alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/516211e35b2acf0a16000004/cara-mendidik-anak-yang-baik-sesuai-usia
Cara Mendidik Anak yang Baik Sesuai Usia
Quote:emoticon-Baby Girl Salam Keluarga Berencana emoticon-Kimpoi emoticon-Baby Boy
Ane search di google dan kaskus belum emoticon-Blue Repost


Cara Mendidik Anak yang Baik Sesuai Usia


Mendidik anak merupakan tanggung jawab orangtua yang harus diemban dengan baik. Anak-anak adalah ibarat seperti selembar kertas putih dan orangtuanyalah yang nantinya akan memberikan warna. Maksudnya adalah baik atau jeleknya tingkah laku anak merupakan hasil dari orangtuanya dalam mendidik anak-anak mereka. Oleh karena itu mendidik anak tidak boleh dianggap enteng dan remeh. Karena pendidikan yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dirinya.

Tiap orangtua akan memiliki gaya dan pola mendidik yang berbeda-beda, sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh para orangtua tersebut. Setiap orangtua akan merasa bahwa dirinya sudah memberikan dan mendidik dengan benar sesuai dengan kemampuan dan pengalaman yang telah dimilkinya.

Karena mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, tak jarang para orangtua akhirnya mendidik anaknya melalui jalur sekolah atau pondok pesantren. Ketika anak dididik di sekolah atau di pondok pesantren belum tentu anak akan menjadi anak yang sesuai dengan harapan orangtua, minimal menjadi anak yang baik. Ketika anak tidak tumbuh sesuai dengan harapan bukan berarti pihak guru ataupun pihak sekolah/pesantren dijadikan kambing hitam karena telah gagal dalam mendidik anak atau murid.

Para guru juga hanyalah manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan. Termasuk dalam mendidik anak. Semua dari anak didiknya juga belum tentu semuanya akan menjadi anak-anak yang berhasil, ada yang berhasil dan adapula yang tidak berhasil.

Lalu bagaimanakah cara mendidik anak yang benar? Apakah ada cara yang efektif dalam mendidik anak? Secara garis besar teladan yang terbaik yang bisa kita jadikan rujukan dalam mendidik anak yang benar adalah sesuai dengan cara Rasulullah dalam mendidik anak.

Quote:Berikut ini adalah tahapan cara mendidik anak ala Rasulullah emoticon-Recommended Seller

Quote:1. Mendidik anak usia 0 hingga 6 tahun
Anak usia 0-6 tahun merupakan usia emas atau Golden Age. Anak pada usia ini akan mengalami masa tumbuh kembang yang sangat cepat. Percepatan tumbuh kembang ini bisa dirangsang dengan mainan. Mainan akan sangat membantu agar anak menjadi anak yang cerdas.

Sedangkan Rasulullah sendiri menganjurkan kepada kita untuk senantiasa berlemah lembut terhadap anak kita yang masih berusia dari 0 hingga 6 tahun. Memanjakan, memberikan kasih sayang, merawat dengan baik dan membangun kedekatan dengan anak merupakan pola mendidik yang baik. Jadikan anak merasa aman, merasa dilindungi dan nyaman bersama orangtua. Ketika anak nakal maka janganlah membiasakan untuk dipukul supaya anak mau menurut. Memukul ataupun memarahi anak pada usia ini bukanlah cara yang tepat. Berikanlah kesempatan pada anak agar merasakan kebahagiaan yang berkualitas dimasa kecil.


Quote:2. Mendidik anak usia 7 hingga 14 tahun
Perkenalkanlah anak dengan tanggung jawab dan kedisiplinan pada usia ini. Kita bisa melatihnya mulai dari memisahkan tempat tidurnya dan mendirikan shalat 5 waktu. Pukullah anak ketika anak tidak mau mendirikan shalat. Tapi bukan pukulan yang menyakitkan atau pukulan di kepalanya. Atau kita bisa membuat sanksi-sanksi ketika anak melanggar, namun sanksi yang diberikan usahakan sesuai dengan kesepakatan antara anak dan orangtua.

“Perintahkan anak-anakmu untuk shalat saat mereka telah berusia 7 tahun, dan pukullah mereka jika meninggalkannya ketika mereka berusia 10 tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (HR. Abu Dawud)


Quote:3. Mendidik anak usia 15 hingga 21 tahun
Anak pada usia ini adalah usia dimana anak akan cenderung memberontak. Namanya juga dunia remaja. Oleh karena itu dibutuhkan pendekatan yang baik kepada anak. Fungsinya adalah agar kita bisa meluruskan anak ketika anak berbuat kesalahan, karena kita dekat dengan anak. Timbulkan rasa nyaman pada anak bahwa kita orangtua namun bisa bersikap seperti sahabat setia. Sahabat setia yang siap mendengar segala cerita dan curahan hati anak.

Masa ini adalah masa pubertas untuk anak-anak. Jangan sampai ketika anak-anak punya masalah namun mereka cari solusi dan cari curhat ke tempat orang lain. Didiklah anak dengan membangun persahabatan meskipun kita adalah orangtuanya, agar anak tidak merasa bahwa kita adalah orang ketiga yang tidak boleh tahu tentang permasalahan dirinya.

Para orangtua juga dilarang untuk memarahi dan menghardik anak di hadapan adik-adiknya ataupun di depan kakak-kakaknya. Maksudnya supaya harga dirinya tidak jatuh sehingga anak tidak merasa rendah diri. Jalinlah pendekatan yang baik kepada anak.


Quote:4. Mendidik anak usia 21 tahun keatas
Mendidik anak usia ini adalah dengan memberikan kepercayaan dan memberikan kebebasan. Kebebasan bukan berarti anak akan berbuat sebebas-bebasnya, namun biarkan anak bertindak dengan alasan yang jelas dan masuk akal serta tidak menyalahi aturan.

Kita sebagai orangtua hanya sekedar memantau dan memberikan pengarahan ketika anak merasa ada kesulitan. Bukan denga cara mendikte karena nantinya anak tidak akan bisa mandiri. Biarkan anak untuk berlatih membuat keputusan dan melaksanakannya, kita sebagai orangtua adalah dengan mendoakannya.

Anak berhasil ataupun anak tidak berhasil adalah pilihan. Dan yang sangat berperan adalah para orangtua terutama pola asuh dan cara mendidik anak tersebut. Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang sukses, oleh karena itu berikanlah dan didiklah anak dengan cara yang benar. Karena anak adalah aset berharga yang bisa mendoakan dan memberikan manfaat untuk orangtuanya terlebih ketika orangtua sudah meninggal yaitu doa anak shaleh.


source



Sekian kalo berkenan jangan lupa bantu

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss emoticon-Kiss


Komeng bermutu kalian ikut andil dalam mencerdaskan anak bangsa emoticon-I Love Indonesia

dijamin artikel bagus untuk acuan keluarga yang pengen punya anak yg bebudi pekerji bagus nan terpuji emoticon-Recommended Seller
wah nais share gan, btw ane pertamax nh gan ? emoticon-Cool
wah bagus nih kalau ntar punya anak emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By gentalice4
wah nais share gan, btw ane pertamax nh gan ? emoticon-Cool


gagal tuh emoticon-Stick Out Tongue
Nice trit gan...mejeng dlu Di calon HT ...abis itu lanjut baca.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By sishanah
wah bagus nih kalau ntar punya anak emoticon-Embarrassment


mau dibantuin ga sis hanah emoticon-Genit
bagus neh buat ane gan
*ngerasa belum menjadi bapa yg baik emoticon-Frown
Entar kalo udah punya anak gan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By radeline
Nice trit gan...mejeng dlu Di calon HT ...abis itu lanjut baca.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


ane ga mengarap HT emoticon-Malu
yang penting ini info bisa bermanfaat untuk orang banyak emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By iqdeviant
bagus neh buat ane gan
*ngerasa belum menjadi bapa yg baik emoticon-Frown


ente merasa 'belum baik' aja udah bagus gan emoticon-2 Jempol
orang yg tau kelemahannya adalah orang yg mau berusaha jadi lebih baik lagi emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By ch0pp3r
Entar kalo udah punya anak gan emoticon-Embarrassment


oke gan jangan lupa di ingat dan diamalkan emoticon-Shakehand2
sayang anak emoticon-Baby Boy
sayang anak emoticon-Baby Girl
sangat bermanfaat gan
emoticon-I Love Kaskus
Nice info gan emoticon-Big Grin
Ane coba kalo nanti udah jadi bapak deh emoticon-Stick Out Tongue
Bener banget gan karena bagaimana anak saat besar nanti sangat di tentukan oleh didikan orang tuanya sejak kecil emoticon-Malu (S)
izin di print gan emoticon-Big Grin

buat kasih bini dirumah biar dibaca emoticon-Big Grin


tks inpohnya gan
Thanks infonya gan semoga ane bisa ngedidik anak ane yg kaya di lakukan nabi gan
nice trit gan
mantab gan emoticon-2 Jempol ane jadi tambah ilmu dlm mendidik anak emoticon-Baby Boy emoticon-Baby Girl
nice inpohh gan emoticon-Kiss
yahh thread in di tabung lah buat klo dah pnya anak nanti... thankzz gans emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By saputra.ricky
izin di print gan emoticon-Big Grin

buat kasih bini dirumah biar dibaca emoticon-Big Grin


tks inpohnya gan


selamat ngeprint gan emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By Jeande
Thanks infonya gan semoga ane bisa ngedidik anak ane yg kaya di lakukan nabi gan


Quote:Original Posted By kak.edy.121212
mantab gan emoticon-2 Jempol ane jadi tambah ilmu dlm mendidik anak emoticon-Baby Boy emoticon-Baby Girl


semoga anaknya bisa berguna bagi nusa bangsa dan agama gan emoticon-Kiss

Quote:Original Posted By moechalbro
nice inpohh gan emoticon-Kiss
yahh thread in di tabung lah buat klo dah pnya anak nanti... thankzz gans emoticon-Rate 5 Star


silahkan gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)