu pintar ini bersifat Removable, ya dapat dipindah-pindah dari satu handphone ke handphone yang lainnya selama handphone tersebut tidak terkunci pada satu operator seluler tertentu.

Dengan SIM Card resmi yang dikeluarkan oleh penyedia jasa telekomunikasi, pengguna di-autentifikasi untuk masuk dalam jaringan provider tersebut dimulai dari yang paling basic yaitu mendapat sinyal dari BTS terdekat sampai bisa terhubung ke jaringan internet. Just like Bob Marley said No Woman No Cry, Telco System said No SIM No Service (what a lame joke ha emoticon-Smilie ).
SIM Card – ICCID dan IMSI
ICCID SIM Card (Integrated Circuit Card Identifier)

Dalam sebuah SIM Card , selain material magnetis juga terdapat dua dua logical component yang berfungsi sebagai identitas pengguna di dalam core network penyedia layanan. Kedua komponen tersebut adalah :

ICCD : Integrated Circuit Card Identifier
IMSI : International Mobile Subscriber Identity

sim card iccd

Mari kita coba cari tahu dulu apa itu ICCD. ICCD ialah nomor registrasi manufaktur dari SIM Card. Bisa dilihat di belakang SIM Card, terdapat 19 digit nomor yang diprint disitu, pasti kamu pernah lihat deh ada nomor berbaris di belakang/depan Kartu SIM ya kan? Kalo belum pernah lihat, coba aja buka kartu kamu lalu lihat di belakang/depannya, tapi kalau kartunya sudah bertahun-tahun dipakai biasanya angkanya sudah pudar emoticon-Smilie . Nah Nomor ICCD ini ditanam ke dalam Kartu SIM kamu bersamaan dengan nomor IMSI tetapi bedanya nomor IMSI tidak kasat mata alias ghaib alias tidak bisa dilihat karena untuk alasan keamanan. Kedua nomor inilah yang digunakan sebagai primary key untuk mengidentifikasi pengguna pada jaringan operator seluler GSM dan CDMA.
IMSI (International Mobile Subscriber Identity)

IMSI adalah tanda pengenal unik pelanggan operator seluler yang disimpan dalam bentuk 64bit field di SIM Card dimana ini dikirimkan oleh handphone ke jaringan seluler. IMSI juga digunakan untuk rincian data lainnya seperti HLR (Sudah kita bahas) dan VLR. Seperti nomor handphone yang tidak mungkin terjadi duplikat, artinya setiap satu SIM Card maka terdapat nomor IMSI yang unik. Nomor IMSI dan Nomor ICCD digunakan bersama-sama oleh operator seluler untuk mengenali penggunanya yang mengakses sinyal BTS terdekat/jaringan provider, perbedaannya Nomor IMSI hanya diketahui oleh operator Seluler jadi bahkan si empunya SIM Card juga tidak mengetahui nomor IMSI ini untuk mencegah penyadap mengidentifikasi dan melacak pelanggan pada interface jaringan radio.
SIM Card MSISDN (Mobile Subscriber Integrated Services Digital Network Number) / Nomor HP

Lalu jika IMSI yang digunakan sebagai alat identifikasi pelanggan, kenapa kalau kita mau telepon yang kita ketik Nomor Teleponnya? Ya karena data IMSI adalah rahasia, maka operator seluler menggunakan MSISDN atau yang lebih kita kenal dengan Nomor HP sebagai alat bagi pengguna untuk menghubungi pengguna lainnya. Jadi MSISDN, IMSI dan ICCD (Dalam kasus tertentu) digunakan bersamaan oleh operator seluler untuk mengidentifikasi dan mangautentifikasi pelanggannya apakah boleh untuk menggunakan jaringan provider tertentu. Kombinasi nomor IMSI dan MSISDN akan dicari (look up) pada database pusat yang disebut dengan HLR (Home location Register).

Spoiler for :

ijin nyimak dulu gan emoticon-Smilie
hoax gundumu.emoticon-Hammerhammer
emoticon-Ngakak


baru tahu ane gan emoticon-Matabelo




Best Regards,
WSSChanger
ijin nyimak dulu ya gan
emoticon-Smilie
Ane baru tau gan
Nice share abis
emoticon-shakehand
bantu emoticon-Rate 5 Star ye gan
rumit bgt trnyata gan emoticon-Matabelo
wwwogh nice info gan emoticon-I Love Kaskus (S)
×